Tingkatkan Skill Di Masa Kuliah Dengan Kelas Online Skill Academy, Ini Caranya

kelas online skill academy

Kelas online Skill Academy jadi solusi yang tepat bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan skill serta menjadi lebih produktif di masa kuliah. Sudah bukan rahasia lagi jika lulusan perguruan tinggi dituntut harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0 yang banyak menggunakan teknologi digital untuk berbagai bidang kehidupan manusia. Dengan tuntutan serta ketatnya persaingan saat memasuki dunia kerja, banyak mahasiswa menjadikan masa kuliah sebagai masa untuk mengupgrade diri agar nantinya menjadi lulusan yang kompeten dalam bidangnya.

Tapi nyatanya, masih banyak mahasiswa terutama yang baru memasuki masa kuliah merasa kebingungan dan tidak tahu cara tepat untuk meningkatkan skill di tengah padatnya aktivitas belajar setelah menjadi mahasiswa. Nah...untuk mengatasi kebingungan ini, mahasiswa dituntut harus mampu mengasah kemampuan Soft Skill dan Hard Skill yang dimilikinya agar nantinya menjadi sosok mahasiswa yang Berani Maju menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0.

Seperti apa sih kemampuan soft skill dan hard skill yang harus dimiliki mahasiswa? Sebelumnya harus tahu dulu nih apa itu soft skill dan hard skill agar nantinya lebih mudah membedakan antara kedua keterampilan atau skill yang harus dimiliki mahasiswa agar nantinya mampu masuk kedunia kerja yang penuh persaingan. 

Soft Skill sering didefinisikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan diri seseorang dan bagaimana orang tersebut membangun hubungan serta bekerjasama dengan orang disekitarnya. Soft Skill sangat dibutuhkan mahasiswa karena sangat berkaitan dengan kesuksesan saat memasuki dunia kerja. Adapun kemampuan Soft Skill ini diantaranya

Manajemen Waktu 

Masa kuliah tentu berbeda saat masih duduk di bangku SMA atau SMK dimana mahasiswa dituntut harus mampu membagi waktu antara belajar, mengerjakan tugas kuliah yang lumayan banyak, jadwal kuliah yang padat, serta melakukan aktivitas produktif lainnya agar nantinya menjadi lulusan yang kompeten. Tanpa disadari, kondisi ini membuat mahasiswa memiliki kemampuan manajemen waktu sehingga masa kuliah bisa dijalani dengan penuh rasa syukur, semangat untuk meraih impian di masa depan, dan menjalani kehidupan yang produktif namun seimbang. Jadi jangan merasa lelah untuk asah terus kemampuan manajemen waktu, agar nantinya siap bersaing di dunia kerja.

Public Speaking atau Kemampuan Berbicara Di Depan Umum

Nah...setelah menjadi mahasiswa siap-siap dapat tugas presentasi yah di depan kelas. Mungkin awalnya merasa gugup dan kurang nyaman, tapi jika terus diasah dan dipelajari tentu akan menjadi nilai plus bagi mahasiswa saat lulus nanti. Jangan lupa, saat ujian akhir atau skripsi, mahasiswa dituntut harus mampu mempertahankan hasil penelitian yang telah dilakukannya. Jadikan momen ini untuk belajar public speaking yang nantinya sangat bermanfaat setelah masuk ke dunia kerja. Jangan khawatir yah...karena kemampuan ini bisa dipelajari dan dikembangkan dengan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan, serta bisa juga dengan aktif bergabung diberbagai organisasi kampus untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum.

Bekerjasama Dalam Tim

Pernah membaca iklan lowongan kerja? Salah satu poin persyaratan yang diajukan perusahaan perekrut tenaga kerja adalah memiliki kemampuan bekerja dalam tim. Jadi bisa dibilang keterampilan ini sangat penting karena sukses dalam dunia kerja seringkali ditentukan dari solid atau tidaknya orang-orang yang tergabung dalam tim work. Jadi, kembangkan keterampilan ini sejak menjadi mahasiswa agar nantinya bisa membangun tim work yang solid setelah masuk ke dunia kerja.

Menghargai Orang lain

Pernah mendengar pepatah "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," artinya seseorang harus memiliki skill untuk menghargai orang lain dan belajar untuk tidak memaksakan pendapatnya kepada orang yang tidak sepaham dengan dirinya. Skill ini menjadi challenge tersendiri bagi mahasiswa bagaimana menghargai teman yang terkadang tidak sependapat atau sepaham dengan dirinya agar nantinya bisa menghargai rekan sekerja yang belum tentu memiliki pemikiran yang sama.

Kemampuan Beradaptasi

Kuliah bisa menjadi ajang buat mahasiswa belajar beradaptasi dengan lingkungan baru lho, apalagi untuk mahasiswa yang merantau dan jauh dari orangtua. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tentu sangat bermanfaat setelah masuk ke dunia kerja dan terkadang ditempatkan di daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Selain itu, skill ini bisa menjadi pendorong mahasiswa untuk memiliki keahlian sesuai tuntutan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0, yang banyak menciptakan profesi baru.

kelas online skill academy

Selain Soft Skill, untuk menjadi mahasiswa yang kompeten dan siap masuk ke dunia kerja yang penuh persaingan juga dibutuhkan Hard Skill. Apa sih sebenarnya Hard Skill itu? Berbeda dengan Soft Skill yang berhubungan dengan diri dan orang lain, Hard Skill hanya fokus pada diri atau dengan kata lain merupakan keahlian, kemampuan serta pengetahuan yang dimiliki seseorang agar berhasil dalam melakukan pekerjaan. 

Terkadang banyak orang mengatakan jika keberhasilan Hard Skill sangat ditentukan bakat, tapi hal tersebut tidaklah seratus persen benar, karena untuk menguasai suatu keterampilan dibutuhkan banyak faktor, baik dari soft skill yang dimiliki seseorang dan tempat yang tepat untuk mempelajari keterampilan tersebut. Sadar untuk memiliki Hard Skill tidaklah mudah, berikut tiga cara meningkatkan Hard Skill untuk mahasiswa.

Mulai Dari Passion atau Hobi

Terkadang justru keterampilan yang berawal dari hobi atau passion memunculkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan atau mendapat penghasilan sampingan selama kuliah. Oleh karena itu, jangan remehkan hard skill yang berawal dari sekadar hobi atau passion yah, karena bisa jadi keahlian tersebut membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau justru makin memaksimalkan ilmu yang dimiliki selama kuliah.

Isi masa kuliah dengan kegiatan produktif yang bermanfaat untuk meningkatkan skill. Namun jika masih merasa bingung karena belum menemukan keahlian seperti apa yang ingin dikuasai selama kuliah, mulailah dari passion atau hobi. Jadi, miliki keahlian hard skill dengan mencari tahu dahulu apa yang menjadi hobi atau passion, agar lebih bersemangat saat mempelajarinya.

Cari Tahu Peluang Karir Setelah Lulus Kuliah

Apa yang diinginkan mahasiswa setelah lulus kuliah? Tentu mendapatkan pekerjaan dan berkarier sesuai latar belakang pendidikannya. Tapi, tidak semua lulusan perguruan tinggi beruntung bisa mendapatkan pekerjaan sesuai ilmu yang diterima semasa kuliah. Nah...disinilah pentingnya mahasiswa memiliki hard skill di bidang yang lain sesuai minat, hobi, atau passion-nya. Agar peluang mendapatkan pekerjaan dan berkarir makin terbuka lebar.

Untuk mendapatkan informasi peluang karir ini tentu membutuhkan skill lainnya, yaitu kemampuan mengoperasikan perangkat teknologi seperti komputer dan terkadang kemampuan berbahasa asing agar mendapatkan informasi lebih luas.Tanpa disadari, kemampuan mengoperasikan perangkat teknologi dan berbahasa asing ini, juga menjadi nilai plus hard skill yang dimiliki mahasiswa. Jadi, untuk tingkatkan skill di masa kuliah, usahakan selalu update informasi teknologi terbaru dan cari tahu beragam peluang karir setelah lulus kuliah.

Ikuti Pelatihan atau Kelas Online Bersertifikat

Setelah memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, untuk meningkatkan hard skill sangat disarankan mendaftar serta mengikuti berbagai pelatihan atau kelas online yang bisa dipilih sesuai minat. Tidak harus datang secara langsung, mahasiswa bisa mendaftar dan mengikuti kelas online sesuai minatnya secara online, sehingga waktu luang saat kuliah bisa diisi dengan aktivitas yang bermanfaat.

Di era digital dengan perkembangan teknologi yang makin cepat, tersedia banyak situs atau platform yang memungkinkan mahasiswa atau siapa saja mengikuti pelatihan atau kelas online sesuai materi yang diminatinya dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan untuk kantong mahasiswa sekalipun. Salah satunya adalah kelas online Skill Academy, inovasi dari Ruangguru untuk membantu meningkatkan kualitas serta daya saing mahasiswa di dunia kerja dengan beragam materi kursus.

kelas online skill academy


Tingkatkan Skill Di Masa Kuliah Dengan Kelas Online Skill Academy, Ini Alasannya

Jangan sia-siakan masa kuliah yang sangat berharga, asah terus kemampuan yang dimiliki dengan berbagai keterampilan atau keahlian sesuai bidang yang diminati agar nantinya menjadi lulusan perguruan tinggi yang kompeten dan siap masuk ke dunia kerja yang penuh persaingan. 

Mendaftar dan membeli kelas online di Skill Academy menjadi solusi terbaik bagi mahasiswa untuk tingkatkan skill di masa kuliah karena menawarkan kelebihan antara lain:
  1. Pada tahun 2020 lalu, Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam waktu satu tahun dan mendapat rating 5 sempurna dari ulasan 350.000+ pengguna.
  2. Tersedia beragam pilihan kelas online, mulai dari kelas bisnis hingga hobi bisa di akses melalui Skill Academy.
  3. Harga yang ditawarkan masing-masing kelas sangat variatif dan terjangkau serta ekonomis, sangat cocok untuk kantong mahasiswa.
  4. Setiap kelas menawarkan materi yang sangat berkualitas dengan mitra pengajar serta instruktur terbaik, serta kemudahan untuk mengakses materi.
  5. Jaminan mendapatkan sertifikat di tiap kelas yang diikuti, untuk melengkapi porto folio saat mengajukan lamaran kerja.
kelas online skill academy


Cara Membeli Kelas Online Di Skill Academy

Banyaknya kelas online yang bisa dipilih di platform Skill Academy tentunya memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan beragam hard skill untuk menunjang profesi serta karir di masa depan. Lantas, bagaimana cara membeli kelas di Skill Academy? Berikut langkah-langkahnya.

Pastikan Telah Mendaftar Di Skill Academy

Cara daftarnya tidak sulit karena tinggal memilih fitur masuk atau daftar yang tersedia, kemudian akan diarahkan mengisi data yang tersedia, seperti mengisi nama lengkap (pastikan nama sesuai identitas karena nama tersebut yang akan tertulis di sertifikat), email yang valid, nomor telepon, serta memasukkan password dengan kombinasi yang aman sesuai petunjuk. Jika telah memiliki akun, segera login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

kelas online skill academy


Pilih Kelas Online Sesuai Minat Melalui Fitur yang Tersedia

Di Skill Academy terdapat banyak kelas online yang bisa dipilih sesuai minat, hobi, passion, serta untuk kebutuhan peningkatan karir. Selain tersedia kolom pencarian, di platform Skill Academy sudah tersedia fitur yang memuat kategori-kategori bidang keahlian atau kelas online sesuai minat dan kebutuhan, antara lain:
  • Kelas Mentoring, di mana peserta akan mendapatkan pelatihan untuk mengasah kemampuan untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih baik. Untuk kebutuhan tersebut tersedia kelas mentoring eksklusif bimbingan karir. Selain kelas bimbingan karir, di waktu berikutnya akan menyusul di buka kelas mentoring online lainnya sesuai kebutuhan.
  • Kelas Bisnis dan Keuangan. Peserta kelas online akan mendapatkan kesempatan mengasah kemampuan dengan beragam kelas bisnis dan keuangan dari para ahli yang kompeten. Diharapkan dengan mengikuti beragam kelas online yang tersedia, peserta bisa meningkatkan skill bisnis dan keuangan sesuai kebutuhannya.
  • Kelas Pemasaran. Nah...bagi peserta yang ingin memiliki skill dalam bidang pemasaran tapi tidak memiliki waktu luang untuk meneruskan pendidikan, mengikuti kelas online pemasaran di Skill Academy bisa menjadi solusi yang efektif. Di kelas online pemasaran ini tersedia kelas-kelas dengan bidang keahlian sesuai kebutuhan dunia kerja di era teknologi digital seperti sekarang ini, seperti skill dalam Copywriting, Digital Public Relation, Internet Marketing, Social Media Specialist, dan beragam keahlian lainnya, yang mungkin saja akan memunculkan profesi baru di era Revolusi Industri 4.0.
  • Kelas Pengembangan Diri. Berikutnya adalah kelas online pengembangan diri di mana peserta bisa mengasah kemampuan dirinya secara optimal dengan bimbingan dari para ahli yang kompeten dalam bidangnya, seperti Kelas Memulai Karir Dalam Industri Fashion bersama Ivan Gunawan, Kelas menjadi Youtuber Profesional bersama Gita Savitri, Kelas Persiapan Menjadi Aktor bersama Fedi Nuril, dan masih banyak kelas lainnya. Wah...keren nih, kelas seperti ini sulit ditemukan di jalur pendidikan formal, padahal banyak profesi baru yang muncul dari kelas-kelas seperti ini.
  • Kelas Teknologi dan Sofware. Beragam kelas online dengan bidang keahlian teknologi dan sofware bisa dipilih di Skill Academy untuk mengasah kemampuan dengan bimbingan khusus dari para ahli. Kelas online dengan bidang keahlian ini sangat dibutuhkan di era teknologi digital, tidak heran jika kemudian muncul profesi baru di dunia kerja.
  • Kelas Persiapan Tes. Wah...kelas online Skill Academy ini bermanfaat sekali untuk peserta yang ingin meningkatkan skill dalam mengikuti tes-tes tertentu, seperti Tes TOEFL, mendapatkan beasiswa, tes persiapan menempuh jenjang pendidikan tinggi di luar negeri, dan masih banyak lagi.
  • Kelas Prakerja. Kelas online Prakerja ini dipersiapkan khusus sebagai lembaga pelatihan bagi peserta yang memiliki Kartu Prakerja. Di mana Program Kartu Prakerja ini dipersiapkan untuk memberi kesempatan pada masyarakat memiliki skill atau keahlian sesuai minat serta kebutuhan untuk memasuki dunia kerja yang penuh persaingan. Jadi tunggu apa lagi, miliki kartu prakerja dan pilih kelas online Skill Academy untuk tingkatkan skill sesuai kebutuhan dunia kerja.
kelas online skill academy

Beli Kelas Online Skill Academy dan Lakukan Pembayaran

Langkah berikutnya setelah memilih kelas online sesuai minat dan kebutuhan, adalah klik menu "Beli Kelas Online" dan segera lakukan pembayaran. Pada halaman yang memuat metode pembayaran, terdapat uraian detil benefit apa saja yang akan didapatkan peserta dengan membeli kelas online tersebut, yang meliputi nama instruktur, uraian materi yang akan didapatkan serta benefit berupa sertifikat, durasi kelas, keterangan rating kelas, dan beragam metode pembayaran yang sangat memudahkan peserta yang telah mendaftar di kelas online Skill Academy.

kelas online skill academy


Selain mendapatkan full benefit berupa instruktur yang kompeten dan expert, materi berupa video dan dokumen, ujian, serta yang terpenting setiap peserta akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat Skill Academy sangat bisa dipertanggungjawabkan lho, bahkan tersedia fitur khusus untuk memeriksa keaslian sertifikat Skill Academy. Wah...mahasiswa yang ingin tingkatkan skill di masa kuliah harus mendaftar kelas online Skill Academy nih agar kemampuan Hard Skill dan Soft Skill makin maksimal.

Tingginya persaingan di era Revolusi Industri 4.0 menuntut setiap individu terutama mahasiswa yang masih menjalani masa kuliah untuk terus meningkatkan skill dan kualitas diri agar nantinya mampu bersaing di dunia kerja. Terbatasnya waktu, tempat, dan tenaga kini bukan lagi menjadi alasan karena dengan mengikuti kelas online Skill Academy, mahasiswa bisa mengasah kemampuan sesuai minat dan kebutuhan agar nantinya menjadi lulusan yang berkualitas, kompeten, dan berdaya saing. Kelas online Skill Academy memungkinkan siapa saja terutama mahasiswa #BeraniMaju untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah. Yuk segera daftar dan beli kelas di Skill Academy!

Referensi Artikel:
https://skillacademy.com/
https://www.zonamahasiswa.com/hardskill-untuk-mahasiswa-tingkat-akhir/

Sumber Foto:
Pixabay.com
https://www.instagram.com/skillacademy.id/
https://skillacademy.com/

12 komentar

  1. pengalamanku selama ini memang ada beberapa skill yang hanya bisa didapatkan dari pengalaman tapi ada juga yang sifatnya teknis harus dipelajari

    BalasHapus
  2. Sekarang makin mudah ya mengasah skill, gak perlu keluar rumah, karena bisa secara online. Keren deh Skill Academy ini

    BalasHapus
  3. Sudah ceki-ceki nih ke webnya skill Academy mba.. ternyata banyak sekali potongan harga untuk kelas yang terdapat di skill Academy.
    Asyiknya lagi, bersertifikat ya mba .

    BalasHapus
  4. jaman sekarang sudah ga bingung lagi ya untuk mencari dan mengasah skill, ga perlu keluar rumah karena sudah bisa secara online. good luck

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran pengen ikutan, lumayan banget buat upgrade diri. Kalau aku tertarik dengan kelas teknologi dan software.Coba meluncur ke websitenya ah.

    BalasHapus
  6. Ouw, di Skill Academy ada kelas public speaking ya rupanya. Wah banyak sekali yang ingin belajar public speaking belakangan ini. Dan rasanya kemampuan berbicara di depan publik ini penting

    Asik dong ya bisa belajarnya secara online di Skill Academy.

    BalasHapus
  7. untuk bisa memiliki karir yg bagus,nggak cukup belajar di bangku kukiah saja ya mbak
    perlu juga mebibgkatkan skill

    pas banget ada skill academy

    BalasHapus
  8. Asyik bgt ya sekarang, makin dipermudah untuk mengasah skill sesuai kemampuan yg kita punya dgn cara online

    BalasHapus
  9. Zaman dulu belum ada skill academy ini, padahal lumayan bisa menambah skill waktu masih mahasiswa dulu.

    BalasHapus
  10. Beruntung banget ya yang bisa lolos pra kerja bisa ngikutin skill academy karna pelatihannya sangat bagus ..sayang saya dftar berkali2 tapi gk lolos hiks

    BalasHapus
  11. daftar skill academy mudah sih yaa, sudah begitu nanti setelah kelas dapat sertifikat dan nomornya pun bisa diverifikasi.

    BalasHapus
  12. siapa saja yang menciptakan aplikasi itu saya acungin jempol, bagaimanapun juga kita harus memulai ini semua agar skill semakin bertambah

    BalasHapus