Berbagai Resep Nasi Goreng Mawut

nasi goreng mawut

Siapa nih yang belum mengenal nasi goreng mawut? Mungkin bagi sebagian orang di Indonesia tidak begitu mengenal makanan yang satu ini, tapi bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa tentu tidak asing lagi dengan makanan khas yang sangat digemari masyarakat. Sekilas namanya terlihat sangat asing dan jika ditelaah dari asal katanya mawut yang artinya berantakan atau dari kata semerawut.  Yap...nasi goreng ini memang terlihat berantakan dengan banyaknya bahan yang digunakan dan berbeda dari nasi goreng konvensional yang dikenal masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Jika nasi goreng biasa hanya menggunakan campuran telur atau bakso atau sayuran, nasi goreng mawut terbilang sangat lengkap. Namun yang menjadi khas dari nasi goreng mawut ini adalah campuran mie. Jadi jika dirumah memiliki 2 bahan utama yaitu nasi dan mie, maka sudah bisa lho mempraktekan resep nasi goreng mawut sendiri, atau bisa juga ditambah campuran lain yang makin membuat nikmat nasi goreng yang satu ini. Berikut beberapa resep Nasi Goreng Mawut jika tertarik ingin mencoba resepnya di rumah.

1. Nasi Goreng Mawut Mie Kuning

Resep nasi goreng mawut yang pertama ini adalah nasi goreng mawut yang menggunakan mie kuning. Anda siapkan mie kuning dari mie telor atau mie kuning apa saja. Siapkan bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung, kemiri 1 buah disangrai, cabe rawit, dan kecap manis. Siapkan sayuran tambahkan seperti sawi putih dan juga sawi hijau. Bahan pelengkap lainnya seperti sosis dan baso.

Setelah menyiapkan bahan dengan memotong sosis dan baso dahulu. Siapkan juga sayuran yang sudah dicuci bersih dan sisihkan. Sekarang anda rebus dahulu mienya tetapi jangan terlalu matang. Kemudian tiriskan dan taburkan kecap dan aduk dengan mie. Setelah itu haluskan bawang merang, bawang putih dan kemirinya. Cabe rawitnya dipotong kecil-kecil saja. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi. lalu masukkan baso dan sosis. Kemudian masukkan nasi dan mienya. Tambahkan penyedap rasa, garam dan kecap lagi jika dirasa kurang manis.

2. Nasi Goreng Mawut Mie Bihun

Selain mie kuning, mie bihun juga enak sekali dijadikan nasi goreng mawut. Jadi tinggal siapkan mie bihun jagung, jangan gunakan mie bihun beras karena akan hancur. Siapkan nasi 1 piring yang sudah didiamkan semalaman. Kemudian siapkan juga bawang merah, bawang putih, kecap asi, kecap manis, dan juga siapkan cabe pedas. Siapkan juga tomat, sawi hijau dan kol sebagai bahan pelengkapnya. Siapakan 2 butir telur ayam sebagai tambahan.

Pertama-tama, sebaiknya memotong sayuran dan mencuci bersih semua sayurannya, kemudian haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai pedas. Setelah itu tumis dan masukkan telur ayam dan diacak-acak. Setelah itu masukkan nasinya. Kemudian masukkan bihun yang sudah disiram air panas terlebih dahulu. Tambahkan kecap asin, kecap manis dan juga garam. Aduk perlahan jangan sampai mie bihun hancur dan benyek.

3. Nasi Goreng Mawut Lengkap

Resep nasi goreng mawut yang terakhir ini adalah nasi goreng mawut lengkap sekali. Terdapat 2 mie dalam satu nasi goreng. Siapkan mie telor dan mie bihun jagung. Siapkan juga baso sapi dan dada ayam. Siapkan sawi hijau dan timun sebagai sayurannya. Kemudian untuk bumbu halus adalah bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam.

Rebus dahulu mie telor dan bihun jagungnya dengan api kecil. Jangan kematangan, kemudian berikan kecap manis. Setelah itu bumbu halusnya ditumis. Kemudian setelah itu masukkan sayuran, baso dan dada ayam. Terakhir masukkan nasi, mie, dan juga penyedap rasa sesuai selera.

Beragam resep nasi goreng mawut ini sangat menggoda selera, apalagi sangat cocok untuk disantap bersama keluarga saar sarapan pagi, tentunya dengan porsi yang disesuaikan dengan kebutuhan energi masing-masing anggota keluarga. Selain berbahan dasar nasi dan mie, nasi goreng mawut bisa juga ditambahkan aneka campuran bahan lainnya, terutama sayuran hijau seperti sawi hijau dan irisan tomat, karena campuran bahan ini tentunya akan membuat makanan lebih sehat dan membuat kenyang, siap untuk beraktivtas kembali. Bagaimana, tertarik ingin ingin mencoba resep nasi goreng mawut?

Tidak ada komentar