Mencari Penjual Kubah Masjid Dengan Layanan Berkualitas, Ini Tipsnya

Jual Kubah Masjid

Siapa nih yang suka dengan keindahan arsitektur beberapa bangunan masjid, baik di Indonesia maupun didunia? Saya adalah salah satunya, biasanya jika berkunjung ke suatu daerah, saya selalu menyempatkan diri untuk mampir sejenak dan menumpang sholat di salah satu masjid yang berada di daerah tersebut. Dari beberapa masjid yang saya kunjungi, sebagian besar dibangun dengan arsitektur yang sangat indah terutama dibagian kubahnya di mana kubah masjid menjadi salah satu unsur penting yang nyaris selalu ada di beberapa bangunan masjid, baik di Indonesia maupun dunia.

Sebenarnya apa sih fungsi kubah masjid sehingga hampir semua masjid diberbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara didunia memilikinya? Ternyata, ada beberapa fungsi kubah masjid, sebagai salah satu elemen eksterior yang ditempatkan pada bagian atas atau bagian tertinggi bangunan masjid, antara lain:

1. Menjadi Ciri Khas Masjid.

Iya betul...setiap saya mencari bangunan masjid, selain melalui google map, biasanya kubah masjid menjadi patokan saya untuk menemukan masjid terdekat dari lokasi saya berada. Meskipun jika menilik dari sejarah, kubah bukanlah berasal dari arsitektur Islam, namun seiring berjalannya waktu, sebagian besar masjid hampir selalu memiliki kubah dengan bentuk yang beraneka ragam, dan bisa dibilang menjadi elemen yang tidak terpisahkan dari suatu bangunan masjid, sehingga menjelma menjadi ciri khas banyak masjid di Indonesia dan dunia.

2. Merupakan Lambang Keindahan dan Kebesaran Agama Islam.

Kubah masjid saat ini tidak hanya sebagai elemen eksterior bangunan masjid belaka, namun kubah mesjid telah menjelma menjadi lambang keindahan dan kebesaran Agama Islam hingga tidak jarang kubah masjid di desain dan dibangun seindah mungkin. Selain itu, kubah masjid memiliki dimensi spiritualitas yang tinggi karena itu diletakkan pada bagian bangunan tertinggi dan menjadi simbol keagungan Agama Islam, apalagi bentuknya sering diasosiasikan menaungi jemaah yang sedang beribadah didalam masjid tersebut.

3. Memudahkan Mencari Masjid dan Menentukan Kiblat.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, kubah masjid bisa menjadi acuan untuk memudahkan mancari lokasi masjid, terutama untuk orang-orang yang berkunjung atau baru datang disuatu daerah yang masih asing untuk mereka. Selain itu, kubah masjid bisa membantu untuk menentukan kiblat karena pembangunan kubah masjid selalu ditempatkan sedemikian rupa agar pas dengan posisi kiblat. Dengan melihat letak kubah masjid, jemaah yang berkunjung ke masjid tersebut akan tahu dimana letak kiblat untuk bersiap melakukan ibadah sholat.

4. Menjadi Sumber Pencahayaan Area Dalam Masjid.

Umumnya, masjid yang memiliki bangunan kubah di bagian luar bangunannya memiliki cahaya yang cukup terang sehingga tidak perlu menggunakan penerangan lampu terlalu banyak. Selain lebih menghemat energi, juga membantu menghemat biaya penggunaan listrik, ditambah lagi keberadaan kubah masjid makin memperindah bangunan masjid.

5. Menjadi Salah Satu Sumber Sirkulasi Udara.

Kubah masjid umumnya memiliki ukuran yang sangat besar dan berbentuk setengah bola menjulang keatas, sehingga sangat baik sebagai sirkulasi udara. Dengan fungsinya ini, kubah masjid sangat membantu jemaah yang sedang beribadah menjadi tidak kepanasan dan membuat udara didalam masjid lebih sejuk, tentunya sangat nyaman bukan?

Wah...ternyata banyak juga ya fungsi dari kubah masjid dan tentu saja tidak heran jika sebagian besar bangunan masjid memiliki elemen eksterior yang satu ini. Bahkan, ada beberapa masjid memiliki kubah masjid yang sangat indah dan mengagumkan, sehingga banyak pengunjung yang tidak hanya bertujuan untuk beribadah namun juga ingin berwisata religi bersama keluarga atau sahabat. 

Mengagumkan, Intip 5 Kubah Masjid Terindah Di Indonesia Berikut Ini

1. Masjid Dian Al-Mahri, Depok Indonesia.

Siapa nih yang pernah berkunjung ke salah satu masjid yang sangat terkenal di Indonesia ini? Sejak pertama berdiri, masjid ini selalu tidak pernah sepi pengunjung, baik yang bertujuan beribadah maupun yang beribadah sekaligus berwisata untuk melihat secara langsung keindahan bangunan masjid terutama bagian kubahnya. Masjid Dian Al-Mahri yang terletak di Depok, Indonesia ini lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas. Masjid ini memiliki lima kubah yang terdiri dari 1 kubah utama yang berukuran besar dan empat kubah yang berukuran kecil, dan uniknya kelima kubah ini ditutupi kubah emas 24 karat setebal 2 sampai 3 milimeter.

2. Masjid Al-Akbar, Surabaya.

Masjid yang juga memiliki kubah indah ini berada di Kota Surabaya, Jawa Timur yang didirikan sejak tanggal 4 Agustus 1995, dan diprakarsai oleh H. Soenarto Soemoprawiro, selaku Walikota Surabaya pada saat itu. Pembangunan masjid ini sempat tertunda bertahun-tahu karena krisis keuangan, namun pada tahun 1999 pembangunan dilanjutkan kembali hingga selesai pada tahun 2001 dan diresmikan oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid.

3. Masjid Agung Tuban, Jawa Timur.

Tuban merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki peran cukup penting dalam perkembangan Agama Islam di Indonesia, tidak heran jika Tuban disebut juga Kota Wali. Masjid Agung Tuban merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang memiliki peran sangat penting dalam penyebaran Agama Islam dan menjadi tempat beribadah bagi para pemeluk Agama Islam saat itu, tidak heran jika masjid yang didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk Agama Islam, yaitu Adipati Raden Ario Tedjo memiliki sejarah yang sangat panjang. Masjid ini sendiri sudah mengalami beberapa kali pemugaran sejak tahun 1894 hingga pemugaran terakhir pada tahun 2004. Hasilnya, Masjid Agung Tuban yang pada awalnya bernama Masjid Jami' menjadi sangat megah dengan kubah yang indah.

4. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau.

Masjid yang terletak di Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau merupakan salah satu masjid terindah dan termegah di Indonesia, dengan kubahnya yang sangat istimewa. Tidak heran jika kemudian masjid ini tidak hanya sebagai pusat atau tempat beribadah Agama Islam, namun telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata religi dan menjadi ikon serta lanmark Provinsi Riau. Dilihat dari sisi bangunannya, masjid ini banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Arab, Turki, dan India, karena kemegahannya pula maka masjid ini mendapat julukan Taj Mahal. Keindahan dan kemegahannya juga terlihat dari kubah masjid yang pada bagian bawahnya bermotif layaknya kain hias dengan lapisan warna emas pada songket melayu, kain tradisional Melayu.

5. Masjid Islamic Center, Samarinda, Kalimantan Timur.

Masjid ini letaknya di sisi Sungai Mahakam dengan kemegahan bangunan yang memiliki kubah besar dan menara yang menjulang tinggi, tidak heran jika kemudian masjid indah ini dikenal sebagai landmark Kota Samarinda, sebagai kota penghasil batubara. Bangunan masjid ini mengambil ciri khas arsitektur Negara Turki yang dikombinasikan dengan unsur Eropa, Timur Tengah, dan tentu saja Indonesia. Perpaduan gaya arsitektur tersebut bisa dilihat dari kubah yang mengadopsi model kubah masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki, tidak heran jika bentuk kubah masjid terlihat sangat indah. Bagaimana tertarik ingin melihat keindahannya secara langsung? Bisa mengunjungi Kota Samarinda sambil berwisata religi melihat keindahan dan kemegahan bangunan serta kubah Masjid Islamic Center yang berada di sisi Sungai Mahakam.

Selain lima masjid yang telah disebutkan diatas, ternyata masih banyak masjid di Indonesia yang memiliki bentuk kubah yang sangat indah, hingga tidak jarang pengunjung serta jemaah yang datang ke masjid tersebut berdecak kagum dan bertanya-tanya di mana tempat jual kubah masjid yang bisa mendesain kubah masjid seindah mungkin serta mampu memberikan layanan jasa yang berkualitas. Yuk simak tips berikut ini.

Mencari Penjual Kubah Masjid Dengan Layanan Berkualitas, Ini Tipsnya

Kubah Masjid jika dilihat dari fungsinya tidak hanya sekadar untuk memperindah bangunan serta arsitektur masjid belaka, karena itu tentu tidak mudah untuk mendesain kubah masjid, belum lagi harus mencari penjual kubah masjid yang memberikan layanan berkualitas sehingga keindahan bangunan masjid makin sempurna. 

Harga Kubah Masjid

Nah...agar bangunan masjid terutama kubah masjid bisa dibuat seindah dan sebagus mungkin seperti kubah beberapa masjid yang telah diuraikan sebelumnya, hal penting yang harus dilakukan adalah menemukan penjual kubah masjid yang menawarkan layanan berkualitas tersebut, tentu saja dengan tips berikut ini maka akan semakin mudah menemukannya.
  1. Memberikan Layanan yang Amanah dan Profesional. Kenyamanan konsumen menjadi hal yang sangat penting sehingga ketika memilih penjual kubah masjid, pastikan penjual tersebut memberikan garansi layanan yang amanah dan tentu saja profesional agar pekerjaan membangun masjid bisa cepat terselesaikan dan jemaah bisa menggunakan masjid tersebut sebagai tempat beribadah serta aktivitas keagamaan lainnya, seperti Taman Baca Alquran untuk anak-anak, pusat kajian, dan lain-lain.
  2. Pilih Penjual yang Merupakan Produsen Langsung. Tentu saja ada banyak keuntungan jika memilih penjual kubah masjid yang merupakan produsen langsung, antara lain dari sisi harga kubah masjid. Tentu saja jika penjual kubah masjid memiliki pabrik sendiri, harga bisa ditekan atau konsumen bisa melakukan negosiasi harga dengan mudah. Keuntungan lainnya, biasanya penjual kubah masjid yang memiliki pabrik sendiri memiliki tenaga ahli di bidang desain kubah masjid sehingga model serta bentuk yang diinginkan bisa langsung didiskusikan. Selain itu, konsumen bisa melihat pengerjaan pesanan tersebut secara langsung di area workshop dan sudah tentu hasilnya akan lebih memuaskan.
  3. Menawarkan Layanan Garansi Warna dan Anti Bocor. Kubah Masjid biasanya diberikan ornamen warna yang mencolok dan cukup tajam, sehingga mudah menemukan lokasi masjid. Nah...untuk itu pilih penjual kubah masjid yang memberikan layanan garansi warna agar kubah tetap indah, dan pastinya garansi anti bocor agar jemaah yang sedang beribadah menunaikan sholat atau melakukan aktivitas keagamaan lain merasa nyaman. Pilih juga penjual kubah masjid yang memproduksi kubah enamel yang berkualitas dan kokoh, untuk memperindah bangunan masjid.
  4. Bisa Pilih Desain Sesuai Budget Tersedia. Wah...dua hal ini terkadang menjadi problem tersendiri, karena tidak semua orang merasa cocok dengan desain beserta harga yang sudah dipersiapkan pihak penjual kubah masjid. Nah...solusinya, pilih penjual kubah masjid yang memiliki dua layanan tersebut, dimana konsumen bisa leluasa berkonsultasi gratis tentang harga kubah masjid sekaligus tentang desain kubah masjid yang indah unik, tentunya sesuai budget yang telah disiapkan sebelumnya.
Meskipun bukanlah komponen utama, namun kubah masjid memiliki fungsi tersendiri, di mana umumnya masjid yang memiliki kubah, bangunannya akan terlihat lebih indah dan megah. Untuk diketahui, jika tertarik untuk menggunakan elemen kubah masjid, ada dua alternatif untuk membangun konstruksi kubah masjid, yaitu:
  1. Membangun kubah masjid dengan bahan dasar beton.
  2. Membangun kubah masjid dengan bahan dasar bahan ringan seperti Galvalum dan Enamel.
Ternyata agar terlihat indah dan megah, membangun kubah masjid harus ditangani oleh penjual kubah masjid yang memiliki tenaga ahli dalam bidang tersebut, telah berpengalaman, dan tentu saja menawarkan layanan yang berkualitas serta profesional. Penjual kubah masjid yang memiliki layanan lengkap tersebut adalah PT. Anugerah Kubah Indonesia sebagai badan usaha yang bergerak dalam usaha Kontraktor Kubah Masjid yang telah memiliki pengalaman mengerjakan ratusan proyek kubah masjid diberbagai daerah di Indonesia. Kelebihan lainnya adalah, PT. Anugerah Kubah Indonesia memiliki pabrik sendiri sehingga konsumen bisa memilih desain sendiri sesuai budget yang disiapkan...benar-benar memberikan layanan yang berkualitas untuk membantu membangun kubah masjid idaman masyarakat. 

Nah...jika sudah ada penjual kubah masjid yang memberikan layanan berkualitas, terpercaya, dan berpengalaman, mengapa harus memilih yang lain?

Referensi Artikel:
https://www.jualkubahmasjid.id/
https://duniamasjid.islamic-center.or.id/

Sumber Foto : 
https://pixabay.com/

Tidak ada komentar