Tidak Harus Mahal, Ini Tips Memilih Kasur Bayi Murah yang Nyaman

Kasur Bayi Murah
Foto: Pixabay.com
Siapa nih yang sedang berbahagia menunggu kelahiran sang buah hati? Tidak terasa setelah menjalani masa kehamilan bulan demi bulan, akhirnya tidak lama lagi si kecil akan hadir di dunia ini dan banyak orangtua yang tidak sabar ingin menimang buah hati tercinta. Tapi sebelumnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan calon orangtua baru nih, salah satunya adalah membeli perlengkapan bayi. Nah...jika orangtua tidak ingin repot mencari perlengkapan bayi, sudah banyak nih toko-toko yang menjual perlengkapan untuk bayi yang baru lahir, lebih praktis dan pastinya tidak bikin repot harus keluar masuk toko. Salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting dan tidak boleh lupa dibeli adalah kasur bayi. Biasanya di toko-toko perlengkapan bayi tersedia beragam merek kasur bayi, atau jika orangtua tidak sempat datang ke toko secara langsung, bisa membeli perlengkapan bayi secara online, termasuk kasur bayi. Jika berbelanja secara online, orangtua tidak perlu repot karena bisa dibeli dari mana saja dan kapan saja, bahkan tersedia beragam merek kasur bayi dengan variatif harga yang bisa dipilih sesuai budget, mulai dari kasur bayi murah hingga yang memiliki harga lumayan mahal.

Meskipun memiliki harga dan merek yang beragam serta variatif sesuai budget yang dimiliki calon orangtua, namun pastikan untuk memiliki kasur bayi yang memenuhi standar kenyamanan si kecil, apalagi untuk bayi yang baru lahir biasanya masih beradaptasi dengan lingkungan barunya. Meskipun begitu, ada beberapa orangtua yang merasa tidak perlu membeli kasur bayi dengan alasan agar bisa dekat dan tidur bersama orangtua. Tapi, tahukah orangtua bahwa banyak penelitian yang menyarankan agar bayi memiliki kasur sendiri dengan tujuan agar jalan napas bayi tidak terhalang, karena kasur bayi memang dibuat dengan tujuan membuat nyaman sekaligus aman si kecil saat tidur. Jika orangtua merasa khawatir si kecil tidur sendiri, maka orangtua bisa menempatkan kasur bayi si kecil di atas tempat tidur orangtua sehingga bisa tidur bersama dan tentunya si kecil akan lebih nyaman tidur di kasur bayi miliknya.

Nah...agar si kecil merasa nyaman tidur di kasur bayi, tentu orangtua tidak boleh sembarangan memilih kasur bayi, dan berikut beberapa tips memilih kasur bayi murah yang nyaman dan tidak perlu mahal ya...karena kasur bayi biasanya tidak digunakan dalam waktu lama, mungkin hanya beberapa bulan saja.

Tips Memilih Kasur Bayi Murah yang Nyaman 

1. Hindari Membeli Kasur Bayi yang Terlalu Empuk.

Berdasarkan beberapa sumber, ternyata kasur bayi yang terlalu empuk bisa meningkatkan resiko kematian mendadak atau yang lebih dikenal juga dengan Suddent Infant Death Syndrome. Mengapa bisa demikian? Karena wajah bayi bisa terbenam dalam kasur sedangkan bayi belum bisa membolak-balikkan badannya sendiri. Untuk keamanan dan kenyamanan si kecil, sebaiknya pilih kasur bayi yang bertekstur agak keras namun nyaman untuk bayi agar bisa menopang tulang punggung bayi.

2. Pilih Kasur Bayi yang Berbahan Ringan.

Seberapa sering orangtua mengganti sprei saat bayi baru lahir? Tentunya harus sesering mungkin, tidak hanya karena bayi sering ngompol tapi juga untuk kesehatan bayi sendiri. Untuk itu, sebaiknya pilihlah kasur bayi yang berbahan ringan sehingga mudah dibersihkan dan diganti spreinya, jangan lupa juga untuk membeli beberapa lembar sprei untuk kasur bayi agar bisa diganti sesering mungkin. Selain mudah dibersihkan, kasur bayi berbahan ringan juga memudahkan untuk dibawa kemana-mana atau dipindah-pindah, sehingga si kecil bisa tidur dengan nyaman dikasurnya sendiri.

3. Perhatikan Ukuran Kasur Bayi Agar Sesuai Dengan Panjang Badan Bayi.

Bayi yang baru lahir tentunya memiliki ukuran panjang tubuh yang berbeda-beda, karena itu pastikan untuk memilih kasur bayi dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil atau sempit agar si kecil leluasa dan nyaman saat tidur. Selain nyaman untuk bayi yang baru lahir, ukuran kasur bayi yang pas juga menghindarkan si kecil dari kemungkinan cidera.

4. Sebaiknya Pilih Bahan Kasur Bayi Dari Polyester.

Terkadang, kasur bayi sangat rentan dengan kotoran dan sangat mungkin cepat kotor, entah karena tumpahan susu, keringat, tetesan liur si kecil, tumpahan obat, dan lain-lain. Nah...solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memilih material atau bahan kasur bayi yang terbuat dari Polyester, sehingga mudah di cuci dan cepat kering. Namun, pastikan pilih yang nyaman dan dari bahan yang berkualitas yah...karena kulit bayi masih sangat sensitif. Untuk itu, pastikan orangtua pintar-pintar memilih kasur bayi yang meskipun harganya murah, tapi kualitas tetap diutamakan.

5. Kasur Bayi Lipat Bisa Jadi Solusi Agar Praktis Di Bawa Kemana Saja.

Saat ini, beragam jenis kasur bayi murah sudah tersedia, disesuaikan dengan budget dan kebutuhan orangtua. Kasur bayi lipat bisa jadi solusi untuk orangtua yang menginginkan kepraktisan, karena kasur bayi jenis ini bisa dibawa kemana saja tanpa butuh space atau tempat khusus. Orangtua bisa mengajak si kecil bepergian atau keluar kota tanpa harus repot membawa-bawa kasur bayi yang berukuran besar. Selain itu, kasur bayi lipat juga bisa menjadi solusi untuk ukuran kamar yang tidak terlalu luas, karena bisa dilipat jika tidak digunakan. Agar si kecil makin nyaman tidur di kasur bayi miliknya, pilihan motif dengan gambar dan warna yang variatif bisa menjadi solusi, karena semakin usia si kecil bertambah maka ketertarikannya terhadap gambar dan warna disekelilingnya juga akan semakin bertambah besar dan dalam jangka panjang bisa membantu stimulasi si kecil lho.

6. Pilih Kasur Bayi yang Fleksibel.

Selain kasur bayi model lipat, ada jenis kasur bayi lainnya yang juga patut menjadi pertimbangan orangtua, yaitu memilih kasur bayi murah namun tetap fleksibel, artinya bisa diletakkan didalam box bayi atau ditempat lain seperti di kasur orangtua. Saat usia bayi semakin bertambah, si kecil akan semakin aktif melakukan gerakan sehingga banyak orangtua merasa khawatir meninggalkan si kecil sendirian di atas kasurnya. Nah...box bayi bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa khawatir ini, dan untuk menghemat budget pembelian peralatan bayi, membeli kasur bayi yang fleksibel adalah solusinya, sehingga bisa diletakkan diatas kasur bersama orangtua atau di dalam box bayi.

Orangtua tidak perlu khawatir karena udah tersedia berbagai merek kasur bayi murah dengan standar keamanan dan kenyamanan yang maksimal untuk bayi, terutama bayi yang baru lahir. Jika orangtua sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk membeli perlengkapan untuk menyambut kelahiran si kecil di toko-toko yang menjual perlengkapan bayi, maka belanja perlengkapan bayi secara online bisa menjadi solusi belanja praktis dan hemat. Terkadang jika beruntung, maka orangtua akan menemukan beragam produk perlengkapan untuk bayi yang baru lahir termasuk kasur bayi dengan harga sangat murah atau diskon serta penawaran-penawaran eksklusif lainnya. Bagi yang sedang berbahagia menunggu kelahiran buah hati, yuk belanja beragam perlengkapan bayi secara online dari mana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar