Tempat Wisata Paling Pas Naik Kereta Api Lengkap Dengan Cara Beli Tiket Kereta Online

Tidak terasa, liburan akhir tahun sudah di depan mata, saatnya cari-cari lokasi wisata yang cocok di kunjungi bersama keluarga nih...sambil liburan akhir tahun, tidak perlu menempuh perjalanan jauh karena berwisata naik kereta api bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan untuk anak-anak, terutama bagi yang tinggal di seputaran Jabodetabek, karena ada banyak destinasi wisata seru di berbagai kota di Pulau Jawa yang bisa dikunjungi menggunakan transportasi kereta api. Moda transportasi kereta api, sejak dahulu menjadi favorit sebagian besar masyarakat karena perjalanannya relatif lebih nyaman sehingga penumpang bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Nah...bagi yang tinggal di seputaran Jabodetabek, PT. KAI sudah menyiapkan layanan dan mengelola kereta api jarak jauh di sepanjang Pulau Jawa sehingga wisatawan bisa berkunjung ke berbagai kota yang terkenal dengan destinasi wisatanya dengan naik kereta api yang harga tiketnya tentu jauh lebih hemat, tepat waktu serta bebas macet.

Lengkap dengan cara beli tiket kereta online

Saat ini, PT. KAI sudah mempersiapkan beragam jenis layanan kereta api untuk menempuh perjalanan jarak jauh yang bisa di pilih wisatawan yang ingin berlibur ke berbagai destinasi wisata di sepanjang Pulau Jawa, mulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif, tentunya dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan masing-masing kelas, jadi wisatawan bisa memilih sesuai kebutuhan dan alokasi dana yang disediakan. Kenyamanan yang ditawarkan moda transportasi yang satu ini membuat kereta api layak di juluki sebagai transportasi yang ramah keluarga, karena anak-anak biasanya sangat antusias jika di ajak naik kereta api, jadi sangat tepat jika untuk liburan kali ini memilih kereta api sebagai transportasi menuju lokasi wisata yang di pilih. Bagi yang tertarik menempuh perjalanan wisata dengan kereta api, pastikan untuk mengetahui destinasi wisata paling pas yang bisa dikunjungi naik kereta api. Tidak hanya itu, agar rencana liburan naik kereta api berjalan lancar, pastikan untuk mengetahui cara mudah memesan tiket kereta api agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman di sepanjang perjalanan. Nah...untuk mempermudah membuat itinerary perjalanan wisata, berikut 3 destinasi wisata yang paling pas di kunjungi naik kereta api lengkap dengan cara beli tiket kereta online.
3 Destinasi Wisata di Pulau Jawa Paling Pas Naik Kereta Api
1. Bandung.

Secara geografis, Bandung merupakan kota yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata terdekat dengan Kota Jakarta, tidak heran jika banyak pilihan transportasi nyaman untuk menuju kota ini, salah satunya adalah kereta api. Selain nyaman, naik kereta api menuju Bandung terutama pada saat siang hari maka bisa dipastikan di sepanjang perjalanan akan menikmati indahnya pemandangan pepohonan hijau hingga Jembatan Cikubang yang cukup memacu adrenalin saat melewatinya. Setelah tiba di Kota Bandung, deretan kuliner yang lezat dan khas sudah menunggu untuk di cicipi di sepanjang jalan Braga, tidak jauh dari Stasiun Bandung, selanjutnya bisa beristirahat menuju penginapan yang tentunya sudah di pesan sebelumnya untuk mempersiapkan diri menjelajahi berbagai destinasi wisata seru dan keren di Kota Bandung di hari berikutnya. Seperti biasa, perjalanan naik kereta api dari Jakarta menuju Kota Bandung di tempuh dalam waktu tiga jam, jadi tidak terlalu melelahkan, terutama jika berwisata bersama anak-anak.

2. Yogyakarta.

Siapa yang tidak kenal kota yang satu ini, yang sejak dahulu terkenal dengan banyaknya bangunan bersejarah dengan nilai budaya yang tinggi. Selain mengunjungi banyak destinasi wisata budaya, pengunjung biasanya tidak lupa dengan jalan Malioboro yang sejak dahulu terkenal sebagai salah satu ikon Kota Yogyakarta. Bagi wisatawan yang menggunakan moda transportasi kereta api, lokasi Malioboro ini terbilang sangat strategis, karenanya jaraknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Tugu dan Stasiun Yogyakarta. Di kawasan Malioboro, wisatawan bisa menikmati wajah baru dari kawasan Malioboro yang saat ini sudah tertata sehingga lebih ramah terhadap wisatawan, yang bisa menikmati suasana khas Yogyakarta sambil menonton pertunjukkan para seniman yang mempersembahkan kemampuan terbaiknya untuk menghibur sekaligus memperkenalkan budaya khas Yogyakarta. Di Yogyakarta, jangan lupa berbelanja di Pasar Beringharjo karena di sepanjang pasar ini, terdapat deretan toko batik yang cocok dijadikan lokasi wisata belanja karena harganya cukup terjangkau. Sebagai informasi, perjalanan dari Kota Jakarta menuju Kota Yogyakarta dengan naik kereta api biasanya akan memakan waktu sekitar sembilan jam, dan tentunya di sepanjang perjalanan banyak aktivitas yang bisa dilakukan sambil beristirahat dengan nyaman agar tubuh bugar saat tiba di tempat tujuan.

3. Solo.

Destinasi wisata selanjutnya adalah Kota Solo, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta dan juga banyak memiliki lokasi wisata seru serta sangat cocok untuk lokasi wisata keluarga. Salah satu obyek wisata yang wajib di kunjungi saat ke Kota Solo adalah Keraton Solo, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api Solo sehingga sangat mudah di jangkau. Untuk di ketahui, ada dua stasiun kereta api yang yang langsung berdekatan dengan Keraton Solo, yaitu Stasiun Balapan dan Stasiun Jebres. Untuk waktu tempuh perjalanan dari Kota Jakarta ke Kota Solo menggunakan moda transportasi kereta api biasanya sekitar 8,5 jam dengan kereta api Argo Dwipangga atau Bima.

Lengkap dengan cara beli tiket kereta online
Cara Beli Tiket Kereta Online
Bagi yang berkeinginan memilih moda transportasi kereta api saat liburan, tidak perlu khawatir karena saat ini pembelian tiket kereta api bisa dilakukan dengan mudah dan cepat serta pasti mendapatkan tempat duduk. Bahkan, pembelian tiket kereta api ini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja karena pemesanannya bisa dilakukan secara online. Nah...untuk mempermudah pemesanan tiket kereta api secara online, berikut langkah-langkahnya.
  1. Tentukan Rute Perjalanan Kereta Api. Langkah pertama, tentukan dan cari rute perjalanan sesuai dengan jadwal dan tujuan kota yang ingin dikunjungi. Setelah semua menu di isi dengan lengkap, maka satu persatu jenis kereta akan muncul di layar dan tinggal di pilih sesuai kebutuhan dan alokasi budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  2. Pilih Jadwal Kereta Api. Untuk memilih jadwal kereta api, bisa dilakukan dengan melihat detail informasi keretanya, mulai dari nama kereta, jadwal keberangkatan, harga, serta informasi lainnya. Selanjutnya, pilih sesuai jadwal yang diinginkan dan langsung klik menu "pesan sekarang."
  3. Lengkapi Data Pemesan dan Penumpang. Setelah memilih jadwal kereta api yang diinginkan dan tiketnya masih tersedia, segera lengkapi data pemesan dan penumpang yang akan berangkat bersama, dan pastikan saat mengisi informasi data pemesan dan penumpang sejelas-jelasnya serta sebenar-benarnya agar tidak terjadi masalah saat pencetakan tiket keberangkatan. Untuk itu, jangan lupa siapkan kartu identitas yang masih berlaku dan juga jangan lupa mempersiapkan identitas anak-anak untuk pengecekan tiket saat keberangkatan nanti.
  4. Lakukan Pembayaran dan Dapatkan E-Tiket Kereta Api. Setelah selesai mengisi data serta informasi penumpang yang akan berangkat dan memilih tempat duduk sesuai yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan dianggap paling mudah serta cepat dilakukan, agar pembayaran segera diselesaikan sebelum jangka waktu yang ditentukan habis. Jika pembayaran sudah diterima dan dikonfirmasi, maka pihak penyedia layanan pemesanan tiket kereta api secara online akan mengirimkan e-tiket ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya dalam waktu 20 menit. Setelah tiket kereta api sudah di miliki, jangan lupa untuk mempersiapkan keberangkatan dan berada di stasiun paling tidak satu jam sebelumnya untuk menukarkan e-tiket dengan boarding pass agar perjalanan dengan kereta api bisa segera dilakukan.
Bagaimana? Tertarik mengunjungi 3 destinasi wisata seru dan pastinya sudah sangat melegenda di kalangan wisatawan di sepanjang Pulau Jawa dengan naik kereta api, jangan lupa membawa kamera atau smartphone yah, untuk merekam dan mengabadikan perjalanan seru selama naik kereta api. Tapi, selain 3 destinasi wisata tersebut, masih banyak tempat wisata lainnya yang paling pas di kunjungi naik kereta api dan cara lengkap pembelian tiket kereta online bisa menjadi panduan untuk mempermudah rencana perjalanan wisata bersama keluarga saat liburan tiba. Yuk liburan!

24 komentar:

  1. Transportasi paling nyaman dan aman menurutku sih emany kereta meski jarak tempuhnya masih cukup lama dibanding pesawat. Dan biasanya hunting tiket jauh2 hari kalau mau keluar kota biar dapet tempat duduk yang PW. Kalau main ke Solo, mampir ke rumahku, Mbaak

    BalasHapus
  2. Tiga kota paporitkuuuuu: Bandung, Jogja, Solo
    Dan untuk ke sana, aku emang paling hobi naik KA.
    Karena bandara BDG dan JOG tuh landasannya sempit, jadi rada ngeri kalo naik pswt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Saya pernah dari Makassar ke Jawa. Di Jawa beberapa kali naik kereta api. Excited waktu itu soalnya di pulau kami kan tidak ada moda transportasi ini. Baca tulisan ini jadi pengen lagi deh.

    BalasHapus
  4. Anak2ku paling suka kalau liburannya pakai kereta api. Apa lagi kalau destinasinya bagus, ya

    BalasHapus
  5. alhamdulillah ketiganya udah nih, sueneeeng banget naik kereta itu ya, paalagi destinasi Yogya itu kayak berasa mudik dengan mewah

    kok ga difoto lagi print tiket online sekalian? Penasaran ada gak yang dari awal sampe akhir cerita karena aku pernah nyasar sana sini saat mau ngeprint *jangan ketawaaa*

    BalasHapus
  6. Aku juga ingin coba jalan-jalan pakai kereta. Kayanya memang seru, apalagi pas bisa milih tempat duduk. Kudu pesan online biar gak kehabisan

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah ke tempat wisata pakai kereta. Sebenarnya mau coba. Tapi dari kota saya kudu ke kota lain dulu yanh ada stasiunnya. Next kalau ada temannya biar punya pengalaman baru

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah ke solo... Rencanain ah jalan-jalan ke solo, pakai kereta tentunya, moda transportasi favorit...

    BalasHapus
  9. Udah lama banget ngga naik kereta, terakhir pas anak masih 1 belum pernah ngajakin adek-adeknya naik kereta. Nantilah nunggu agak besar mau ajak anak-anak naik kereta. Ngerencanain liburan di Traveloka memang lebih mudah, semua udah ada dalam satu aplikasi.

    BalasHapus
  10. Sudah lama tak mengugunakan kereta api untuk trnpostrtasi darat. Kayaknya aku pengen mencoba deh mba biar masih tetap menikkmati kenyamanan kereta api :)

    BalasHapus
  11. Ke Malang bisa juga lho naik kereta api. Kalau kereta jarak jauh, harus siap banyak camilan hehehe.... saya pernah jam 4 sore dari Jakarta, sampai malang jam 9 keesokan harinya.

    BalasHapus
  12. ke Solo aku belum pernah naik kereta mbaa, iya kota2 tersebut enak deh jalan naik kereta. Tapi aku pernah ke Jogja, tiket kereta pulang ke Jkt salah pilih bulan :)) nggak ngeh klo salah, nggak dicek lagi. Karena tanggal dan harinya sama hihi.. jadi aja lucu

    BalasHapus
  13. Haha...benerrr, setuju. Yogya-Solo-Bandung, termasuk pas naik KA. Aku dari Jember udah berkali-kali liburan ke Yk-Solo pakai kereta. APalagi ada yg ekonomi pula, murceee

    BalasHapus
  14. kereta api memang jadi transportasi yang nyaman ya mbak
    aku pernah nyobain naik kereta api ke surabaya
    dan itu enak dan nyaman banget
    bisa menikmati perjalanan dengan lihat-lihat pemandangan

    BalasHapus
  15. Selama ini aku klo Naik kereta selalu pesan online mba,, praktis gak perlu antri tinggal print kode Aja lsg bisa y

    BalasHapus
  16. Aku suka gunain atau sekedar ceki-cek tiket KAI mbak. Cuman kalau misalkan mau ke tempat yg masih bisa keakses dg kereta, tentu akan aku gunakan opsi kereta untuk pilihan pertama mbak. Naik kereta enak dan nyaman banget hehhee. Semoga akhir tahun bsa ke Yogyakarta dg menggunakan KAI heee

    BalasHapus
  17. Cita citaku nih pengen banget menjelajahi Indonesia dgn naik kereta api, i wish someday terwujud, amiin ��

    BalasHapus
  18. Yup, nanti kalau ke Jawa lagi, sudah niat mau keliling dengan kereta api.
    Sekarang juga bisa beli secara online.

    BalasHapus
  19. Wah iya, liburan akhir tahun sebentar lagi ya. dan iya, bener, Bandung kayaknya jadi tujuan destinasi aku deh, dan pengennya naik kereta api. kayaknya anakku udah bisa deh.

    BalasHapus
  20. Memang baik kereta merupakan alternatif yg nyaman ya mba. Apalagi kalau traveling bereng keluarga. Duh, udah sekian tahun loh aku gak pernah naik kereta. Hihi

    BalasHapus
  21. Saya kalau beli tiket kereta seringnya online mbak, gak kyk dulu ya pakai rempong kudu ke stasiun hehe. Sekarang serba praktis dan memudahkan, tinggal booking kereta yang sesuai kebutuhan dan budget.

    BalasHapus
  22. Ngomong-ngomong soal naik kereta, sampai sekarang aku masih pengin bawa anak-anak untuk naik kereta ke Bandung. Bandung amat menggoda untuk dieksplor. Yuk ah cuuzz naik kereta api...

    BalasHapus
  23. Jangan lupa kunjungi juga Surabaya dan Malang naik kereta, Mbak :) Ini sayangnya dari Semarang nggak ada tiket kereta ke Jogja. Rebutan trayek sama trayek bus. hehe.

    BalasHapus
  24. Belum pernah ke Yogya naik kereta nih mba kalau Bandung, Solo udah pernah naik kereta semoga next ah liburan bareng keluarga bisa nikmatin naik kereta ke Yogya

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.