Impetigo Adalah Penyakit Infeksi Kulit yang Harus Segera Ditangani

Ketika anak sulung saya masih berusia dua tahun, pernah mengalami penyakit infeksi kulit yang tadinya saya kira adalah cacar air, yaitu kulitnya memerah dan melepuh berisi air, tapi ternyata setelah berkonsultasi ke dokter, penyakit infeksi kulit yang di alami putra saya bukanlah cacar air melainkan terkena Impetigo. Jelas nama penyakit infeksi kulit itu masih asing di telinga saya, hingga akhirnya dokter yang merawat putra saya menjelaskan secara panjang lebar apa itu penyakit infeksi kulit Impetigo. Impetigo adalah penyakit infeksi kulit menular yang kerap di alami bayi dan anak-anak, di tandai dengan luka merah pada bagian wajah, mulut, dan sekitar hidung. Sebagian orangtua masih menganggap sepele penyakit ini, namun jika bayi atau anak-anak mengalaminya sebaiknya harus segera di atasi, karena jika tidak maka akan semakin banyak bayi dan anak-anak lain yang tertular, dan mungkin saja ada sebagian kecil dari bayi dan anak-anak tersebut yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit sepele pun bisa membahayakan.

Impetigo adalah
Pastikan anak bermain di tempat yang bersih dan nyaman (Foto: Pixabay)
Meskipun begitu, penyakit ini memang tidak tergolong penyakit serius namun jangan anggap sepele karena penyakit ini kerap di alami bayi dan anak-anak yang sistem imunitasnya belum berkembang dengan baik dan masih sangat rentan jika tertular penyakit. Pada anak-anak yang lebih besar, penyakit ini tidak hanya menimbulkan gangguan kesehatan, namun juga menyebabkan anak-anak mengalami rasa kurang percaya diri dan ketahanan tubuh makin berkurang. Untuk itu, sebaiknya orangtua mengetahui lebih jauh tentang penyakit infeksi kulit Impetigo sebagai referensi jika si kecil mungkin saja akan mengalaminya.

Kenali Penyebab Impetigo

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya apa sih yang menyebabkan bayi dan anak-anak mengalami penyakit infeksi kulit Impetigo? Sesungguhnya, penyebab Impetigo adalah bakteri Staphylococcus atau Streptococcus Pyogenes. Bakteri ini umumnya masuk ke tubuh si kecil melalui luka di kulit, dan terkadang anak-anak yang kulitnya sehat pun bisa terkena penyakit ini karena bakteri ini terbilang sangat cepat penyebarannya. Tapi umumnya, kondisi yang lebih parah akan di alami si kecil jika kesehatannya sedang menurun atau dalam kondisi kurang fit sehingga sistem kekebalan tubuhnya tidak bekerja secara maksimal. Umumnya penyakit ini terbilang tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Meskipun begitu, jika si kecil mengalami penyakit ini, pastikan untuk segera di tangani karena bisa menularkan kepada orang lain, karenanya penting bagi orangtua untuk menjaga dengan baik kondisi kesehatan anak, terutama saat tubuhnya terlihat kurang sehat karena pada saat itu sistem kekebalan tubuh harus bekerja ekstra keras menghalangi masuknya bibit penyakit padahal saat usia bayi dan anak-anak, sistem kekebalan tubuh masih sangat rendah, karenanya penyakit infeksi kulit ini harus segera di cegah.

Tips Untuk Mencegah Impetigo

Nah...setelah mengetahui apa yang menyebabkan Impetigo, ada baiknya juga mengetahui bagaimana cara untuk mencegah agar si kecil tidak tertular penyakit infeksi kulit yang satu ini dengan cara yang tepat. Berikut beberapa langkah pencegahannya.


Langkah Pertama, Rajin Cuci Tangan

Seberapa sering si kecil cuci tangan dalam sehari setiap kali habis bermain atau melakukan berbagai aktivitas? Membiasakan perilaku si kecil agar rajin cuci tangan sangat penting karena bisa mengurangi resiko terkena penyakit Impetigo. Mungkin saja si kecil terkena bakteri saat memegang sesuatu atau ketika sedang bermain di fasilitas umum, karena bisa saja tangan si kecil kebetulan memegang sesuatu yang telah terkontaminasi bakteri penyebab Impetigo dan bakteri akan mudah berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain melalui tangan si kecil, karenanya pastikan si kecil untuk tidak memegang benda secara sembarangan. Kita tahu jika Impetigo bisa menimbulkan penyakit yang lebih besar dan menular. Untuk itu, pastikan si kecil rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air yang mengalir. Setelah di bilas air bersih, keringkan tangan secara merata dengan tisu atau handuk bersih agar tidak ada lagi bakteri yang menempel pada tangan.


Langkah Kedua, Obati Luka Dengan Cepat

Jika si kecil mengalami luka, walaupun hanya luka kecil pastikan untuk segera di obati, karena luka bisa menjadi perantara masuknya bakteri ke dalam tubuh. Sebelum di obati, pastikan untuk membersihkan luka tersebut terlebih dahulu agar saat di obati, luka sudah dalam keadaan bersih. Apapun jenis luka, entah itu luka goresan, terkena gigitan serangga, dan lain-lain, bersihkan terlebih dahulu dengan cairan khusus pembersih luka lalu gunakan salep yang mengandung antibiotik, karena dengan begitu, kuman atau bakteri yang mungkin saja ada di atas luka tidak akan menyebar ke tempat atau anak lain.


Langkah Ketiga, Hindari Menggunakan Pakaian Secara Bersama-sama

Seringkali ada orangtua yang tidak mempermasalahkan jika anaknya menggunakan pakaian bersama-sama dengan anak lain, padahal justru kebiasaan ini yang membuat si kecil rentan mengalami infeksi kulit, karenanya harus segera dihentikan. Penggunaan pakaian bersama membuat si kecil rentan terinfeksi Impetigo. Mungkin saja orangtua tidak menyadari jika anaknya mulai terinfeksi Impetigo, karena anak masih bermain dan beraktivitas seperti biasa, namun ibarat musuh laten, bahaya tertular Impetigo bisa di alami siapa saja karena masa berkembangnya bakteri berlangsung sangat lamban dan Impetigo pun bekerja menginfeksi secara perlahan.

Mungkin saat Impetigo di alami si kecil, tidak menginfeksi terlalu banyak, namun jika tidak segera di obati, akan menimbulkan masalah kesehatan di mana pengobatannya akan jauh lebih rumit dan sulit. Untuk itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan pakaian secara bersama-sama dan pastikan hanya menggunakan pakaian pribadi, karena bahaya terinfeksi penyakit kulit bisa mengintai dari mana saja dan kapan saja. Tips lainnya adalah jangan pernah lupa untuk menjaga kebersihan, karena rumah yang bersih akan membuat si kecil lebih sehat dan terjaga hingga sistem kekebalan tubuhnya berkembang sempurna.

Bagaimana? Sudah mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Impetigo, meskipun Impetigo adalah penyakit infeksi kulit yang tidak berbahaya, namun pastikan untuk mengatasi penyakit ini sedini mungkin jika ada yang terdiagnosa mengalami Impetigo agar penyakit tidak tersebar ke anak lainnya. Tapi, hal yang tidak kalah penting adalah melakukan tindakan pencegahan secara tepat dan cepat, agar si kecil tidak tertular penyakit infeksi kulit ini Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.