Fitur Ini yang Bikin Wordpress Hosting Pilihan Tepat Untuk Toko Online

“Mbak Mutia, kalau mau belanja online sekarang bisa langsung di toko online saya ya, sebentar lagi saya mau upload produk terbaru, siapa tahu mbak bisa kasih saran.” 

“Tapi mbak, kok websitenya ngak bisa di akses, sudah ganti browser juga enggak bisa.”

Hosting Indonesia
Source: Pixabay.com
Sejak beberapa bulan yang lalu, teman saya ini sedang giat-giatnya membuat website toko online-nya sendiri setelah bertahun-tahun sejak terjun ke bisnis online lebih memilih berjualan melalui situs marketplace dan e-commerce. Keinginan memiliki website toko online sendiri berawal dari keikutsertaannya dalam pelatihan “Strategi UKM memasuki pasar global melalui media digital,” dan kebetulan salah satu praktek yang dilakukannya dalam pelatihan tersebut adalah belajar membuat website toko online sendiri. Selama ini, bisnis membuat aneka produk kerajinan handmade yang dijalani selama bertahun-tahun sudah berjalan dengan baik, angka penjualan produk setiap tahun selalu naik, bahkan toko online yang di milikinya di beberapa situs marketplace dan e-commerce juga turut menyumbangkan keuntungan yang lumayan besar. Namun sejak setahun yang lalu, teman saya ini memutuskan untuk membuka program Reseller, sehingga pelanggan loyalnya bisa ikut menikmati keuntungan dengan mendaftar menjadi reseller-nya, nah...untuk kebutuhan inilah maka teman saya ini ingin memiliki website toko online sendiri. Setelah menemukan nama domain yang cocok, serta memilih layanan hosting Indonesia yang berkualitas, rencana membangun website toko online miliknya sendiri segera di eksekusi. Tidak tanggung-tanggung, selain memuat penjelasan lengkap tentang usahanya, teman saya ini juga memperkenalkan produk terbarunya berbarengan dengan launching website toko online, dan bisa di tebak, para resellernya pasti rebutan masuk ke toko online-nya, belum terhitung pengunjung yang lain, sehingga website toko online-nya menjadi down. Tapi untunglah, setelah berkomunikasi dengan pihak penyedia layanan hosting, website toko online milik teman saya bisa di akses kembali dengan normal, padahal tadinya teman saya sempat menduga-duga apa ada masalah keamanan pada website toko online-nya.

Baca artikel keuntungan memiliki website toko online di sini

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, memiliki website pribadi adalah hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis yang ingin membangun bisnisnya secara online, termasuk UKM yang saat ini sedang gencar-gencarnya di dorong untuk masuk ke pasar digital. Sesungguhnya, ada banyak keuntungan yang ditawarkan jika masuk ke pasar digital, salah satunya adalah kesempatan untuk mempromosikan sekaligus memperluas pasar dengan cara yang lebih mudah dan hemat tentu saja. Namun, yang hingga kini masih menjadi permasalahan, banyak pemilik usaha terutama UKM yang belum memiliki keterampilan untuk mengolah media digital agar memberikan benefit atau keuntungan bagi usahanya. Tidak tinggal diam, berbagai instansi serta institusi terkait mengadakan pelatihan yang bertujuan memperkenalkan sekaligus mempraktekkan bagaimana menggunakan media digital untuk meningkatkan bisnis atau usahanya yang dikelolanya. Meskipun membuka toko online melalui berbagai situs marketplace dan e-commerce dianggap jauh lebih mudah, namun memiliki website sendiri bagi UKM memberikan benefit atau keuntungan jangka panjang bagi perkembangan usahanya. Berikut beberapa alasan yang patut dipertimbangkan pemilik UKM untuk memiliki website sendiri. 
  1. Potensi memperluas pasar lebih besar. Sejak berkembangnya konsep Digital Marketing, memiliki website sendiri seolah menjadi hal yang wajib bagi para pelaku bisnis atau pemilik usaha, tidak terkecuali UKM. Ada beragam alasan seperti yang pernah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya di mana kepercayaan konsumen akan meningkat jika usaha tersebut memiliki website pribadi. Tapi yang pasti, memiliki website sendiri menawarkan peluang yang lebih besar dan mudah untuk menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke mancanegara. Nah…jika bisnis atau usaha memiliki visi ke depan, jangan ragu untuk mulai membangun website sendiri. 
  2. Mudah mengumpulkan data pelanggan. Dengan memiliki website sendiri, peluang untuk mengumpulkan database pelanggan akan lebih besar, karena siapapun tidak bisa menyangkal jika di era digital, data memegang kunci yang sangat penting. Nah…dengan memiliki website sendiri, database pelanggan akan lebih mudah di kelola, tentunya untuk kepentingan riset pengembangan produk, promosi, bahkan penawaran. Selain itu, memiliki data pelanggan akan membuka jalur lebih pribadi dengan pelanggan sehingga peluang membangun hubungan yang lebih intens lebih besar. 
  3. Webrooming bantu datangkan pelanggan ke toko offline milik pelaku bisnis atau UKM. Meskipun banyak yang menyatakan jika jumlah konsumen yang berbelanja secara online naik dengan angka yang cukup signifikan, tapi masih ada sebagian masyarakat yang perilaku belanjanya masih berada di dua sisi yang berbeda, contohnya seorang konsumen yang berbelanja secara online tapi masih melakukan pembayaran secara konvensioal di toko atau gerai tertentu. Webrooming sendiri merupakan gambaran perilaku konsumen yang suka melakukan pencarian atau referensi barang melalui toko online atau kanal-kanal digital, namun tetap melakukan pembelian secara langsung ke toko offline. Nah…bagi pelaku usaha yang masih mempertahankan toko offline namun tetap membangun website untuk kepentingan pemasaran digital, di nilai merupakan langkah marketing yang tepat, meskipun memang mempertahankan toko offline di era sekarang ini membutuhkan usaha yang jauh lebih keras. 
Meskipun memang tidak bisa di sangkal jika memiliki website sendiri menawarkan banyak keuntungan bagi pelaku usaha, terutama yang memiliki visi bisnis jangka panjang, namun masih sedikit pelaku usaha yang memahami bahwa website berbasis wordpress secara berkala harus terus di update pengamanannya agar data-data pelanggan yang tersimpan dalam website aman dari serangan Cyber Crime, terutama jika website tersebut menyimpan data keuangan dan transaksi pelanggan. Sebagai referensi, berikut beberapa langkah yang tepat untuk mengamankan website berbasis wordpress agar pelanggan merasa nyaman dan aman bertransaksi secara online. 

1. Pastikan untuk selalu mengupdate wordpress. 

Semua orang tahu jika wordpress merupakan CMS yang opensource sehingga jika terjadi bug akan mudah diketahui oleh pihak tertentu, yang tentu saja membuat celah keamanan website menjadi rentan. Nah…sebisa mungkin lakukan update wordpress secara berkala jika di rilis versi terbaru, karena biasanya update tersebut untuk menutupi bug yang mungkin muncul dari versi sebelumnya. Namun jangan lupa, pastikan untuk membaca secara teliti, fitur apa saja yang di update atau jika ada penambahan fitur baru, agar bisa melakukan langkah antisipasi jika terjadi masalah saat proses update berlangsung. 

2. Pastikan untuk mengupdate Plugins yang terpasang pada website. 

Hal yang membuat banyak pelaku bisnis online memilih CMS wordpress adalah tersedianya banyak plugins yang membuat website nampak lebih elegan dan interaktif, sehingga sangat mendukung aktivitas interaksi dalam website toko online. Seperti halnya wordpress, plugins-plugins yang terpasang pada website memungkinkan terjadinya bug yang tentu saja sangat merugikan pemilik website, apalagi jika website toko online tersebut memiliki traffic pengunjung yang sangat padat. Biasanya pengembang plugins selalu memberikan update secara berkala untuk menutupi bug pada versi sebelumnya. Agar website toko online aman dan terlindungi, pastikan untuk selalu mengupdate plugins-plugins tersebut segera setelah rilis resmi di buka. 

3. Pastikan untuk menggunakan Password yang unik dan kuat. 

Password sampai saat ini masih memegang peranan sangat penting dari sisi pengamanan untuk media digital, karena itu disarankan untuk memilih kombinasi password yang unik, dan biasanya terdiri dari gabungan kata, angka, atau karakter spesial lainnya. Biasanya password terdiri dari 6 karakter dengan kombinasi tiga hal tersebut, namun pastikan untuk mengupdate password secara berkala agar tidak terlacak oleh pihak lain. 

4. Disarankan untuk mengganti username login. 

Seringkali username di anggap tidak terlalu penting karena lebih fokus pada password dari sisi keamanannya. Tapi jangan salah, username juga memegang peranan penting untuk keamanan website, karena kombinasi username yang mudah tertebak dan password yang lemah juga rentan membuat website bisa dimasuki pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebisa mungkin, jangan menggunakan username default dari wordpress, yaitu “admin” agar pelaku usaha nyaman menggunakan CMS Wordpress untuk website toko online yang dimilikinya. 

5. Pastikan untuk rutin melakukan Backup website serta database. 

Backup sangat penting untuk menjaga jika terjadi sesuatu, maka sudah memiliki salinan data penting yang sangat dibutuhkan. Apalagi untuk website sekelas toko online, tentu data website berupa artikel, produk, serta file lainnya, adalah aset utama yang sangat penting, karenanya harus selalu di jaga agar tidak ada data atau file yang hilang atau tercecer.

Tentu, selain langkah pengamanan di atas, masih ada langkah lainnya untuk menjaga agar keamanan website terutama database pelanggan dapat terjaga dengan baik dan aman, sehingga konsumen yang berbelanja dan melakukan transaksi pembayaran akan selalu merasa nyaman dan aman. Namun memang, masih ada sebagian pelaku usaha yang masih lalai melakukan langkah pengamanan data penting websitenya dengan berbagai alasan diantaranya kesibukan untuk menciptakan inovasi produk baru sehingga lupa untuk melakukan langkah pengamanan website. Selain itu, masih banyak pelaku usaha seperti UKM yang belum mahir menggunakan teknologi digital seperti membuat website, sehingga tidak melakukan langkah pengamanan. Pentingnya langkah pengamanan website berbasis wordpress ini, membuat banyak pelaku bisnis dan usaha yang memilih menggunakan Wordpress Hosting.
Fitur Ini yang Bikin Wordpress Hosting Pilihan Tepat Untuk Toko Online
Wordpress Hosting
Source: Pexels.com
Menurut cerita teman saya, saat pelatihan menggunakan media digital untuk UKM Indonesia, banyak pelaku usaha yang mengeluhkan kalau mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengoptimalkan website, terutama dari sisi keamanannya. Bahkan, saat pelatihan, banyak pelaku UKM yang justru baru pertama kali menggunakan media digital untuk membantu mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk UKM yang dihasilkannya. Jika terjadi masalah pada website seperti yang di alami teman saya, tentu mereka akan kebingungan sehingga salah mengambil kesimpulan masalah yang di hadapi website-nya. Nah...Wordpress Hosting hadir untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan ini, sehingga website yang dengan susah payah mereka bangun bisa terjaga keamanannya. 

Wordpress Hosting sendiri merupakan layanan hosting yang secara spesial ditujukan untuk pengguna CMS Wordpress agar performa website toko online-nya meningkat sehingga ramai dikunjungi oleh pelanggan. Wordpress Hosting memungkinkan pengguna layanannya untuk fokus pada konten website serta pada ide untuk menciptakan inovasi produk baru. Pengguna layanan hosting ini juga tidak perlu repot dan pusing untuk mengurus masalah teknis sebuah website, seperti masalah resource limit yang terbatas, kecepatan loading website, serta melakukan langkah pengamanan. Pendek kata, semua layanan hosting ini didedikasikan secara khusus untuk pengguna layanan wordpress sehingga Wordpress Hosting ini sering disebut juga dengan istilah “Managed Wordpress Hosting.” Untuk pelaku usaha atau bisnis UKM yang memiliki visi jangka panjang, wordpress hosting sangatlah tepat karena memiliki sejumlah fitur unggulan yang membuat layanan hosting ini nampak berbeda dari layanan hosting biasa, seperti berikut ini. 
  1. Fitur keamanan yang lebih terjamin karena website akan diproteksi dari ancaman virus dan malware yang bisa merusak website serta file yang tersimpan dalam wordpress. 
  2. Telah disetting auto update theme serta plugins yang digunakan pengguna layanan, hosting untuk mempercantik tampilan serta melengkapi fitur yang memudahkan konsumen melakukan pencarian serta pembelian produk. Auto update ini sangat membantu pelaku usaha yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus masalah teknis semacam ini. 
  3. Telah dilengkapi dengan layanan Auto Backup yang pastinya sangat membantu pengguna layanan hosting jika suatu saat layanan website mengalami masalah, file serta database pelanggan yang sangat penting bisa terselamatkan sehingga tidak perlu mengulang membuat website dengan konten yang baru, seperti kata pepatah “sedia paying sebelum hujan.” 
  4. Pemberian Resource Limit yang jauh lebih besar jika dibandingkan layanan hosting biasa. Fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk website toko online karena kecepatan akses atau loading website bisa mencapat hingga 10x lipat dari hosting biasa. Umumnya pelanggan tidak betah menunggu loading toko online yang terlalu lama. 
  5. Cara setting dan penginstalan wordpress akan jauh lebih mudah, tidak perlu ribet untuk menginstall beragam plugins serta theme. 
Meskipun fitur yang diuraikan di atas termasuk layanan standar untuk pengguna Wordpress Hosting, tapi beberapa penyedia layanan hosting menawarkan sejumlah tambahan fitur lain yang membuat Wordpress Hosting adalah pilihan terbaik untuk toko online. Seperti fitur spesial yang ditawarkan Qwords, sebagai salah satu penyedia layanan Wordpress Hosting yang tepercaya, kredibel, serta profesional. Wordpress Hosting Indonesia yang ditawarkan Qwords telah dioptimalkan dengan CloudPOP sehingga memiliki sejumlah keunggulan, yaitu Penyimpanan menggunakan SSD (Solid State Drive) berkecepatan tinggi yang secara otomatis selalu terbackup dalam sistem. Selain itu, terdapat fitur Cloud Based Hosting sehingga kualitas layanannya lebih baik daripada shared hosting, mendukung HTTP2 dan SSL yang bisa didapatkan secara gratis, cPanel Control Panel yang membuat kecepatan website makin optimal, tawaram gratis percobaan satu bulan untuk memastikan cocok tidaknya menggunakan Wordpress Hosting, serta gratis migrasi dari penyedia layanan hosting lain. Dengan berbagai keunggulan ini, tentu memilih layanan Wordpress Hosting dari Qwords adalah pilihan yang tepat agar website toko online semakin ramai dikunjungi konsumen, dan UKM Indonesia makin berjaya, tidak hanya di pasar domestik namun juga di pasar internasional.

Referensi Tulisan:
https://www.qwords.com/wordpress-hosting/ 
https://www.centerklik.com/10-trik-meningkatkan-security-cms-wordpress/ 
https://kursuswordpress.com/tips-meningkatkan-keamanan-website-berbasis-wordpress/

23 komentar:

  1. hoho jadi inget wordpress ku belum kuapdet...Update dulu ahhh biar tambah josss...Sekarang emang banyak yang beralih ke wp nih apalagi untuk kepentingan bisnis ya...

    BalasHapus
  2. Iya kalo WP memang fitur2nya banyaaak, dan cocok banget untuk website bisnis ya Mba
    Jadi makin gampil untuk optimasi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Wordpress hosting emang bagus kok. Kalau untuk bisnis, biaya yg dikeluarkan worth it banget

    BalasHapus
  4. Iyaah mba, dunia digital memudahkan pemasaran ya. Jadi lebih luas lagi menjaring konsumennya.. dan ini fiturnya memudahkan bgt.aku jd keinget wP aku ��

    BalasHapus
  5. Asyik ya kalau pakai wordpress, banyak pluginnya... Rekomandasiin wordpress dan qwords ah, buat teman saya yang mau bikin website untuk usahanya

    BalasHapus
  6. wordpress memang bagus yaa utk SEO tp wajib terus diupgrade ddan dirawat serta dilengkapi dg plugin2 tertentu spy performance websitenya ttp bagus

    BalasHapus
  7. Aku sudah hampir setahun migrasi ke WP. Iya sih, dari segi performa memang lebih baik, tapi memang butuh waktu buat maintain. Begitu pun hostingnya, mayan euy, kudu kerja keras, hehe.

    BalasHapus
  8. wordpress optimal untuk SEO ya mba, hanya mesti sering update dan upgrade plugin juga. :)

    BalasHapus
  9. WP memang fiturnya banyak, jadi cocok untuk website bisnis. Jadi makin mudah untuk optimasi. asal wajib terus diupgrade, dilengkapi plugin tertentu biar performance websitenya jooosssss

    BalasHapus
  10. Klienku kebanyakan websitenya pakai wordpress, selain tampilannya emang bisnis banget, bisa diutak-atik sesuai kebutuhan karena fiturnya banyak. Padahal blog aku blm pakai WP tapi jadi belajar gara-gara ngurusin webnya klien hihi. Cocoklah yang mau bisnis online pakai WP.

    BalasHapus
  11. Wordpress memang banyak pilihan pluginnya, aku sendiri dari awal membangun blog sudah pakai platfrom wordpress dan so far merasa nyaman. Tapi kalau buat yang terbiasa pake plarform lain kemudian beralih ke wordpress katanya sih agak rumit. Tapi rumit pun tetap bisa dipelajari karena banyak banget tutorial tersebar di internet

    BalasHapus
  12. Emang platform wordpress itu paling juara..bener2 bisa di custom buat berbagai fungsi

    BalasHapus
  13. Beberapa temanku yang punya olshop menggunakan Wordpress juga untuk shopping online mereka dan katanya emang bagus ya mbak.

    BalasHapus
  14. Klo WordPress memang bagus sih ya mba akupun galau mau pindah dari blogpost ke WordPress...to hrs bljar bnyk ttg dulu plug in nya

    BalasHapus
  15. Aku juga punya yang satu ini and I have no complaints

    BalasHapus
  16. aku pake WP tapi ga ngerti detail-detail kaya gini...hehehe
    kadang pengen sih dandanin blog biar enak dilihat..tapi pasti gagal terus..

    BalasHapus
  17. Memang kalau mau sukses di dumay harus digeluti semua kesempatan atau peluang dunia digital ya. Semoga sukses deh website dagangan onlinenya, Mba

    BalasHapus
  18. Memang WP oke banget deh, bagus buat ngapain aja. Secara penampilan sama view bisa dioprek WP. Kalau blogspot buat branding aja nggak ngejar view dari orang-orang.

    BalasHapus
  19. Aku ada WP, cuman sampai sekarang belum diapa-apain juga nih.

    BalasHapus
  20. suka dengan templatenya wordpress emang bagus dan cantik cantik ya mbak. sayangnya sekarang kayaknya baru lagi ya mbak, aku udah lama gak utak atik blog yang di wordpress. jadi diingetin lagi setelah baca ini

    BalasHapus
  21. Memang kalau untuk usaha, lebih keren kalau pakai wordpress.
    Soalnya tampilannya dan pengaturannya juga enak dilihat.

    BalasHapus
  22. Semoga sukses dengan website dagangan onlinenya mba, emang kalo udah tau triknya bermain di dunia digital enak banget

    BalasHapus
  23. Sy dulu punya website khusus buat jualan mba tp ga ke handle jd sekarang jualan di market place aja sm ig . Mungkin krn waktunya rebutan sm ngblog hehe

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.