Tips Sukses Berbisnis Sablon Kaos Digital

Sablon Kaos Digital
Sumber : Pexels.com
Siapa sih yang tidak suka memakai kaos, bahkan untuk fashion laki-laki, kaos menempati posisi pertama sebagai jenis pakaian yang difavoritkan. Selain nyaman di pakai di segala suasana, baik santai maupun non resmi, kaos juga bisa dipadupadankan dengan aneka jenis bawahan celana atau rok, tapi memang sebagian besar orang lebih suka memadupadankan kaos dengan bawahan jeans karena terlihat rapi, simpel, dan santai. Ternyata kaos tidak hanya membuat gaya berpakaian terlihat lebih santai namun juga menjadi media promosi yang efektif. Tidak heran jika banyak perusahaan yang memilih menggunakan kaos sebagai alat promosi dan dijadikan salah satu merchandise utama mereka. Nah...seiring perkembangan zaman, bisnis sablon kaos pun ikut mengalami perubahan, jika dahulu menggunakan perangkat sablon manual membutuhkan waktu berhari-hari agar bisa di pakai konsumen, namun kini dalam hitungan menit kaos sudah bisa dikenakan dengan desain sesuai kebutuhan dan keinginan dengan diperkenalkannya alat sablon kaos digital. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan sablon kaos digital, diantaranya:

  • Dari segi warna yang dihasilkan lebih variatif sehingga apapun warna desain yang diinginkan konsumen bisa diaplikasikan.
  • Bisa menyablon dengan desain gambar atau foto sesuai keinginan konsumen.
  • Proses penyablonan bisa lebih cepat karena menggunakan media kertas transfer (transfer paper).
  • Bisa menyablon kaos meskipun hanya satu permintaan, sehingga konsumen bisa mengenakan kaos dengan desain gambar yang unik dan berbeda dengan yang lain.
Semakin banyak konsumen yang suka mengenakan kaos, di tambah lagi kaos adalah pilihan berpakaian yang sangat cocok untuk segala usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, membuat bisnis sablon kaos sangat di minati. Apalagi dengan munculnya teknologi digital yang memungkinkan kaos di sablon dengan cara yang lebih mudah atau cara digital, membuat bisnis kaos digital semakin di minati. Nah...untuk yang berminat untuk memulai bisnis sablon kaos, berikut beberapa tips sukses berbisnis sablon kaos dengan bantuan perangkat digital.

Sablon Kaos Digital

1. Kenali Jenis-jenis Perangkat Sablon Digital

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kaos menjadi pilihan busana favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, apalagi seiring dengan semakin banyaknya bermunculan komunitas yang secara langsung memberikan pengaruh positif pada bisnis sablon kaos dengan semakin banyak bermunculan bisnis sablon kaos. Tren positif ini terus berkontribusi positif seiring berkembangnya teknik sablon kaos digital, yang memberikan banyak keuntungan terutama dari segi penghematan waktu pengerjaan serta pilihan desain kaos yang beragam. Dengan semakin banyaknya pengusaha sablon kaos digital maka persaingan pun tidak bisa terelakkan, dan hal ini berpengaruh pada peningkatan kualitas produksi serta pelayanan yang makin memuaskan. potensi bisnis sablon kaos digital yang sangat besar sangat sayang jika dilewatkan, jadi tidak ada salahnya jika memulai bisnis sablon kaos digital. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat jenis mesin seperti apa sih yang kerap digunakan dalam proses pembuatan sablon kaos digital.
  1. Mesin Cutting Sticker (Mesin Plotter). Proses pembuatan sablon diawali dengan menggunakan mesin cutting sticker, atau disebut juga mesin plotter. Mesin ini berfungsi sebagai pemotong stiker yang akan digunakan untuk mendesain kaos. Umumnya, mesin ini digunakan untuk memotong bahan-bahan seperti stiker umum, stiker polyflock, vinyl, dan lain-lain. Mesin cutting sticker ini tidak hanya merupakan salah satu alat paling penting dalam bisnis sablon digital, namun juga dalam bisnis digital lainnya. Kegunaannya tidak hanya untuk memotong stiker untuk kaos sablon saja, tetapi juga untuk memotong stiker motor dan mobil, pembuatan name tag, logo hologram pada pakaian seragam, dan hal-hal serupa lainnya.
  2. Mesin Heat Press. Mesin heat press, atau disebut juga mesin hot press, merupakan alat sablon digital yang tidak kalah bagusnya dengan mesin cutting sticker. Cara kerja mesin heat press ini adalah dengan memanaskan sablon secara digital. Kandungan tinta pada transfer paper yang ditempelkan pada kaos yang akan disablon menggunakan mesin heat press kemudian dikeringkan dengan cutting polyflex atau polyflock. Hawa panas yang dihasilkan oleh mesin heat press ini dapat membantu pembuatan sablon dengan hasil yang merata dan lebih kuat, sehingga kualitas hasil sablon pada kaos pun terjamin. Mesin heat press ini merupakan salah satu komponen paling penting dalam pembuatan kaos sablon dengan kualitas yang baik. Dengan menggunakan mesin ini, hasil sablon digital dapat meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk yang dijual. Hal ini tentunya memberikan efek yang baik pula terhadap bisnis sablon.
2. Peralatan Pendukung Untuk Bisnis Sablon Digital.

Dalam menjalankan bisnis yang sukses, selain keterampilan yang memadai, kelengkapan alat produksi juga merupakan faktor yang sangat penting. Berkat kemajuan teknologi di masa kini, ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membantu memudahkan proses produksi, khususnya sablon digital. Dari sekian banyaknya alat yang ditawarkan, pebisnis harus mampu memilih dan memilah barang apa saja yang dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam proses produksi. Hal ini juga berlaku dalam bisnis sablon digital. Berikut adalah beberapa perangkat pendukung yang direkomendasikan untuk menghasilkan sablon digital yang baik.
  1. Komputer. Komputer merupakan alat pendukung yang penting dalam usaha sablon digital. Komputer dapat digunakan untuk mendesain produk dan juga sebagai media untuk mengontrol mesin-mesin produksi lainnya dengan software tertentu.
  2. Printer Inkjet. Printer Inkjet berfungsi untuk mencetak gambar yang akan disablonkan pada kaos. Dengan menggunakan printer Inkjet ini, gambar tersebut dicetak pada transfer paper untuk kemudian dipanaskan pada kaos menggunakan mesin heat press. Umumnya, printer Inkjet menggunakan jenis tinta pigment sehingga hasil cetakannya nyata.
  3. Printer DTG. Printer DTG (Direct to Garment) merupakan jenis printer yang dapat digunakan untuk mencetak gambar yang telah dibuat menggunakan komputer, langsung pada kain. Biasanya, jenis printer ini baik digunakan untuk mencetak gambar pada kain jenis cotton combed. Hal ini menjadikannya sangat berguna dalam pembuatan sablon kaos. Printer DTG saat ini sangat digemari oleh pada pebisnis garment. Pasalnya, selain penggunaannya yang efektif dan efisien dalam pembuatan sablon, printer DTG ini juga mampu menekan biaya produksi yang tinggi.
Di era teknologi yang serba canggih seperti saat ini, banyak pebisnis memanfaatkan kecanggihan tersebut untuk mengembangkan dan memajukan usahanya, khususnya di bidang sablon kaos digital. Penggunaan teknologi terkini dipercaya dapat mempermudah dan mempercepat proses produksi juga pemasaran, dengan kualitas hasil produksi yang baik. Meski demikian, para pebisnis tetap harus pintar-pintar membaca peluang dan menentukan strategi yang kuat agar bisnis sablon mereka dapat terus maju dan berkembang. Inovasi sangat diperlukan untuk menjaga ketertarikan para pelanggan terhadap produk yang dihasilkan, juga agar jumlah penjualan dapat terus meningkat dan biaya operasional produksi menurun. Bisnis sablon kaos digital juga sangat cocok untuk semua kalangan, bahkan mahasiswa sekalipun sehingga akan semakin banyak generasi muda yang berpikiran maju dan kreatif. Konsumen pun merasa puas karena bisa memakai kaos dengan desain pilihan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, karena sablon kaos digital memungkinkan mencetak sablon hanya untu satu atau dua kaos sesuai pilihan konsumen...menarik kan!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.