Wordpress Hosting Bikin Jualan Online Makin Laris, Ini Alasannya

Suka belanja online?
Akhir-akhir ini saya lebih memilih belanja secara online, selain lebih menghemat waktu juga lebih ekonomis karena enggak perlu keluar uang banyak untuk ongkos atau biaya transportasi dan jajan. Dari sekian banyak marketplace, toko online, dan media sosial yang sangat support dengan aktivitas belanja online, beberapa waktu terakhir in saya lebih memilih belanja online melalui media sosial Instagram. Yap…media sosial instagram memang lebih fokus pada foto atau gambar, rasanya sangat cocok dengan karakteristik belanja online yang sangat memaksimalkan keberadaan foto atau gambar produk yang di jual. Saya termasuk pengguna media sosial Instagram yang aktif dan dalam sehari bisa menghabiskan waktu yang lumayan banyak untuk mengakses media sosial yang satu ini. Berkaitan dengan urusan belanja online, beberapa kali saya belanja hanya karena iklan yang tiba-tiba muncul di wall Instagram saya lho, karena yah itu tadi, gambarnya sangat menarik terutama untuk produk fashion atau pakaian. Belanja onlinenya juga simpel, cukup klik link situs atau website toko online tersebut dan masuklah saya ke sebuah situs atau website yang walaupun tampilannya sederhana namun memuat informasi produk yang sangat lengkap. Usut punya usut ternyata situs atau website toko online yang simpel dan informatif ini sebagian besar berbasis Wordpress Hosting.

Wordpress Hosting
(Photo: Pexels.com)
Pengalaman seringnya belanja online mau tidak mau membuat saya tertarik juga untuk mulai berjualan secara online dan kebetulan produk tersebut cocok jika di jual secara online. Lalu, mulailah saya mencari informasi detail tentang cara yang tepat untuk memulai berjualan secara online, terutama untuk pemula seperti saya. Selain berjualan online melalui situs atau website marketplace atau media sosial, ternyata ada dua jenis website yang sangat efektif untuk membantu meningkatkan performa penjualan terutama untuk pelaku usaha yang masih pemula dan baru pada tahap ingin memperkenalkan produk yang dijualnya. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa memulai berjualan online melalui media sosial atau website marketplace terbilang sangat menguntungkan karena lebih mudah dan cepat, namun memiliki website toko online sendiri tetaplah penting, selain pemilik toko online memiliki kontrol penuh atas toko onlinennya, juga sangat penting untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang. Selanjutnya, seperti apa sih dua website yang efektif untuk berjualan online, berikut penjelasannya.

1. Website simpel dengan produk yang spesifik. 

Memulai berjualan online juga membutuhkan strategi lho agar produk yang di jual bisa masuk ke pasar online, apalagi jika kompetitor produk terbilang cukup banyak. Nah…website simpel dengan produk yang lebih spesifik dan berniche tentu akan lebih mudah dioptimalkan, terutama untuk kebutuhan SEO (Search Engine Optimization). Selain itu, situs atau website toko online seperti ini lebih mudah di buat dan memiliki fitur yang lebih sederhana sehingga penjual online yang masih pemula sekalipun bisa membuat website semacam ini. Beberapa ahli berpendapat bahwa website seperti ini lebih tinggi konversinya dan hanya sedikit pengunjung website yang hanya bertujuan untuk melihat-lihat produk karena pengunjung biasanya adalah seseorang yang mengunjungi untuk membeli produk tersebut. Namun website semacam ini bukan berarti tidak ada kekurangannya lho, diantaranya penjual online harus memiliki banyak website jika jenis produk yang di jual cukup banyak dan tentu saja membutuhkan tenaga ekstra untuk mengurus masing-masing website. Pemilik toko online juga kesulitan untuk memasukkan sistem perhitungan ongkos kirim dalam websitenya karena fiturnya yang relatif sederhana, biasanya perhitungan ongkos kirim dikomunikasikan secara langsung ke pembeli. Ada pembeli yang kurang suka keribetan semacam ini, apalagi jika terbiasa belanja online melalui website marketplace.

2. Website Multi Produk. 

Meskipun website toko online yang menjual beragam produk di nilai lebih ramah terhadap pembeli online, namun pastikan bahwa multi produk tersebut berada dalam koridor kategori sejenis agar konsumen lebih mudah mengingat toko online tersebut, misalnya jika toko online tersebut menjual pakaian anak-anak, maka bisa ditambahkan dengan aneka kebutuhan anak lainnya, sehingga toko online tersebut bisa membranding dirinya menjadi pusat penjualan kebutuhan anak-anak. Selain itu, toko online semacam ini sangat memungkinkan untuk ditambahkan berbagai fitur yang memudahkan konsumen berbelanja secara online tanpa harus repot konfirmasi lebih dahulu kepada penjual, termasuk jika ingin memberikan promo atau diskon, menampilkan produk yang sangat diminati konsumen, dan masih banyak lagi keuntungan jika membuat toko online seperti ini. Tapi tentu saja, toko online seperti ini tetap memiliki kekurangan, diantaranya proses pembuatan yang jauh lebih rumit dan sangat tidak ramah untuk penjual online pemula yang belum mahir membuat toko online. Selain itu, tidak semua pengunjung toko online adalah mereka yang memang berniat untuk membeli, ada konsumen yang hanya datang untuk melihat-lihat beragam produk dan belum memutuskan untuk melakukan pembelian pada kunjungan pertama.

Namun apapun pilihan jenis website toko online, sebagian besar penjual online memang lebih memilih menggunakan hosting berbayar di bandingkan hosting gratis, selain memang direkomendasikan oleh para pakar internet marketing, hosting berbayar pada prinsipnya menawarkan banyak keuntungan untuk penjual online, diantaranya terlihat lebih profesional di mata konsumen dan tentu saja lebih terjamin keamanannya, apalagi jika toko online tersebut dilengkapi dengan fitur pembayaran secara langsung, tentu jaminan keamanan data konsumen adalah yang utama. Backup untuk sebuah toko online juga menjadi suatu hal yang sangat penting, dan hosting berbayar sangat mensupport penuh fitur ini karena penggunanya bisa melakukan backup data secara berkala dan jika terjadi sesuatu dengan website toko onlinenya, maka data akan tersimpan secara aman. 

Wordpress Hosting Bikin Jualan Online Makin Laris, Ini Alasannya

Sebagai konsumen yang suka belanja online, saya paling suka belanja online di website dengan hosting berbayar karena ada jaminan keamanan dan lebih profesional, tidak mudah lho merawat toko online dengan hosting berbayar, selain harus rutin melakukan pembayaran agar website tidak tersuspend, pemilik toko online harus rajin mengupdate websitenya untuk memberikan informasi secara realtime, terutama menyangkut stock barang. Dengan aktivitas seperti ini, tentunya pemilik toko online adalah seorang yang memang fokus mengembangkan bisnisnya untuk jangka panjang. Apalagi layanan hosting berbayar kini semakin mudah didapatkan dan banyak hosting Indonesia yang sangat mensupport pemilik toko online dalam menjalankan bisnisnya. Selanjutnya untuk membuat website toko online dengan hosting berbayar tentu membutuhkan aplikasi untuk membuat website atau lazim di sebut CMS (Content Management System). Untuk saat ini Wordpress masih menjadi CMS primadona di kalangan pemilik toko online dengan berbagai alasan, diantaranya:
  1. Tersedia banyak pilihan template atau theme untuk mempercantik tampilan toko online sehingga konsumen betah berlama-lama mengunjungi website toko online. Tidak hanya itu beberapa template bahkan memungkinkan pemilik toko online memaksimalkan serta mengoptimasi fitur-fitur yang memudahkan konsumen berbelanja secara online. 
  2. Mudah mengatur Permanent Link (Permalink) untuk setiap postingan di toko online, sehingga toko online bisa mengoptimasi kata kunci atau keyword yang diinginkan dengan mudah melalui URL atau Link judul. Dari sisi SEO, fitur ini terbilang sangat membantu menaikkan posisi website toko online di posisi terbaik search engine. 
  3. User Friendly. Untuk saat ini CMS Wordpress masih menduduki posisi pertama dari sisi kemudahan penggunaannya, terutama untuk pemilik toko online yang masih pemula dan belum mahir mengotak-atik website agar mendapatkan tampilan yang menarik di mata konsumen. Tidak hanya itu, di Wordpress juga tersedia beragam widget yang mudah digunakan untuk memaksimalkan tampilan toko online, yang tidak hanya terlihat menarik namun mudah dioperasikan oleh pemilik toko online. Nah…dengan keberadaan widget ini, konsumen akan lebih mudah berbelanja online. 
  4. SEO Friendly. Siapapun pasti setuju, termasuk para ahli internet marketing bahwa website berbasis wordpress hosting sangat SEO Friendly, bahkan sebagian besar website toko online yang menduduki peringat teratas halaman search engine Google adalah yang berbasis wordpress hosting. Semakin tinggi peluang muncul di halaman pertama search engine, maka peluang konsumen yang berkunjung ke website toko online akan semakin besar. Ini merupakan alasan utama sebagian besar pemilik toko online memasang CMS Wordpress untuk website toko onlinenya. 
  5. Banyak pilihan Plugin. Plugin adalah program tambahan yang umumnya dintegrasikan dengan Wordpress untuk menambah atau melengkapi fitur-fitur dalam sebuah website. Bisa dikatakan, plugin menjadi salah satu daya tarik utama pengguna wordpress, namun untuk menginstal plugin ini, sebuah website harus memiliki hosting pribadi atau berbayar. Keberadaan plugin ini terbilang sangat membantu mengoptimasi toko online karena menghadirkan banyak fitur yang membuat tampilan website toko online ramah di mata konsumen. Namun yang lebih menyenangkan lagi, plugin-plugin ini bisa didapatkan secara gratis dan secara berkala terus diperbaharui agar kinerjanya maksimal. Bahkan, berkat tambahan plugin, tampilan website toko online menjadi lebih mobile friendly dan nyaman jika di akses menggunakan smartphone. 
  6. Website berbasis Wordpress di klaim memiliki jaminan keamanan yang cukup tinggi, bahkan demi membuat penggunanya merasa aman terutama untuk website toko online, Wordpress selalu mengupdate kinerjanya. Yap…untuk toko online, keamanan menjadi hal yang sangat utama karena terdapat banyak data konsumen yang sangat berbahaya jika di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, apalagi jika website toko online tersebut support dengan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan website secara langsung, bisa dibayangkan banyak data keuangan penting milik konsumen yang berbahaya jika di retas dan di ambil pihak yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu, wordpress memungkinkan penggunannya melakukan backup secara berkala sehingga data tersimpan aman.
Selain alasan-alasan tersebut, sesungguhnya masih banyak alasan lain yang membuat Wordpress Hosting di pilih sebagian besar pemilik toko online, baik skala besar maupun kecil, baik website toko online dengan produk yang spesifik maupun website multiproduk, tapi yang pasti menggunakan Wordpress Hosting berpotensi membuat jualan online makin laris di pasar online, baik untuk toko online dengan produk yang spesifik maupun multiproduk. Ada banyak pilihan hosting berbayar yang bisa di pilih untuk menunjang penjualan produk atau bahkan menjadi tempat utama berjualan, sehingga website terlihat simpel tapi sarat informasi penting seputar produk yang di jual, seperti beberapa website toko online yang terintegrasi dengan media sosial Instagram. Kini mencari layanan hosting yang berkualitas tidak sulit, karena ada banyak website yang secara khusus menawarkan layanan hosting berbayar untuk mengoptimasi toko online, salah satunya adalah Qwords.com. Di antara beberapa layanannya, terdapat layanan Wordpress Hosting Indonesia yang dioptimalkan dengan CloudPOP, yang memiliki banyak keunggulan seperti optimasi performa Wordpress Hosting lebih baik, penyimpanan data menggunakan SSD berkecepatan tinggi, dukungan penggunaan HTTP2 dan SSL yang biasa didapatkan secara gratis atau berbayar sehingga jaminan transaksi di toko online akan aman, dan masih banyak lagi keunggulannya. Beragam spesifikasi hosting bisa di pilih sesuai kebutuhan, bahkan disertai promo akan mendapatkan domain TLD gratis untuk pemesanan langsung 1 tahun paket hosting. 

Jadi…tunggu apalagi, yuk dari sekarang gunakan Wordpress Hosting agar jualan online makin laris. 

Referensi artikel: 
https://pembuatweb.com/11-alasan-wordpress-bagus-untuk-toko-online/ 
https://belajarbisnisinternet.com/dua-jenis-website-toko-online-yang-efektif/

28 komentar:

  1. Aku ga begitu tau per hostingan mba hehehe, tapi kalau domain, blog ku domain nya pakai qwords. Sama ga kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, tadinya aku juga enggak begitu paham soal hosting tapi belakangan kepingin juga punya hosting sendiri.

      Hapus
  2. Jadi paham mbak, kenapa wordpress hosting banyak dipilih. Karena berbagai keunggulannya yang mumpuni. Tampilannya juga lebih cakep karena banyak plug in yang bisa ditambahkan. Optimasi seo juga... Ok mb.. Noted.. Mksh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dalam bisnis online SEO itu penting banget apalagi untuk urusan search engine.

      Hapus
  3. Aku punya blog jualan online yang belum berbayar masih pakai yg gratis, dan sudah lama.gak di tengokin, jadi pingin lebih di optimalkan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbak, dari sekarang dioptimalkan pakai Wordpress Hosting, siapa tahu semakin lama semakin berkembang dan nambah pemasukkan.

      Hapus
  4. Wah menarik bgt ini dulu pernah punya blog wordpress Rp sudah gak pernah disentuh jujur aja aq tuh termasuk team gaptek apalagi klo berhubungan sm SEO..maulah aq berguru sm kk Mutia, keren bgt ini websitenya banyak keunggulannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah mbak ini, aku ini newbie untuk urusan website, entar kita berguru dengan yang ahli dalam urusan internet marketing.

      Hapus
  5. wah noted infonya mba, siapa tahu suatu saat punya web jualan sendiri. saya belum punya web jualan sih masih jualan di marketplace..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marketplace juga menjanjikan kok mba, yang penting ditekuni, siapa tahu nanti tertarik punya toko online sendiri.

      Hapus
  6. Jadi pengen punya online shop sendiri pake wordpress. Tapi belum ada ide mau jualan apa wkwkwkk. Masih harus banyak belajar dan menjaring relasi.

    BalasHapus
  7. Wah penjelasannya cukup lengkap nih. Aku gak tau soal hosting jadi dikit2 tau akhirnya. Soalnya selama ini cuma pake blog gratisan hihihi

    BalasHapus
  8. Wah betul banget mba web online store kudu SEO friendly biar laris manis yaa..aku vakum jualan online ni pengen nulis buku lagi..

    BalasHapus
  9. Aku juga pake jasa Qwords loohh... hanya domain saja sih, namun sangat puas dengan pelayanannya.
    Kalau wordpress memang lebih prof gitu ya tampilannya. Fitur2nya juga lengkap dan bisa disetting maksimal.

    BalasHapus
  10. Dulu saya pernah nyoba ngutak atik woocommerce, dari WP juga. tapi sebatas buat bahan praktikum saja, dan memang bagus kalau mau buat web untuk jualan online. Fitur-fiturnya udah lengkap, dan memang produk ini di desain untuk berjualan online

    BalasHapus
  11. aku kalau belanja online juga lebih suka dan nyaman belanja di web dibandingkan di marketplace atau instagram. Ternyata web e-commerce yang bagus itu pakai WP self hosted yaa. Jadi tertarik belajar pakai platform WP he he he

    BalasHapus
  12. Memang banyak dan mantap ya keunggulan dari wordpress hosting. Apalagi kalau pakai jasa dari qwords, recomended ;)

    BalasHapus
  13. Wah aku belum pernah belanja di instagram. Apa mba punya tips cara belanja di instagram itu kayak apa? Biar nggak kena tipu? Memang bagusnya klo mau jualan online itu akun khusus jualan juga ya. Apalgi sekarang ada hosting Indonesia.jadi kita punta banyak pilihan

    BalasHapus
  14. Hmm untuk aku yg sangat bodoh ttg perhostingan info ini berguna banget :D hoo gitu ya ternyata kalau jualan online bagusnya pake wordpress hihihi, makasih infonya mba, aku jadi lebih banyak tau

    BalasHapus
  15. Aku ga terlalu ngeh website perhostingan ini jadi bisa dibentuk toko online.. Tapi kalau sangat membantu bisa lah ini di pelajari

    BalasHapus
  16. Thank mba sharingnya. Sy jualan online mash via marketplace n ig, pengen sih k depannya punya web sendiri

    BalasHapus
  17. Aku pakai qwords buat beli domain aja. Makanya di blogspot.

    Kalau wp belum lihai. Entah kenapa belum mau pindahin. Nanti aja wes

    Cuma buat yg jualan enak ya emang pake wp

    BalasHapus
  18. Aku belum pakai wordpress sih mba, tapi website klien pakai dikit-dikit jadi belajar juga. Ternyata memang banyak kelebihannya ya, jadi dapat pencerahan hehe

    BalasHapus
  19. blog aku pake wordpress ... bgitu pun web utk jualan online ku.

    enak dan gampang maintain webnya.

    BalasHapus
  20. Wordpress memang lebih user friendly ya...
    Sebagai mantan pengguna wordpress, hehee...tapi setelah terbiasa dengan BP, jadi beralih juga.
    HIhii...kangen juga nulis di wp.

    BalasHapus
  21. Saya masih belum paham ini soal hosting. Apalagi wordpress. Masih harus belajar banyak. Tapi harus belajar ya biar bisa cepet masuk page one tulisannya. Terima aksih atas informasinya yang lengkap.

    BalasHapus
  22. Aku pakai WordPress loh mba, dan emang betah pakai ini. Tp. Klu optimasi untuk ke bisnis online belum sih, mau pelajari dulu 😊

    BalasHapus
  23. Dari segi tampilan, templatenya WP ini emang lebih menarik dan support buat web jualan. Sebagai penghuni blogspot aku akuin masih kalah keren nih tmapilannya blogspot dibanding WP terutama buat jualan

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.