Cerdas Pilih Travel Umroh Dengan Prinsip 5 Pasti Umroh

Mendapatkan kesempatan mengunjungi tanah suci adalah impian setiap muslim, termasuk saya yang mengukir dan menyematkan mimpi-mimpi indah itu dalam setiap doa sejak masih remaja. Setelah mendapat penghasilan sendiri, saya tidak lagi hanya menyematkan mimpi itu dalam doa, tapi juga berusaha menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan untuk mewujudkan mimpi itu, bahkan saya memasang wallpaper tanah suci Mekkah dalam rekening digital saya sebagai pengingat agar saya tidak lupa menyisihkan sebagian dana untuk di simpan demi mewujudkan mimpi itu. Tapi namanya manusia, terkadang saya merasa jenuh juga dan rasanya ingin cepat berangkat mewujudkan mimpi itu, setidaknya di mulai dari menjalankan ibadah Umroh. Tergoda promo murah yang ditawarkan travel Umroh, yah...sering juga bahkan beberapa tahun lalu saya pernah secara intens berkomunikasi dengan travel Umroh yang menawarkan paket Umroh murah...sangat murah. Tadinya sih saya tertarik juga ikutan daftar karena bujukan teman, tapi setelah berpikir lebih lanjut akhirnya saya membatalkan, dan kekhawatiran saya terbukti karena setelah sekian lama, teman saya tidak juga berangkat sesuai perjanjian. Ternyata setelah terkuat, ada banyak kasus seperti ini di Indonesia dan memang salah satu cara untuk pergi ke tanah suci dengan nyaman adalah melalui biro perjalanan atau Travel Umroh.

Travel Umroh
Source : Islamicworld
Berbeda dengan ibadah haji yang dilakukan hanya pada waktu tertentu, ibadah Umroh dapat dilakukan sepanjang waktu sehingga banyak travel atau biro perjalanan memanfaatkan momen ini untuk dijadikan peluang bisnis. Banyak umat muslim memilih berangkat ke tanah suci melalui travel atau biro perjalanan karena setelah selesai menjalankan ibadah Umroh, jemaah akan di ajak mengunjungi negara salah satu negara di Timur Tengah, sehingga perjalanan menunaikan ibadah menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Tapi sayangnya, banyak pengelola biro perjalanan atau travel Umroh yang tidak menjalankan bisnisnya dengan Amanah, sehingga membuat kecewa calon jemaah Umroh seperti yang di alami teman saya, yang hingga kini tidak kunjung berangkat dan tidak mengetahui apakah biaya yang sudah dibayarkan bisa di tarik kembali. Berbekal pengalaman tersebut, akhirnya saya mencoba mencari tahu ciri travel Umroh yang tidak Amanah dalam menjalankan bisnisnya.
  • Sering memberikan promo atau menawarkan paket yang jauh dari harga standar biaya Umroh yang ditetapkan pemerintah. Memang sih, tidak selamanya promo harga murah itu bohong karena biasanya pihak biro perjalanan menekan cost atau biaya tertentu agar harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Namun berhati-hati dan sikap waspada tetap penting, gali informasi secara detail perihal biaya-biaya serta fasilitas yang akan didapatkan dengan harga tersebut, lakukan perbandingan dengan travel Umroh lain atau jika perlu tanyakan langsung kepada Departemen Agama perihal ambang batas biaya yang ditetapkan untuk ibadah Umroh. Terkadang karena tergiur harga yang murah, tanpa berpikir panjang dan bertanya secara detail, calon jemaah buru-buru membayar uang muka atau bahkan langsung melunasinya dengan harapan bisa segera berangkat, seperti kasus yang dialami teman saya.
  • Informasi kontak yang diberikan tidak lengkap, bahkan ada beberap travel umroh yang menawarkan paket umroh melalui website atau media sosial, tanpa melengkapi alamat resmi travel tersebut. Travel umroh yang menjalankan bisnisnya secara baik biasanya memiliki alamat kantor resmi, dan website yang dikelola secara profesional tanpa menggunakan layanan website gratis yang untuk urusan bisnis terlihat kurang profesional. Selain informasi tersebut, biasanya pihak travel akan mencantumkan izin resminya, sehingga calon jemaah bisa mempercayai travel tersebut.
  • Meminta pembayaran uang muka tanpa disertai perjanjian waktu berangkat umroh. Memang, tidak selamanya permintaan pembayaran uang muka menunjukkan travel umroh tersebut berniat buruk, karena aja beberapa layanan atau jasa yang memang harus di booking terlebih dahulu, namun hendaknya calon jemaah meminta perjanjian legal kapan waktu pemberangkatan, terkadang karena terlalu gembira akan berangkat menunaikan ibadah umroh, calon jemaah lupa detail perjanjian ini.
Kasus penipuan travel umroh ini sempat booming beberapa tahun lalu karena dilakukan oleh travel umroh yang sudah cukup mempunyai nama, dan jumlah korbannya terbilang sangat banyak menyasar calon jemaah yang ingin segera berangkat umroh dengan biaya murah. Tidak tanggung-tanggung, untuk menarik calon jemaah sebanyak mungkin, beberapa travel umroh menggunakan berbagai cara, yaitu:
  • Skema Ponzi, di mana jemaah akan diberangkatkan berdasarkan urutan mendaftar, yang mendaftar belakangan akan berangkat di tahun berikutnya dan begitu seterusnya, biaya pendaftaran dari calon jemaah yang mendaftar belakangan tersebut akan digunakan untuk membiaya calon jemaah yang berangkat duluan dan begitu seterusnya. Tapi memang biaya perjalanan umroh yang ditetapkan pihak pengelola jauh lebih murah dari travel umroh lain. Sistem ini tentu saja sangat beresiko, terutama untuk calon jemaah yang mendaftar belakangan, dan kasus sistem Ponzi ini sudah banyak menelan korban calon jemaah yang gagal berangkat namun tidak bisa mengambil kembali biaya yang sudah disetorkan.
  • Skema MLM, di mana calon jemaah bisa merekrut sejumlah calon jemaah lainnya dan jika berhasil, maka yang merekrut akan mendapatkan fasilitas keringanan biaya berangkat umroh atau bonus lainnya. Mungkin skema seperti ini tidak masalah jika travel umroh yang menjalankan bisnis tersebut bisa dipercaya, namun akan menjadi masalah pihak travel umroh tidak amanah dalam menjalankan bisnisnya.
Di era kemajuan digital seperti sekarang ini, harusnya calon jemaah sudah lebih smart untuk secara
mandiri mencari tahu rekam jejak atau kredibilitas dari travel umroh yang dipilihnya. Sama seperti ketika akan berbelanja secara online, biasanya selain melihat rating kepercayaan yang diberikan konsumen maupun dari pihak marketplace, saya juga melihat deretan testimoni dari konsumen yang sudah membeli produk tersebut, hal ini penting agar produk yang saya beli secara online sesuai dengan ekspetasi, hal yang sama harusnya diberlakukan dalam memilih travel umroh, di mana calon jemaah harusnya mencari tahu rekam jejak dan restimoni dari jemaah yang sudah pernah menggunakan jasa travel tersebut, atau jika perlu cek langsung status dari travel umroh tersebut di Kementerian Agama, sebagai pihak yang menaungi semua travel atau biro perjalanan umroh di Indonesia. 

Nah...untuk memudahkan masyarakat terutama calon jemaah umroh mengecek kredibilitas travel umroh yang dipilihnya, Kementerian Agama bekerja sama dengan Bareskrim Polri meluncurkan aplikasi online "Umroh Cerdas." Tidak hanya memudahkan calon jemaah mengecek travel umroh, melalui aplikasi ini calon jemaah dapat mengakses doa-doa umroh, info kesehatan, serta sarana pengaduan masyarakat terkait biro perjalanan umroh. Dengan hadirnya aplikasi online ini, diharapkan calon jemaah akan lebih cerdas lagi memilih travel umroh dengan pedoman "Prinsip 5 Pasti Umroh," yaitu:
  1. Pastikan Travel Umroh yang dipilih memiliki izin yang secara resmi dikeluarkan pihak Kementerian Agama, karena untuk mendapatkan izin menjalankan bisnis travel umroh, perusahaan harus melengkapi berbagai persyaratan yang pada intinya melindungi masyarakat terutama calon jemaah dari tindak penipuan atau pemberian fasilitas yang tidak sesuai dengan hak calon jemaah.
  2. Pastikan Jadwalnya. Mungkin karena belum memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, calon jemaah belum bisa diberangkatkan. Tapi bukan berarti pihak travel umroh tidak bisa menentukan jadwal pasti keberangkatan karena ibadah umroh berbeda dengan ibadah haji yang hanya boleh dilakukan pada waktu tertentu, ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja, sepanjang tahun. Untuk memastikannya, cek status jemaah di aplikasi online dengan memasukkan Nomor Pasti Umroh, maka akan muncul informasi detail seputar jadwal keberangkatan, maskapai yang digunakan, identitas jemaah, dan informasi penting lainnya.
  3. Pastikan jadwal terbangnya, karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa hanya dengan memasukkan Nomor Pasti Umroh, detail informasi jadwal keberangkatan dan maskapai yang digunakan dengan mudah dapat di akses sehingga calon jemaah merasa aman sekalipun waktu peberangkatan masih lama.
  4. Pastikan hotel tempat menginap saat menjalankan ibadah umroh nanti, dengan mengetahui letak pasti hotel tersebut, calon jemaah bisa mempersiapkan segala sesuatu agar selama menunaikan ibadah umroh, calon jemaah merasa nyaman.
  5. Pastikan visanya, dimana keberadaan visa menjadi hal yang sangat penting maka calon jemaah harus memastikan dirinya akan mendapatkan visa jauh-jauh hari agar tidak muncul masalah yang berakibat gagal berangkat ke tanah suci karena gagal mendapatkan visa.
Memilih travel umroh yang telah terverifikasi, baik dari sisi perizinan maupun pelayanan, akan membuat calon jemaah merasa aman dan tenang, karena sejatinya saat mengunjungi tanah suci, semua orang ingin beribadah dengan tenang tanpa terganggu berbagai permasalahan, baik dokumen keberangkatan, penerbangan, maupun penginapan. Namun, tidak semua masyarakat yang berkeinginan besar menunaikan ibadah umroh memiliki waktu yang cukup untuk mencari informasi detail seputar travel umroh yang terpercaya. Nah...solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangatlah mudah karena sudah banyak toko online yang melengkapi layanannya dengan menyediakan paket umroh, seperti di Blibli.com. 

Cerdas Pilih Travel Umroh Di Blibli.com Dengan Prinsip 5 Pasti Umroh

Keuntungan membeli paket umroh di Blibli.com, selain akan mendapatkan informasi detail seputar paket yang di pilih calon jemaah, calon jemaah bisa dengan leluasa memilih-milih paket umroh sesuai dengan yang diinginkan hanya dengan satu langkah mudah, menggunakan smartphone dari mana saja dan kapan saja. Bahkan calon jemaah bisa membandingkan antara paket yang satu dengan yang lain dengan mudah dan cepat tanpa harus menghabiskan banyak waktu, serta jauh lebih hemat tentunya karena tidak perlu menghabiskan biaya untuk transportasi dari travel yang satu ke travel yang lain. Selain lebih ekonomis dari segi biaya dan waktu, memilih paket travel umroh melalui toko online Blibli.com membuat calon jemaah bisa memilih paket umroh sesuai dengan budget yang dimiliki, bahkan calon jemaah bisa mengetahui fasilitas apa saja yang bisa didapatkan karena biasanya setelah menjalankan ibadah umroh, calon jemaah akan di ajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang erat hubungannya dengan syiar dan budaya agama Islam.

Travel Umroh Blibli.com
Source: Blibli.com
Tentu calon jemaah ingin melaksanakan ibadah umroh dengan tenang dan khusyu, karenanya memilih travel umroh adalah bagian penting yang tidak terpisahkan karenanya calon jemaah harus cerdas memilih travel umroh. Blibli.com memahami betapa pentingnya travel umroh untuk kelancaran menunaikan ibadah umroh di tanah suci, karenanya di toko online ini sudah disiapkan banyak pilihan paket umroh yang bisa di pilih jemaah sesuai dengan budget dan harapannya. Tidak usah ragu, karena membeli paket umroh di Blibli.com sudah sesuai dengan Prinsip 5 Pasti Umroh, pedoman yang dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Agama. Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan lainnya yang pastinya akan diperoleh calon jemaah umroh jika membeli paket umroh melalui Blibli.com, yaitu:
  1. Terpercaya, karena Blibli.com bekerja sama dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang sudah terdaftar dan terverifikasi di Kementerian Agama, calon jemaah bisa dengan mudah mengecek keberadaan PPIU di Blibli.com melalui aplikasi Umroh Cerdas milik Kementerian Agama. Tidak hanya terdaftar secara resmi, rekam jejak dan kredibilitas PPIU bisa di lacak dengan mudah, baik melalui website resmi PPIU tersebut maupun testimoni jemaah yang sudah menggunakan travel umroh tersebut melalui internet. Pihak Blibli.com sendiri juga telah mengecek secara resmi setiap PPIU yang akan menjual produknya melalui Blibli.com, agar calon jemaah terjamin keamanannya.
  2. Banyak pilihan paket ibadah Umroh dan Haji yang ditawarkan pihak travel umroh terpercaya, yang bisa di pilih jemaah sesuai budget dan kebutuhannya. Bahkan calon jemaah bisa membandingkan antara paket yang satu dengan yang lain hanya bermodalkan jari, tanpa harus repot datang secara langsung. Informasi paket juga tersedia secara detail lho, mulai dari maskapai penerbangan, penginapan atau hotel, dan fasilitas lainnya. Apalagi jelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, banyak travel umroh mempersiapkan paket khusus ibadah umroh di momen tersebut agar ibadah semakin khusyu. Detail informasinya juga tersaji lengkap melalui kanal khusus di Blibli.com.
  3. Tersedia penawaran menarik untuk calon jemaah yang membeli paket umroh melalui Blibli.com. Ada dua penawaran menarik yang bisa didapatkan calon jemaah yang ingin membeli paket umroh melalui Blibli.com, yaitu dari pihak travel umroh dan dari Blibli.com sendiri. Dari travel umroh biasanya ditawarkan berbagai paket sesuai kebutuhan dan budget calon jemaah, bahkan untuk momen-momen tertentu seperti Bulan Ramadhan, hari raya, dan tahun baru, tersedia paket spesial dengan harga dan fasilitas yang spesial tentunya sehingga saat beribadah merasa nyaman dan khusyu. Sedangkan dari Blibli.com sendiri juga memberikan beragam penawaran istimewa yang spesial, mulai dari potongan harga atau diskon spesial setiap hari, poin Blibli Rewards, pembayaran secara cicilan, dan untuk Periode 1-31 April 2019, calon jemaah yang melakukan pembelian paket terbanyak akan mendapatkan Sepeda Motor (Beli Paket Umroh, Berhadiah Sepeda Motor) keren kan!
Jadi tunggu apalagi, jelang momen Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya berkumpul bersama keluarga tercinta sambil beribadah umroh bersama di tanah suci. Selain menambah pahala ibadah, juga akan mempererat hubungan antar anggota keluarga yang selama ini jarang bertemu muka karena sibuk dengan aktivitas sekolah atau pekerjaan. Jangan lupa beli paket umroh-nya di Blibli.com, selain banyak variasi harga juga tersedia penawaran menarik yang menguntungkan membuat ibadah umroh jadi lebih bersemangat, karena Blibli.com, Big Choices, Big Deals.



Referensi artikel:
https://www.blibli.com/
https://www.cermati.com/artikel/waspadai-ciri-ciri-biro-umrah-bodong-agar-anda-tidak-tertipu
Aplikasi Online Umroh Cerdas Kementerian Agama RI


Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.