Tips Liburan Nyaman Bersama Keluarga Di Puncak Saat Musim Hujan

Liburan bersama keluarga selalu menjadi momen yang sangat dinantikan karena saat itu biasanya semua anggota keluarga berkumpul dan menikmati destinasi wisata bersama-sama. Beragam pilihan tempat menginap bersama keluarga banyak tersedia dan dengan mudah bisa di pesan bahkan dari jauh hari sebelumnya, karena biasanya saat musim liburan tiba, tempat menginap sudah penuh di sewa atau di pesan. Puncak adalah salah satu destinasi wisata favorit keluarga karena berbagai alasan, seperti karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta juga karena menawarkan pemandangan alam yang sangat indah serta udaranya yang sejuk. Salah satu pilihan tempat menginap yang ideal saat berlibur bersama keluarga di puncak adalah villa, dan saat ini sudah banyak villa puncak yang disewakan untuk kebutuhan liburan bersama keluarga. Ada beberapa alasan yang membuat banyak keluarga lebih memilih villa sebagai tempat menginap saat liburan, salah satunya adalah karena lebih nyaman dan aman apalagi jika masih memiliki anak-anak berusia balita. Berlibur bersama anggota keluarga yang masih kecil tentu harus memilih tempat menginap yang tepat agar  anak-anak bisa bermain sepuasnya tanpa harus menganggu tamu yang lain.

Villa Puncak
Foto : https://www.pexels.com/
Sejak dahulu puncak selalu menjadi destinasi wisata favorit keluarga, karena tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah serta udaranya yang segar, namun juga ada sejumlah destinasi wisata edukasi yang sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Oh ya...bagi yang belum mengetahui daerah wisata puncak, ini penjelasannya. Puncak adalah daerah wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, berada di kaki dan lereng pengunungan Gede Pangrango dengan ketinggian rata-rata 700 - 1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udara yang terbilang sangat sejuk cenderung dingin, yaitu rata-rata 14-18 derajat celcius. Selain Gunung Gede Pangrango, kawasan wisata puncak juga di kelilingi gunung lain, yaitu Gunung Salak, tidak heran jika indahnya pemandangan yang ditawarkan lebih berlipat. Selain dikelilingi dua gunung, daerah puncak dengan kontur alamnya yang unik dan berbukit-bukit di kenal sebagai kawasan perkebunan teh, tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung hanya ingin menikmati pemandangan indah hamparan perkebunan teh yang sangat luas. Kawasan puncak sejak dahulu di kenal memiliki hawa yang sangat sejuk dan segar, tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung hanya untuk menikmati sejuknya udara apalagi jika musim panas atau kemarau sedang melanda Indonesia.

Dengan letak astronomis yang berada pada 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan serta 95 derajat bujur timur - 141 derajat bujur timur, maka Indonesia termasuk salah satu negara yang beriklim tropis. Ada dua angin yang mempengaruhi iklim dan musim di Indonesia, yaitu:

  • Angin Musom Barat, yang bergerak dari utara barat laut memiliki tekanan udara yang tinggi daripada arah selatan. Angin ini banyak membawa uap air sehingga saat melewati Indonesia maka berpotensi besar akan turun hujan, biasanya terjadi antara bulan Oktober hingga April. Pada fase inilah yang di sebut musim penghujan.
  • Angin Musom Timur, yang bertiup dari arah selatan tenggara dan memiliki sedikit uap air sehingga saat fase ini berlangsung maka akan terjadi musim kering. Umumnya fase ini terjadi antara bulan April hingga bulan Oktober.
Dengan adanya dua musim ini mau tidak mau saat akan melakukan aktvitas masyarakat harus memperhitungkannya agar aktivitasnya tidak mengalami hambatan, termasuk saat akan liburan bersama keluarga. Namun bukan berarti tidak boleh liburan dong saat musim hujan tiba, boleh-boleh saja asalkan memiliki persiapan yang lengkap sehingga saat cuaca hujan aktivitas liburan tetap berjalan lancar. Memang membutuhkan persiapan ekstra saat liburan di musim hujan, apalagi jika ada anggota keluarga yang masih berusia di bawah lima tahun atau balita, umumnya anak-anak seusia ini masih rentan terhadap perubahan suhu udara dan cuaca. Nah...untuk memberi semangat bagi orangtua yang akan berlibur saat musim hujan tiba, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa dipertimbangkan agar liburan bersama keluarga saat musim hujan tiba tidak mengalami hambatan.
  1. Pilih destinasi wisata yang tepat. Memang sangat menyenangkan jika saat liburan tiba berkunjung ke destinasi outdoor, apalagi jika liburan di Puncak yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Namun meskipun kawasan wisata puncak umumnya memiliki destinasi wisata outdoor, tidak ada salahnya jika liburan kali ini bersama keluarga memilih destinasi indoor, apalagi jika cuaca sedang hujan. Pilihan membuat itinerary saat liburan bersama keluarga bisa menjadi solusi yang terbaik apalagi jika disertai opsi destinasi wisata saat hujan karena tidak semua destinasi wisata outdoor cocok di kunjungi bersama anak-anak saat hujan tiba.
  2. Pastikan selalu mengecek ramalan cuaca. Meskipun tidak 100 persen akurat namun setidaknya ramalan cuaca akan membantu orangtua menentukan destinasi wisata yang akan di kunjungi dan menentukan opsi destinasi wisata yang lain jika hujan. Saat ini sudah banyak aplikasi pada smartphone yang fokus pada cuaca, bahkan prediksi cuaca yang bisa di akses melalui smartphone bisa memberikan ramalan hingga beberapa hari ke depan. Nah...aplikasi cuaca ini bisa membantu orangtua menentukan aktivitas liburan dan juga memberikan pengertian awal pada anak-anak sebelum berlibur bahwa saat ini sedang berlangsung musim hujan.
  3. Pilih tempat menginap yang tepat. Saat ini sudah banyak pilihan tempat menginap bersama keluarga yang ramah terhadap anak-anak di kawasan puncak, salah satunya adalah villa. Pilihan tarif sewa villa puncak sangat variatif dan bisa di pilih sesuai alokasi budget wisatawan, namun memang ada beberapa keuntungan yang ditawarkan jika memutuskan untuk memilih villa sebagai tempat menginap saat liburan bersama keluarga. Salah satu keuntungannya adalah lebih privacy dan terjamin keamanan anak-anak saat beraktivitas selama liburan. Teriakan dan tangisan umumnya selalu mewarnai aktivitas anak-anak saat bermain, meskipun banyak orang yang memaklumi dan sudah terbiasa dengan hal tersebut, namun ada sebagian lagi yang mungkin saja terganggu dengan aktivitas serta keceriaan anak-anak saat bermain. Nah...menginap di villa bisa menjadi pilihan yang solutif untuk keluarga yang berlibur sambil membawa anak-anak yang masih kecil, selain lebih privacy dan aman, anak-anak bisa bermain sepuasnya. Ada beberapa villa yang disewakan memiliki kolam renang pribadi di setiap villanya, nah...keberadaan kolam renang ini bisa dijadikan alternatif pilihan aktivitas liburan jika di luar turun hujan. Orangtua bisa mengawasi anak-anak bermain air dengan aman sambil menikmati pemandangan alam di sekitar villa tersebut.
  4. Jangan lupa membawa perlengkapan untuk musim hujan. Meskipun orangtua sudah membuat itinerary liburan dengan memperhitungkan cuaca, namun tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan saat hujan seperti payung, jaket, jas hujan, serta sepatu atau alas kaki yang cocok digunakan saat musim hujan agar anak-anak lebih nyaman dan terlindungi. Apalagi ada sebagian anak yang sangat rentan terhadap perubahan cuaca terutama suhu udara, sehingga untuk memastikan anak-anak tetap fit saat liburan di musim hujan pastikan untuk menyiapkan perlengkapan hujan jauh-jauh hari.
  5. Jangan lupakan persiapan obat. Yap...meskipun di sekitar tempat menginap banyak di jumpai toko atau warung yang menjual obat-obatan, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan obat-obatan dari rumah, apalagi jika membawa anak-anak yang biasanya sudah terbiasa dengan jenis obat tertentu. Terkadang kelelahan dan pengaruh cuaca bisa memicu gangguan kesehatan pada anak, karenanya tidak ada salahnya untuk membawa persiapan obat dari rumah. Selain obat, pemberian suplemen vitamin bisa dipertimbangkan sebagai booster agar anak-anak lebih sehat dan kuat terhadap perubahan cuaca yang bisa saja terjadi tiba-tiba.
Berlibur saat musim hujan sesungguhnya bukanlah halangan asalkan orangtua sudah merencanakan destinasi dan aktivitas selama liburan yang disesuaikan dengan cuaca, karena berkumpul bersama seluruh anggota keluarga umumnya sangat sulit dilakukan karena kesibukan masing-masing. Nah...saat ada waktu libur yang sama, keluarga bisa memanfaatkannya untuk berlibur bersama mengunjungi destinasi wisata, selain bisa mempererat hubungan keluarga juga menambah wawasan anak-anak saat mengunjungi tempat-tempat wisata. Tidak perlu ke tempat yang jauh, kawasan puncak bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menyenangkan meskipun liburan dilakukan saat musim hujan tiba. Nah... sewa villa puncak bisa menjadi pilihan yang pas untuk membuat suasana liburan bersama keluarga tambah menyenangkan dan menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan seumur hidup. Yuk liburan bersama keluarga!

Referensi artikel:
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/pembagian-musim-di-indonesia
http://ibudanmama.com/me-time/hiburan/5-tips-liburan-bersama-anak-di-musim-hujan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Puncak,_Bogor

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.