BERBAGI DAMAI DENGAN MEDITASI

Adjie Silarus, seorang Meditator muda yang kerap mengisi sesi Training Meditasi Sejenak Hening di sejumlah perusahaan besar di Indonesia mengungkapkan bahwa :
  • Meditasi tidak hanya dilakukan oleh pemeluk agama tertentu. Meditasi tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan yoga. Meditasi dapat dilakukan oleh siapapun yang menginginkan pikirannya tetap tenang dan terbebas dari stress, dan difungsikan untuk membantu mengembangkan diri dalam menjalani kehidupan.
  • Meditasi tidak hanya dilakukan di tempat tertentu, namun dapat dilakukan dimanapun.
  • Dengan meditasi akan diperoleh kedamaian dalam diri dan dapat bertindak lebih bijaksana.
Seseorang dapat merasakan kedamaian melalui meditasi, karena meditasi ibarat alat untuk menenangkan pikiran dan mempertajam intuisi. "Ini yang sering disebut dengan Meditative Mind, yakni pikiran yang dilatih melalui teknik meditasi, agar mampu memilah mana informasi yang perlu diperhatikan dan mana yang tidak," ujar Adjie. "Sebab, seringkali orang menjadi stress dan tidak damai karena pikirannya terlalu fokus pada informasi yang sebenarnya tidak penting."

Ketika pikiran sudah terlatih untuk lebih tenang, maka seseorang dapat menemukan sumber-sumber penyebab ketidakbahagiaan pada dirinya, dan memilahnya. Pikiran yang terlatih juga mempertajam intuisi  sehingga seseorang dapat terbantu manakala harus membuat keputusan penting. Intuisi dapat membantu  menentukan mana yang terbaik dari sekian banyak pilihan dan informasi yang diterimanya.

Karena itu, Adjie Selarus menyarankan untuk melatih teknik meditasi Sejenak Hening untuk melatih pikiran, antara lain dengan :
  • Melakukan meditasi dimanapun sedang berada,
  • Berdiam diri sejenak lalu berkonsentrasilah pada pernapasan,
  • Hirup dan hembuskan napas selama satu menit.
Pada tahap selanjutnya, ajaklah orang-orang di sekitar kita untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu secara tidak langsung sudah berbagi kedamaian dengan sesama, ungkap Adjie selanjutnya.

Berbagi pengetahuan tentang manfaat meditasi dengan orang lain, sangat besar dampak positifnya. Manfaat meditasi juga dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Sebab keluarga merupakan tempat paling nyaman dalam menjalani kehidupan dan merasakan kedamaian.

Pernahkan kita terpikir betapa kondisi sekarang ini telah mencapai tahap yang memprihatinkan, banyak kasus korupsi yang nyaris menjadi headline berita setiap hari, kasus kenakalan anak dan remaja, degradasi moral di kalangan pejabat negara, kriminalitas terjadi dimana-mana. Kondisi ini mau tidak mau harus menjadi pusat perhatian seluruh komponen bangsa. Namun yang paling penting adalah perbaikan harus di mulai dari keluarga, sebuah keluarga harus mampu membangun dan membina serta mendidik setiap anggota keluarganya agar mampu dan tumbuh menjadi insan mulia yang bertanggung jawab.

"Gunakan momen meditasi bersama sebagai cara untuk mengeratkan hubungan antar anggota keluarga dan menambah keharmonisan. Sisihkan waktu barang satu menit, di saat semua anggota keluarga berkumpul. Tempatnya bisa di ruang keluarga, atau di halaman belakang rumah yang berumput, atau di mana saja yang dirasa nyaman."
(Adjie Silarus)
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "BERBAGI DAMAI DENGAN MEDITASI"