Jumat, 22 Januari 2016

Mudah dan Murahnya Berkebun Tanaman Hias Bunga Di Rumah

Hobi berkebun? Terkadang hobi berkebun tidak dapat disalurkan secara maksimal karena berbagai alasan, diantaranya sempit dan terbatasnya lahan pekarangan rumah-rumah di kota. Yah...saat ini sebagian besar rumah-rumah di perkotaan memiliki luas tanah yang sangat terbatas sehingga tidak semua rumah memiliki sisa lahan untuk ditanami dengan berbagai macam tumbuhan atau pepohonan seperti rumah-rumah di masa lalu. Bahkan, ada beberapa rumah yang nyaris tidak memiliki tanaman di rumahnya, padahal kendala sempit dan terbatasnya lahan bukanlah masalah yang besar jika memang memiliki hobi berkebun. Saat ini telah dikembangkan banyak cara dan solusi yang tepat jika ingin berkebun di lahan yang sempit atau bahkan jika rumah tersebut tidak memiliki pekarangan karena berkebun memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk lingkungan alam sekitar namun juga untuk manusia itu sendiri, diantaranya :

Berkebun bersama Bibitbunga.com
Aktivitas berkebun yang menyenangkan bersama keluarga (Gambar : http://www.stargardeners.net)
  • Kegiatan berkebun memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Mengapa? Karena kegiatan berkebun sama seperti melakukan berbagai kegiatan olahraga, yang sama-sama membakar kalori dengan berbagai aktivitas seperti memotong rumput, memangkas pohon yang sudah terlalu tinggi, menyiapkan tanah untuk aktivitas menanam, mengatur letak tanaman atau pot agar lebih sedap dipandang mata, menyiram tanaman, dan beragam aktivitas lainnya. Bahkan, beberapa ahli menyebutkan bahwa kegiatan berkebun justru membakar kalori lebih banyak dibandingkan bersepeda. Tidak hanya itu, kegiatan berkebun bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik belaka, namun juga bermanfaat untuk kesehatan psikis karena dengan berkebun seseorang yang sedang mengalami masalah dengan kesehatan psikisnya bisa sejenak mengalihkan pikiran dengan pemandangan yang hijau dan segar.
  • Berkebun dapat menurunkan tingkat stres yang sedang dialami seseorang akibat berbagai persoalan dan tekanan hidup sehari-hari. Bahkan, kegiatan berkebun juga sangat baik untuk menurunkan tingkat stres yang kerap dialami lansia. Pada periode usia ini biasanya seseorang mengalami tekanan emosional yang cukup berat, terutama bagi lansia yang baru saja memasuki usia pensiun sehingga aktivitas yang tadinya cukup padat dan menyita waktu kini hilang berganti dengan waktu luang yang nyaris tanpa satu pun kegiatan yang berarti. Untuk alasan inilah maka ada baiknya berkebun menjadi salah satu solusi lansia untuk tetap bugar dan sehat sekaligus memiliki aktivitas atau kegiatan di luar rumah. Di sisi yang lain, berkebun juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang jika kebetulan seseorang memiliki masalah psikologis yang cukup serius dengan rasa percaya dirinya.
  • Kegiatan berkebun juga berpotensi untuk mempercepat proses pemulihan kesehatan seseorang yang sedang mengalami masalah dengan kesehatan. Untuk alasan inilah maka saat ini beberapa rumah sakit memiliki area khusus yang ditanami dengan berbagai macam tumbuhan hijau, bukan hanya untuk keindahan namun juga ternyata bermanfaat untuk mempercepat pemulihan pasien, mungkin kedepannya pasien bisa dilibatkan untuk berbagai aktivitas berkebun untuk mempercepat pemulihannya.
  • Ternyata berkebun juga bisa memperpanjang umur seseorang, hal ini berkaitan dengan kesehatan atau masalah kesehatan yang dialami seseorang. Dengan berkebun seseorang yang mengalami masalah kesehatan baik fisik maupun psikis akan mengalami masa-masa yang menyenangkan, lebih tenang, dan sedikit teralihkan dari rasa sakit atau penyakit yang dideritanya.
Ternyata berkebun memiliki manfaat yang luar biasa bagi seseorang terutama dari segi kesehatan, selain tentunya untuk kelangsungan lingkungan alam itu sendiri, karena kegiatan berkebun secara langsung akan membuat lingkungan lebih hijau, segar, dan tentu saja udara lebih bersih. Bahkan, kegiatan berkebun dengan menanam aneka tanaman bunga bisa lebih mempercantik rumah, baik dari segi interior maupun eksterior. Lahan sempit sesungguhnya bukanlah alasan yang tepat untuk tidak melakukan aktivitas berkebun, bukan hanya itu aktivitas berkebun tidaklah selalu identik dengan lahan yang luas dan tanaman yang beraneka ragam karena saat ini berkebun juga bisa dilakukan di rumah dengan lahan yang sempit atau bahkan tidak lagi memiliki lahan di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap melakukan aktivitas berkebun di lahan rumah yang terbatas atau bahkan sudah tidak memiliki lahan kosong lagi, diantaranya :
  1. Dengan metode dalam pot. Cara ini sesungguhnya sudah sangat akrab dengan masyarakat, karena sejak dahulu masyarakat sudah melakukan aktivitas berkebun melalui media pot untuk beberapa jenis tanaman karena bisa diletakkan di mana saja, biasanya jenis tanaman yang biasa ditanam melalui media pot adalah tanaman hias bunga. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi seseorang yang hobi berkebun untuk menanam jenis tanaman lain yang dirasa cocok untuk ditanam dalam pot.
  2. Dengan metode Hidroponik yang tidak memerlukan tanah melainkan lebih banyak menggunakan media air. Sebagai pengganti nutrisi yang biasa diberikan tanah, air tersebut juga diberikan berbagai nutrisi atau unsur penting yang membuat tanaman bisa tumbuh dengan baik. Biasanya metode penanaman jenis ini menggunakan botol plastik bekas dan diletakkan di mana saja, seperti di tembok rumah atau bagian rumah lainnya yang memiliki akses sinar matahari secara langsung.
  3. Dengan metode Kebun Vertikal atau kerap disebut dengan istilah Vertical Garden. Adapun cara yang kerap dilakukan untuk berkebun dengan cara vertikal adalah menanam aneka jenis tanaman dengan menggunakan pot lalu digantungkan, atau bisa juga dengan cara menanam tumbuhan yang merambat. Bisa juga dengan mengabungkan kedua cara ini sehingga kebun vertikal akan terlihat lebih cantik, menarik, dan tentu saja sedap dipandang mata.
  4. Dengan menggunakan Kontainer. Berbagai kontainer dapat digunakan sebagai media untuk meletakkan berbagai jenis tanaman dengan cara mengisikan kontainer tersebut dengan tanah dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga proses tumbuhnya akan lebih teratur.
Sesungguhnya selain cara atau metode di atas masih banyak metode lain yang bisa dikembangkan secara kreatif untuk mengatasi terbatasnya lahan di rumah-rumah perkotaan atau bahkan rumah yang tidak lagi memiliki sisa lahan. Dengan demikian sangatlah jelas bahwa berkebun memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia, bahkan berkebun juga akan membuat lingkungan alam lebih sehat. Lahan sempit atau ketiadaan lahan bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas yang sangat menyenangkan ini, karena sejak dahulu hingga sekarang telah dikembangkan secara kreatif berbagai metode yang pas untuk berkebun di lahan yang sempit dan berkebun menjadi suatu hal yang semakin mudah.

Bahkan kemudahan ini juga meliputi cara untuk memperoleh bibit tanaman yang dibutuhkan untuk aktivitas berkebun tersebut. Saat ini, membeli bibit berbagai tanaman dapat dilakukan secara online tanpa harus repot menghabiskan waktu luang hanya untuk memilih jenis bibit tanaman yang akan di tanam. Cara ini dinilai lebih efektif dan efisien, karena dalam waktu yang relatif singkat tanpa harus menyediakan waktu luang khusus untuk mengunjungi penjual bibit tanaman secara langsung, kita bisa langsung memulai aktivitas berkebun di hari libur. Tidak hanya itu, membeli bibit secara online memungkinkan kita bisa memilah dan milih jenis tanaman yang akan di tanam dalam jumlah yang lebih banyak. Bandingkan jika kita harus berkunjung secara langsung, baru memilih belasan jenis tanaman pun rasanya tubuh sudah lelah. Belum lagi dalam kondisi tersebut kita harus mendengarkan penjelasan cara menanam atau trik agar bibit tanaman yang akan dibeli cepat berbunga atau berbuah, biasanya kita akan cepat melupakannya.

Berkebun bersama Bibitbunga.com
Toko Online Bibitbunga.com
Untuk itu, ada baiknya sebelum memilih toko online yang menjual bibit tanaman, kita perlu memperhatikan hal-hal kecil secara detail yang terkadang sedikit luput dari pemikiran kita, akan tetapi justru akan mempermudah aktivitas berkebun kita di waktu yang akan datang. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dipertimbangkan sebelum memilih toko online sebagai partner berkebun kita dalam hal penyediakan aneka bibit tanaman atau perlengkapan berkebun lainnya, diantaranya :
  1. Harga bibit tanaman yang dijual, jika ada yang murah dengan kualitas yang bagus mengapa harus membeli yang mahal. Untuk itu pastikan memilih toko online yang menawarkan harga bibit tanaman yang dijual dengan harga yang kompetitif di pasaran. Harga yang kompetitif biasanya secara tidak langsung akan menjamin bahwa bibit tanaman yang dijual memiliki kualitas yang baik dan tingkat keberhasilan tumbuhnya tentu lebih besar.
  2. Pastikan bahwa setiap item bibit yang dijual di toko online tersebut dibekali penjelasan yang cukup untuk menambah referensi pengetahuan konsumen, terutama untuk konsumen yang pemula dan masih awam dengan dunia berkebun. Lebih bagus lagi jika penjelasan tersebut disertai dengan sedikit resume cara menanam bibit tersebut dengan baik.
  3. Promo untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Lebih menguntungkan jika toko online tersebut menawarkan dan memberikan aneka promo untuk pembelian bibit tanaman atau item produk lainnya yang dijual, misalnya diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.
  4. Testimoni. Terlihat fitur ini sangat sepele, bahkan kurang diperhatikan pembeli online, padahal fitur testimoni bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat sejauh mana kualitas barang dan pelayanan dari toko online tersebut, tentu saja berdasarkan testimoni yang diberikan konsumen yang telah membeli di toko online tersebut.
  5. Pilih toko online yang selain menjual bibit tanaman juga menjual produk pelengkap aktivitas berkebun lainnya seperti media tanam, perkakas berkebun, pupuk, dan lain-lain, sehingga kita tidak perlu repot mencari atau membelinya di tempat lain. Selain itu, bisa juga menekan biaya pengiriman karena pembelian secara online pasti melibatkan pihak ketiga yang bertugas melakukan aneka pengiriman.
  6. Pastikan toko online tersebut memiliki kontak yang lengkap agar lebih mudah dihubungi.
  7. Satu nilai plus lainnya adalah jika toko online tersebut memiliki atau menyediakan forum khusus yang mempertemukan antara penjual bibit, orang-orang yang hobi berkebun, atau pihak lainnya untuk sharing atau tukar-menukar informasi, sehingga kendala menanam yang kerap dialami pekebun pemula bisa teratasi atau ditemukan solusi dari berbagai masalahnya.
Poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya alasan yang bisa dipertimbangkan untuk membeli bibit tanaman secara online melalui toko online penyedia bibit tanaman yang saat ini tumbuh dengan subur seiring semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Fakta menunjukkan bahwa pembelian secara online kini menjadi fenomena tersendiri di kalangan masyarakat, apalagi saat ini keberadaan smartphone dan jaringan internet sudah bukan lagi dianggap barang mewah, dan berbagai kalangan masyarakat telah banyak yang memilikinya. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan begitu mudah dan murahnya berkebun berbagai tanaman terutama tanaman hias bunga di rumah.

Namun, ada baiknya sebelum memilih dan memilah toko online yang menjual bibit tanaman secara online, poin-poin seperti yang telah dikemukakan di atas setidaknya patut dipertimbangkan agar aktivitas berkebun semakin menyenangkan. Bahkan, jika perlu pilihan toko online yang terpercaya atau setidaknya telah diverifikasi oleh website khusus yang bisa dipertanggungjawabkan, seperti PolisiOnline. Selain itu, pilihlah toko online yang memiliki alamat lengkap yang jelas seperti bibitbunga.com yang dapat dikunjungi secara langsung melalui kantor pusat yang beralamat di Jalan. Veteran Selatan Kel. Mamajang Dalam, Kec. Mamajang, Makassar 90135 Sulawesi Selatan. Jangan khawatir, meskipun lokasinya berada di belahan Indonesia timur namun untuk meminimalisir mahalnya biaya pengiriman, toko online ini menyediakan pilihan ekspedisi yang bisa dipilih konsumen dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, mengapa harus ragu membeli bibit tanaman secara online? Selain mudah dan sudah pasti murah.

Referensi tulisan :
http://bibitbunga.com/
http://belajarberkebun.com/bercocok-tanam-di-lahan-sempit.html
http://kumpulan.info/hobby/tanaman/178-manfaat-berkebun.html

6 komentar:

  1. Mumpung sekarang ini musim penghujan ada baiknya nih mulai berkebun.. Tumbuhan yang disemai akan mendapatkan kelembaban udara yang baik ketika menyemai tanaman.. Aku juga senang berkebun di dalam pot, bibitnya beli di toko khusus penjual aneka bibit tanaman.. Kini sdh tak perlu repot lagi ya Mba, bisa pesat bibit tanaman secara online ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, bahkan aku cukup beli satu kali selanjutnya tinggal memperbanyak sendiri dengan cara yang mudah dan sudah pasti murah juga. Makasih mba atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. wkwkwk...makasih banyak mbak, yuk berkebun.

      Hapus
  3. Paling bahagianya saat tanaman hias bunga kita yang sudah mengembang, kita bisa memangkasnya dan dimasukkan kedalam vas bunga.
    Agar bunga tidak mudah layu kita bisa memasukkan "Hydrogel" atau air pada vas bunga untuk dijadikan hiasan ruangan.

    Tangkai bunga dapat dirangkai agar kelihatan lebih cantik, Contohnya bisa dilihat disini

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...