Kamis, 24 April 2014

4 MANFAAT APLIKASI ANAK CERDAS DALAM SEKALI KLIK


Play Store Android Tablet
Dok. Pribadi
Menu Play Store di gadget bagaikan buah simalakama bagi saya, di satu sisi ada ratusan bahkan ribuan aplikasi penting yang bisa diunduh untuk membantu aktivitas dan sumber informasi bagi saya, namun di sisi yang lain mengaktifkan jaringan internet di gadget membuat saya agak sedikit was-was karena anak-anak dengan mudah bisa melihat, memilih, dan mengunduh aplikasi yang mereka sukai tanpa filter apapun kecuali jika saya ada di dekat mereka. Tapi tidak setiap waktu saya berada di dekat mereka dan memilihkan aplikasi-aplikasi apa saja yang sesuai dengan umur anak-anak, apalagi anak saya sedang dalam masa pertumbuhan bukan hanya dari segi fisik tapi juga pikiran dan keingintahuan tentang sesuatu yang baru.

Satu lagi yang bikin saya agak ngeri, anak-anak cepat belajar sesuatu yang baru. Meskipun rata-rata yang di unduh anak-anak adalah games tapi kan tidak semuanya sesuai dengan umur mereka yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Begitu klik menu Play Store, langsung deh terpampang beragam aplikasi yang siap di unduh secara gratis, bahkan tampilan widget aplikasi tersebut bikin mata saya sedikit melotot, agak tidak etis untuk konsumsi anak-anak. Anak-anak, terutama anak saya begitu klik langsung deh menulis game di menu pencarian, dan trada...ratusan aplikasi game tersedia dan siap di unduh, padahal selain ada game yang widget tampilan gambarnya kurang sopan juga ada game yang melulu isinya tentang kekerasan (game berateman kalau kata anak saya yang kelas 1 SD). Bahkan dahi saya berkerut jika membaca riwayat pencarian anak saya di Play Store yang nyaris tidak jauh dari game dan game lagi. Satu hal yang memang tidak saya ajarkan pada anak-anak adalah cara menghapus riwayat pencarian atau search di situs atau aplikasi manapun, karena itulah kunci saya untuk menelusuri aktivitas internet mereka.

Gadget untuk belajar? Agak pesimis saya, karena 85% anak-anak saya menggunakan gadget untuk bermain games, padahal aplikasi untuk belajar sudah saya unduhkan...mungkin tampilan dan isinya yang kurang menarik. Ternyata anak saya tidak sendiri, hasil riset yang didanai UNICEF dan dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta sebanyak 30 juta anak dan remaja Indonesia merupakan pengguna internet. Bayangkan apabila dari sekian juta anak dan remaja tersebut terpapar hal-hal yang tidak mendidik melalui internet, dampaknya akan terus terbawa hingga mereka dewasa.

Menarik jika di simak pemaparan Jason Lim, President Director Acer Indonesia :
"Telah menjadi perhatian kami bahwa kini orangtua memberikan kebebasan kepada anak dalam memakai gadget. Hal ini juga diiringi kekhawatiran orangtua jika anak mengunjungi situs, mengunduh konten yang tidak sesuai dengan usianya atau kecanduan gadget. Menurut hasil riset Children's Use of Mobile Phone di Indonesia, lebih dari 70% orangtua mempunyai kekhawatiran tentang penggunaan gadget pada anak, terutama kekhawatiran bahwa mereka akan mengakses situs yang tidak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, Acer memperkenalkan aplikasi mobile yang memberikan lingkungan aman pada gadget".
Aplikasi Anak Cerdas dari Acer
Tampilan pembuka Aplikasi Anak Cerdas (dok.pribadi)
Aplikasi mobile dari Acer tersebut adalah Aplikasi Anak Cerdas yang secara resmi telah dirilis melalui situs www.anakcerdas.co dan dapat di unduh secara langsung melalui Google Play atau Play Store lewat tablet atau smartphone yang berbasis Android. Tadinya saya berpikir, aplikasi anak cerdas akan sama saja seperti aplikasi-aplikasi belajar untuk anak-anak yang lain seperti yang telah saya unduhkan untuk anak-anak. Meskipun demikian saya tetap mencoba untuk mengunduhkannya siapa tahu bermanfaat atau setidaknya mengurangi jam terbang anak-anak main game di gadget untuk mengakses aplikasi lain yang berkonten ilmu pengetahuan.

Ternyata setelah mengunduhnya saya agak kaget, aplikasinya beda banget, fiturnya komplek dan komplit serta memungkinkan kita para orangtua memiliki akses langsung mengawasi penggunaan aplikasi tersebut tanpa harus berada di dekat anak-anak.  Bagi saya, aplikasi ini memberikan terobosan baru bagaimana mengajarkan anak menggunakan gadget lebih sehat dan aman, serta tentu saja sebagai solusi mengatasi minat belajar anak yang menurun. Terus apa saja sih manfaat setelah mengunduh aplikasi ini?
Menggunakan aplikasi anak cerdas
Dok. Pribadi
MANFAAT 1 : FITUR PARENTAL CONTROL

Fitur Parental Control aplikasi anak cerdas
Dok.Pribadi
Fitur Parental Control merupakan fitur yang sangat sangat jarang dijumpai pada aplikasi lain, karena pada aplikasi ini orangtua bukan hanya bisa memproteksi dan membatasi anak dalam mengakses konten tertentu, tetapi orangtua akan menerima laporan penggunaan aplikasi oleh anak baik yang bisa diakses langsung maupun dikirimkan melalui email.
  1. Pada menu akses dan proteksi, orangtua dapat mengaktifkan dan menonaktifkan kata sandi untuk izin unduh dan zona anak. Dengan mengaktifkan kata sandi pada menu izin unduh, maka aktivitas anak untuk mengunduh konten yang tidak sesuai bisa diminimalisir karena aktivitas unduh memerlukan kata sandi yang dibuat oleh orangtua. Dengan mengaktifkan zona anak, maka anak hanya dapat mengakses manu mari bermain dan latihan yuk.
  2. Pada menu laporan penggunaan, dengan mengaktifkan fitur ini orangtua dapat memantau aplikasi apa saja yang sering digunakan dan berapa lama digunakan. Selain itu, orangtua dapat melihat langsung laporan penggunaan atau melalui email yang akan dikirimkan tanggal 1 setiap bulan.
  3. Pada fitur profil, orangtua dapat menambahkan profil mereka dengan kata sandi masing-masing yang berbeda, juga menambahkan profil anak untuk kebutuhan mengakses berbagai fitur lain seperti Latihan Yuk!
Fitur Parental Control aplikasi anak cerdas
Dok. Pribadi
MANFAAT 2 : FITUR LATIHAN YUK!
Fitur ini berisi ribuan kumpulan soal latihan Matematika, Sains, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk anak kelas 1-6 SD.  Kontennya disesuaikan dengan kurikulum sekolah nasional, terbukti anakku yang duduk di kelas 1 dan 5 SD mendapatkan nilai yang sangat memuaskan bahkan beberapa kali mendapatkan bintang emas ketika mengerjakan latihan soal di Aplikasi Anak Cerdas. Selain itu, di fitur ini telah disiapkan latihan soal untuk ujian akhir sebagai bahan untuk belajar. Oh iya...di tiap mata pelajaran ada level-level yang harus diselesaikan sebelum masuk ke level selanjutnya. Sekali mencoba, kedua anakku langsung kecanduan mengerjakan soal level selanjutnya dan kegirangan kalau mendapatkan bintang emas atau badge untuk nilai sempurna apabila 100% jawabannya benar.
Fitur latihan yuk! aplikasi anak cerdas
Dok. Pribadi
MANFAAT 3 : MARI BERMAIN
Fitur ini berisi ratusan pilihan game, aplikasi edukasi, dan ebook yang direkomendasikan untuk anak umur 6-12 tahun. Ada banyak aplikasi dan konten untuk dipilih anak, namun untuk mengunduhnya tetap harus seizin orangtua melalui kata sandi, sehingga aplikasi yang terinstall telah melalui penyaringan oleh orangtua. Fitur ini menurut saya juga berguna mengurangi keinginan anak untuk mengakses menu Play Store yang nyaris tanpa filter apapun. Sehingga anak lebih fokus pada menu mari bermain pada aplikasi anak cerdas untuk menyalurkan hasrat memilih dan bermain games di gadget. Melalui fitur mari bermain ini, anak-anak tidak hanya mengunduh permainan atau game saja, namun ada banyak konten lain yang bernilai edukasi seperti ebook yang bisa di install.

Fitur mari bermain aplikasi anak cerdas
Di fitur ini anak-anak dapat memilih dan mengunduh beragam aplikasi dengan pengawasan orangtua (dok.pribadi)

MANFAAT 4 : DUNIA TEKNO
Pada fitur ini terdapat artikel-artikel untuk belajar seputar teknologi dalam bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti. Beragam artikel yang menurut saya sangat berguna sebagai tambahan informasi untuk anak, bahkan anak saya yang masih duduk di kelas 1 SD juga tertarik membaca beberapa artikel karena artikelnya pendek dan bahasanya mudah di mengerti. Saya sampai terkesima ketika anak saya dengan entengnya mengajari saya jurus anti pegal saat main tablet yang dibacanya dari salah satu artikel di dunia tekno...oh ternyata nyangkut juga isi artikelnya. Dunia tekno yang disajikan dalam bentuk artikel yang isinya beragam tips dan serba-serbi gadget ternyata cukup menarik minat anak saya untuk membacanya berkat kepraktisannya yang terbundel dalam satu aplikasi.

Fitur dunia tekno aplikasi anak cerdas
Di fitur ini anak-anak bisa membaca beragam artikel teknologi yang dikemas dengan bahasa sederhana (dok.pribadi)
Layaknya sebuah aplikasi yang berkonten digital, Aplikasi Anak Cerdas memerlukan koneksi internet di beberapa fitur, seperti :
  • Aktivasi awal aplikasi/registrasi user dan login,
  • Membaca artikel "Dunia Tekno",
  • Browsing dan menginstall "Aplikasi Terpilih",
  • Pengiriman laporan pengunaan bulanan via email,
  • Download update.
Untuk tahap-tahap awal koneksi aplikasi ini membutuhkan kuota internet yang lumayan menguras. Namanya juga aplikasi baru di install, anak-anak semangat mencoba nyaris semua fitur yang tersedia, termasuk fitur mari bermain yang terhubung dengan Play Store ketika browsing beberapa konten permainan. Setelah menginstall beberapa aplikasi permainan dan edukasi, nampaknya anak-anak cukup puas dan langsung memainkannya. Namun yang paling menarik mereka adalah fitur latihan yuk! yang tanpa mereka sadari memotivasi mereka untuk belajar, bahkan anak saya yang kelas 5 sampai membolak-balik buku pelajarannya untuk mencari jawaban beberapa pertanyaan. Disinilah letak kelebihan aplikasi ini sebagai satu terobosan baru memadukan belajar dan bermain dalam satu konten digital. Kekurangannya hanya satu di samping kebutuhan koneksi internet tiap kali mengaktifkan satu fitur, yaitu kecepatan akses internet (mungkin lebih tepatnya masalah operator), kadang-kadang suka gagal loading karena sinyal internet tidak stabil, anak-anak kadang suka kesal kalau susah masuk ke aplikasi.

Segera download aplikasi anak cerdas di Google Play Store atau melalui microsite www.anakcerdas.co, namun jangan lupa spesifikasi tablet dan smartphone minimal memiliki OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), dengan layar minimal 4,7 inch, RAM minimal 512 MB, dan kapasitas penyimpanan 1 GB. Berkat Aplikasi Anak Cerdas belajar jadi tambah menyenangkan bahkan sama menariknya dengan bermain dalam sekali klik.


Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Aplikasi Anak Cerdas kerjasama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia.

Sumber referensi tulisan :
http://www.acerid.com/2014/02/aplikasi-anak-cerdas-dari-acer-belajar-dan-bermain-di-gadget-dengan-aman-dan-menyenangkan/

9 komentar:

  1. aplikasi yang cerdas untuk anak2 :)

    BalasHapus
  2. tulisan mak elisa patut diacungi jempol hehe,..semoga sukses mak..

    BalasHapus
  3. Makasih Mak udah berkunjung, sukses juga untuk semua.

    BalasHapus
  4. senang mengetahui ada aplikasi yg bagus buat anak2 indonesia...
    selamat berlomba,..semoga menjadi yg terbaik...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas atas support dan kunjungannya. Salam juga dari Tangerang. Mudah-mudahan aplikasi ini menjadi satu dari sekian banyak aplikasi berkonten positif untuk anak Indonesia.

      Hapus
  5. Aplikasi yang dapat merangsa anak untuk berkreatif seperti ini harus di kembangkan dan diciptakan ya Mba, jadi para anak-anak dapat menemukan mainan yang dapat membantu mereka lebih kreatif.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, untuk memerangi konten digital yang berdampak negatif untuk anak perlu diperbanyak aplikasi digital yang berkonten positif, mendidik, dan merangsang anak untuk kreatif. Tengkyu ya mas sudah berkunjung dan koment.

      Hapus
  6. Wah... reviewnya keren. Semoga menang ya, Mak. Aku kayaknya gak ikutan nih. Gak punya android dan netbook-ku gak cukup memorynya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak atas koment dan kunjungan, mudah-mudahan Aplikasi Anak Cerdas ini bermanfaat dan berkembang bukan hanya berbasis Android semata tapi bisa diinstall plus dimainkan via PC.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...