Kamis, 24 Oktober 2013

NOTEBOOK SEMAKIN TIPIS BIKIN DOMPET EMAK SEMAKIN TEBAL

Teknologi...rasanya kalau bicara soal teknologi tidak pernah ada habisnya, setiap detik selalu terjadi perubahan yang nyaris tidak pernah ada jeda, gimana tidak...baru satu teknologi baru diluncurkan dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama akan muncul teknologi baru lagi. Bahkan satu trend teknologi akan dengan cepat diikuti oleh trend berikutnya dalam waktu yang sangat singkat. Teknologi komputer pun mengalami perkembangan yang tidak kalah pesatnya, dan bicara soal komputer jadi ingat zaman jadul waktu komputer windows masih baru dan gimana susahnya belajar pengolah kata wordstar yang untuk satu paragraf saja perintahnya bejibun banyaknya, tapi sekarang semua sudah dipermudah, menggunakan komputer tidak harus duduk manis di satu tempat karena berkat perkembangan teknologi, komputer sudah dapat di bawa kemana-mana. Apalagi sekarang, dengan istilah yang bermacam-macam komputer sudah bisa diakses dan digunakan di mana saja.

Internet...sekarang internet pun sudah mengalami perkembangan yang luar biasa, karena mengakses internet sudah demikian mudahnya bahkan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting. Dan rasanya saya cukup beruntung karena saya bisa merasakan manisnya kemudahan mengakses internet dan kemajuan teknologi komputer. Bagaimana tidak? komputer dan internet memberikan cukup banyak kemudahan bagi saya dalam menjalani kehidupan setiap hari, meskipun saya hanya seorang ibu rumah tangga, bahkan bola  percaya boleh tidak ketika membantu anak-anak mengerjakan PR saya terkadang meminta bantuan internet lho...melalui mbah Google.

Dengan berbagai kemudahan mengakses internet tersebut, rasanya sayang jika tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena sebagian besar ibu-ibu selalu berpikir dari segi ekonomis termasuk saya. Dan tadinya hanya sebagai kegiatan untuk browsing dan social media semata, kini saya menggunakan komputer dan internet sebagai salah satu alat untuk pemasukan keuangan tambahan...wow enak kan, istilah kerennya belajar menjadi seorang Mompreneur (istilahnya udah kayak pengusaha). Kalau kata buku-buku, seorang emak meskipun hanya berada di rumah tetap harus memiliki usaha sampingan untuk menambah pemasukkan, yah...salah satunya dengan memanfaatkan teknologi internet beserta perangkat pendukungnya. Seorang emak menjadi kudu harus punya usaha karena selain untuk menambah pemasukan, juga untuk melejitkan potensi diri dan salah satu alasan untuk selalu produktif.

Saya pun memanfaatkan berbagai kemudahan tersebut untuk alasan-alasan tersebut, meskipun hanya menjalankan usaha bisnis online dengan sistem Dropshipping atas dasar berbagai pertimbangan terutama persoalan modal dan waktu, namun saya menjalankannya dengan serius lho di mana saya harus mempelajari dengan baik kebaikan dan keburukan menjalankan usaha dengan sistem ini, dan berbisnis secara online merupakan salah satu peluang bagi emak seperti saya yang tidak harus terlalu sering meninggalkan rumah. Dan satu lagi aktivitas ngenet yang paling saya sukai adalah ngeblog hehehehe, ngeblog bagi saya merupakan salah satu cara untuk "Me Time" karena ditengah kesibukan sehari-hari bersama anak-anak yang terkadang menguras tenaga dan emosi, saya membutuhkan waktu untuk cooling down sejenak agar saya bisa tampil fresh di hadapan anak-anak setelah menghadapi beragam kelakukannya kemarin. Kegiatan ini tambah menyenangkan karena akhirnya saya bergabung bersama Kumpulan Emak Blogger (KEB), di mana ada banyak emak seperti saya yang bergabung dengan berbagai latar belakang, domisili, dan profesi saling sharing dan mengikuti berbagai kegiatan dalam rangkaian menjadi emak yang produktif...klop kan.

Menjadi emak yang produktif, sungguh merupakan gambaran ideal karena selain tetap menjalankan kewajiban utama mengasuh dan mendidik anak-anak di rumah, seorang emak tetap bisa berkarya dan pada akhirnya memperoleh penghasilan tambahan melalui bisnis online yang dijalaninya. Pun begitu dengan saya, saya ingin tetap produktif dan mengasah potensi diri meskipun saya hanya berada di rumah. Tidak selalu mulus memang, ada banyak kendala ketika menjalankannya, entah itu masalah dari tidak bersahabatnya anak-anak dengan kondisi di mana saya dikejar deadline baik dari kegiatan menulis maupun konsumen yang membeli produk dagangan saya, maupun masalah koneksi internet yang terkadang juga tidak kalah rewelnya, apalagi ketika masalah IP Address saya terblokir...sebel banget (jadi curhat...abaikan saja). Dalam kondisi yang demikian tentu saya butuh komputer yang bisa di bawa kemana saja dan bisa di ajak mencuri waktu di sela aktivitas lain baik di rumah maupun di luar rumah.

Sekarang komputer tidak lagi hanya bisa bertengger dengan manis di satu tempat karena komputer sudah bisa di bawa kemana saja, istilahnya notebook. Dengan guliran teknologi semakin pesat, notebook sudah bukan lagi barang mewah dengan harga yang bisa membuat kepala berdenyut-denyut melihat angka nolnya, karena kini notebook hadir membawa angin segar baik dari segi harganya maupun bentuknya. Dengan bentuk yang semakin tipis notebook hadir membawa kemudahan untuk menjinjingnya ke mana saja, dan tipisnya notebook berbanding lurus dengan tipisnya harga yang ditawarkan...ah teknologi memang tidak harus selalu mahal. Solusi inilah yang diusung oleh Acer Aspire E1-432 : Notebook dengan dimensi 30% lebih tipis dan hemat daya berkat Prosesor Intel Haswell 4 th Gen.
Acer Aspire E1-432
Penampakan Acer Aspire E1-432 yang Super Slim
Nah...dengan notebook tersebut, sedikit banyak membantu kelancaran dan kinerja dalam berbisnis, menulis, dan mengasuh anak-anak. bagaimana tidak...ketika anak-anak sedang bermain, kita bisa menyempatkan diri untuk membuka sejenak notebook dan menjalankan aktivitas online karena Acer Aspire E1 Series tipe terbaru ini selain memiliki DVD-RW, juga memiliki tiga buah port USB, yang satu diantaranya sudah menggunakan USB 3.0 dengan transfer data 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0, card reader, port LAN, VGA port, Webcam HD, dan sebuah Wireless Adapter Acer Nplity 802.11b/g/n untuk berselancar ke dunia maya menggunakan jaringan hotspot yang tersedia di sekitar kita, dan untuk tahu lebih banyak informasi langsung aja ke Fanspage Acer Indonesia.

Ternyata menjadi seorang emak di era internet ini selain beruntung juga sangat menyenangkan karena selain bisa mengaktualisasikan diri, juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan berbagai bisnis secara online. Kemudahan yang ditopang dengan semakin ringannya notebook keluaran Acer E1 Slim Series, seharusnya membuat kita semakin produktif dong...karena saya percaya setiap emak memiliki potensi diri yang sangat besar karena kemampuannya untuk multitasking. Kemampuan ini seharusnya akan membawa aura positif bagi keluarga karena anak-anak akan belajar produktif jika emaknya seorang yang produktif dan selalu memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang positif serta menguntungkan dari segi ekonomi alias menebalkan kantong emak.

Pendek kata, semua kegiatan produktif emak membutuhkan notebook yang mudah di bawa kemana saja dan tentunya koneksi internet yang stabil, karena berbisnis terutama bisnis online membutuhkan promosi yang sesering mungkin, selain riset dan inovasi produk. Bahkan untuk kegiatan menulis atau ngeblog sekalipun tetap membutuhkan promosi yang umumnya di lakukan melalui jejaring sosial, kebutuhan riset untuk bahan tulisan, dan inovasi terhadap teknik tulisan. Dan pada akhirnya nilai ekonomis akan kegiatan produktif emak akan semakin meningkat, sesuai dengan tujuan akhir dalam sebuah bisnis yaitu menghasilkan laba sebanyak mungkin. Jadi...kenapa harus ragu untuk memulai menjadi emak yang produktif, karena produktif akan menambah tebal dompet emak lho...asal tahu caranya, bisa dengan :
  • Mulai membangun bisnis, salah satunya dengan berbisnis secara online yang umumnya hanya bermodalkan komputer atau lebih bagus lagi jika memiliki notebook dan koneksi internet. Bahkan bisnis online dengan sistem dropshipping tidak membutuhkan banyak modal untuk stok barang dagangan alias minim modal, tapi sebaiknya tetap dianjurkan untuk membeli barang yang akan kita jual sebagai sampel, hal ini penting karena kita sebagai penjual harus tahu kualitas barang yang akan kita perjualbelikan.
  • Aktivitas ngeblog. Memiliki blog sendiri mempunyai banyak keuntungan lho...selain sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri dengan cara tertulis, juga ada bonusnya dengan mengikuti penyelenggaraan berbagai lomba blog, siapa tahu nasib baik dan menang...lumayan hadiahnya bisa menambah isi dompet emak, atau jika berbentuk barang bisa mengirit pengeluaran jika kebetulan hadiahnya barang yang kita idam-idamkan.
  • Menulis artikel, cerpen, cernak, atau cerita bersambung, kemudian dikirim ke berbagai media baik offline maupun online, jika dimuat ada honornya dan lumayan bisa menambah isi dompet lagi.
  • Menulis buku (ini passion saya banget...). Menghasilkan buku sendiri bagi saya merupakan pencapaian prestasi seumur hidup karena jejak kita sebagai penulis akan terekam selamanya. Meskipun jalan untuk sukses secara komersial melalui buku lumayan panjang dan berliku, namun sebagai tahap awal memiliki buku sendiri merupakan prestasi yang tiada tara dan memperoleh kepuasan secara batin. 
Dengan bantuan perangkat teknologi yang kian hebat, segalanya menjadi mudah bahkan teknologi komputer yang mulai berkembang hingga menghasilkan teknologi komputer jinjing atau notebook membuat mobilitas emak semakin makyussss. Ditambah lagi dengan notebook 30% lebih tipis dan hemat daya keluaran Acer terbaru, dan cocok untuk menunjang berbagai aktivitas online seharusnya membuat emak semakin produktif, bahkan untuk mendapatkan komputer ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Jadi masih adakah alasan emak untuk tidak mampu menjadi seorang emak yang produktif. Karena menjadi seorang mompreneur mungkin dalam jangka panjang juga bisa ikut membantu mewujudkan keluarga sakinah yang mandiri dan produktif. Itulah sebuah momen ketika peran ibu tetap bisa dijalankan dengan maksimal sembari berupaya menjadi perempuan yang produktif secara ekonomi.


Tulisan ini diikutsertakan dalam event "30 hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.

Sumber referensi tulisan :
  • http://www.acerid.com/2013/10/acer-aspire-e1-432-notebook-tipis-dan-hemat-daya-berkat-prosesor-intel-haswell-4th-gen

12 komentar:

  1. heuheu.. pingin juga punya bisnis onlinem so notebooknya bisa menghasilkan...

    BalasHapus
  2. Moga kantong emak makin tebal ya...

    BalasHapus
  3. Good Luck yah mak :)

    http://chemistrahmah.com

    BalasHapus
  4. Makasih ya emak semua, moga-moga si slim ini mampir ke rumah kita hehehehe

    BalasHapus
  5. Semoga tercapai yang diidamkan ya, sukses Mak. :)

    BalasHapus
  6. aiih tulisannya padat dan lengkap. Sukses ya mak :)

    http://naluwnovi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Me Time aku juga ngeblog mak.... hehehe

    BalasHapus
  8. Makasih mak semua udah mampir, sukses juga untuk semua

    BalasHapus
  9. pengen bisnis onlen juga...:)

    BalasHapus
  10. Hahahahha, setuju satu juta persen, euy. Notebook nya tipis-tipis aja asal dompetnya yang tebel :P

    BalasHapus
  11. Iya mak...dompet tebal memang dambaan emaks semua...hahaha, karena dompet tebal bisa membungkam rengekan anak-anak....huhuhuhu tiap hari minta jajan

    BalasHapus
  12. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...