Sabtu, 08 Juni 2013

MEMBANGUN KOMUNITAS DIGITAL LIPUTAN6.COM

Kemajuan teknologi informasi tidak dapat dicegah oleh siapapun, berbagai dampak positif dan negatif akan muncul beriringan dengan kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi harus menjadi pendorong untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan kreatifitas anak bangsa. Saat ini telah bermunculan berbagai komunitas di Indonesia, baik di bidang pendidikan, olahraga, musik, lifestyle, hobi, dan lain-lain. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh masing-masing komunitas tersebut.

Media-media online terkait komunitas tersebut juga bermunculan, dengan harapan segala informasi yang telah maupun akan dilakukan dapat dengan mudah diketahui dan dishare ke sesama anggota komunitas. Selain itu berbagai upaya pun dilakukan untuk menjaring anggota baru, agar turut bergabung ke dalam jaringan komunitas tersebut. 

MEMBANGUN KOMUNITAS DIGITAL

logo Liputan6.com
Komunitas digital merupakan komunitas yang terbentuk dari para pengguna yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk menunjang kebutuhannya sehari-hari. Pengguna perangkat teknologi yang dapat mengakses internet semakin banyak dan mulai memasyarakat. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri, di mana mengarahkan masyarakat Indonesia dari hanya menggunakan perangkat canggih sebatas tampilan belaka, menjadi masyarakat yang mampu memanfaatkan media teknologi sebagai ajang kreatifitas baru.

Selain menjadi tempat bagi anggotanya untuk saling bertukar informasi secara bebas, juga memberikan manfaat komersial untuk para anggota dan sponsor. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami karakteristik komunitas untuk secara efektif memanfaatkan potensi komunitas ini. Karakteristik tersebut antara lain :
  • Pengetahuan kolektif, Komunitas secara tidak langsung mendidik anggotanya serta memungkinkan pertukaran pandangan atau ide antar anggota, selain tentunya merepresentasikan pengetahuan dan informasi kolektif yang tersedia bagi anggotanya. seiring waktu, komunitas akan muncul sebagai sumber informasi yang berpengaruh mengenai pengetahuan tentang produk dan layanan yang terkait dengan kepentingan komunitas.
  • Prinsip keuntungan yang meningkat. Suatu komunitas biasanya pada periode awal tidak memiliki keuntungan secara finansial, namun seiring semakin banyaknya anggota komunitas tersebut maka manfaat finansial akan meningkat. Meskipun investasi awal yang dilakukan penuh ketidakpastian dan risiko, dengan tumbuhnya keanggotaan, kredibilitas komunitas akan terbangun dan manfaat komersialnya menjadi sangat menarik.
Pada dasarnya, komunitas dibangun berdasarkan adanya minat atau kebutuhan dari anggotanya. Ada empat langkah membangun dan memelihara komunitas, seperti yang terlihat dalam gambar.

Membangun komunitas virtual
Gambar dari sini
  1. Attract, menarik pengunjung dan mendorong mereka untuk bergabung.
  2. Promote, setelah anggota terdaftar langkah selanjutnya adalah mendorong mereka untuk berpartisipasi.
  3. Build, dengan bertukar pikiran dan informasi melalui forum diskusi, anggota membangun loyalitas kepada komunitas.
  4. Capture, ketika komunitas telah mencapai tahapan kritis dalam hal jumlah dan agregasi konten, maka langkah selanjutnya dapat menawarkan ruang untuk iklan, selain dapat menjual produk atau layanan online untuk anggota.
Komunitas menyajikan kesempatan yang baik bagi marketer untuk mengeksploitasi "Network Externalities Effect." 


LIPUTAN6.COM : AKTUAL, TAJAM, DAN TERPERCAYA

Sebagai portal berita terkini, rasanya Liputan6.com sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk bersaing dengan portal berita lain. Dengan mengusung slogan : Aktual, Tajam, dan Terpercaya, masyarakat yang sudah terbiasa dengan sajian berita di televisi, akan semakin dimanjakan dengan up date Berita Terkini Liputan6.com melalui media digital. 

liputan6.com
Liputan6.com : Aktual, Tajam, dan Terpercaya
Fitur-fitur yang dimiliki liputan6.com terbilang sudah lengkap sebagai portal berita yang menyajikan berita terbaru
  • News, Rubrik ini menyajikan berita-berita yang sudah tertata dengan rapih sesuai dengan kategori-kategori yang memudahkan pembaca untuk membaca atau mengklik berita yang ingin dibacanya, tanpa harus kehilangan kesempatan untuk membaca headline judul berita lainnya.
  • Bisnis, Rubrik ini secara garis besar terdiri dari headline berita yang digambarkan dalam bentuk flash, deretan fitur berita terkini, terpopuler, Ekonomi, Bank, Energi & Tambang, dan Saham. Sangat lengkap jika seorang pebisnis yang tidak mempunyai banyak waktu namun ingin mengetahui berita hari ini, maka cukup mengklik rubrik bisnis maka semua informasi akan terbaca dan bisa dijadikan landasan pengambilan keputusan bisnis, karena sangat aktual, tajam, dan terpercaya.
  • Bola, ini rubrik khusus penggila bola yang selalu haus akan informasi tentang sepak terjang team favoritnya. Klik rubrik Bola, maka voilaa...Anda akan menemukan betapa lengkapnya fitur yang disajikan dalam rubrik ini. Mulai dari Berita Terkini, Terpopuler, Liputan Champions, Klasemen, Wawancara, Corner, Bintang, Galeri, dan Prediksi. Suka bola? tidak perlu mencari berita kemana-mana karena cukup klik rubrik bola di Liputan6.com maka berita terbaru akan Anda dapatkan secara lebih Aktual, Tajam, dan Terpercaya.
  • Showbiz, rubrik ini khusus membahas dunia entertaiment beserta industri yang terlibat di dalamnya. Selain ada berita terkini dan terpopuler, berita dari dunia musik, celeb, K-Pop, Movie, dan gallery.
  • Tekno, dalam rubrik ini membahas masalah gadget, internet, game, telko, dan tentunya berita terkini masalah tekno, pas, enak dan komplit untuk dibaca.
  • Health, rubrik yang menyajikan berita-berita tentang kesehatan, dan tentunya info-info penting seputar kesehatan.
  • Foto, menyajikan gallery foto-foto berita terkini dan terpopuler.
  • Video, menyajikan video liputan6 yang aktual, tajam, dan terpercaya.
  • Live Streaming, bagi yang tidak berkesempatan menyaksikan acara atau siaran televisi secara langsung, maka melalui channel ini, Anda berkesempatan untuk menonton acara-acara favorite dari beberapa channel pilihan.
  • Deal.
Selain channel-channel pilihan di atas, liputan6.com juga menyediakan channel khusus yaitu Citizen 6. Pada channel ini, masyarakat bisa menjadi seorang Citizen Journalist atau pewarta warga untuk mendukung arus pemberitaan di media. Di era teknologi informasi saat ini, citizen journalism jelas sangat dibutuhkan, karena bisa menjadi rujukan mainstream jika laporan warga tersebut komfrehensif, faktual, dan bisa dipercaya. Berita yang baik tentu harus memenuhi unsur penyampaian berita yaitu 5W1H (what, when, where, why, who, dan how) dan juga tidak hanya mewakili satu pihak yang diberitakan (cover bothside). 

citizen6 liputan6.com
Berkembangnya journalisme online di Indonesia saat ini, dapat semakin menguatkan perkembangan citizen journalism. Dalam citizen journalism, masyarakat dapat membahas hal-hal yang tengah hangat diperbincangkan dalam segala aspek. Kini minat masyarakat pada journalisme online semakin meningkat.  Akan tetapi perlu diatur aspek perlindungan hukum bagi para citizen journalist itu sendiri, Jika journalist konvensional punya kode etik journalistik dan undang-undang pers, maka citizen journalism pun harus mendapatkan perhatian semacam ini. Sehingga masyarakat lebih tenang dan bebas dalam berbagi informasi serta berbagi perspektif pandangan dengan lebih bertanggung jawab. Karena itu penting bagi Liputan6.com untuk mulai memberikan edukasi kepada masyarakat agar mempergunakan haknya sebagai citizen journalist secara lebih bertanggung jawab, melalui salah satu cara yaitu membentuk Komunitas Liputan6.com.

MEMBANGUN KOMUNITAS DIGITAL LIPUTAN6.COM

Dengan mengedepankan slogan Aktual, Tajam, dan Terpercaya, serta mengusung Berita Terkini Liputan6.com, maka sudah selayaknya Liputan6.com memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan membentuk komunitas digital. Namun komunitas yang dimaksud disini adalah sebuah kumpulan manusia yang merasa terikat dengan identitas tertentu dan loyal pada komunitasnya. Komunitas disini bukan hanya sekedar sejumlah akun yang "likes" facebook atau jumlah follower twitter atau jumlah anggota forum, tapi harus ada ikatan emosional antar anggotanya dengan komunitas.
  • Komitmen dan ketulusan. komunitas harus dibangun dengan sebuah paradigma ketulusan, bukan dengan cara pandang eksploitatif. Mereka seharusnya diberikan edukasi tentang hal-hal yang bermanfaat untuk mereka dan tentunya dalam koridor Liputan6.com. Dalam artian bahwa anggota komunitas harus diperlakukan sebagai teman, teman sharing, atau sekedar memberi saran dan tentunya memberi masukan di masa tertentu ketika kedua belah pihak memiliki problem.
  • Kegiatan Offline atau Kopdar. Kegiatan-kegiatan ini adalah tempat di mana semua anggota bisa saling bertemu, dan sebagai salah satu cara untuk menguatkan rasa emosional anggota komunitas sehingga komunitas makin dikenal lebih luas. Mengapa demikian? karena dengan kegiatan offline ini selain menjadi lebih akrab dengan anggota yang lain, mereka merasa mendapatkan manfaat bisa ngumpul-ngumpul karena pada dasarnya orang Indonesia sangat suka berteman dan berkumpul. Kegiatan ini bisa dikemas dalam bentuk pelatihan, seminar, atau kegiatan lain yang tentunya juga menunjang kiprah Liputan6.com sebagai salah satu portal berita di Indonesia.
  • Penghargaan dan pengakuan. Komunitas itu pada intinya adalah individu yang ingin dihargai dan tentu saja diberikan semacam reward, tapi jangan terlalu berpikiran bahwa penghargaan harus berupa uang atau hadiah. Penghargaan yang dibutuhkan anggota bisa saja berupa sambutan buat anggota baru, perlakuan khusus bagi anggota teraktif, atau mengundang mereka untuk memberikan pendapat bagaimana mengembangkan komunitas, dan masih banyak lagi.
  • Atribut komunitas. Komunitas adalah tentang eksklusivitas, oleh karena itu perlu ada sesuatu yang khas yang hanya dipahami atau dimiliki anggota komunitas tersebut. Atribut utama yang mungkin bisa sebagai pondasi awal membentuk identitas komunitas adalah logo komunitas, logo merupakan ciri yang khas yang hanya bisa dimiliki anggota ketika sudah bergabung di dalamnya dan secara digital bisa dishare oleh anggota sebagai wujud rasa bangga.
  • Komunitas adalah investasi jangka panjang. Hal ini sangat penting dipahami bahwa jika ingin membangun komunitas online demi kepentingan suatu brand efeknya tidak akan serta merta. Cara kerjanya bertahap dan berjangka panjang untuk meningkatkan awareness dam loyalty terhadap suatu brand. Komunitas yang loyal mungkin butuh kesabaran, dan waktu yang panjang, tapi akan membantu keberlangsungan brand dalam jangka panjang, serta meningkatkan loyalitas, di mana loyalitas menjadi sesuatu yang sangat mahal di era hyperkompetitif saat ini. 
Dari uraian-uraian tersebut perlu kiranya untuk membangun sebuah komunitas sebagai pondasi awal untuk memantapkan posisi di tengah arus perubahan yang sangat kuat dan terkadang tidak terduga. Dan di era teknologi informasi di mana dunia digital semakin menancapkan pengaruhnya, maka membangun komunitas digital adalah solusi terbaik mengingat daya jangkau dunia digital sangat luas yang tidak terbatas ruang, tempat, dan waktu sehingga kemampuan untuk merangkul semua kalangan sangat mungkin dilakukan. Apalagi angka pengguna media online semakin hari semakin menunjukkan peningkatan, hal ini merupakan celah yang harus dimanfaatkan sesegera mungkin. Sudah cukup banyak media yang memanfaatkan celah ini sebagai cara untuk mengenggam ingatan masyarakat akan keberadaan brandnya, jadi kapankah Liputan6.com membentuk komunitas untuk pencintanya? Yang bukan hanya memanfaatkan anggota komunitas untuk kepentingan brand semata, tapi memberikan pembelajaran agar masyarakat lebih teredukasi dalam melihat dan membaca pemberitaan, lebih cerdas dalam melihat solusi sebuah fenomena atau kejadian, dan lebih mawas diri terhadap euforia sesaat. Semoga masyarakat lebih cerdas untuk memahami bahwa sebuah pemberitaan harus "Aktual, Tajam, dan Terpercaya." Jadi...baca headlines berita hari ini, hanya di Liputan6.com.


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Review #Klikliputan6"  yang diselenggarakan Liputan6.com : Aktual, Tajam dan Terpercaya,


Sumber Tulisan :
  1. http://www.liputan6.com
  2. http://www.paulussetyo.com
  3. http://www.pustaka.ut.ac.id
  4. http://www.virtual.co.id
Sumber Gambar :
  1. Tercantum dalam credit atau sumber
  2. http://www.liputan6.com



4 komentar:

  1. luar biasa bergizi. kayak makalah euy... mari membangun negeri dengan komunitas2 positif. selamat.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungan dan komentnya.

    BalasHapus
  3. Wuiih detail banget artikelnya.. keren mak. Aku saja belum tentu bisa seperti ini ...hikkks

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Mak, akhirnya bisa bales komentmu....sukses selalu ya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...