Tips Memilih Aplikasi Smartphone yang Bermanfaat Untuk Ibu Rumah Tangga

Aplikasi smartphone untuk Ibu Rumah Tangga
Image by tirachardz on Freepik

Keberadaan smartphone kini bukan lagi hanya dijadikan alat untuk berkomunikasi atau berkirim pesan semata, namun sudah dianggap sebagai salah satu alat yang mempermudah pekerjaan, aktivitas sehari-hari, serta kehidupan penggunaanya. Hal ini tidak lain karena semakin canggihnya teknologi yang tersemat dalam smartphone serta banyaknya aplikasi pada smartphone yang bisa diunduh pengguna sesuai kebutuhan, termasuk aplikasi-aplikasi yang membantu mempermudah ibu rumah tangga. Tentu kebutuhan ibu rumah tangga akan aplikasi pada smartphone miliknya berbeda-beda, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pekerjaan, hobi, dan lainnya.

Diantara ratusan bahkan ribuan aplikasi yang bisa dipilih melalui Play Store atau App Store, tentu tidak mudah memilih dan memilah aplikasi mana yang bermanfaat untuk membantu mempermudah aktivitas sehari-hari seorang ibu rumah tangga, apalagi ada ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai pekerja atau pelaku bisnis. Nah, untuk memilih aplikasi pada smartphone yang bermanfaat untuk ibu rumah tangga, ada beberapa tipsnya nih, seperti berikut ini:

1. Pilih Aplikasi Smartphone Sesuai Kebutuhan

Apakah ibu sering merasa kesulitan mengatur keuangan rumah tangga? Jangan khawatir ya ibu-ibu, karena di smartphone terdapat banyak sekali pilihan aplikasi yang pastinya akan membantu ibu rumah tangga mengatur keuangan sesuai budget atau penghasilan. Aplikasi lainnya, tentu masih banyak bahkan aplikasi keuangan yang membantu ibu rumah tangga mengatur keuangan pun jumlahnya sangat banyak, tidak jarang membuat pengguna merasa bingung harus memilih aplikasi yang terbaik dan bermanfaat.

Untuk itu, pilihlah aplikasi yang sesuai kebutuhan dan nyata-nyata memberikan manfaat untuk mempermudah aktivitas ibu rumah tangga sehari-hari. Setelah itu, barulah memilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Biasanya sebelum diunduh, aplikasi tersebut memberikan keterangan cukup detil seputar aplikasinya, termasuk apakah aplikasi tersebut memuat konten atau fitur berbayar atau tidak. Tujuannya agar pengguna bisa mempertimbangkan apakah akan mengunduh aplikasi tersebut atau tidak. Jadi jangan pernah lupa membawa deskripsi lengkap dari aplikasi smartphone yang akan diunduh tersebut ya!

2. Pertimbangkan Dari Sisi Kemudahan Penggunaan

Efisiensi waktu menjadi hal yang sangat penting untuk ibu rumah tangga yang memiliki seabrek kegiatan, mulai dari mengurus rumah tangga dan keluarga, menjalankan bisnis jika memiliki bisnis yang dikelola dari rumah, menjadi guru untuk anak-anak, menemani anak-anak beraktivitas, dan masih banyak lagi. Nah, ibu rumah tangga tentu butuh aplikasi smartphone yang tidak hanya sesuai kebutuhan tapi juga memiliki fitur yang mudah digunakan, tentunya untuk menghemat waktu.

Solusinya, cari aplikasi yang memiliki antarmuka yang intuitif dan navigasi yang jelas. Agar terhindar dari aktivitas mengunduh aplikasi yang sia-sia, sebaiknya bacalah ulasan pengguna yang lain, tentunya untuk mengetahui pendapat orang lain yang sudah pernah mencoba aplikasi tersebut termasuk soal kemudahan penggunaannya. 

3. Sebaiknya Pilih Aplikasi yang Aman dan Terpercaya

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memilih aplikasi smartphone yang aman dan terpercaya. Sebaiknya, pastikan aplikasi yang akan diunduh berasal dari pengembang yang memiliki reputasi baik. memiliki privasi yang jelas, serta kontak aktif yang bisa dihubungi. Hal ini sangat penting mengingat banyak aplikasi yang menyimpan data pribadi, termasuk data perbankan apabila dalam aplikasi terdapat fitur melakukan pembelian. Bacalah izin aplikasi dengan cermat sebelum mengunduh aplikasi tersebut untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak akan mengakses data pribadi yang tidak perlu. Jangan lupa, pelajari dan baca dengan teliti cara aplikasi tersebut mengumpulkan data penggunanya.

4. Manfaatkan Aplikasi Smartphone yang Gratis

Ada dua macam aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone, yang gratis dan berbayar. Sebaiknya pilih aplikasi yang menawarkan fitur dasar gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli versi premium. Namun, ada juga aplikasi yang sama sekali tidak menawarkan fitur premium, sehingga ibu rumah tangga bisa leluasa mengakses aplikasi tersebut. Tapi memang, terkadang pada aplikasi gratis tersebut tersemat iklan-iklan yang mau tidak mau harus dilihat pengguna.

5. Jangan Ragu Untuk Mencoba Berbagai Aplikasi Smartphone

Ada banyak aplikasi yang tersedia dismartphone, bisa diunduh baik gratis maupun berbayar untuk beberapa fitur premium. Bahkan, aplikasi yang bisa membantu ibu rumah tangga mengelola keuangan pun sangat banyak. Tentu bukan hal yang mudah untuk mencari mana aplikasi terbaik, meskipun rate atau testimoni pengguna yang sudah mengunduh cukup baik. Jadi jangan takut untuk mencoba berbagai aplikasi untuk menemukan mana yang paling cocok dan mudah digunakan. Cobalah bereksperimen yang mengunduh berbagai aplikasi. Selain itu, pengguna dapat menemukan aplikasi baru dengan membaca ulasan, rekomendasi dari teman, atau mencari sendiri di toko aplikasi.

Beberapa Kategori Aplikasi yang Mungkin Bermanfaat untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Aplikasi Pengelolaan Keuangan. Tidak perlu repot mencatat pengeluaran atau membuat rencana keuangan secara manual, karena sudah tersedia beragam aplikasi yang bisa membantu mengelola keuangan rumah tangga, mulai dari mencatat pengeluaran, membuat anggaran, hingga menghitung berapa besar dana yang harus disisihkan untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Berikut beberapa referensi aplikasi pengelolaan keuangan keluarga, seperti Aplikasi Dompet Manager, Aplikasi Catatan Keuangan Harian, Aplikasi Money Lover, dan masih banyak lagi.
  2. Aplikasi Resep Makanan.  Nah, ibu rumah tangga pastinya tidak pernah lepas dari urusan masak-memasak atau urusan dapur dong! Ada banyak aplikasi yang bisa membantu memberikan ide resep memasak, membuat daftar belanja, mempersiapkan bahan masakan, bahkan langkah-langkah saat memasak resep yang diinginkan, seperti aplikasi Cookpad, Yummy, dan masih banyak lagi.
  3. Aplikasi Belanja Online. Sepertinya hampir semua ibu rumah tangga familiar dengan aplikasi ini, bahkan ada beberapa yang sudah mengunduh lebih dari satu aplikasi belanja online. Aplikasi semacam ini tidak hanya memudahkan ibu rumah tangga untuk belanja kebutuhan pribadi, tapi juga kebutuhan rumah tangga. Bahkan, tidak hanya kesempatan mendapat ongkos kirim gratis, pada periode tertentu harga yang ditawarkan biasanya lebih murah. Berikut beberapa aplikasi yang banyak diunduh ibu rumah tangga, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, hingga belanja melalui toko online di media sosial Tiktok, yaitu Tiktok Shop.
  4. Aplikasi Parenting. Ibu kerap kali merasa kesulitan menghadapi masalah yang berhubungan dengan anak-anak, jangan khawatir karena sudah tersedia banyak aplikasi untuk membantu ibu dan memberikan informasi seputar pengasuhan si kecil. Bahkan, dalam aplikasi tersebut tersedia fitur yang membantu ibu mencari ide kegiatan yang cocok dilakukan bersama anak agar tidak bosan di rumah, salah satu aplikasi tersebut adalah Parentstory.
  5. Aplikasi Edukasi. Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa belajar lagi? Ketahuilah bahwa ibu rumah tangga juga wajib mengupgrade skill serta menambah keterampilan baru. Untuk itulah, tersedia banyak aplikasi smartphone yang membantu ibu rumah tangga belajar banyak keterampilan baru sesuai tren saat ini, seperti Ruangguru, Qubisa, dan masih banyak lagi.
Bagaimana? Ternyata smartphone tidak hanya dipakai sebagai alat berkomunikasi belaka lho, karena di tangan ibu rumah tangga, smartphone bisa bertambah fungsinya menjadi media yang memudahkan serta mereferensikan banyak ilmu dan pengetahuan baru. Meskipun begitu, sebaiknya batasi penggunaan smartphone untuk hal-hal yang dianggap penting, dan jangan lupa batasi mengunduh aplikasi ya, agar interaksi bersama keluarga tidak terganggu. Pilih yang benar-benar dibutuhkan dengan menerapkan tips di atas ya! Agar aplikasi smartphone bermanfaat untuk ibu rumah tangga.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Aplikasi Smartphone yang Bermanfaat Untuk Ibu Rumah Tangga"