Pengalaman Menginap Di Hotel GBS Malingping, Lebak Banten

Review Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten


Siapa nih yang sudah pernah ke Malingping? Bagi yang belum mengetahuinya, Malingping adalah salah satu kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Bagi yang ingin mengunjunginya, Kecamatan Malingping ini terletak sekitar 74 kilometer di sebelah selatan ibukota Kabupaten Lebak, yaitu Kecamatan Rangkasbitung. Meskipun memiliki destinasi wisata pantai yang cukup indah karena letaknya yang cukup dekat dengan laut, namun daerah ini masih dibilang belum terlalu ramai dengan lalu lalang kendaraan wisatawan, padahal infrastruktur jalan menuju Kecamatan Malingping cukup mulus meskipun agak berliku.

Kira-kira apa ya yang menjadi alasan saya mengunjungi Kecamatan Malingping? Jadi ini alasannya mengapa saya beberapa kali mengunjungi Kecamatan Malingping. Kebetulan suami saya memiliki klien yang bertempat tinggal di Kecamatan Malingping, dan untuk keperluan pekerjaannya paling tidak satu atau dua bulan sekali harus dikunjungi untuk mendapatkan input atas layanan yang sudah diberikan perusahaan tempat suami bekerja. Biasanya kalau ada jadwal mengunjungi klien di Kecamatan Malingping, saya usahakan selalu mendampingi suami karena memang perjalanannya cukup jauh meskipun kondisi jalan menuju ke Malingping dari Pandeglang menurut saya sudah cukup baik.

Apakah Kecamatan Malingping memiliki destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga? Tentu saja, Kecamatan Malingping dan daerah disekitarnya memiliki cukup banyak destinasi wisata, terutama wisata pantai yang bahkan belum banyak dikunjungi wisatawan karena memang akses menuju destinasi wisata ini cukup jauh dan belum seterkenal Pantai Carita. Di Kecamatan Malingping ada wisata pantai yang sebenarnya cukup dikenal wisatawan lokal atau daerah disekitarnya, yaitu Pantai Bagedur, Tidak hanya Pantai Bagedur, disekitarnya juga banyak pantai lainnya yang juga ramai dikunjungi wisatawan lokal pada masa liburan dan pernah saya dan keluarga kunjungi, yaitu Pantai Karang Seke.

Pantai Karang Seke, Lebak, Banten

Wah...ternyata banyak juga yah destinasi wisata, terutama wisata pantai yang bisa dikunjungi di sekitar Kecamatan Malingping, selain Pantai Bagedur, diantaranya:

  1. Pantai Sawarna. Pantai Sawarna bisa dibilang salah satu pantai yang termasuk Hidden Gems atau tersembunyi, karena memang letaknya yang bisa dibilang tidak berada dilokasi yang strategis. Meskipun begitu, pantai ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Kecamatan Malingping, meskipun secara administratif Pantai Sawarna masuk dalam wilayah Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan aktivitas snorkeling.
  2. Pantai Binuangeun. Wisata pantai lainnya yang cukup dekat lokasinya dengan Kecamatan Malingping adalah Pantai Binuangeun. Meskipun secara administratif pantai ini masuk dalam Kecamatan Wanasalam, namun lokasinya bisa dijangkau hanya dalam waktu 30 menit atau sekitar 20 kilometer dari Malingping. Pantainya yang masih asri membuat destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.
  3. Pantai Karang Seke. Kebetulan saya dan keluarga pernah mengunjungi pantai yang letak sebenarnya bukan berada di wilayah Kecamatan Malingping melainkan di Kecamatan Wanasalam, tepatnya di Desa Binuangeun. Meskipun tidak berada di wilayah Malingping, namun letaknya tidak terlalu jauh dari Malingping, bisa ditempuh dalam waktu 15 sampai 20 menit. Wisata pantainya cukup indah dan bersih, tapi memang terdapat banyak karang disepanjang bibir pantai, tidak heran jika pantai ini diberi nama Pantai Karang Seke.
Selain wisata pantai, Kecamatan Malingping juga memiliki beberapa tempat wisata lainnya, seperti wisata air panas dan lainnya, tapi memang tempat wisata ini sampai sekarang belum dimaksimalkan sehingga hanya dikunjungi warga lokal saja. Belum maksimalnya fasilitas untuk beberapa lokasi wisata membuat kota kecamatan ini belum banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota, tidak heran jika sering disebut juga kota perlintasan karena memang ada jalur yang menghubungan Provinsi Banten dan Jawa Barat. Kondisi kotanya yang tidak terlalu ramai membuat Malingping belum memiliki penginapan atau hotel dengan desain dan fasilitas yang lengkap.

Tapi jangan khawatir, bagi yang sedang melewati Malingping dan ingin beristirahat sejenak, sudah ada hotel dengan kualitas layanan serta fasilitas yang cukup baik dengan konsep syariah, yaitu Hotel GBS Malingping. Seperti apa review dan pengalaman setelah menginap di hotel GBS Malingping? Berikut ulasannya.

Pengalaman Menginap Di Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Setelah beberapa kali mengunjungi Kota Malingping, saya jadi tahu ternyata tidak banyak hotel atau penginapan yang ada di kota kecamatan ini, kalaupun ada hanya tersedia beberapa penginapan yang sekelas hotel, seperti Hotel GBS Malingping. Meskipun begitu, plusnya semua hotel yang ada di kota kecamatan ini memiliki konsep hotel syariah, jadi bagi saya sangat nyaman dan merasa aman selama beberapa kali menginap di hotel ini. 

Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Bagi yang kebetulan singgah atau lewat di Malingping dan mencari penginapan, Hotel GBS Malingping sangat direkomendasikan. Selain memiliki konsep syariah, hotel ini memiliki lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jalan Raya Malingping - Bayah No. 58 Polotot, Malingping, Lebak, Banten. Lokasi disekitar hotel juga cukup ramai dan sangat mudah menemukan tempat makan dengan harga yang cukup terjangkau. Fasilitas hotel meskipun termasuk standar namun cukup lengkap dan nyaman bagi keluarga yang membawa anak-anak untuk menginap, karena memang konsep hotel ini lebih mengutamakan kenyamanan keluarga. Berikut beberapa fasilitas yang akan didapatkan jika menginap di Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten.

Fasilitas Kamar yang Tersedia di Hotel GBS Malingping

Dari informasi di salah satu situs Online Travel Agent (OTA), Hotel GBS Malingping memiliki 24 kamar dengan dua jenis tipe kamar, yaitu kamar tipe standar dan kamar bisnis. Untuk kamar tipe standar dengan ukuran 10 meter persegi tersedia fasilitas yang cukup, seperti tempat tidur springbed untuk dua orang, kamar mandi pribadi dengan shower, perlengkapan mandi seperti sabun dan handuk bersih untuk dua orang, fasilitas wifi untuk dua orang dengan voucher, meja rias, air mineral, dan kipas angin. 

Fasilitas Kamar Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Sedangkan untuk kamar dengan tipe bisnis secara umum memiliki fasilitas yang tidak terlalu berbeda, seperti tempat tidur springbed ukuran Queen untuk dua orang, kamar mandi pribadi dengan shower atau pancuran, perlengkapan mandi seperti sabun dan handuk bersih untuk dua orang, meja rias, air mineral, wifi untuk dua orang dengan voucher, dan yang membedakan adalah AC. 

Fasilitas Toilet Di Hotel GBS Malingping

kamar hotel GBS Malingping

Pengalaman saya selama menginap di kamar tipe bisnis beberapa kali, AC-nya cukup dingin dan kamar cukup bersih serta nyaman.

Jenis Kamar Di Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Bagi yang sedang melakukan perjalanan bisnis dan membutuhkan wifi, hotel ini menyediakan fasilitas wifi cukup kencang sehingga aktivitas online tidak akan terganggu. Demi kenyamanan pengguna, fasilitas wifi memang terkunci, dan hanya tamu hotel saja yang bisa mengaksesnya dengan memasukkan voucher yang diberikan saat check in di resepsionis. Sama seperti hotel pada umumnya, waktu check in mulai pukul 14.00 atau bisa lebih cepat dengan permintaan khusus dan check out adalah pukul 12.00 keesokkan harinya.

Fasilitas Umum yang Tersedia Di Hotel GBS Malingping

Meskipun bukan hotel yang besar, namun fasilitas umum yang bisa diakses tamu hotel bisa dibilang cukup lengkap, seperti parkir gratis yang aman, ruang tamu, gazebo untuk bersantai sambil mengobrol bersama keluarga, tempat bermain anak, ruang untuk merokok, taman, resepsionis 24 jam, dan ruang santai yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati makanan. 

Fasilitas Anak Di Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Secara umum, untuk fasilitas yang tersedia di hotel ini, saya merasa cukup puas, apalagi tamu hotel akan mendapatkan sarapan pagi untuk dua orang dengan menu sederhana, yaitu nasi uduk, irisan telur, tempe orek, dan teh manis. 

Fasilitas Umum Di Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten

Jangan khawatir jika ingin membeli sesuatu yang dibutuhkan, karena di depan hotel terdapat Alfamart dan disebelahnya ada kios yang menjual aneka buah-buahan. Jarak beberapa ratus meter dari hotel terdapat kuliner yang cukup terkenal di Malingping dan sekitarnya, yaitu Bakso Ikan Tenggiri Malingping Ceu Bai Andriani. Bagi tamu hotel yang ingin wisata kulineran di Malingping saat malam hari, bisa menuju alun-alun Malingping yang berjarak kurang lebih 985 m dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. 

Oh iya, sebelum menginap ketahui ketentuan tambahan dari Hotel GBS Malingping ya, karena hotel ini memiliki konsep hotel syariah, maka tamu yang menginap dan berpasangan harus menunjukkan buku nikah atau KTP yang menunjukkan identitas sebagai suami istri. Selain itu, hotel juga tidak memperbolehkan tamu yang menginap membawa hewan peliharaan ya. 


Hotel GBS Malingping, Lebak, Banten
Jalan Raya Malingping - Bayah No. 58 Polotot,
Kecamatan Malingping, Kab. Lebak, Banten 42391

Bagaimana? Sudah tahu kan tempat menginap yang nyaman bersama keluarga atau pasangan jika kebetulan singgah dan memutuskan untuk bermalam di Kecamatan Malingping, bisa pilih Hotel GBS Malingping yang letaknya sangat strategis, berada di jalan raya menuju Bayah. Harganya cukup terjangkau, bahkan beberapa kali langsung datang dan menginap saya hanya membayar Rp 250.000,- untuk kamar tipe bisnis dengan fasilitas AC yang cukup nyaman di tengah teriknya kota Malingping karena berada cukup dekat dengan laut. Kelak, jika jalan tol Serang - Panimbang sudah selesai, tentu perjalanan menuju Malingping akan lebih cepat, dan bukan tidak mungkin Malingping akan menjadi daerah perekonomian baru bersama daerah-daerah disekitarnya.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pengalaman Menginap Di Hotel GBS Malingping, Lebak Banten"