Ini Dia, Manfaat Bisnis Online

manfaat bisnis online

Siapa nih yang sudah menjadi pelaku bisnis online? Pastinya pelaku bisnis online telah banyak merasakan manfaat bisnis yang telah dijalani selama ini. Yah…dalam sepuluh tahun terakhir ini, bisnis online telah mencapai periode keemasannya seiring dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi dalam bentuk aplikasi internet dan perangkatnya. Maraknya penggunaan smartphone dan hampir semua orang telah memilikinya, membuat bisnis online semakin melejit dan dijadikan salah satu pilihan untuk memulai dan membangun bisnis. Tidak terhitung, baik brand besar atau hanya usaha-usaha kecil-kecilan yang melakukan bisnis online.

Bahkan banyak karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, atau pelajar yang memilih bisnis online sebagai alternatif usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Dan bisnis online semakin diuntungkan dengan hadirnya channel-channel online yang memudahnya mereka melakukan promosi dan pemasaran, seperti media sosial, blog, email, messenger, dan sebagainya. Hal ini tentu saja mengusik keingintahuan kita, apa sih manfaat bisnis online sehingga banyak orang kini melakoninya. Berikut manfaat bisnis online yang mungkin bisa membantu Anda memilih bisnis online sebagai solusi menambah penghasilan.

Tidak Membutuhkan Modal Besar Tapi Memberikan Peluang Keuntungan Besar

Bisnis online tidak menjadikan modal sebagai faktor utama dalam memulai atau membangun bisnis, karena ada banyak peluang memulai bisnis online hanya dengan modal yang sangat minim bahkan ada beberapa jenis usaha yang relatif tidak membutuhkan modal untuk mengawalinya asalkan ada perangkat komputer dan koneksi internet, tapi keuntungannya bisa berlipat-lipat. Namun tentu saja, untuk meraih peluang semaksimal mungkin, bisnis tersebut harus dijalankan dengan teknik marketing yang tepat dan tentu saja sesuai dengan teknologi kekinian agar menjangkau pasar yang lebih luas, kalau perlu hingga ke pasar mancanegara.

Biaya Operasional yang Lebih Murah

Bisnis online tidak membutuhkan tempat usaha yang luas atau bahkan tidak harus memiliki tempat usaha karena bisa dikerjakan dari mana saja termasuk dari rumah. Karakteristik inilah yang membuat biaya operasional bisnis online bisa ditekan seminimal mungkin bahkan bisa ditiadakan tergantung kebutuhan pelaku bisnis online tersebut. Tidak hanya itu, pelaku bisnis online pemula yang tidak memiliki modal besar bisa mencoba beragam jenis bisnis online yang nyaris tidak memiliki biaya operasional atau kalaupun ada biayanya bisa dikatakan sangat kecil, yaitu bisnis online dropshipping. Penasaran ingin mencobanya? Bisa belajar melalui buku atau berbagai artikel yang bisa diakses dengan mudah di internet.

Daya Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Siapa yang bisa menyangkal bahwa bisnis online mampu mengembangkan jaringan pasarnya sangat luas tanpa terbatas tempat dan waktu, bahkan hingga ke mancanegara. Karakteristik inilah yang memberikan manfaat besar bagi pelaku bisnis online untuk lebih menekan biaya promosi hingga ke titik terendah, dengan memanfaatkan secara gratis aplikasi online, seperti media sosial, blog, email, dan sebagainya. Bahkan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi digital saat ini, pelaku bisnis UMKM Indonesia diberikan kesempatan menjangkau pasar hingga ke mancanegara dengan berbagai tools yang sudah disediakan pemerintah melalui instansi terkait.

Jam Kerja yang Fleksibel

Bisnis online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan dapat dijalankan selama 24 jam dalam satu hari tanpa harus bersusah payah menjaganya. Hanya dengan menggunakan fasilitas online, bisnis akan selalu on setiap saat dan siap melayani konsumen sekalipun saat itu pemilik bisnis sedang tertidur nyenyak. Bahkan untuk sistem pembayaran sekalipun bisa dilakukan tanpa harus di tunggu setiap saat, karena dengan sistem pembayaran sudah terintegrasi dan terkoneksi dengan sangat baik sehingga konsumen dapat melakukan pembayaran kapan saja dan di mana saja dengan beragam pilihan cara pembayaran.

Memberikan Sumber Penghasilan Tanpa Batas

Bisnis online menawarkan sumber penghasilan tanpa batas bagi pelakunya asalkan tekun dan mau bekerja keras untuk terus belajar, menggali pengetahuan, dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Bahkan, keuntungan materi yang bisa didapat berlipat karena minim biaya operasional yang harus dikeluarkan. Resiko bisnis dalam bisnis online juga bisa ditekan seminimal mungkin, sehingga resiko kerugian bisa ditiadakan. Bahkan ada beberapa jenis bisnis online yang sangat minim resiko kerugiannya, karena tidak memiliki stok barang untuk diperjualbelikan, seperti model bisnis Dropshipping.

Pendek kata, ditengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan, bisnis online hadir memberikan solusi untuk ikut serta mengentaskan masalah ini. Hanya yang perlu diingat, meskipun memiliki karakteristik yang relatif ringan, membangun bisnis online hingga menjadi besar dan berkembang tetap membutuhkan waktu belajar yang tidak sebentar dan hambatan yang tidak ringan. Untuk itu diperlukan niat yang kuat untuk sukses sebelum memulai bisnis online.

Namun, jika memilih bisnis yang relatif mudah, maka tetap bisnis online adalah jawabannya. Dengan manfaat bisnis online yang lebih tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa di raih diantara sempitnya waktu yang di miliki, jika tertarik untuk menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan. Namun yang pasti apapun jenis bisnis pilihan, pastikan memilih bisnis online sesuai minat dan kemampuan, agar terhindar dari risiko serta hambatan selama menjalani bisnis online tersebut. Bagaimana pun, bisnis online sama seperti bisnis lainnya, tetap ada risiko saat menjalaninya, hanya saja risiko tersebut bisa diminimalisir jika seseorang memilih menjalankan bisnis secara online. Yuk semangat menjemput rezeki!
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ini Dia, Manfaat Bisnis Online"