5 Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Menemani Me Time Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Ibu Rumah Tangga


Apa nih aktivitas me time yang ibu-ibu sukai? Tahukah kalau me time sangat penting lho untuk ibu rumah tangga, karena aktivitas ini bisa dijadikan cara untuk melepas penat dan mengembalikan mood menjadi lebih positif. Me time sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa dilakukan di rumah saja. Banyak orang yang masih bertanya-tanya, mengapa me time penting untuk ibu rumah tangga? Sesungguhnya, ada banyak alasan mengapa seorang ibu rumah tangga membutuhkan me time atau melepaskan diri sejenak dari kepenatan mengurus keluarga dan rumah tangga, salah satunya adalah sebagai media ampuh untuk menurunkan kadar stres ibu rumah tangga.

Tahukah, kalau ibu rumah tangga juga rentan mengalami stres. Bayangkan, setiap hari harus menjalani rutinitas dan melakukan aktivitas yang sama, berulang-ulang di tempat yang sama, meskipun menyadari itu semua adalah pilihan terbaiknya tapi ibu rumah tangga tetap rentan mengalami stres juga. Biasanya, munculnya stres ini dtandai dengan kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah emosional, kerap muncul perasaan tidak berdaya, hingga merasa lelah berlebihan padahal jika dihitung-hitung waktu tidur sudah cukup.

Nah, salah satu solusi untuk meminimalisir munculkan stres dalam diri seorang ibu rumah tangga adalah dengan meluangkan waktu untuk me time. Me time selain dapat membantu menurunkan kadar stres ibu rumah tangga juga bisa mengembalikan suasana hati atau mood menjadi kembali positif. Aktivitas me time juga membantu ibu untuk bisa mengontrol emosinya atau memgelola emosi menjadi lebih baik lagi. Me time juga menjadi ajang ibu rumah tangga untuk mengenal diri sendiri, karena seringkali aktivitas me time yang dilakukan adalah aktivitas favoritnya, seperti menonton film, mendengarkan musik, atau membaca buku. Berikut ini 5 rekomendasi buku bacaan yang cocok menemani me time ibu rumah tangga di rumah.

5 Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Menemani Me Time Ibu Rumah Tangga

Ibu suka baca buku apa nih saat me time? Tahukah kalau ada banyak sekali jenis-jenis buku yang sangat bagus untuk dibaca ibu rumah tangga saat me time, mulai dari novel, buku biografi, buku pengembangan diri, hingga komik. Jangan salah, banyak juga ibu rumah tangga yang suka sekali membaca komik, karena buku jenis fiksi ini menggabungkan antara teks dan gambar sehingga cerita yang dibaca akan lebih hidup dan pembacanya bisa melihat langsung tokoh cerita melalui visual gambar yang ditampilkan. Tapi, apapun itu, ada banyak sekali lho jenis buku yang tidak boleh dilewatkan ibu rumah tangga saat me time, bahkan beberapa diantaranya bisa memberikan inspirasi positif bagi ibu rumah tangga. Berikut ini rekomendasinya.

Perisai Rezeki Ibu Rumah Tangguh

Buku Perisai Rezeki Ibu Rumah Tangguh
Foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/perisai-rezeki-ibu-rumah-tangguh

Kegagalan tidak selamanya merugikan, karena kegagalan adalah alat bantu untuk menyempurnakan amal. Nah, melalui buku ini, pembaca akan mendapatkan jawaban atas berbagai pertanyaan tentang kegagalan yang sering berkecamuk dalam pikiran, seperti:

  • Bagaimana menjadi ibu rumah tangguh dalam urusan rumah tangga dan keluarga?
  • Bagaimana membaca nasib dan kehidupan kita dalam tiga tahun ke depan?
  • Adakah tip antibocor rezeki dan cara mendapatkan rezeki?
  • Bagaimana membuat proposal impian dan mengorder impian?
  • Bagaimana kalau salah "caper" dalam usaha menggapai mimpi?
  • Bagaimana lepas dari rasa sombong dan meningkatkan kadar percaya diri?
  • Bagaimana mengenal siapa diri kita dan di mana kekuatan diri kita?
Tidak ada hidup yang sempurna, jadi jika saat ini ada ibu rumah tangga yang sedang menikmati ujian, musibah, kegagalan, cobaan, atau apapun namanya, bersabarlah karena dibalik semua masalah ini akan ada hal yang menggembirakan atau bisa jadi telah mendapatkan tiket eksklusif dari DIA! Buku inspiratif yang sangat direkomendasikan dibaca saat me time ini ditulis oleh Dina Indriany, S.Sis, CT.MR dengan jumlah halaman sebanyak 227 halaman, dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, tanggal 12 November 2021. Tertarik ingin membacanya, bisa dibeli secara online di Toko Online Gramedia Digital.

The Parent Compass, Menavigasi Kesejahteraan dan Perjalanan Akademis Remaja Anda Di Dunia yang Penuh Persaingan

Buku The Parent Compass
Foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/the-parent-compass-menavigasi-kesejahteraan-dan-perjalanan-akademis-remaja-anda-di-dunia-yang-penuh-persaingan

Untuk deskripsi bukunya sebagai berikut, fenomena sosial untuk pamer dan menyombongkan diri merupakan pemicu perilaku pengasuhan saat ini. Sebagai akibatnya, orangtua yang bermaksud baik pun bisa berperilaku buruk. Banyak orangtua tidak tahu cara terbaik untuk mendukung anak remaja mereka, terutama ketika semua orang di sekitar mereka dengan panik membimbing, mengatur, dan menjadi orangtua helikopter bagi anak remaja mereka.

Melalui buku The Parent Compass akan memberikan panduan tentang peran orangtua dalam mendukung kesehatan mental anak ketika melalui labirin masa remajanya. Bagi siapa pun yang gentar dengan tantangan unik mengasuh anak dengan baik di era yang sarat tekanan dan tidak pasti ini, The Parent Compass menawarkan:
  • Nasihat untuk menumbuhkan kegigihan dan ketahanan pada anak remaja Anda.
  • Strategi untuk membantu anak remaja Anda menjalani kehidupan dengan tujuan.
  • Bimbingan tentang cara mempertahankan hubungan Anda dengan anak remaja Anda sambil menjalani lingkungan akademik yang kompetitif.
  • Penjelasan yang gamblang tentang peran Anda yang sesuai dalam proses penerimaan perguruan tinggi.
  • Cara efektif untuk mendekati penggunaan teknologi di rumah Anda, dan banyak lagi!
Menggunakan The Parent Compass untuk menavigasi tahun-tahun remaja akan membantu Anda menjadi orangtua dengan percaya diri, memungkinkan Anda menjalin hubungan positif dan saling percaya dengan anak remaja Anda. Buku yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan dirilis pada 6 September 2023 di tulis oleh Cynthia Clumeck Muchnick, MA & Jenn Curtis, MSW, dengan jumlah halaman 252 halaman, bisa dibeli melalui Toko Online Gramedia Digital.

Unlock It: Membuka Potensi Anda Untuk Mengatasi Rintangan dan Mencapai Kesuksesan

Buku Unlock It
Foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/unlock-it-membuka-potensi-anda-untuk-mengatasi-rintangan-dan-mencapai-kesuksesan

Bagi yang penasaran ingin tahu bukunya, berikut sinopsis dari buku "Unlock It." Buku ini menawarkan strategi praktis untuk membantu pembaca membuka potensi untuk mencapai kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan. Dalam buku ini, Lok membagikan perjalanan pribadinya dalam menemukan jati diri dan menjelaskan bagaimana ia mampu menerobos keyakinan-keyakinannya yang membatasi untuk menciptakan kehidupan yang berkelimpahan dan bebas. Dalam buku ini, Lok memberikan saran dan latihan yang dapat ditindaklanjuti yang dirancang untuk membantu pembaca mengidentifikasi dan mengatasi hambatan mental yang menghambat mereka. 

Dia membahas berbagai topik, termasuk pentingnya pola pikir, kekuatan visualisasi, dan seni persuasi. Lok juga membahas topik-topik yang lebih maju seperti penciptaan kekayaan dan manajemen keuangan, memberikan pembaca sebuah peta jalan untuk mencapai kemandirian finansial dan menjalani hidup dengan cara mereka sendiri. Baik untuk pembaca yang ingin meningkatkan karier, memulai bisnis, atau sekadar menjalani hidup yang lebih memuaskan, "Unlock It" adalah buku yang wajib dibaca untuk membantu pembaca membuka potensi diri dan mencapai tujuan. Buku yang ditulis Dan Lok dan dirilis 27 September 2023 diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer. Bagi ibu rumah tangga yang tertarik dan ingin membaca buku ini bisa dibeli melalui Toko Online Gramedia Digital.

Finding Ikigai in My Journey

Buku Finding Ikigai in My Journey
Foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/finding-ikigai-in-my-journey

Pernah mendengar tentang istilah Ikigai? Bagi yang belum mengetahuinya bisa mempelajari konsep hidup Ikigai melalui buku ini ya, yang sangat direkomendasikan di baca oleh ibu rumah tangga. Ikigai adalah sebuah konsep hidup Jepang tentang menjalani kehidupan dengan penuh tujuan dan arti. Konsep tersebut beberapa tahun belakangan menjadi cukup popular di dunia. Sebagian orang mengartikan menjalani ikigai artinya bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan sejati dalam hidup. Padahal sebenarnya, ikigai sangat bisa dirasakan dalam keseharian tanpa perlu dikaitkan dengan sebuah pencapaian. 

Bahkan, dalam situasi hidup yang sedang tidak berpihak kepada kita, ikigai dapat membantu kita untuk tetap menjalani hidup dengan bermakna. Finding Ikigai in My Journey mengajak kita untuk mengenal konsep ikigai melalui teori dari 7 kebutuhan psikologis ikigai yang digagas oleh Mieko Kamiya, seorang psikiatris Jepang, yang juga disebut sebagai ‘ibu ikigai’. Tidak hanya berisi teori belaka, tetapi pemahaman tentang teori ikigai ini dituangkan dalam sebuah perjalanan yang akan membawa kita mengunjungi beberapa kota di Jepang. 

Buku ini juga dilengkapi dengan ruang bagi para pembaca untuk bisa merefleksikan diri dan beberapa contoh pengaplikasian nyata ikigai dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Bagi ibu rumah tangga yang tertarik ingin membaca buku ini saat menikmati me time, bisa membeli melalui Toko Online Gramedia Digital. Buku ini ditulis oleh Vita Wahid, dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 12 April 2023, masih baru kan! Dengan berbagai modifikasi, konsep hidup Ikigai ini bisa kok diterapkan di Indonesia, tentunya melalui sosok ibu ya!

7 Rahasia Mind Map - Membuat Anak Jenius

Buku 7 Rahasia Mind Map
Foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/7-rahasia-mind-map-membuat-anak-genius


Aktivitas me time bisa disi membaca buku referensi tentang mendidik anak atau parenting lho! Buku tentang parenting yang dibaca saat me time bisa menjadi sumber inspirasi ketika ibu rumah tangga memulai kembali aktivitas mengurus keluarga dan rumah tangga. Tahukah ibu, kalau anak-anak yang belum bisa membaca atau mengenal huruf/angka/gambar sudah dapat diajarkan Mind Map. Mind Map terbukti dapat mempercepat anak untuk mengenal huruf/angka/gambar dengan imajinasi dan asosiasi dari Mind Map melalui panca indera yang dimiliki oleh anak dengan cara menyenangkan. 

Nah, buku 7 Rahasia Mind Map ini akan membantu anak-anak dan orang tua serta para guru untuk memahami tentang Mind Map membuat anak senang untuk belajar, meningkatkan kreativitas, belajar dengan cara yang cerdas serta mengingat dengan mudah. Buku ini juga berisi 7 Rahasia Mind Map yang membuat Anak Cerdas, Fokus, Belajar dengan Kesadaran sendiri, tanpa paksaan, memiliki daya ingat yang baik, Kreatif, serta menjadi pribadi yang percaya diri dan menyenangkan. Buku ini juga dilengkapi Tips Belajar Juggling 3 Bola yang emrupakan salah satu bentuk pengembangan diri anak yang membuat mereka merasakan kagum atas dirinya. Bagaimana? Tertarik ingin membaca buku yang ditulis Herdin, TLI. Buku yang diterbitkan Elex Media Komputindo ini bisa dibeli melalui Toko Online Gramedia Digital.

Selain buku-buku yang direkomendasikan di atas, sesungguhnya banyak sekali buku yang sangat cocok dibaca ibu rumah tangga saat me time. Bagi yang suka membaca novel, banyak juga rekomendasi judul novel yang selain memiliki tema cerita yang bagus juga memberikan inspirasi bagi ibu rumah tangga. Atau suka jenis buku lain? Tentu banyak sekali judul dan beragam tema buku yang sangat baik di baca saat menikmati me time. Ditemani secangkir kopi atau teh hangat serta kue-kue kecil, aktivitas membaca buku terasa lebih menyenangkan. Jadi, jangan pernah melewatkan waktu me time yah! Atur waktu sebaik mungkin, dan kalau perlu komunikasikan dengan anggota keluarga lainnya kalau ibu ingin melakukan me time. Tetap Semangat!

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Menemani Me Time Ibu Rumah Tangga"