Mudahnya Lelang Online Di IBID, Bisa Menang Banyak Dari Mana Saja

IBID Balai Lelang Serasi

Ada yang sudah pernah membeli mobil melalui balai lelang? Kalau belum sama dong karena saya juga belum pernah dan bagi saya ini adalah cara baru beli mobil. Tapi beberapa teman saya pernah bercerita kalau mobil yang dimilikinya dibeli melalui balai lelang. Menurutnya, selain bisa membeli mobil sesuai anggaran yang dimiliki, teman saya beruntung karena mobil lelang yang dibelinya memiliki performa yang masih bagus, tidak hanya cat serta bodi mobil, tapi juga mesinnya.

Apakah membeli mobil bekas hanya mengandalkan keberuntungan? Tentu saja tidak, menurut teman saya jika ingin membeli mobil bekas setidaknya sudah memiliki empat kriteria ini, yaitu kesabaran, ketelitian, pengetahuan, dan pengalaman. Harus diakui membeli mobil bekas termasuk mobil lelang bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang ada mobil yang tampilan bodi serta catnya mulus, setelah diteliti ternyata mesinnya bermasalah atau sebaliknya.

Wah jadi susah dong karena harus menyediakan waktu khusus berkeliling mencari mobil bekas dengan kualitas serta performa yang masih bagus. Untuk urusan beli mobil bekas dengan cara lelang, teman saya mereferensikan balai lelang IBID - Balai Lelang Serasi. IBID? Saya baru tahu nih, padahal kata teman saya IBID merupakan balai lelang yang berada di bawah naungan Grup Astra.

Saat sedang mencari informasi lebih jauh tentang IBID karena penasaran, tiba-tiba saya menerima undangan untuk hadir dalam acara IBID Blogger YouTuber Gathering, kebetulan nih saya jadi mempunyai kesempatan melihat langsung kantor IBID Jakarta yang ternyata berada di Kawasan Industri Pulogadung.

IBID di kawasan industri Pulogadung

Akhirnya, tiba juga tanggal 31 Agustus, hari di mana saya akan menghadiri acara IBID Blogger Youtuber Gathering di kantor pusat IBID. Beruntung di tanggal tersebut suami memiliki agenda meeting di daerah Bekasi, jadi tidak perlu pusing naik kendaraan umum karena saya bisa nebeng dari rumah di Tangerang.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih dua jam, terhalang sedikit macet di Tol Tangerang-Merak, akhirnya sampai juga di kantor IBID yang ternyata luas sekali sehingga bisa menampung ratusan mobil. Menurut petugas yang mengantar saya menuju venue acara, kantor IBID terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjungi serta melihat secara langsung beragam mobil bekas yang ditawarkan melalui sistem lelang.

Berhubung acara akan segera dimulai, saya segera melakukan registrasi dan selanjutnya ikuti pengalaman saya berkeliling serta mencari tahu bagaimana metode lelang juga keunggulan lelang di IBID melalui artikel ini ya.

Acara IBID Blogger Youtuber Gathering 2023

Setelah melakukan registrasi dan mendapatkan ID Card sebagai peserta gathering, saya segera mencari tempat duduk paling nyaman. Satu persatu teman blogger hadir, dan setelah semua peserta dinyatakan telah hadir, akhirnya acara gathering segera di mulai dibuka oleh dua MC yang dengan kepiawaiannya berhasil membuat suasana menjadi lebih meriah dan interaktif. Secara random peserta diajak untuk saling berbagi cerita, baik tentang profesi yang dijalaninya maupun kesan setelah hadir di kantor IBID.

pembuka acara IBID Blogger Youtuber Gathering

Selanjutnya, masuk ke acara inti, yaitu dengan menghadirkan narasumber pertama Ibu Fransisca selaku SERA Corporate Communication & Marketing Division Head. Dalam kesempatan pertama ini, Ibu Fransisca mengucapkan selamat datang dan harapan agar para peserta gathering yang hadir bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya serta sebenar-benarnya tentang lelang pada umumnya terutama lelang di IBID. Harus diakui, masih banyak orang termasuk saya yang belum memahami mudahnya lelang online di IBID.

Fransisca, SERA Communication & Marketing Corporate Head

Selain Ibu Fransisca, hadir juga dalam acara ini sebagai narasumber, yaitu Bapak Daddy Doxa Manurung selaku Presiden Direktur IBID yang menceritakan bagaimana sejarah perjalanan IBID hingga menjadi salah satu balai lelang yang dipercaya banyak konsumen untuk melakukan pembelian berbagai jenis dan merk mobil dan motor melalui cara lelang. Meskipun memang masih ada sebagian masyarakat lainnya yang sama sekali belum memahami tentang lelang khususnya lelang kendaraan di IBID.

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur IBID

Nah, agar peserta gathering yang dalam hal ini blogger dan youtuber bisa menyampaikan informasi sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya tentang IBID, peserta diajak tour keliling kantor IBID yang terletak di Kawasan Industri Pulogadung, Jalan Pulogadung No.35, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Sambil berkeliling kantor IBID di Pool Pulogadung, MC yang menemani para peserta tidak hanya mencerita tentang metode lelang dan keunggulan lelang di IBID saja tapi juga tentang IBID yang sebagian besar peserta banyak yang belum mengetahuinya.

Tentang IBID - Balai Lelang Serasi

IBID - Balai Lelang Serasi merupakan balai lelang yang berdiri sejak tahun 2007 dan anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) yang berada dalam naungan Grup Astra. Saat ini, layanan lelang IBID sudah ada di 10 cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Makasar, Banjarmasin, dan Balikpapan.

pool IBID Pulogadung

Bagi yang tidak tinggal di 10 kota tersebut, jangan khawatir karena IBID juga bisa melayani kebutuhan lelang di luar kota. Untuk diketahui! hingga saat ini, IBID sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.

di IBID bisa lelang motor dan barang lifestyle

IBID tidak hanya mengadakan lelang produk-produk otomotif saja, seperti mobil dan motor, tapi juga menyediakan layanan titip jual otomotif dan titip jual non-otomotif, seperti gadget, beragam barang lifestyle, alat berat, dan scrap. Bagi yang ingin titip jual di IBID juga bisa lho! Bahkan ada banyak keuntungan yang akan didapat jika titip jual lelang di IBID.

Keunggulan Lelang Di IBID

IBID transparan, akurat, dan detail

  1. Lelang mudah diikuti dari mana saja, karena sudah 100% berbasis online yang bisa diakses dari dua platform, yaitu Website dan Aplikasi IBID yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.
  2. Memberikan informasi kondisi mobil dengan transparan, karena IBID telah bekerjasama dengan Astra Car Valuation (ACV) untuk melakukan inspeksi kondisi mobil yang aktual dengan adanya grading untuk eksterior, interior, mesin, dan rangka mobil.
  3. Dapat mengetahui range harga untuk jual atau beli mobil via lelang, berdasarkan grade ACV.
  4. Sistem lelang dijamin 100% bersih dan jujur, karena selain diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan RI, IBID juga telah memiliki ISO 27001 dalam memenuhi standar internasional mengelola keamanan informasi.
  5. Pembayaran dijamin 100% aman, karena sudah menggunakan virtual account dalam melakukan pembayaran deposit NPL (Nomor Peserta Lelang) maupun pembayaran tagihan pelunasan. Selain Astrapay, IBID juga menyediakan opsi pembayaran via bank.
  6. IBID memberikan banyak promo menarik sesuai tagline "Menang Banyak di IBID."
  7. NPL Unlimited, yang merupakan fitur eksklusif hanya dapat digunakan peserta lelang dengan member Gold atau Platinum. NPL Unlimited yang hanya dapat digunakan untuk mengikuti lelang mobil ini dapat digunakan selama 6 bulan setelah deposit dan dapat diperpanjang maupun dicairkan, dengan catatan tidak ada tunggakan wanprestasi.

Metode Lelang Di IBID

aplikasi IBID Balai Lelang Serasi

Bagi yang belum mengetahuinya, IBID memiliki 3 tipe lelang, yaitu:
  1. Live Auction, merupakan lelang secara langsung dan bersamaan di waktu yang sama serta dapat diikuti oleh seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi melalui aplikasi atau website.
  2. Timed Auction, adalah lelang berjangka yang diselenggarakan eksklusif hanya di aplikasi IBID.
  3. Flash Auction, merupakan metode lelang online terbaru di IBID yang diadakan secara real time dalam kurun waktu singkat (1-2 jam) dan dapat diikuti secara eksklusif melalui aplikasi IBID.

Mudahnya Lelang Di IBID, Bisa Menang Banyak Dari Mana Saja

Nah, sudah tahu kan kalau ikut lelang di IBID mudah dan bisa dari mana saja karena sudah 100% berbasis online, bisa pilih melalui website atau mengunduh aplikasi IBID. Apalagi saat ini, di IBID sudah tersedia tiga tipe lelang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki untuk mengikuti lelang.

lelang online di IBID

Tidak hanya itu, juga tersedia berbagai pilihan mobil bekas dengan tingkatan grade sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki tentu saja. Selanjutnya, bagaimana cara mengikuti lelang dan titip jual lelang di IBID? Berikut informasinya.

Cara Mengikuti Lelang Di IBID

cara ikuti lelang di IBID
  1. Unduh aplikasi IBID di Google Play Store maupun App Store atau bisa kunjungi situs web IBID di www.ibid.astra.co.id.
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data diri dan scan e-KTP. Selain itu, juga bisa mendaftar akun IBID melalui media sosial, seperti Facebook, Google, Twitter, dan Linkedin.
  3. Klik jadwal lelang dan pilih kategori lelang serta lokasi lelang yang ingin diikuti.
  4. Cek unit mobil yang menjadi incaran, lalu teliti informasi dan deskripsi unit mobil. Jangan lupa pastikan kelengkapan dokumen kendaraan.
  5. Lakukan pembelian Nomor Peserta Lelang (deposit) melalui Astrapay atau virtual account, bisa pilih "NPL Live" dan "NPL Timed."
  6. Tawar barang incaran dengan harga terbaik saat pelaksanaan lelang.
  7. Jika menang, segera lakukan pelunasan selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah lelang berakhir.
  8. Jika belum beruntung, maka nilai pembelian NPL akan segera dikembalikan ke rekening terdaftar paling lambat 3 hari kerja setelah lelang berakhir.

Cara Titip Jual Lelang Di IBID

IBID memiliki 2 tipe layanan titip jual lelang, yaitu:
  1. Titip jual regular, yang dilakukan di cabang IBID. Untuk itu, konsumen yang ingin titip jual perlu membawa unit yang hendak dilelang di lokasi pool terdekat. Proses penjualan dilakukan secara terbuka dan transparan, dan selain produk otomotif juga bisa titip jual barang-barang lainnya termasuk barang lifestyle seperti gadget dan lainnya.
  2. Titip jual eksklusif atau Flash Auction. Meski masih terbatas pada mobil, namun layanan lelang ini memudahkan untuk menjual mobil bekas secara cepat, karena dapat dilakukan di lokasi mana saja. Calon penitip dapat memilih apakah proses inspeksi dilakukan secara regular atau eksklusif di rumah serta disiarkan secara live streaming di aplikasi IBID.
bisa titip jual lelang di IBID

Adapun cara titip jual di IBID (Flash Auction), seperti berikut ini:
  1. Lakukan registrasi akun di situs web atau aplikasi IBID, lengkapi data diri dan scan e-KTP.
  2. Isi formulir titip jual dan pilih jadwal inspeksi kendaraan yang diinginkan.
  3. Tim IBID akan segera menghubungi untuk melakukan konfirmasi info kendaraan dan jadwal inspeksi dalam waktu 2x24 jam (hari kerja).
  4. Inspektor akan memberikan rekomendasi harga dasar berdasarkan hasil inspeksi.
  5. Isi form perjanjian kerjasama antara penitip dan pihak IBID.
  6. Pilih jadwal lelang Flash Auction terdekat yang diinginkan. Proses lelang akan dilakukan inspektor IBID selama 15 menit.
  7. Jika mobil terjual dan sudah ada pemenang lelang, mobil akan di bawa ke pool IBID.
  8. Informasi pembayaran akan disampaikan melalui email.
  9. Proses pencairan dana ke aku rekening terdaftar akan dilakukan selambatnya 2 hari kerja setelah pemenang melunasi tagihan.

Keunggulan Layanan Inspeksi Astra Car Valuation (ACV)

Astra Car Valuation (ACV) merupakan layanan inspeksi yang dapat memberikan laporan hasil yang akurat, transparan, dan detail atas kondisi mobil bekas. Hasil ACV akan keluar berupa grading antara A-E atas mobil yang inspeksi. Dengan hasil grading ini, konsumen yang ingin menjual dan membeli kendaraan sudah memiliki informasi lengkap dan akurat mengenai kondisi mobil.

Astra Car Valuation (ACV)

Selain dilakukan oleh inspektor ahli yang berpengalaman dan independen, inspeksi ACV dilakukan secara saintifik atas seluruh bagian sistem kendaraan, seperti Eksterior, Interior, Rangka, Mesin, Komputerisasi Mobil, hingga Kelengkapan Dokumen Mobil, seperti STNK dan BPKB. Caranya mudah kok, cukup booking jadwal inspeksi kendaraan di website Astra Car Valuation (ACV), pilih lokasi yang diinginkan, maka inspektor ACV akan datang sesuai jadwal dan lokasi yang ditentukan.

Demonstrasi layanan inspeksi Astra Car Valuation (ACV) ini menjadi penutup rangkaian tour keliling kantor IBID yang ternyata sangat luas dan bisa menampung ratusan mobil serta barang otomotif lainnya, seperti motor. Oh iya, di area Display Motor juga terdapat motor listrik yang akan di lelang lho, siapa nih yang lagi butuh motor listrik bisa langsung kunjungi situs web atau buka aplikasi IBID, sudah download kan!

acara IBID Blogger Youtuber Gathering

Akhirnya sampai juga diakhir acara, yang ditutup dengan sesi tanya jawab bersama Bapak Daddy Doxa Manurung dan Wisnu Pryasto selaku IBID Head of Digital Buss, Mkt & Pdt Dev. Beberapa peserta yang sudah mengikuti tour keliling pool IBID di Pulogadung ini terlihat sangat antusias bertanya, termasuk bagaimana tips memilih mobil lelang yang tepat.

"Pilih mobil sesuai budget atau anggaran yang dimiliki," demikian pesan Bapak Daddy Doxa, dan pilih balai lelang terpercaya seperti IBID yang memiliki beragam fitur mudah bagi siapa saja yang ingin mengikuti proses lelang dari mana saja. Mudahnya lelang online di IBID, bisa menang banyak dari mana saja.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

27 komentar untuk "Mudahnya Lelang Online Di IBID, Bisa Menang Banyak Dari Mana Saja"

Comment Author Avatar
wah mantap bisa ikut acara lelangnya
Comment Author Avatar
Mantap banget, selain bisa ikutan lelang juga bisa titip jual via lelang dari mana saja.
Comment Author Avatar
ini cara cerdas utk tambah income ya mba. dgn lelang yg super asyik dan kekinian pastinya
Comment Author Avatar
Iya nih, jadi bisa ikutan lelang dari mana aja atau bisa juga titip jual lelang.
Comment Author Avatar
Oh, begitu langkah-langkahnya. Jadi kita bisa membeli maupun menjual di IBID ini ya. Pantas saja proses lelangnya bagus karena dipantau dengan baik tidak asal tawar-menawar ya, kualitas barangnya juga oke. Bisa nih kalau kepengen beli mobil, motor dan produk lain sesuai kebutuhan, ceki2 dulu di IBID siapa tahu rezeki ya aamiin.
Comment Author Avatar
Bener banget mak, barang lelang yang kita beli sesuai dengan kondisinya, jadi ngak ada modifikasi apapun untuk menaikan harga jual.
Comment Author Avatar
Sering dengar IBID tapi baru ini baca detil infonya...Menarik ini, selain di 10 kota IBID juga bisa melayani kebutuhan lelang di luar kota karena IBId sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.
Comment Author Avatar
Iya mbak, selain di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta masih ada beberapa kota besar lainnya yang memiliki layanan pool IBID - Balai Lelang Serasi.
Comment Author Avatar
Wah lama juga ya Balai Lelang ada. Sudah sejak 2007. Jadi sudah terbukti nih bisa dipercaya. Aku selama ini belum pernah tahu tentang lelang dan segala prosedurnya. Makasih ulasannya mba :)
Comment Author Avatar
jujur aku pun baru mengetahui tentang IBID dari artikelmu ini lho mba, dan menarik ya melakukan lelang secara online dari aplikasi pulak
Comment Author Avatar
Ada motor listrik jg ya mba, menarik. Aku belum pernah ke tkp. Sempat nonton yucup tentang lelang mobil, masi pada bagus2 jg gitu mobilnya mba. .noted IBID ya ada appsnya jg ternyata
Comment Author Avatar
Wah, menarik sekali ini mbak..ternyata bisa ikutan lelang online juga ya,aku baru tau. Jadi ini memudahkan buat mereka yang mau ikutan tapi sedang ada di luar kota.
Comment Author Avatar
Yang menarik dr beli barang secara lelang memang bs beruntung menang banyak mba. tp betul sekali harus jeli dan pihak lelang harus kasih informasi kondisi mobil dengan transparan. Klo enggak, gagal menang banyaknya
Comment Author Avatar
Aku baru tahu loh info tentang lelang online IBID ini. Barang-barangnya wow ya dan ternyata juga ada titip jualnya juga ya, mantaps ini
Comment Author Avatar
Saya baru tahu nih tentang pelelangan barang di IBID. Caranya cukup mudah karena ada aplikasi. Bisa dilakukan di mana saja.

Seneng deh kalau dapat barang impian dengan harga ya g lebih miring.
Comment Author Avatar
Suami saya beberapa kali ikut lelang. Memang seru, sih. Kayaknya saya harus kasih tau suami, nih. Siapa tau ada produk menarik di IBID.
Comment Author Avatar
Wah, sekarang kalau mau lelang jadi lebih mudah ya
Ada aplikasi IBID ini
Jadi kepo lebih dalam nih
Comment Author Avatar
Aku tuh pernah dengar tentang Ibid ini, banyak juga ya ini kendaraan yang ada disana. Ternyata lelang ini juga bisa menjadi peluang bagi siapapun ya mbak.
Comment Author Avatar
Samaan nih saya juga baru tahu dengan adanya balai lelang ini. Kalau ada rezekinya, semoga bisa mendapatkan mobil harga rendah dengan kualitas masih bagus. Aamiin...
Jadi kepo juga tuh saya dengan balai lelang ini. Kepo pengen mendapat mobil bagusnya. Hehehe
Comment Author Avatar
Aku belum pernah beli barang yang dilelang, tapi kata beberapa orang, harganya lumayan murah. Jadi beneran sesuai sama budget kita. Kadang kalau beruntung bisa dapat barang yang bagus
Comment Author Avatar
Informatif nih bagi yang mau cari mobil seken atau mau coba bisnis jual beli mobil apalagi kabarnya kalau mobil lelang harga miring
Comment Author Avatar
Enak banget beli barang lelang yaa..
Selain pastinya bisa tawar-menawar, jaminan barangnya pun uda ada dari tim IBID.
Penasaran sama apa yang dilelang di IBID selain kendaraan bermotor.
Comment Author Avatar
Baru kali ini saya tau ada lelang online, Mba. Keren ini konsepnya Astra membentuk IBID. Semoga terus berinovasi ya
Comment Author Avatar
Memang, ya, jika ingin membeli mobil bekas setidaknya sudah memiliki empat kriteria, yaitu kesabaran, ketelitian, pengetahuan, dan pengalaman. Termasuk membeli mobil bekas hasil lelang bisa dibilang gampang-gampang susah.
Comment Author Avatar
Oh gitu ya Mak cara beli mobil secara lelang. Aku baru tau nih. Eh sekarang dipermudah ya lewat aplikasi. Bisa dapet untung pula. Hehe. Makasih sharingnya, Mak :)
Comment Author Avatar
Waah baru tau nih ada aplikasi lelang online IBID. Terpercaya, barangnya bagus dan aman tentunya. Jadi pengen cek juga, soalnya aku lagi butuh gadget tambahan nih. Makasih infonya mbak.
Comment Author Avatar
Wah aku baru tahu kalau IBID merupakan balai lelang yang berada di bawah naungan Grup Astra. Yang jelas beli barang lelang banyak untungnya tapi perlu cermat, teliti juga ya mbak