Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Rumah

asuransi rumah

Sudah memiliki asuransi rumah belum nih? Ada hal penting yang perlu diketahui tentang Asuransi Rumah, mengingat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki sebuah asuransi masih sangat minim, salah satunya adalah asuransi rumah. Sebagian besar masyarakat yang saat ini memiliki asuransi rumah adalah mereka yang mengajukan kredit atau dalam masa kredit kepemilikan rumah (KPR) dari bank, dan sangat minim sekali masyarakat yang mengajukan asuransi rumah atas kesadaran sendiri. tapi setelah kredit lunas, biasanya asuransi rumah tidak lagi dibayarkan preminya.

sebagian orang berpikir bahwa asuransi rumah mahal mengingat rumah adalah salah satu investasi yang cukup mengiurkan dengan harga yang selalu bergerak naik dari tahun ke tahun. Padahal, dalam kenyataannya premi asuransi rumah tidaklah semahal premi asuransi jiwa karena rumah adalah benda yang tidak bergerak. selain itu, rumah adalah asset yang harus dilindungi, bayangkan jika rumah yang dengan susah payah di cicil selama belasan tahun musnah dalam sekejap, tanpa asuransi rumah maka sama saja pemilik rumah harus mulai memiliki atau membangun rumah dari nol.

Berkembangnya bisnis properti dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan rumah hunian semestinya berbanding lurus dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengasuransikan rumahnya sedini mungkin, baik ketika masih dalam masa KPR maupun setelah masa KPR berakhir. Apalagi saat ini telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan beragam produk asuransi perlindungan rumah atau properti, bahkan ada perusahaan asuransi yang menawarkan benefit tambahan bagi pemegang polisnya.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Rumah

Bagaimanapun rumah adalah aset yang sangat berharga bagi seseorang, apalagi jika rumah tersebut didapatkan dengan susah payah, setelah bekerja dan menyisihkan pendapatan selama belasan bahkan puluhan tahun. Untuk itu, perlu dipertimbangkan memiliki asuransi rumah, yang bukan hanya akan melindungi rumah tapi juga aset berharga. Meskipun begitu, sebelum membuat keputusan mengasuransikan rumah, ada baiknya untuk mengetahui lima hal penting yang perlu diketahui tentang asuransi rumah, seperti berikut ini.

1. Kebutuhan

Letak bangunan dan kondisi bangunan serta lingkungan di mana lokasi rumah tersebut berdiri merupakan pertimbangan utama ketika mengasuransikan rumah yang dimiliki, misalnya jika letak rumah berada dekat kawasan gunung merapi aktif, maka sangat perlu memasukkan perlindungan terhadap erupsi gunung merapi, atau jika letak rumah berada di daerah banjir, maka perlu mempertimbangkan memasukkan perlindungan terhadap banjir. Usahakan memilih sesuai kebutuhan, jika dirasa tidak perlu maka pemilik rumah tidak perlu memasukkan perluasan perlindungan tersebut karena pada akhirnya akan membebani pembayaran premi yang harus dibayarkan setiap bulan, jika memilih cara pembayaran bulanan.

2. Detil Manfaat

Beberapa perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan beragam paket perlindungan rumah dengan berbagai pertimbangan serta faktor yang mempengaruhinya. Sesuaikan paket-paket yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut dengan kebutuhan sebagai pemilik rumah, terutama untuk fitur perluasan perlindungan yang biasanya meliputi gempa bumi dan banjir, serta jangan lupa untuk memahami dan teliti berbagai macam pengecualian yang menyebabkan perlindungan terhadap rumah menjadi batal.

3. Perlindungan Tambahan

Selain memberikan perlindungan terhadap resiko kebakaran, pencurian, kerusakan akibat suatu kecelakaan, banjir, gempa bumi, erupsi gunung merapi, dan lain-lain, beberapa perusahaan asuransi juga memberikan perlindungan tambahan, seperti perlindungan akomodasi sementara jika rumah tinggal dalam kondisi rusak parah; personal liability yang memberikan perlindungan finansial terhadap rusaknya properti atau cidera badan yang di alami pihak ketiga (dalam hal ini anggota keluarga) dan biaya legal yang dikeluarkan terkait perlindungan ini seperti pengobatan rumah sakit; perlindungan barang-barang pribadi yang di bawa keluar rumah seperti perhiasan, jam tangan, dan sebagainya; biaya arsitek untuk memperbaiki rumah; dan lain-lain.  Pastikan saat akan mengasuransikan rumah telah mengkonfirmasi dengan benar perlindungan tambahan ini agar lebih tenang dan terlindungi.

4. Prosedur Klaim

Jika suatu saat terjadi musibah yang menimpa rumah yang diasuransikan, pastikan sebelum mengajukan asuransi rumah telah memahami dengan baik prosedur klaim asuransi tersebut melalui polis. Pemilik rumah harus memahami dan membaca dengan teliti klausul-klausul perjanjian yang tertera dalam polis dan jangan segan-segan untuk menanyakannya kepada pihak agen yang menangani atau membantu jika terdapat satu atau beberapa klausul yang tidak dimengerti. 

Selain itu, pemilik rumah yang akan mengajukan asuransi rumah bisa menanyakan atau mencari testimoni kepada orang lain yang mempunyai pengalaman mengajukan klaim di perusahaan asuransi tersebut, serta sejauh mana perusahaan asuransi tersebut bertindak cepat terhadap keluhan pelayanan yang terjadi. Hal ini sangat penting karena pemilik rumah bisa tahu dengan pasti tenggang waktu yang diberikan untuk mengajukan klaim ketika terjadi musibah dan alasan yang bisa membuat klaim didibatalkan.

5. Teliti Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Reputasi serta rekam jejak perusahaan asuransi tersebut merupakan salah satu pertimbangan utama ketika memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi untuk mengasuransikan rumah yang dimiliki. Pastikan perusahaan asuransi tersebut telah terdaftar secara resmi pada lembaga Negara yang khusus menangani bidang ini, dan memiliki kesehatan keuangan yang baik, untuk hal ini pemilik rumah bisa mencari informasi pada lembaga yang berwenang dalam bidang jasa keuangan.

---

Memiliki asuransi rumah akan membuat pemilik rumah lebih tenang dan dapat tidur dengan nyenyak, namun pastikan telah mengetahui dan memahami dengan baik hal-hal penting yang menjadi pertimbangan utama sebelum mengasuransikan rumah yang dimiliki, Bukan hanya karena rumah adalah aset berharga yang tidak ternilai harganya, namun juga karena rumah adalah tempat paling penting dalam hidup seseorang dan tempat paling nyaman untuk berkumpul bersama orang-orang yang disayangi dan dicintai sepanjang hidup.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Rumah"