5 Tips dan Trik Organisir Media Sosial Terbaik

social media management tool

Mengelola akun media sosial untuk sebuah brand tidaklah mudah. Salah satu tantangan terbesarnya adalah mengatur konten untuk media sosial brand tersebut. Lantas, apa yang harus dilakukan? Hal pertama yang harus dilakukan adalah pentingnya menentukan tujuan yang ingin dicapai. Selanjutnya adalah melakukan riset tren apa yang sedang hangat atau ramai diperbincangkan di media sosial, mencari ide konten yang relevan, hingga mempersiapkan kontennya baik tulisan atau caption serta visual yang mendukung.

Tapi ternyata langkah-langkah tersebut belumlah cukup, untuk itu harus tahu bagaimana caranya agar brand atau seseorang bisa mengelola akun media sosial dengan baik. Berikut ini penjelasan beberapa tips dan trik organisir media sosial terbaik.

Tips Organisir Media Sosial


Jika seseorang yang memiliki bisnis dan mengelola lebih dari satu akun media sosial, tentunya akan mudah merasa lelah dalam mengatur waktu setiap harinya agar semua akun media sosial yang dimiliki memiliki konten yang menarik. Permasalahan ini tidak hanya dialami pemilik bisnis yang masih skala kecil, namun juga divisi media sosial yang ada di perusahaan besar. Dimana masalah yang cukup menyulitkan adalah menemukan ide konten yang menarik untuk memaksimalkan interaksi sekaligus memicu aktivitas pemasaran melalui akun media sosial yang dimiliki.

Sudah bukan rahasia lagi untuk pemilik bisnis atau brand baik skala besar maupun kecil yang mengelola akun media sosial, membuat konten yang menarik dan inspiratif bukanlah hal yang mudah dan tentu saja sangat menguras tenaga serta pikiran. Padahal, sudah umum terjadi jika pemilik bisnis dan brand biasanya memiliki beberapa akun media sosial di berbagai platform. Umumnya, ada platform yang memang didedikasikan untuk membantu meningkatkan penjualan atau pemasaran, dan ada yang memang spesial untuk memudahkan layanan pelanggan.

Tapi terlepas beban berat dan energi berlebih yang dibutuhkan untuk megelola banyak akun di berbagai platform media sosial, sesungguhnya langkah ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan bisnis terutama dari sisi promosi dan penjualan. Namun yang terpenting, kesuksesan mengelola banyak akun di berbagai platform media sosial adalah kemampuan untuk mengorganisir semua aktivitas tersebut untuk memaksimalkan kinerja serta dukungan platform media sosial tersebut.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengorganisir akun yang dimiliki di berbagai platform media sosial? Berikut ini simak tips serta trik langkah melakukan organisir media sosial yang terbaik.

Buat Kalender Konten yang Selalu Diperbaharui Secara Rutin

Pastinya semua pemilik bisnis yang mulai memasuki pasar digital tahu jika merencananakan konten media sosial untuk berbagai platform media sosial tidaklah mudah. Lantas bagaimana solusinya? Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat kalender konten yang terjadwal, langkah ini sangat efektif untuk membantu meringankan beban serta membuat semua platform media sosial bisa terupdate dengan baik. Setelah itu, buat tugas harian dan mingguan berdasarkan kalender, serta pastikan kalender konten tersebut untuk diperbaharui setiap saat secara rutin.

Lakukan Penjadwalan Postingan Ke Berbagai Platform Media Sosial Sesuai Kebutuhan

Langkah melakukan penjadwalan postingan sangatlah efektif dan terbilang sangat menghemat waktu. Dengan menghemat waktu ini, pemilik bisnis atau brand bisa fokus pada pekerjaan lain tanpa harus terganggu dengan aktivitas untuk posting konten setiap hari di akun media sosial yang berbeda. Nah, salah satu solusi untuk menghemat waktu atau melakukan efisiensi aktivitas untuk membuat konten media sosial adalah menggunakan salah satu Social Media Management Tool seperti Sociosight.co.

Menggunakan Aplikasi Pengelolaan Tugas

Terkadang divisi atau manajer media sosial mengalami banyak kesulitan untuk membuat konten yang menarik sesuai tugas yang diberikan. Lantas adakah solusinya? Salah satu solusinya adalah mencari aplikasi untuk membantu mengelola daftar prioritas pekerjaan dalam membuat konten yang inspiratif juga menarik. Untuk memudahkan mencari aplikasi yang memiliki fitur sesuai kebutuhan, berikut beberapa rekomendasi fitur penting yang harus tersedia dalam aplikasi.
  1. Opsi sinkronisasi antar perangkat.
  2. Tanggal jatuh tempo dan pengingat berulang.
  3. Tingkat prioritas.
  4. Kategori.
  5. Pembagian tugas dan delegasi pekerjaan.
  6. Penjadwalan dengan kalender yang bisa diperbaharui.

Selalu Update Tentang Topik yang Sedang Tren Di Media Sosial

Ketika merencanakan untuk membuat konten media sosial, hal yang wajib dilakukan adalah mengetahui topik apa yang sedang tren atau banyak diperbincangkan orang di platform media sosial tersebut. Ada banyak cara untuk mencari tahu atau update topik yang sedang tren di media sosial, seperti membuat survei atau kuesioner, melakukan pencarian melalui hashtag, dan lainnya.

Langkah ini dilakukan agar konten yang dibuat relevan atau sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi di masyarakat, serta menarik perhatian banyak followers. Semakin banyak perhatian yang diberikan, maka peluang untuk melakukan konversi dari pengunjung menjadi konsumen sangat besar. Salah satu cara untuk mengantisipasi agar tidak ketinggalan tren konten adalah dengan mendaftar RSS seperti Feedly dan berlangganan situs berita industri serta blog yang menulis artikel tentang topik yang sedang tren di kalangan masyarakat, terutama dalam industri digital.

Lakukan Analisis Strategi Media Sosial yang Dimiliki

Sangat penting untuk melakukan analisis hasil dari strategi media sosial yang dilakukan, menggunakan berbagai aplikasi khusus untuk mengukur hasil dari strategi tersebut. Apakah dengan strategi konten yang diterapkan, akun media sosial tersebut memiliki kinerja yang baik atau sesuai harapan atau tidak. Apakah setiap akun media sosial yang dimiliki memiliki kontribusi terhadap perkembangan brand atau merek atau belum. Dengan melakukan langkah analisis ini, maka rencana konten yang telah di susun bisa dilihat pengaruhnya.

Semua pertanyaan yang berhubungan dengan kinerja pembuatan konten yang telah dilakukan tidak akan terjawab, sampai brand atau divisi media sosial tersebut melakukan analisis berbagai akun platform media sosial yang dimiliki. Untuk melakukan langkah organisir media sosial yang tepat sasaran, terapkan strategi pembuatan konten media sosial, lakukan analisis pemasaran berbasis data untuk membaca hasilnya untuk tahu mana strategi yang sukses dilakukan dan mana yang tidak, serta maksimalkan hasil analisis tersebut agar langkah menggunakan berbagai platform media sosial memberikan hasil yang optimal atau sesuai harapan, baik dari sisi promosi maupun meningkatkan penjualan.

Tidak ada komentar