8 Tips Alami Agar Rumah Harum dan Segar

tips rumah harum dan segar

Lelah seharian bekerja di luar rumah? Tentu ketika tiba di rumah hal yang paling diinginkan adalah beristirahat dengan tenang dan nyaman tanpa gangguan apapun. Begitu pun dengan ibu pekerja, setelah seharian meninggalkan si kecil di rumah untuk beraktivitas di tempat kerja, setelah tiba di rumah tentu hal yang paling diinginkan adalah beristirahat dan bermain bersama anak-anak di rumah yang nyaman. Tapi apa jadinya jika rumah yang seharusnya menjadi tempat istirahat bersama keluarga yang nyaman menebarkan aroma bau yang kurang sedap atau sedikit pengap. Sudah pasti harapan akan menikmati istirahat yang nyaman di rumah akan terganggu, bahkan tidak jarang merasa tidak enak jika ada tamu yang datang berkunjung.

Beberapa orang mencoba menghilangkan bau kurang sedap dan pengap yang menganggu di rumah dengan membeli pengharum ruangan yang banyak dijual di supermarket dan toko peralatan rumah tangga. Meskipun cara ini terbilang praktis, namun ada baiknya jika memilih pengharum ruangan yang bisa membantu menghilangkan bau kurang sedap dan pengap menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah. Selain lebih murah juga lebih sehat tentunya, apalagi jika di rumah masih ada bayi dan anak-anak yang masih berusia balita.

Kira-kira cara alami apa saja yang bisa bikin rumah lebih harum dan segar, yuk kita simak tips berikut ini.

Kayu Manis, Sang Penebar Aroma

Kayu manis merupakan bumbu rempah yang banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan karena membuat masakan menebarkan aroma yang khas, nikmat, dan harum. Ternyata kayu manis juga bisa membuat rumah Anda tercium harum dan segar, caranya sangat praktis dan mudah yaitu sangrailah bubuk kayu manis hingga setengah matang dan mengeluarkan bau khas yang sangat kuat dan tercium seisi rumah. Tapi pastikan semua jendela dan ventilasi udara terbuka lebar untuk memperlancar sirkulasi udara.

Buah Pala

Seperti halnya kayu manis, buah pala juga merupakan bumbu penting dalam beberapa jenis masakan. Tapi untuk kondisi tertentu, dimana dalam rumah atau ruangan tertentu tercium bau pengap akibat jarang dibersihkan, buah pala bisa menjadi pertolongan pertama pada kondisi tersebut. Caranya, tumbuk buah pala hingga halus, setelah itu masukan bubuk pala tersebut ke dalam wadah atau dalam tisu dan letakkan di sudut-sudut ruangan atau sudut rumah, di jamin bau apek hilang berganti bau yang segar dan alami.

Memadukan Jeruk dan Cengkeh

Jeruk dan cengkeh sesungguhnya merupakan dua jenis yang berbeda jika dilihat dari manfaat, tapi ternyata keduanya jika dipadukan bisa menghasilkan bau harum dan segar secara alami untuk rumah atau ruangan Anda yang tercium kurang sedap atau bau apek. Caranya, ambil satu buah jeruk lalu tusuk-tusukkan beberapa butir cengkeh ke buah jeruk tersebut, agar terkesan lebih manis buatlah pola tertentu pada jeruk sebagai tempat untuk menusukkan cengkeh dan letakkan di sudut-sudut rumah atau ruangan rumah Anda.

Daun Seledri

Seledri merupakan bumbu penting yang bermanfaat membuat masakan lebih harum dan nikmat, selain itu seledri mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Tapi ternyata, seledri bisa juga digunakan sebagai bahan alami yang membuat rumah lebih harum dan segar. Caranya, ikat daun seledri atau bungkus dalam selembar tisu, lalu gantungkan di tengah ruangan atau sudut-sudut ruangan yang tercium bau apek atau kurang sedap.

Bunga Melati

Kuntum-kuntum bunga melati merupakan wewangian yang sangat disukai sebagian besar manusia, bahkan dahulu nyaris di setiap halaman rumah selalu terselip tanaman bunga melati dan bunga melati merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan parfum. Tapi bunga melati bisa menjadi bahan alami yang membuat rumah tetap harum dan segar, caranya petik dan letakkan beberapa kuntum bunga melati dalam wadah kecil dan letakkan wadah tersebut di atas meja atau rak. Aromanya yang harum dan khas dijamin akan mengusir bau apek atau bau kurang sedap di rumah Anda.

Perpaduan Jeruk, Jahe, dan Ekstrak Almond

Jeruk, jahe (segar atau bubuk), dan ekstrak almond, atau dapat ditambahkan sedikit ekstrak mint, jika dipadukan akan menghasilkan aroma wangi yang menyegarkan dan membuat harum seisi rumah secara alami.

Kopi

Selain menjadi minuman favorit, kopi ternyata juga bermanfaat untuk mengharumkan ruangan dan rumah dengan cara alami, yaitu letakkan beberapa butir biji kopi ke dalam mangkuk dan letakkan mangkuk tersebut di sudut ruangan, bisa juga ditambahkan lilin ditengah mangkuk tersebut agar bau harum kopi dengan cepat menyebar dan tahan lama.

Menanam Aneka Jenis Bunga Di Rumah

Cara yang paling alami membuat rumah berbau harum dan segar adalah dengan menanam aneka jenis tanaman di rumah, pilihlah jenis bunga yang menebarkan aroma harum yang khas seperti melati, mawar, sedap malam, kemuning, dan lain-lain. Tanam bunga-bunga tersebut dalam pot, kemudian letakkan di sudut-sudut ruangan rumah, selain menebarkan aroma alami juga berfungsi sebagai pembersih udara alami.

Rumah yang harum dan segar pastinya membuat membuat siapapun lebih nyaman beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga tercinta, tapi yang terpenting jagalah kebersihan rumah Anda dengan membersihkan rumah dan sudut-sudut ruangan dalam rumah serta perabotan yang ada sesering mungkin. Dengan cara ini, rumah akan lebih nyaman, lebih segar, bebas bau apek atau bau kurang sedap, dan yang terpenting rumah akan lebih sehat.

Tidak ada komentar