Kelebihan Menggunakan Wordpress Untuk Toko Online

wordpress

Siapa nih yang sedang bahagia karena akhirnya bisa memiliki bisnis sendiri? Yap...memulai bisnis memang bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi seseorang yang belum pernah berkecimpung dalam bisnis tersebut dan merasakan betapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis tidaklah sedikit. Saya jadi ingat teman masa SMA dahulu yang dengan bahagia mengabarkan akhirnya hobi yang bertahun-tahun ditekuni bisa dijadikan sumber pendapatan dan memutuskan keluar dari pekerjaan untuk menekuni bisnis yang baru dimulainya.

Meskipun jalan yang ditempuh sahabat saya hingga akhirnya memiliki bisnis sendiri sangat sulit dan membutuhkan banyak pengorbanan. Namun berkat ketekunan dan kerja keras, akhirnya impiannya bisa terwujud. Tidak masalah jika bisnis yang saat ini sedang dikelola masih kecil-kecilan, karena peluang untu sukses dan berkembang akan selalu ada seiring kemajuan teknologi digital.Tapi apapun itu, menjalankan bisnis sendiri sesungguhnya memberikan banyak keuntungan bagi seseorang terutama ibu rumah tangga, seperti:

  1. Pemilik Usaha adalah Bos. Bagi yang pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan atasan, tentu memiliki bisnis sendiri bisa menjadi solusinya di mana pemilik adalah bos. Pemilik adalah yang menentukan keputusan dan memegang kendali atas usaha yang dijalani, jadi sukses atau gagalnya usaha tersebut berada di tangan pemilik atau bos. Meskipun di satu sisi terkesan menyenangkan karena tidak dibatasi usia, namun disisi lain juga memikul beban berat apalagi jika usaha tersebut memiliki karyawan. 
  2. Melatih Jiwa Entrepreneurship. Membuka usaha sendiri merupakan cara tepat melatih jiwa Entreprenurship, karena seseorang akan terlatih secara otomatis terasah skill dan kemampuannya seiring berjalannya waktu serta banyaknya tantangan.
  3. Melatih Kemandirian. Ternyata memiliki bisnis atau usaha sendiri bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih mandiri. Hal inilah yang akan mendorong seorang pemilik bisnis memilki ide-ide kreatif dan melakukan inovasi untuk mengembangkan usahanya.
  4. Membuka Kesempatan Lapangan Kerja Untuk Orang Disekitarnya. Jika bisnis yang dikelola makin berkembang, tentu membutuhkan bantuan tenaga kerja agar proses produksi tetap terjaga dan stabil. Kebutuhan akan tenaga kerja ini tentu akan membuat pemilik bisnis membuka lapangan kerja yang berarti secara langsung ikut membantu orang lain yang membutuhkan pekerjaan. Tentunya hal ini akan membantu mengurangi angka pengangguran bukan?
  5. Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga. Banyak ibu pekerja yang memilih melepaskan pekerjaan dengan alasan ingin memiliki banyak waktu bersama keluarga, terutama anak-anak. Nah, membuka bisnis atau usaha sendiri bisa menjadi solusi agar tetap bisa mendapatkan penghasilan namun tetap memiliki banyak waktu bersama keluarga. Pemilik bisnis bisa menentukan kapan waktu untuk menikmati quality time bersama keluarga tanpa harus terbebani rutinitas menjalani pekerjaan dengan ritme yang selalu sama.
Bagaimana tertarik untuk memiliki usaha sendiri? Ayo di mulai dari sekarang, jika bingung ingin memulai bisnis atau usaha apa, mulailah dari hal-hal yang dekat seperti hobi karena dari hobi jika ditekuni akan berpeluang mendatangkan penghasilan. Selain itu, ada juga sistem bisnis Dropship, dimana seseorang bisa memulai usaha atau bisnis tanpa harus repot stok barang atau bingung memilih produk yang akan di jual. 

Nah, jika sudah mantap memilih bisnis yang akan ditekuni, langkah selanjutnya adalah memilih media atau cara memasarkannya. Selain dipasarkan secara langsung, jangan lupa untuk mengkombinasikan pemasaran secara online, karena satu hal yang tidak bisa dipungkiri memiliki toko online akan membuka kesempatan meluaskan jaringan pasar dengan cara lebih mudah dan murah. Jika tertarik ingin mengembangkan usaha dengan memiliki website toko online sendiri, platform Wordpress bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan lho, ini penjelasannya!

Kelebihan Menggunakan Wordpress Untuk Toko Online

Apa itu Wordpress? Wordpress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog. Sampai saat ini, Wordpress masih menduduki posisi teratas untuk CMS yang paling sering digunakan dan terbilang sangat populer. Bahkan, sebagian besar toko online memilih CMS Wordpress untuk mempublikasikan produk yang dijual secara online. Harus diakui, salah satu keunggulan Wordpress sehingga banyak digunakan pemilik website adalah software antarmuka yang intuitif dan sangat user-friendly sehingga mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun.

Ternyata kelebihan wordpress tidak hanya karena kemudahan dalam penggunaannya saja, banyak keunggulan lainnya yang membuat pemilik website dan blog memilih CMS ini terutama dalam hal kustomisasi yang membuat tampian website berbeda dan lebih spesial. Berikut ini beberapa kelebihan lainnya dari Wordpress sehingga menjadikan CMS ini menjadi populer dikalangan pemilik website dan blog.

Wordpress Dapat Digunakan Secara Gratis

Bagi yang ingin menggunakan CMS Wordpress, tidak perlu khawatir akan menyiapkan anggaran atau biaya tertentu, karena dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Meskipun gratis, untuk bisa digunakan dan dioperasikan secara maksimal diperlukan layanan hosting dan nama domain. Jangan khawatir harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli layanan hosting dan domain karena kini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan harga terjangkau, sehingga pelaku UMKM bisa dengan mudah mengonlinekan bisnisnya.

Selain biaya layanan hosting dan nama domain, tidak ada biaya lagi yang harus dikeluarkan, namun dengan mudah tampilan website yang berbasis wordpress dapat dimodfikasi dari segi tampilan dan fungsi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun atau gratis. Nah, kelebihan ini yang membuat wordpress sangat cocok digunakan pemilik bisnis pemula yang ingin membuka toko online  untuk memperluas jaringan pemasarannya.

Memiliki Ribuan Tema Untuk Kustomisasi

Kelebihan wordpress lainnya adalah banyaknya tema atau template website yang bisa dipilih dengan desain antarmuka sangat bagus dan sangat SEO Friendly. Bahkan, banyak komunitas toko online yang merekomendasikan penggunaan wordpress ketika pemilik bisnis yang masih pemula ingin membuka toko online. Ada sekitar lebih dari 7.000 tema yang bisa diunduh secara gratis, dan hampir seluruh tema tersebut mudah dikustomisasi tanpa coding yang rumit. Selain itu, pemilik website atau blog bisa dengan mudah mengubah font, warna tulisan, serta model layout hanya dalam satu kali klik. Tampilan yang menarik dan user friendly tentu akan mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit. Dari pengunjung tersebut, bisa saja banyak yang akan melakukan pembelian.

Terdapat Banyak Variasi Plugin

Agar wordpress mudah dioperasikan dan kaya akan fitur-fitur penting yang membantu pemilik bisnis terbantu saat membuat website atau blog, tentu dibutuhkan banyak plugin. Di repository wordpress tersedia lebih dari 50.000 plugin gratis. Salah satu contohnya, dengan plugin WooCommerce maka pemilik bisnis bisa mengubah wordpress menjadi website ecommerce. 

Selain plugin yang telah disediakan wordpress dan bisa didapatkan secara gratis, ada banyak pilihan plugin yang bisa diperoleh dari developer-developer pihak ketiga, baik yang gratis atau berbayar sehingga tampilan website menjadi lebih menarik dan SEO Friendly. Berkaitan dengan SEO Friendly, wordpress dikenal memiliki nilai SEO yang tinggi sehingga banyak pemilik bisnis yang memilihnya, ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Instalasi dan Pembaharuan Mudah Dilakukan

Pengguna wordpress pastinya sangat setuju kalau CMS yang satu ini sangat mudah proses instalasinya, bahkan dapat diselesaikan dalam waktu di bawah lima menit. Bahkan tidak hanya itu, banyak penyedia layanan web hosting yang menyediakan fitur instalasi instan hanya memerlukan satu klik. Selain itu, pembaharuan pun sangat mudah. Jika versi terbaru CMS diluncurkan, maka dengan cepat pengguna akan mendapatkan pemberitahuan untuk segera memperbaharuinya, hal ini berlaku untuk plugin dan tema.

Mudah Dioptimalkan Untuk SEO atau SEO Friendly

Untuk sebuah website, terutama website toko online keberadaan SEO (Search Engine Optimization) sangat penting dan hal ini sekilas sudah disinggung sebelumnya. SEO sangat penting karena menjadi salah satu ujung tombak yang akan mendatangkan banyak pengunjung ke website tersebut melalui search engine atau mesin pencari dimana Google sampai saat ini menjadi mesin pencari yang menduduki posisi teratas. Sebenarnya tanpa menambahkan plugin apapun fitur-fitur yang terdapat pada wordpress sudah sangat SEO Friendly. Namun jika dirasa masih kurang optimal, pengguna bisa menambahkan plugin SEO yang akan memaksimalkan posisi website di halaman mesin pencari.

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, ternyata ada kelebihan lain yang membuat banyak pemilik toko online memilih membuat website berbasis wordpress, yaitu masalah keamanan data di mana masalah keamanan data ini menjadi hal yang sangat penting ketika memiliki website terutama toko online. Untuk kebutuhan ini, CMS Wordpress sangat support karena tersedia banyak plugin untuk menjaga keamanan data pada website. Selain itu, wordpress merupakan CMS yang sangat mudah dipelajari sehingga sangat cocok untuk pengguna baru.

Dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Wordpress, tentu tidak ada alasan bagi pemilik bisnis pemula untuk tidak mengonlinekan bisnisnya. Apalagi seiring kemajuan teknologi digital, memiliki toko online sangat penting untuk membantu memperluas jaringan pemasaran produk serta memperkenalkan produk ke konsumen yang lebih luas. 

Tidak ada komentar