Perusahaan Fintech: Manfaat, Jenis, dan Contohnya Di Indonesia

contoh fintech di indonesia
Sumber: https://informatika.unida.gontor.ac.id/2020/02/24/mengenal-lebih-dekat-dengan-fintech-apakah-itu/

Mungkin bagi yang bergelut di dunia bisnis sudah paham tentang istilah Fintech, bahkan khalayak umum juga banyak tahu karena turut menjadi pengguna dari aplikasi-aplikasi persembahan perusahaan Fintech yang sudah menjamur di Indonesia juga dunia. Bak gayung bersambut, banyaknya layanan Fintech disambut dengan kemajuan kemampuan masyarakat akan teknologi yang melesat.

Perusahaan Fintech sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa layanan pengurusan finansial berbasis teknologi, sesuai dengan namanya yakni Fintech singkatan dari Financial Technology. Teknologi ini disediakan untuk mempermudah proses transaksi sehari-hari seperti transfer uang, pembayaran non tunai, dan masih banyak lagi.

Tujuan utama dari ditemukannya teknologi ini adalah untuk mempermudah dan meminimalisir cara lama yaitu ketergantungan terhadap mesin ATM, ataupun harus antri di bank. Asalkan ada internet maka anda bisa mengakses Fintech dari PC atau gadget anda, berikut ini beberapa jenis contoh Fintech di Indonesia yang tersedia saat ini:
  1. Fintech Payment
  2. Fintech Crowdfunding
  3. Fintech Market Aggregator
  4. Fintech Investment
Setelah mengetahui jenis dari Fintech, ada juga beberapa jenis produk dari Fintech yakni:
  1. Bank Digital
  2. P2P Landing
  3. Dompet Digital
  4. Pinjaman Online
  5. Aplikasi Asuransi
Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa saja manfaat dari Fintech?

Meningkatkan inklusi keuangan

Produk keuangan menjadi lebih banyak sehingga pilihan masyarakat juga bertambah, hal ini mampu menekan persyaratan dalam penjualan produk keuangan. Sebagai contoh untuk memperoleh pinjaman masyarakat tidak perlu selalu ke bank dengan persyaratan yang neko-neko, bisa meminjam uang secara online dengan persyaratan yang lebih mudah.

Membuat hidup masyarakat menjadi berkualitas

Masyarakat mendapat pelayanan yang lebih berkualitas, sebagai contoh untuk mendapatkan pelayanan ojek tidak harus mendatangi pangkalan dengan membayar tanpa kejelasan tarif. Bermodal aplikasi, masyarakat bisa menunggu dijemput di mana saja dengan tarif yang sudah pasti bahkan juga tersedia promo-promo.

Pelaku bisnis mudah mendapatkan modal

Sebagai awal mula bisnis diperlukan modal namun hal ini agak sulit didapat karena untuk mengajukan modal ke bank diperlukan banyak dokumen yang menyulitkan, dengan menjamurnya pinjaman online apalagi yang sudah diawasi dengan oleh OJK sehingga masyarakat bisa dengan mudah, cepat, dan aman untuk mendapatkan pinjaman guna modal usaha.

Mempermudah layanan finansial

Yang terakhir adalah mempermudah pergerakan finansial masyarakat, karena tidak perlu repot-repot ke bank ataupun ke ATM.

Setelah memahami tentang Fintech, berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan Fintech yang berkembang di Indonesia yang tergabung dalam penerima dana dari Alpha JWC Venture:

1. Alterra

Alterra menyajikan beragam pilihan layanan tagihan dan pembayaran digital yang bisa membantu bisnis berkembang pesat, Alterra Indonesia sudah berdiri sejak 2015 dengan nama awal Sepulsa.com. Sebagai perusahaan teknologi ternama di Indonesia yang memiliki fokus pada ekosistem billing serta teknologi pembayaran, Alterra Indonesia sekarang telah terhubung ke beragam penerbit tagihan (Bill Issuers) juga metode pembayaran yang banyak digemari di Indonesia. Melalui sebuah innovative platform, Alterra Indonesia menjajakan layanan yang bisa menghubungkan seluruh penerbit tagihan (Bill Issuers), Digital Commerce, serta End-User.

2. BenihBaik.com

Benih baik.com merupakan perusahaan Fintech yang bergerak dalam bidang kepedulian sosial dan alam, perusahaan ini menyediakan layanan penyaluran dana bantuan terhadap penerima sosial ataupun alam yang membutuhkan. Sebagai contoh misalkan bantuan untuk menolong seseorang dari sakit yang membutuhkan banyak biaya guna penyembuhan, atau kepedulian lingkungan yang memerlukan dana seperti pelestarian tukik dan lainnya.

3. CrediBook

CrediBook merupakan perusahaan penyedia layanan pencatatan keuangan berbasis digital untuk kebutuhan finansial perusahaan ataupun finansial pribadi, dalam aplikasi ini tersedia pencatatan transaksi, pencatatan utang dan piutang, pembayaran transaksi, serta pengaturan produk yang mempermudah para pelaku usaha.

4. OnlinePajak

Urusan pajak menjadi mudah dan cepat dengan memanfaatkan aplikasi OnlinePajak, dalam aplikasi ini perusahaan dapat melakukan penghitungan pajak termasuk PPN, Pajak Karyawan (PPh 21) dan PPh. Kemudian ada setor pajak melalui e-Billing untuk berbagai Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dan bayar sekaligus dari mana saja dan kapan saja. Bahkan lapor pajak semua jenis pajak atau SPT Pajak Anda dengan status pembayaran dan pembetulan apa pun melalui e-Filing OnlinePajak dengan mudah dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

5. Pitik Digital Indonesia

Pitik Digital Indonesia merupakan sebuah perusahaan berbasis digital yang berfokus pada keberlangsungan peternak ayam di Indonesia, dengan cara membantu mendapatkan kebutuhan sapronak (sarana produksi peternakan) yang lebih baik lengkap dengan harga yang kompetitif. Tak hanya itu Pitik Digital Indonesia juga membantu dalam urusan permodalan, dan melancarkan dalam bidang penjualan hasil peternakan ayam. Menawarkan teknologi untuk memaksimalkan hasil peternakan, juga merekrut karyawan selaku petugas yang sudah berpengalaman dalam peternakan ayam.

6. Spenmo

Spenmo adalah salah satu perusahaan Fintech Indonesia yang memiliki beberapa produk keuangan seperti:
  • Transfer dalam negeri otomatis, membayar tagihan bisnis dengan 3 langkah mudah sekaligus menggunakan aplikasi Spenmo.
  • Mengubah kartu kredit menjadi uang tunai, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membayar non tunai dengan saldo di kartu kredit.
  • Pengajuan klaim pengeluaran bebas kendala, aplikasi ini juga bisa untuk mencatat, memeriksa, serta membayar klaim pengeluaran karyawan dengan mudah.
  • Kartu perusahaan, bisa juga membantu Anda memberdayakan semua karyawan melalui kartu perusahaan fisik maupun virtual.
Sekian tentang ulasan lengkap dari perusahaan Fintech, mulai dari manfaat, jenis, sampai contoh-contoh perusahaan Fintech yang ada di indonesia, semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar