Mediabacklink, Marketplace Backlink Untuk Tingkatkan Performa Bisnis

marketplace backlink

Marketplace Backlink menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas untuk tingkatkan performa bisnis yang saat ini sedang dikembangkan atau bahkan baru saja memasuki media online. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menenengah) sejak dahulu hingga sekarang memiliki kontribusi yang sangat besar dan krusial terhadap perekonomian nasional. Apalagi, sebagian besar pelaku bisnis di Indonesia merupakan bagian dari UMKM, tidak heran jika UMKM merupakan sektor yang banyak menyerap tenaga kerja. 

Bahkan jika dibandingkan dengan pelaku usaha besar, pelaku UMKM secara jumlah unit sekitar 99,99% atau 62,9 juta unit dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia pada tahun 2017. Dengan besarnya angka jumlah unit pelaku UMKM, sangat jelas jika UMKM memiliki peluang sangat besar untuk dijadikan sektor yang nantinya akan banyak menyerap tenaga kerja.

Namun, dari banyaknya jumlah unit pelaku UMKM di Indonesia, masih sedikit sekali jumlah persentase UMKM yang sudah Go Online atau setidaknya baru sekitar 15% dari total keseluruhan jumlah unit pelaku UMKM. Tentu hal ini sangat disayangkan, mengingat platform digital kini menjadi salah satu media paling potensial untuk memasarkan produk dan menjangkau konsumen. Bahkan tidak hanya itu, dengan menggunakan platform digital, UMKM bisa memperkenalkan produknya hingga ke Mancanegara dengan lebih mudah dan cepat. Untuk itu, sangat disayangkan jika banyak pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan peluang emas ini.

Tapi tentu saja untuk masuk ke pasar digital atau menggunakan platform digital, ada hal-hal penting yang harus dipersiapkan UMKM, yang terlihat sepele tapi ternyata sangat mempengaruhi kesiapan UMKM dalam rangka menyongsong transformasi digital untuk usaha yang dijalaninya. Beberapa faktor tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • UMKM Harus Memiliki Mindset Go Online! Hal penting pertama yang harus dipersiapkan agar UMKM bisa segera Go Online adalah memiliki mindset atau pola pikir terkait semakin cepat bisnis memasuki dunia online maka akan semakin baik. Potensi pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah, belum lagi rentang usia pengguna internet yang sangat panjang, tentu merupakan peluang yang sangat besar, yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Pelaku UMKM harus mau belajar dari perkembangan teknologi dan harus mahir menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung bisnisnya, yang tentu saja dimulai dari berubahnya mindset kearah tersebut. Jangan sampai tagline "UMKM Naik Kelas" hanya sekadar ucapan belaka, namun harus diiringi mindset yang ikut naik kelas.
  • Tingkatkan Skill Pemasaran Online. Selain mengupgrade mindset bisnis, pelaku UMKM juga harus meningkatkan skill serta wawasan mengelola bisnis online dengan baik. Adapun tiga hal penting menyangkut wawasan untuk mengembangkan bisnis online yang wajib dimiliki pelaku UMKM adalah marketing, pengembangan produk, serta strategi dan manajemen. Dengan memiliki tiga skill tersebut, diharapkan usaha yang dikelola akan tumbuh berkembang dengan baik dalam jangka panjang. Selain mencari sumber daya manusia yang memiliki skill tersebut, pelaku UMKM bisa kok mempelajari skill tersebut secara mandiri, apalagi saat ini sudah banyak platform pembelajaran yang bisa diakses secara digital dan materinya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahkan, dengan mengikuti pembelajaran melalui berbagai platform digital, pelaku UMKM bisa memperoleh kesempatan mendapatkan bimbingan dari mentor yang sudah berpengalaman dalam bisnis online.
  • Memiliki Website yang Handal. Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan UMKM untuk Go Online adalah memiliki website dengan performa yang handal untuk melakukan aktivitas pemasaran serta penjualan produk secara online. Apalagi dengan semakin banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, potensi mengembangkan bisnis masuk ke platform digital sangatlah besar, apalagi jika website tersebut di desain nyaman untuk diakses secara mobile, tentu peluangnya akan semakin besar.
Tetapi, dalam perkembangnya, fungsi website tidak lagi hanya sekadar untuk menunjang aktivitas pemasaran dan penjualan secara online saja, karena ada banyak manfaat lain yang ditawarkan website untuk UMKM yang naik ke level yang lebih tinggi dengan "Go Online" diantaranya menjadi alat untuk branding usaha dan lebih mudah melakukan ekspansi usaha. 

Namun tentu saja, untuk bisa mengoptimalkan manfaat ini, website yang dimiliki harus benar-benar handal dan memiliki performa baik, terutama di mata Google, search engine yang paling banyak digunakan pengguna internet. Dengan kata lain, website yang dimiliki harus dioptimasi agar memiliki rangking tinggi di search engine atau setidaknya masuk dalam halaman pertama di mesin pencari. 

Meskipun optimasi website dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) bukanlah satu-satunya cara mendatangkan konsumen untuk melakukan pembelian, karena keberhasilan UMKM Go Online harus ditunjang keberhasilan memaksimalkan hal-hal lainnya, namun hingga saat ini optimasi SEO masih menjadi cara favorit pelaku usaha untuk mengoptimalkan bisnis online yang dimilikinya, terutama UMKM.

Faktor Penting Untuk Optimasi SEO Pada UMKM


Lalu, bagaimana cara optimasi SEO untuk website UMKM? Secara garis besar sama saja dengan website lainnya karena menggunakan teknik SEO yang sama. Tapi khusus untuk website UMKM, ada faktor-faktor penting yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal dan sesuai yang diinginkan, diantaranya berikut ini:

Brand Building Untuk UMKM

Agar lebih mudah dikenal masyarakat, terutama calon konsumen yang potensial menjadi pembeli loyal, UMKM harus memiliki brand atau nama bisnis yang unik. Namun tentu saja, memiliki nama bisnis yang unik bukanlah langkah satu-satunya untuk membangun brand building, karena ada sejumlah faktor lain yang dibutuhkan untuk membangun brand building, seperti content marketing, kemasan produk, dan lain-lain.

Brand Building jika didefinisikan merupakan proses untuk menimbulkan kesadaran atau awareness sebuah produk atau jasa agar bisnis atau usaha tidak hanya sekadar memiliki nama brand belaka, namun juga memiliki ciri khas serta unik agar lebih mudah memasarkannya. Untuk membangun brand building bisa dilakukan melalui kampanye iklan atau strategi pemasaran lainnya.

Nah...membangun brand building bisa dilakukan melalui konten bernilai marketing di website. Semakin baik SEO konten tersebut, maka peluang brand untuk muncul di halaman pertama mesin pencari tentu akan semakin besar. Untuk itu, pelaku UMKM harus mau mempelajari bagaimana membuat konten bernilai marketing yang baik dan mampu mendongkrak rangking website tersebut di halaman pertama mesin pencari.

Ada banyak kasus dimana konsumen melakukan pembelian karena tertarik membaca konten marketing dalam website bisnis. Untuk itu, maksimalkan website bisnis yang dimiliki dengan membuat konten-konten yang menarik, sesuai kebutuhan konsumen, dan bernilai SEO, agar semakin banyak orang yang mengunjungi website tersebut, merasa tertarik hingga melakukan pembelian atau bahkan membantu menyebarkan produk yang dijual UMKM tersebut kepada orang lain.

Lakukan Research Keyword Sesuai Bisnis atau Usaha yang Dimiliki

Faktor lainnya yang tidak kalah penting untuk optimasi SEO pada website bisnis adalah melakukan research keyword sesuai usaha yang sedang dikembangkan. Adapun langkah-langkah yang bisa digunakan untuk memulai riset ini adalah dengan mengumpulkan atau mencari informasi keyword yang digunakan kompetitor. Setiap usaha atau bisnis yang dijalankan pasti memiliki kompetitor, dan mungkin saja ada beberapa kompetitor yang memang sudah berhasil menjalankan usahanya secara online. Nah...lakukan langkah ATM (Amati Tiru Modifikasi) apa saja yang sudah dilakukan kompetitor, terutama keyword yang digunakan untuk menemukan formulasi keyword yang tepat.

Langkah lain yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan keyword longtail, tapi pastikan keyword tersebut memiliki volume pencarian tinggi namun memiliki kompetisi rendah. Tidak semua pengguna internet suka dengan keyword pendek, adakalanya pengguna internet memasukkan keyword panjang agar hasil pencarian lebih spesifik. Hal ini bisa dijadikan celah untuk menggunakan keyword tersebut, meskipun untuk mencarinya tentu tidak mudah. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, keyword longtail tersebut bisa dimasukkan dalam konten atau artikel, karena untuk sebuah website bisnis atau usaha, keberadaan konten berupa artikel sangat membantu mendongkrak posisi website di halaman mesin pencari. Konten yang menarik dan relevan dengan produk yang dijual, selain bisa meningkatkan engagement di berbagai platform media sosial yang dimiliki, juga dijadikan media untuk membangun backlink. Untuk apa backlink? Akan dijelaskan berikut ini.

Maksimalkan Backlink

Dalam teknik optimasi SEO, backlink memiliki peran yang cukup penting untuk menentukan posisi website di mesin pencari, tidak heran jika banyak website atau situs besar berlomba-lomba mencari backlink berkualitas untuk memperkuat posisinya di mesin pencari. Meskipun nyata-nyata backlink memiliki peran penting, bukan berarti bebas mencari backlink sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, karena algoritma mesin pencari terutama Google memiliki aturan khusus yang selalu diupdate secara teratur mengenai backlink ini.

Apa sih sebenarnya backlink itu? Backlink adalah sebutan untuk memberi nama sebuah tautan atau link yang mengarah ke website tertentu. Backlink biasanya dimanfaatkan untuk rujukan yang memudahkan pembaca mengakses informasi lain di luar artikel tersebut atau hanya sekadar digunakan untuk optimasi website agar memiliki rangking baik di mesin pencari.

Untuk diketahui, backlink dibedakan dua macam jika dilihat dari segi manfaat, yaitu dofollow dan nofollow. Sepintas lalu, kedua backlink ini tidak jauh berbeda manfaatnya, namun sebagian besar artikel menggunakan backlink dofollow karena memiliki nilai lebih tinggi di mata mesin pencari. Dewasa ini, backlink semakin diminati karena optimasi SEO melalui cara ini relatif lebih alami dan disukai mesin pencari, apalagi backlink bisa ditanam dalam konten atau artikel tersebut sehingga konten akan semakin berkualitas.

Lantas, bagaimana menemukan atau mencari backlink berkualitas untuk meningkatkan performa bisnis bagi UMKM? Ada banyak cara, salah satunya adalah menggunakan layanan marketplace backlink yang umumnya menawarkan banyak website atau blog berkualitas untuk membantu meningkatkan performa website UMKM di mesin pencari, seperti layanan pada website Mediabacklink.com.

Mediabacklink, Marketplace Backlink Untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Layanan apa yang diberikan Mediabacklink? Mediabacklink.com merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Digital Advertising Agency, memiliki layanan untuk membantu para pebisnis termasuk UMKM melakukan promosi baik dalam hal review produk maupun meningkatkan posisi keyword produk atau website bisnis ke halaman pertama mesin pencari. Dengan layanan marketplace backlink ini akan membantu memudahkan pelaku UMKM untuk mengoptimasi website bisnis yang dimilikinya.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Mediabacklink melalui layanan marketplace backlink, antara lain:
  1. Pelaku bisnis atau UMKM bisa memilih website atau blog untuk mereview produk atau layanan jasa dari website tersebut sesuai kriteria yang diinginkan atau sesuai niche bisnis yang dijalani.
  2. Website atau blog yang terdaftar dan bisa dipilih pelaku bisnis atau UMKM telah melalui seleksi sehingga dipilih yang benar-benar berkualitas dan memiliki performa baik di halaman mesin pencari. Hal ini bertujuan agar pelaku bisnis atau UMKM merasa puas dengan hasil yang dicapai dan tepat sasaran sehingga tujuan bisnis akan cepat tercapai.
  3. Dengan membeli layanan backlink di marketplace backlink, Mediabacklink, tidak hanya meningkatkan peringkat atau performa website di mesin pencari, namun juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen saat akan melakukan transaksi karena umumnya konsumen akan mencari terlebih dahulu konten atau artikel yang mereview layanan produk atau jasa yang ditawarkan, hingga siap melakukan transaksi pembelian.
Mediabacklink.com

Dengan layanan marketplace backlink ini diharapkan pelaku UMKM tidak merasa kesulitan lagi untuk menemukan solusi tepat meningkatkan performa website bisnis yang dimilikinya, karena memiliki peringkat tinggi dalama halaman mesin pencari menjadi salah satu indikator yang tidak saja menunjukkan website tersebut terpercaya namun juga memiliki peluang besar untuk dikunjungi calon konsumen, yang mungkin saja akan menjadi konsumen loyal. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan marketplace backlink dari Mediabacklink, karena pelaku bisnis atau UMKM akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti berikut ini:
  • Mendapatkan backlink berkualitas, aman, dan sesuai kriteria yang diinginkan sehingga membantu website bisnis atau UMKM naik di posisi terbaik di mesin pencari.
  • Membantu meningkatkan kunjungan website baik dari halaman mesin pencari karena masuk dalam halaman pertama, maupun dari website yang memberikan backlink atau mereview produk atau jasa yang ditawarkan pelaku bisnis atau UMKM.
  • Membantu meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.
  • Meningkatkan kualitas website, baik dari segi posisi atau peringkat dihalaman pencari maupun indikator SEO lainnya seperti DA, PA, Alexa, CF, dan TF.
  • Membantu mengenalkan produk ke jaringan lebih luas.
  • Mediabacklink.com menyediakan banyak blog dari para blogger seluruh Indonesia dengan niche berbeda-beda dan pastinya memiliki performa blog yang baik serta keahlian untuk membuat konten atau artikel review sesuai keinginan konsumen, SEO Friendly, dan disukai mesin pencari.
Jadi tunggu apalagi, sudah saatnya pelaku bisnis terutama UMKM Go Online dan mempersiapkan website agar bisa melakukan optimasi SEO, salah satunya dengan memaksimalkan layanan backlink. Segera kunjungi website Mediabacklink.com lalu klik fitur "Beli Backlink" dan jika belum terdaftar, lakukan pendaftaran dengan klik fitur "Daftar." Selesaikan langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran untuk membeli backlink, kemudian pilih blog sesuai kriteria yang diinginkan, dan pemilik blog yang dipilih akan segera membuat konten atau layanan sesuai ketentuan yang diberikan. 

Dengan layanan marketplace backlink dari Mediabacklink.com, segera tingkatkan performa website agar UMKM bisa naik kelas ke level yang lebih tinggi.

Sumber Foto: Pixabay.com dan Website Mediabacklink.com

Tidak ada komentar