Cara Tepat Lindungi Keluarga Dari Virus Corona

Virus Corona
Foto: Pixabay.com
"Ma, sampai kapan sih belajar dari rumah, Aisha bosan setiap hari di rumah aja dan sudah lama enggak bermain dengan teman-teman sekolah." Sudah beberapa hari ini, Aisha putri bungsu saya mengeluh, mungkin karena sudah mulai bosan hanya dirumah aja meskipun hampir setiap hari tetap ada aktivitas belajar, baik yang diberikan oleh gurunya atau dari saya. Tapi memang, meskipun tetap melakukan tugasnya belajar dari rumah, namun ada sebagian besar aktivitas fisik yang tidak dapat dilakukan, padahal anak-anak paling suka dengan aktivitas fisik, entah itu bermain atau berolahraga. Memang anjuran yang kemudian menjadi kewajiban untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah menjadi salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona yang akhir-akhir ini sangat memprihatinkan karena semakin banyak yang dinyatakan positif Corona. Bahkan, untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi seputar Pandemi Virus Corona Covid-19 ini, semua kanal digital termasuk media sosial memuat update informasi terbaru yang dapat diakses secara cepat dan realtime.

Bicara soal aktivitas belajar anak-anak yang kini dimaksimalkan dari rumah, pada awalnya sih berjalan lancar, karena belajar melalui berbagai aplikasi memungkinkan anak-anak termasuk Aisha masih bisa saling menyapa dan tatap muka satu sama lain, meskipun tidak secara langsung. Tapi akhirnya, anak-anak bosan juga dan terkadang ada saja teman sekelas Aisha yang ketiduran dan lupa kalau ada jadwal belajar via online...lucu ya anak-anak. Akhirnya, guru dan wali murid sepakat untuk memasukkan materi yang relevan dengan kondisi pandemi ini menjadi salah satu tugas yang harus diselesaikan anak-anak, dan mulai mengurangi jadwal tatap muka via online. Nah...minggu lalu, Aisha mendapat tugas untuk mencontohkan melalui video sederhana atau gambar, hal baik apa saja sih yang sudah dilakukan di rumah untuk melindungi diri dari bahaya penyebaran Virus Corona bersama keluargamu? 

Ma, Virus Corona itu apa? Terkadang, anak-anak mengetahui betapa berbahayanya virus yang satu ini, tapi tidak mengetahui apa sih sebenarnya Virus Corona itu. Bersumber dari Halodoc, Virus Corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, hampir menyerupai penyakit Flu. Namun dalam perkembangannya, virus menjadi sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan beresiko tinggi serta sangat rentan terhadap serangan virus. Nah...Virus Corona yang saat ini menyebabkan pandemi karena hampir seluruh negara di dunia terkena dampak penyebarannya disebut sebagai Covid-19 di mana ditemukan pertama kali di Kota Wuhan, Tiongkok Bulan Desember 2019 lalu. Kini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah positif Corona selalu bertambah setiap harinya, sehingga salah satu solusi penting yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan tetap tinggal di rumah saja sambil terus berupaya melindungi keluarga dari Virus Corona.

Cara Tepat Lindungi Keluarga Dari Virus Corona

Untuk diketahui, penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus memang terhitung lebih cepat dibanding penyakit lainnya, contoh sederhana saja, jika ada satu anggota keluarga yang terkena flu maka bisa dipastikan akan ada anggota keluarga lainnya yang tertular, bahkan pernah kami sekeluarga mengalami flu secara bersamaan. Nah...serupa dengan hal tersebut, Virus Corona pun menyebar sangat cepat dengan cara sebagai berikut:
  • Percikan air liur seseorang yang mengidap Virus Corona, baik saat bersin maupun batuk.
  • Saat seseorang yang terinfeksi menyentuhkan wajahnya ke muka.
  • Menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh atau memegang barang yang sebelumnya sudah terkontaminasi percikan air liur pengidap Virus Corona Covid-19.
Virus Corona
Foto: Pixabay.com
Meskipun informasi seputar Virus Corona ini dengan mudah bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, termasuk cara penyebarannya yang terbilang sangat memprihatikan karena cukup cepat, namun cara yang paling bijaksana dan tepat adalah dengan mencegah dan melindungi keluarga agar jangan sampai terinfeksi Virus Corona, seperti cara-cara yang saat ini sedang dipraktekkan Aisha dan juga kami sekeluarga agar terlindungi dari bahaya pandemi ini. Sebenarnya sih, cara ini bukanlah hal yang baru dan memang sejak dahulu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Namun, seiring merebaknya kasus pandemi Virus Corona ini, cara-cara baik tersebut semakin dikedepankan agar semakin banyak keluarga yang terlindungi dari bahaya virus ini. 

Adapun cara tepat untuk lindungi keluarga dari bahaya Virus Corona adalah sebagai berikut.
  1. Lakukan gerakan untuk seluruh anggota keluarga untuk sesering mungkin mencuci tangan, baik menggunakan sabun dan air mengalir, maupun menggunakan Hand Sanitizer yang memiliki kandungan alkohol. Sebenarnya sih sejak dahulu aktivitas baik ini sudah dilakukan anak-anak, tapi terkadang lupa atau bahkan malas mencuci tangan, namun sejak merebaknya kasus Virus Corona ini, anak-anak semakin terpacu untuk rajin mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas, termasuk Aisha.
  2. Ajarkan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak untuk menerapkan etika yang benar saat batuk atau bersin, yaitu dengan menutup mulut agar tidak ada orang lain yang terkena percikan air liur. Sama seperti mencuci tangan, menutup mulut saat batuk atau bersin sebenarnya bukanlah hal yang baru, tapi namanya anak-anak kadang masih suka lupa dan kini etika untuk batuk serta bersin yang baik adalah hal penting yang harus dilakukan, termasuk Aisha yang bahkan sampai meminta menggunakan masker saat terkena flu ringan beberapa minggu lalu.
  3. Sebisa mungkin, hindari orang-orang yang sedang sakit, seperti pilek, batuk, bersin-bersin, dan demam. Untuk cara ini saya lakukan dengan mengisolasi sementara yang sakit, bisa dengan membiarkannya berada di kamar atau mengurangi interaksi dengan anggota keluarga lainnya, agar tidak tertular. Selain itu, saya juga melarang anak-anak untuk tidak terlalu sering menyentuh area mata, hidung, dan mulut, terutama setelah dari luar rumah.
  4. Melakukan Social Distancing seperti yang dianjurkan, yaitu dengan menghindari berjabat tangan, saling memeluk dan mencium, berbagi makanan, atau menggunakan peralatan atau barang milik orang lain. Bahkan, dirumah pun sebisa mungkin saya memisahkan peralatan makan anak-anak, dan untuk sementara tidak saling berbagi makanan, padahal biasanya anak-anak termasuk Aisha suka sekali main ambil makanan kakaknya atau minum dari gelas kakaknya.
  5. Dahulu, hal ini tidak terlalu sering saya lakukan, tapi setelah merebaknya pandemi ini, saya jadi rutin membersihkan barang atau perabotan rumah tangga yang paling sering disentuh atau dipegang anggota keluarga, seperti meja, pegangan kursi, saklar lampu, pegangan pintu, remote TV atau AC, handphone, dan pernak-pernik lainnya. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mencuci barang-barang yang memang bisa dicuci sesuai instruksinya terutama mainan Aisha nih, ada beberapa yang saya cuci dengan air hangat dan setelahnya saya keringkan dengan lap bersih sampai benar-benar kering.
  6. Memaksimalkan semua aktivitas #DiRumahAja, untuk menghindari dan melindungi diri dari kontak dengan orang lain, bahkan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga sekalipun, saya tidak lagi membawa anak-anak untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Meskipun terkadang anak-anak bosan seperti yang dikeluhkan Aisha, tapi jika orangtua bersemangat untuk melindungi keluarga dari bahaya penyebaran Virus Corona, pastinya akan menemukan aktivitas seru yang tepat untuk mengatasi kebosanan tersebut. Manfaat positif lainnya, semua aktivitas yang dilakukan bersama #DiRumahAja bikin bonding orangtua dengan anak-anaknya semakin erat...baik kan!
  7. Mulai menerapkan pola hidup keluarga yang sehat, meskipun bukanlah anjuran baru, namun kini menjadi isu yang sangat penting sebagai upaya melindungi keluarga dari bahaya Virus Corona. Adapun cara sederhana untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur yang ringan saja diseputar rumah, tidur cukup, hindari stress, dan pastinya selalu berpikir positif bahwa Pandemi Virus Corona akan segera berlalu.
Diantara cara-cara tersebut, cuci tangan kini topik bahasan yang sangat penting, bahkan Kementerian Kesehatan RI ikut merekomendasikan 5 langkah mencuci tangan menggunakan sabun, yaitu basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir, gosok sabun ke telapak kemudian punggung serta sela jari, bersihkan bagian bawak kuku-kuku, bilas tangan dengan air bersih mengalir, dan keringkan tangan dengan handuk atau tisu sampai benar-benar kering. Mengapa cuci tangan menjadi topik yang sangat penting untuk disosialiasikan kepada masyarakat di masa pandemi ini? Karena tangan merupakan jalur paling utama untuk saling menyebarkan virus antara orang yang satu dengan orang lain. 

Selanjutnya, untuk menghindari dan melindungi keluarga dari bahaya penyebaran Virus Corona, pastikan untuk selalu mencuci tangan pada saat berikut ini:
  • Setelah pulang bepergian atau mengunjungi ruang publik, terutama transportasi umum, pasar, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya.
  • Setelah menggosok (sebaiknya sih tidak) hidung, batuk, atau bersin.
  • Setelah melakukan aktivitas di luar rumah, bahkan meskipun hanya sebentar, seperti membuang sampah, menutup pagar, dan lainnya.
  • Sebelum, selama, dan setelah merawat orang yang sakit.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum memasak atau menyiapkan makanan.
Meskipun, sudah banyak cara-cara tepat yang sudah dilakukan untuk melindungi keluarga dari bahaya penyebaran Virus Corona, tapi adakalanya ada anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan padahal di saat pandemi ini, keluar rumah adalah sesuatu yang sebisa mungkin dihindari. Hal inilah yang saya alami beberapa minggu lalu, ketika Aisha mengalami flu  yang membuat saya sangat khawatir, untunglah setelah berkonsultasi secara online melalui Aplikasi Halodoc, rasa khawatir sedikit hilang dan memang pada akhirnya diketahui Aisha hanya mengalami flu biasa yang kemudian sembuh setelah 3 hari. Wah...jadi tertarik nih ingin tahu fitur-fitur apa saja yang dipersiapkan Halodoc untuk membantu masyarakat sehat lebih mudah.

Dengan Halodoc, Sehat Jadi Lebih Mudah

Virus Corona

Meskipun #DiRumahAja bukan berarti lalai dengan keluhan kesehatan yang mungkin saja dialami karena dengan Aplikasi Halodoc, semua hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan bisa dilayani dengan cepat dan tepat karena tersedia fitur untuk bicara secara langsung dengan dokter. Dengan Fitur Bicara Dengan Dokter, pengguna Aplikasi Halodoc bisa membicarakan kondisi kesehatan dengan dokter yang berpengalaman dan terpercaya secara gratis, untuk metode komunikasinya sendiri bisa dipilih apakah dengan chat atau video call dari smartphone dari mana saja dan kapan saja, dengan keunggulan sebagai berikut:
  • Dokter umum dan dokter spesialis yang pastinya berpengalaman serta terdaftar di IDI.
  • Langsung terhubung dengan dokter hanya dalam tempo waktu 3 menit.
  • Dokter siaga 24 jam.
  • Tanpa dibebani biaya atau gratis saat sesi tanya jawab dengan dokter.
Selain fitur yang sangat membantu tersebut, pada Aplikasi Halodoc juga terdapat fitur unggulan lainnya yang membuat sehat jadi lebih mudah, yaitu:
  1. Layanan Beli Obat, karena melalui aplikasi ini beli obat atau kebutuhan medis lainnya bisa dilayani dengan cepat dan aman, jadi tidak perlu ribet harus antri atau terjebak macet karena semua kebutuhan medis serta obat akan diantar langsung ke alamat, dengan keunggulan sebagai berikut, layanan cepat, pengiriman cepat, gratis biaya pengiriman, dan pastinya obat tersegel dengan rapi. Tapi untuk layanan ini, masih terbatas dibeberapa kota besar di Indonesia.
  2. Layanan Pemeriksaan Laboratorium, yang bisa dilakukan di rumah dan caranya pun sangat mudah, tinggal pilih paket pemeriksaan yang ingin dilakukan lalu tentukan tanggal dan tim Halodoc akan datang ke lokasi sesuai waktu yang dipilih. Mudah kan! Tidak perlu antri dan hasil lab bisa dilihat melalui aplikasi serta bisa langsung berkonsultasi serta berdiskusi dengan dokter melalui Aplikasi Halodoc.
  3. Beragam fitur lainnya yang bikin sehat jadi lebih mudah.
Hadirnya Aplikasi Halodoc yang bisa diakses secara cepat, dari mana saja dan kapan saja tentunya sangat memudahkan di saat Pandemi Virus Corona yang memaksa masyarakat untuk tetap tinggal dan beraktivitas dari rumah. Bahkan, bisa dibilang memiliki akun dan menjadi pengguna layanan Aplikasi Halodoc, juga menjadi cara tepat untuk lindungi keluarga dari bahaya penyebaran Virus Corona. Yuk ikuti anjuran pemerintah untuk tetap #DiRumahAja dan tetap jaga kesehatan keluarga agar Pandemi Virus Corona Covid-19 cepat berlalu, dan seluruh masyarakat bisa beraktivitas normal kembali. Stay Safe and Health!

1 komentar

  1. Jadi ibu harus super cerewet agar semua anggota keluarga terlindungi dari virus corona atau penyakit lainnya.
    Kayaknya saya kurang cerewet, nih Mbak

    BalasHapus