Adu Kreatif Olahan Kentang, Sayur Sunrise Green Dalam Sunrise Cooking Competition Bersama Chef Juna

Sayur Sunrise Green

Prediksinya, cuaca untuk tanggal 5 Februari 2020 di Cikupa, Tangerang hujan, padahal rencananya hari itu saya mau ikutan Cooking Competition di Ranch Market Pondok Indah, yang jaraknya lumayan jauh dari Tangerang. Akhirnya dengan pertimbangan takut prediksi cuaca benar-benar hujan, saya berangkat ke Ranch Market Pondok Indah agak pagi, sekitar jam 9, soalnya lalu lintas di Tol Jakarta-Tangerang susah dipediksi, kadang macet kadang bisa kejadian lancar jaya. Akhirnya, sekitar jam setengah dua belas, saya tiba di lokasi acara dan kondisi cuaca lumayan mendung serta agak gerimis. Ternyata, acara Sunrise Cooking Competitition hari ini di mulai jam satu siang, ya sudah...saya bisa istirahat sambil cari makan siang di sekitar lokasi, lumayan buat mengurangi kepanikan karena bocorannya, saya dan beberapa teman blogger terdaftar sebagai peserta Cooking Competition yang hasil masakannya akan di nilai langsung oleh Chef Juna...alamak!!! Jadi ingat seremnya Chef Juna ketika menjadi juri di MasterChef Indonesia. Ya sudah...percaya diri saja karena sebenarnya saya juga penasaran dengan produk Sayur Sunrise Green, yang merupakan sayur organik dan bebas pestisida, pastinya cocok untuk membuat beragam menu sehat, sesuai resolusi hidup sehat saya di tahun 2020 ini.

Tepat jam satu siang, sesuai jadwal pada rundown acara, registrasi peserta di buka, dan langsung deh saya dan beberapa teman blogger melakukan registrasi ulang untuk selanjutnya diberikan tanda pengenal oleh mbak-mbak yang menjaga meja registrasi. Setelah mendapatkan tanda pengenal, kami diperbolehkan masuk ke lokasi acara Sunrise Cooking Competition. Kebetulan untuk acara cooking competition kali ini, lokasi acaranya berada di dalam area Ranch Market Pondok Indah, jadi sambil menunggu acara di mulai, kami bisa melihat-lihat produk yang di jual Ranch Market, terutama sayurannya...rasanya segar sekali melihat yang hijau-hijau. Nah...salah satu produk sayuran yang dijual di Ranch Market ini adalah produk Sayur Sunrise Green dari Tani Unggul Nusantara, ada kentang untuk beragam kebutuhan memasak, ada bawang bombay, ada juga bawang bombay merah, bawang merah, bawang putih, serta ubi ungu, semuanya berkualitas premium dan segar. Kalau melihat sayuran segar begini, bawaannya kepingin belanja dan segera dieksekusi di rumah, bikin menu makanan favorit anak-anak. Eh...tapi sebelumnya, saya mau ikutan cooking competition dulu yah.

Serunya Ikutan Sunrise Cooking Competition Bersama Chef Juna Di Ranch Market Pondok Indah

Setelah puas berkeliling di area Ranch Market Pondok Indah sambil menunggu kehadiran peserta lainnya karena proses registrasi berlangsung hingga jam setengah dua siang, akhirnya acara Sunrise Cooking Competition di buka oleh MC. Sebelum masuk pada acara inti, untuk menghangatkan suasana, MC mengajak peserta berpartisipasi menjawab beberapa pertanyaan seputar urusan masak-memasak pastinya. Nah...untuk pertanyaan pertama sih masih hal yang umum, yaitu seputar bumbu yang wajib ada untuk membuat nasi goreng, langsung deh semua peserta antusias menjawabnya karena nasi goreng bisa di bilang menjadi menu favorit lintas generasi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti suka yang namanya nasi goreng.

Untuk pertanyaan selanjutnya, lebih spesifik nih tapi tetap saja di sambut antusias oleh peserta, yaitu bahan utama untuk membuat sambel matah. Bagi yang suka pedas, apapun menu makanannya terutama ayam goreng paling enak kalau disajikan dengan sambal matah. Beruntung nih, beberapa peserta bisa menjawab dengan benar bahan untuk membuat sambal matah, yaitu bawang merah, bawang putih, rawit merah, batang serai, daun jeruk purut, jeruk nipis, minyak, terasi, dan pastinya garam agar rasa sambal matah makin sip.

Sayur Sunrise Green

Setelah itu, masuk ke acara berikutnya, yaitu sambutan baik dari pihak Ranch Market maupun dari Sunrise Indonesia. Sambutan yang pertama oleh Bapak Eduard Kuntjoro selaku District Manager Ranch Market, yang menceritakan bagaimana Ranch Market bisa tumbuh dan terus fokus melayani konsumen yang membutuhkan bahan makanan berkualitas premium untuk membuat beragam makanan sehat, apalagi saat ini semakin banyak masyarakat yang mulai peduli dengan gaya hidup sehat dengan beralih mengonsumsi makanan sehat.

Sayur Sunrise Green

Sambutan yang kedua dari Sunrise Indonesia, yaitu Bapak William Salim selaku CEO PT. Tani Unggul Trading Nusantara yang menceritakan bahwa kini berbagai variasi produk berkualitas premium yang berlabel "Sunrise" telah melayani berbagai kebutuhan dapur hotel, restoran hingga catering, dan bagi masyarakat yang juga menginginkan produk Sunrise bisa mendapatkannya dengan mudah di Ranch Market yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Nah...bagi yang punya resolusi hidup sehat di tahun 2020 ini, Sayur Sunrise Green adalah pilihan yang tepat untuk membuat aneka menu favorit keluarga.

Setelah beberapa saat berbincang dengan Bapak William Salim dari Sunrise Indonesia, tibalah pada acara inti, yaitu Sunrise Cooking Competition yang menghadirkan Chef Juna sebagai jurinya...wow jadi tambah deg-degan nih,dan kebetulan di cooking competition kali ini saya berpasangan dengan Mbak Irena Faisal yang sebenarnya enggak asing lagi karena sama-sama bernaung di bawah satu komunitas Mom Blogger Community tapi memang belum pernah berjumpa secara langsung. Setelah melakukan berbagai persiapan, dan voucher belanja sebesar Rp. 200.000,- dibagikan kepada masing-masing team, Chef Juna membuka kotak misteri yang berisikan bahan masakan utama untuk cooking competition kali ini. Ternyata...bahan masakannya kentang Sunrise Indonesia, dan setiap peserta harus berkreativitas membuat aneka olahan kentang.

Sayur Sunrise Green

Sebelum cooking competition di mulai, setiap team harus berdiskusi dulu dong tentang menu yang akan di masak, dan setelah berdiskusi dengan mbak Irena, akhirnya kami sepakat memilih memasak Sop atau Sup Kentang Ayam, di mana kentang sebagai salah satu bahan utama membuat sop yang ditonjokan pada menu ini. Di keluarga saya, terutama anak-anak sangat suka dengan sop, mulai dari sop ayam, daging, ceker ayam, dan lainnya. Bahkan, sop atau sup bisa di bilang merupakan menu makanan yang sudah dikenal anak-anak sejak mereka belum genap satu tahun. Selain itu, sop bisa dibilang merupakan menu makanan yang cocok dikonsumsi kapan saja, bahkan saat sarapan pagi sekalipun karena sop atau sup memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:
  1. Membuat perut terasa kenyang, karena meskipun hidangannya terbilang sederhana namun bahan-bahan untuk membuat sayur sangat variatif, mulai dari sayur, daging, dan sebagainya, yang semuanya memiliki nilai gizi yang optimal.
  2. Kaya nutrisi, karena bahan-bahan untuk membuat sop sangat variatif dan bisa ditambahkan sesuai selera. Ada beragam sayuran, seperti kentang, wortel, buncis, dan masih banyak lagi, selain itu bisa ditambahkan daging ayam atau sapi, bakso, sosis, macaroni, sesuai selera, sehingga sop atau sup bisa dibilang merupakan makanan yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Sop juga membantu menghangatkan tubuh dan membantu untuk mengatasi masalah pencernaan yang rentan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.
  3. Cara memasak dan penyajiannya mudah, cepat, dan praktis, sehingga bisa dibuat kapan saja bahkan saat pagi hari sekalipun untuk sarapan, asalkan bahan-bahan untuk memasaknya sudah tersedia.
Sayur Sunrise Green

Nah...rasanya pilihan memasak Sop Kentang Ayam untuk cooking competition kali ini, saya dan mbak Irena rasa sudah tepat...hahaha. Setelah sepakat menu, akhirnya kami berbagi tugas belanja kebutuhan memasak, Mbak Irena membeli daging ayam filet, bumbu sop, dan macaroni, sedangkan saya membeli wortel, daun bawang, daun sop, buncis, dan kaldu ayam bubuk, setelah bumbu siap dan waktunya memasak.

Sayur Sunrise Green

Sebenarnya sih tidak ada yang istimewa tentang cara memasak sop, karena menu makanan ini sangat familiar bahkan banyak keluarga yang menjadikan sop sebagai hidangan favorit keluarga, sama seperti ketika saya dan mbak Irena memasak untuk Sunrise Cooking Competition tanggal 5 Februari 2020 di Ranch Market Pondok Indah lalu. Tapi untuk kali ada dua hal yang membuat sop kami berbeda dari biasanya, apa itu?
Bagaimana rasanya ketika hasil masakanmu di nilai dan dicicipi secara langsung oleh Chef Juna? Deg-degan dan agak khawatir pastinya, takut Chef Juna pingsan setelah mencicipi rasanya...hahaha, untungnya sih enggak kejadian karena hasil kreasi masakan kami tetap di nilai baik meskipun bobot kurangnya lumayan banyak. 
Selain hasil kreasi masakan kami, ada 9 grup peserta cooking competition lainnya yang juga dicicipi dan dinilai langsung oleh Chef Juna. Syukurlah, peserta lain banyak yang keren-keren dan kreatif hasil masakannya sehingga membuat Chef Juna terkesan. Setelah melalui penilaian yang cukup kilat dan pastinya tidak memakan waktu lama karena pengalaman Chef Juna untuk urusan lomba memasak tidak perlu diragukan lagi, buktinya di MasterChef Indonesia. Akhirnya terpilih tiga orang grup pemenang, yaitu grupnya mbak Anisa Deasty Malela sebagai juara 1, mbak Refika Artari sebagai juara 2, dan grup mbak Nunik Utami sebagai juara 3...mantap! Hasil masakannya juga keren dan kreatif serta patut dicontek...hahaha.
Hal yang berbeda kedua adalah kentang sebagai bahan utama untuk cooking competition kali ini adalah kentang Sunrise, yang berkualitas premium dan bebas pestisida sehingga sangat aman untuk dijadikan MPASI untuk bayi yang mulai memasuki fase makan. Pengalaman kami saat memasak dengan kentang Sunrise cukup membuat surprise karena kentangnya cepat matang dan teksturnya empuk serta ada rasa manisnya. Tidak heran jika Mbak Anisa yang membuat menu burger di mana rotinya diganti dengan adonan kentang Sunrise, bisa mendapat penilaian tinggi dari Chef Juna. Besok-besok mau coba ah bikin burger seperti ini, soalnya anak-anak suka sekali makan burger.
Akhirnya, saya kok jadi penasaran dengan produk kentang Sunrise dan ternyata selain kentang, di Ranch Market Pondok Indah juga tersedia produk Sayur Sunrise Green lainnya dari PT. Tani Unggul Trading Nusantara...yuk kita cari tahu!

Sayur Sunrise Green, Sayur Unggul yang Baik Untuk Kesehatan

"Anakku kalau melihat menu sayur selalu tutup mulut," atau yang ini "anakku kok susah sekali makan sayur," menjadi hal yang paling sering diperbincangkan dan dikeluhkan ibu-ibu. Padahal sayur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti berikut ini:
  • Kandungan seratnya tinggi, yang membantu menyerap kelebihan air dalam usus besar, membantu mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu memudahkan keluarnya feses dari tubuh, sehingga pencernaan kita akan lebih sehat.
  • Kandungan zat antioksidan-nya yang tinggi untuk membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal bahaya radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker.
  • Membantu tubuh kita terlihat lebih sehat, tampak awet muda, dan tampil cantik karena sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar, terhindar dari masalah pencernaan, dan tentunya regenerasi sel-sel tubuh akan lebih aktif.
Tapi...tunggu dulu, meskipun sayur memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih jenis atau produk sayuran yang berkualitas dan unggul, sehingga kinerja zat gizi dan nutrisinya bisa optimal. Sayur unggul seperti apa?

Bersumber dari Fanspage Sunrise Indonesia, sayur unggul adalah sayur yang memberikan cita rasa enak pada makanan dan sayur yang kandungan gizinya optimal dengan kriteria masih segar, bebas pestisida, dan memberikan rasa aman bagi keluarga yang mengonsumsinya, seperti produk Sayur Sunrise Green. Melalui inovasi produk sayurannya, Sunrise Indonesia memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengonsumsi menu makanan sehat dari produk sayur pilihan berkualitas premium. Dengan membeli produk sayuran Sunrise, berarti berpotensi mendapatkan 7 manfaat, yaitu:

  1. Produk yang dijual adalah sayur unggul.
  2. Mendapatkan 3 benefit sekaligus dalam satu produk, hemat waktu, hemat biaya, dan kualitas premium.
  3. Mudah dibeli karena tersedia diberbagai supermarket besar besar dan ternama.
  4. Sayuran dengan kualitas premium dan terbaik karena ditanam oleh petani berpengalaman dan telah terbukti hasil panennya selalu terbaik.
  5. Proses seleksi hasil panen sayuran sangat ketat dan hanya yang terbaik bisa melewati proses kontrol ini.
  6. Dikemas dalam wadah plastik yang praktis dan ramah lingkungan.
  7. Aman untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak karena telah teruji secara ketat bebas pestisida.
Sayur Sunrise Green

Ada beragam produk sayur Sunrise, yaitu bawang merah, bawang putih, bawang putih tunggal, bawang bombay, bawang bombay merah, ubi merah, dan kentang untuk beragam jenis kebutuhan memasak, seperti kentang siomay, kentang diet, kentang baby biasanya untuk memasak rendang. Semua produk sayur Sunrise ini tersedia fresh di berbagai supermarket ternama di berbagai kota di Indonesia, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan membuat beragam menu makanan sehat, termasuk membuat MPASI untuk bayi yang sudah masuk fase belajar makan.

Saya ingat ketika anak-anak masih bayi dan masuk MPASI, susah sekali menemukan bahan untuk membuat menu MPASI yang aman dan bebas pestisida, hingga akhirnya saya membeli secara online, itupun sudah berbentuk aneka tepung tapi yang terpenting bebas pestisida dan ditanam secara organik. Nah...pastinya ibu-ibu yang masih memiliki bayi dan balita sangat terbantu nih, karena tidak sulit lagi menemukan produk sayur yang berkualitas, segar, aman, dan bebas pestisida sejak dikembangkannya produk Sayur Sunrise Green.

Sayur Sunrise Green

Selain memberikan solusi produk sayuran unggul yang berkualitas premium dan bebas pestisida untuk masyarakat yang ingin hidup lebih baik dan sehat, PT. Tani Unggul Trading Nusantara juga ingin memberikan benefit secara langsung kepada petani karena harga yang dibayar jauh lebih mahal. Jadi tidak hanya masyarakat yang mendapatkan manfaat, tapi juga para petani yang telah bersusah payah menanam produk sayuran unggul tersebut karena hasil penen sayur dibeli dengan harga yang lebih mahal dan kompetitif. 
Artinya, dengan membeli produk Sunrise sama artinya membantu petani Indonesia, jadi tidak berlebihan jika produk Sayur Sunrise Green adalah sayur anak bangsa, sayurnya Indonesia. Jangan berkata sudah cinta Indonesia, jika belum membeli dan mengonsumsi sayur Sunrise, sayur yang baik untuk kesehatan.
Sumber Foto: Koleksi Pribadi

23 komentar

  1. Sop Ayam emang tepat banget, tapi aku kok penasaran yaaa sama masakan para pemenang, mbok ya dishare sekalian foto fotonya hihihi

    Sunrise ini sayuran sehat organik ya, tapi masih deketan pasar, gimana dooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah penasaran kok bs chef juna kd kepincut dan ngasih gelar jawara. padahal kita tahu kalau selera beliau luar biasa. pasti masak ajah keder yaa diliatin yg ganteng, hihi

      Hapus
  2. Aku pernah nyoba yang kentang diet sunrise. EMang kualitasnya terbaik sih mba. Dan kayaknya kalau konsumsi ini juga jadi lebih sehat :)

    BalasHapus
  3. Serunyaaaaa, kalo masak dan ada Chef Juna tuh aselik bikin deg2an ya Mak.
    Deg2an karena orangnya ganteng dan deg2an takut mulutnya yg cabe 20 itu komentarin masakan kita, huahhaahhaha
    Aku mauuukkk bgt dong coba produk sunrise green ini :D

    BalasHapus
  4. Saya ikut deg-degan membayangkan ada Chef Juna yang menilai masakan kita. Inget caranya menilai masakan peserta MasterChef Indonesia.
    Mbak, yang menang lomba, menu masakannya apa ya?

    BalasHapus
  5. Belum pernah cobain belanja sayur sunrise mba hehhe..btw aku juga kalau ada tantangan masak mah blank pasti sama kayaknya bikin sup kentang kayak mba hahhaa

    BalasHapus
  6. Bahkan kentang aja udah dikemas sesuai masing2 jenisnya. Jadi memudahkan memilih untuk masak apa

    BalasHapus
  7. Aih, seru banget ya cooking competition dijuriin chef juna, kalau saya pasti grogi banget, hihihi... Jadi penasaran sama produk-produk sunrise green...

    BalasHapus
  8. Duhh... event ini nih yg bikin emak-emak se-temlen ramai heboh tempohari yak? Wkwk. Sebagai emak bloger ndeso, aku hanya bisa memandang dari kejauhan dengan penuh harap, suatu saat bisa ng-event bareng bang chef satu ini

    BalasHapus
  9. Wahh ini to acara yang heboh itu hihi Nunik juara ya ternyata pantas foto bareng Chef Juna. Pengen banget bisa beli produknya, karena sekama ini khawatir kandungan pestisida di produk makanan kita..ini jelas aman deh

    BalasHapus
  10. Ternyata produk Sunrise banyak ya..bermutu pula
    Kalau begini bakal borong lihat segernya. Anak-anakku di rumah mudah makan sayur jadi ga perlu bingung.
    Ini Chef Juna bikin keder peserta lomba masaknnya ga ya..hahah

    BalasHapus
  11. Dan aku malah salfok sama chef Juna, sekarang gondrong ya? Aku lebih suka penampilan yang dulu, judes-judes ganteng gitulah. Hehehehee... Btw ini asik banget ada acara masak-masak bareng chef Juna juga ya mbak.

    BalasHapus
  12. Aduh aku kalo ada chef juna pasti menggigil duluan mbak, pasti aku gak pede. Wkwkwk.. aku belom pernah nih ketemu kentang sunpride.

    BalasHapus
  13. Duh bayangin makasakan kita dikomentari Chef Juna. Aku lihat di TV aja ikut deg-degan. Btw, mau coba juga produk Sunrise. Banyak banget sayur dan buahnya

    BalasHapus
  14. Sop ayam plus wortel dan kentang sudah jadi langganan di rumah, hehehe. Semua doyan dan gampang bikinnya. Btw jadi penasaran sama masakan peserta lainnya. Apalagi yang jadi juaranya. Duh, pengin nyontek juga deh.

    BalasHapus
  15. Duh, gak bisa bayangin kalo aku yang masak lalu dinilai oleh chef Juna. Pasti grogi abis deh hehe.. Tapi seru banget pastinya ya :)

    BalasHapus
  16. aku paling suka sop ayam dengan isi wortel dan kentang, tambahin bakso beuh sedep, ada ceker ayam makin maknyus mba

    BalasHapus
  17. Mbak apa produk sunrise ini hanya sayuran saja? ada buah-buahannya juga tidak? Beli dalam jaring dan wadah gitu lebih simpel dan enak bawanya.

    BalasHapus
  18. Grogi bngt gk mba Masak diliatin chef juna dari dekat lagi ,, asli gantengnya y😉 jd pnasaran Juga mau coba Produk sunrise

    BalasHapus
  19. Waah seru banget ya ikut acara cooking, ada lombanya dengan juri Chef Juna lagi. Pasti deg degan yaa...

    By the way kalau sayur organik gini harganya lebih mahal ya mbak?

    BalasHapus
  20. Ya ampun, aku kudet. Dah lama gak pernah liat chef juna. Pangling sama potongan rambutnya. Aku baru tau sm sunrise ini loh mba. Produknya banyak juga ya. Tp disini kayaknya blm sampe distribusinya

    BalasHapus
  21. Aku baru tau mbak kalau produk sunrice ini lengkap ya untuk sayuran jadi masak lebih enak ya rasanya apalagi itu ada chef juna juga kan..

    BalasHapus
  22. wah asyiknya bisa ikut kegiatan ini sangat bermanfaat

    BalasHapus