Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Berkat SPOTS, Mesin EDC GoPay

Mesin EDC Gopay
Jajan bersama anak-anak makin mudah nih bayarnya pakai Mesin EDC GoPay 
"Hayooo...siapa yang suka pesan makanan secara online melalui fitur GoFood pada aplikasi Gojek?" Pastinya banyak yang ngacung nih, termasuk saya dan anak-anak yang kalau lagi malas gerak dan malas masak seringkali order makanan secara online melalui aplikasi Gojek. Tinggal masuk ke menu GoFood, scroll dan pilih outlet atau gerai makanan yang diinginkan, pesan makanan, pilih cara pembayaran, langsung deh klik pesan, maka pengendara Gojek online akan menerima pesanan dan meluncur ke lokasi outlet makanan yang dipilih. Tingginya minat masyarakat untuk pesan makanan dan minuman secara online, membuat banyak pelaku usaha terutama yang bergerak dalam bidang kuliner memasarkan aneka jenis makanan dan minuman yang dijualnya melalui fitur GoFood. Tidak jarang, pengemudi Gojek harus rela antri cukup lama pada outlet atau gerai makanan, cafe, serta rumah makan sesuai permintaan konsumen. Nah...untuk memudahkan pengemudi Gojek membayar pesanan konsumen, maka di berbagai outlet makanan, gerai, cafe, serta rumah makan tersedia fasilitas pembayaran dengan Mesin EDC GoPay. Ternyata, mesin EDC ini tidak hanya memudahkan pengemudi Gojek online bertransaksi, namun juga konsumen lain bisa menggunakan mesin EDC ini untuk membayar pesanan melalui metode pembayaran GoPay dan selanjutnya bisa menggunakan kartu debit.

Sekilas Tentang Mesin EDC

Mesin EDC atau Electronic Data Capture adalah sebuah alat untuk menerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank dan memiliki fungsi dapat memindahkan dana secara realtime sesuai persetujuan pemilik rekening. Transaksi pembayaran menggunakan mesin EDC bisa di bilang sangat memudahkan dan menguntungkan, baik untuk konsumen maupun pelaku bisnis karena tidak perlu repot memikirkan uang kembalian dan transaksi pembayaran yang dilakukan terverifikasi secara cepat. Cara menggunakan mesin EDC ini terbilang sangat mudah, karena kasir akan mengesek terlebih dahulu kartu debit milik konsumen dan setelah proses transmisi tersambung, maka kasir akan memasukkan nominal sejumlah pembayaran yang akan dilakukan, kemudian konsumen memasukkan PIN kartu sebagai tanda persetujuan pembayaran menggunakan mesin EDC. Jika transaksi pembayaran berhasil, maka struk bukti transaksi akan keluar dari mesin tersebut, dan saldo konsumen terpotong sesuai nominal transaksi.

Mesin EDC Gopay
Foto: https://spots.co.id

Manfaat Menggunakan Mesin EDC untuk Transaksi Pembayaran

  1. Memudahkan konsumen melakukan pembayaran karena tidak perlu membayar dengan uang tunai, apalagi jika transaksi yang dilakukan menyentuh angka nominal cukup besar.
  2. Meminimalisir kemungkinan terjadinya tindak kejahatan karena transaksi dilakukan secara non tunai.
  3. Meringankan kerja kasir karena tidak perlu repot memikirkan uang kembalian sehingga transaksi pembayaran jadi lebih mudah dan cepat.
  4. Pada beberapa mesin EDC, bisa digunakan juga untuk mengambil uang tunai, jadi tidak perlu repot mencari ATM.
  5. Transaksi pembayaran yang dilakukan bisa langsung tervalidasi karena mesin EDC langsung mengeluarkan struk yang menjadi bukti sah atas transaksi pembayaran yang dilakukan.
Dengan banyaknya manfaat ini, tidak heran jika kini semakin banyak masyarakat yang beralih melakukan transaksi pembayaran melalui mesin EDC. Tidak hanya digunakan untuk gerai-gerai besar, warung berskala kecil pun sudah banyak yang menerima pembayaran non tunai menggunakan kartu debit yang digesekkan pada mesin EDC, lebih praktis, mudah, dan cepat. Tidak hanya itu, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang memilih metode pembayaran dengan GoPay, termasuk para pengemudi Gojek yang menerima pesanan GoFood, membuat banyak outlet dan gerai makanan, cafe, serta rumah makan memiliki Mesin EDC GoPay, karena bisa mempersingkat waktu pembayaran dan pemilik outlet makanan bisa fokus menyiapkan pesanan konsumen.

Ternyata mesin EDC tidak hanya bermanfaat untuk konsumen karena mempermudah transaksi pembayaran, namun juga bagi pelaku bisnis, terutama jenis bisnis yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Apalagi saat ini semakin banyak masyarakat yang memilih transaksi pembayaran dengan cara non tunai, baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, maupun dompet digital yang sudah terhubung dengan mesin EDC, seperti Mesin EDC GoPay yang sangat support pembayaran dengan dompet digital GoPay.

Namun, dalam perkembangannya, mesin EDC dibutuhkan tidak hanya sebagai alat pembayaran non tunai semata karena pelaku bisnis membutuhkan laporan secara realtime atas semua transaksi yang sudah dilakukan melalui mesin EDC, terutama untuk pelaku bisnis skala kecil dan menengah karena untuk mengelola bisnis secara profesional harus memiliki catatan keuangan yang detil dan lengkap serta bisa di akses secara cepat. Untuk alasan itulah mengapa Mesin EDC GoPay tidak hanya dilengkapi fitur untuk menerima pembayaran secara non tunai atau cashless, namun juga dilengkapi dengan Sistem Poin Of Sale (POS) untuk membantu pelaku bisnis mengelola usaha lebih mudah serta terlihat lebih profesional di mata konsumen dan kompetitor, yang di sebut SPOTS.

Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Berkat SPOTS, Mesin EDC GoPay

Masalah apa sih yang paling sering di alami pelaku bisnis saat menjalankan usahanya, baik secara online maupun offline? Apakah kesulitan dalam mengelola pesanan secara online maupun offline? Seringkali mengalami keterbatasan akses ketika ada konsumen yang ingin membayar non tunai menggunakan kartu debit atau GoPay? Kesulitan merekap transaksi yang masuk setiap hari karena kemampuan pelaku bisnis masih terbatas? SPOTS, mesin kasir dari Gojek adalah solusinya.

SPOTS adalah sistem Poin Of Sale yang telah dilengkapi beragam fitur untuk membantu pelaku bisnis mengelola operasional usahanya di bidang apapun menjadi lebih mudah. SPOTS sendiri sudah digunakan di lebih dari 50 kota dengan 50.000 outlet sebagai pengguna yang memanfaatkan beragam fitur yang dikembangkan oleh tim SPOTS untuk membantu pelaku bisnis menjalankan usahanya lebih mudah dan nyaman. SPOTS sendiri telah dilengkapi beragam fitur yang lengkap layaknya mesin kasir, namun tentu saja berbeda dengan mesin kasir pada umumnya yang berukuran besar, SPOTS memiliki ukuran yang lebih kecil hampir sama dengan ukuran smartphone pada umumnya, sehingga mudah dibawa dan diletakkan di mana saja. Selain memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga mudah diletakkan dan dipindah-pindah kemana saja, ada beberapa keunggulan SPOTS yang tentunya sangat membantu pelaku bisnis mengelola usahanya lebih profesional.

Keunggulan SPOT, Perangkat Kasir Dengan Fitur Terkini

  1. Kemudahan dalam mengatur menu. Bagi pemilik usaha yang sudah terdaftar sebagai mitra GoFood, SPOTS memudahkan untuk mengatur menu, apakah mengisi secara manual atau impor menu dari GoFood, bahkan mudah untuk mengedit informasi yang ditampilkan baik harga, kategori, mengatur jumlah menu, sesuai kebutuhan dan perkembangan usaha.
  2. Mendapatkan notifikasi secara realtime jika ada pesanan dari GoFood, sehingga pesanan bisa langsung dipersiapkan. Fitur ini sangat membantu sekali jika outlet atau gerai makanan tersebut termasuk ramai didatangi konsumen setiap hari.
  3. Dapat menerima pembayaran dari berbagai metode pembayaran non tunai, seperti GoPay dan Kartu debit, yang sangat memudahkan konsumen saat bertransaksi.
  4. Kemudahan untuk mencatat beragam tipe pembayaran yang sering digunakan konsumen, yang tentunya sangat bermanfaat saat hendak merekap transaksi penjualan dan untuk menghitung omzet penjualan.
  5. Kemampuan mencetak resi secara instan, karena perangkat kasir SPOTS sudah dilengkapi printer.
  6. Mendapatkan laporan harian secara detil setiap hari dan secara realtime yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim secara berkala setiap hari.
Mesin EDC Gopay
Foto: https://spots.co.id
Dengan berbagai keunggulan fitur yang terdapat pada SPOTS, menjadikan perangkat kasir ini kombinasi yang sempurna antara fitur pada mesin EDC dan sistem POS. Sementara itu, sebagai alat pembayaran yang memudahkan transaksi non tunai, penggunaan mesin EDC memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk konsumen namun juga untuk pelaku bisnis. Mesin EDC GoPay tidak hanya menerima metode pembayaran dengan GoPay, namun juga kartu debit. Menerima pembayaran dengan kartu debit sendiri memiliki manfaat untuk bisnis, diantaranya:
  1. Mempercepat transaksi sehingga menghemat waktu konsumen, kasir juga tidak perlu repot menghitung uang kembalian.
  2. Meningkatkan penjualan karena banyak konsumen saat ini yang tertarik untuk datang berkunjung jika outlet atau gerai makanan menawarkan beragam metode pembayaran yang memudahkan konsumen saat melakukan transaksi penjualan.
  3. Proses pencatatan keuangan menjadi lebih mudah karena setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara detil pada perangkat kasir SPOTS.
  4. Tidak perlu menyimpan uang cash dalam jumlah banyak yang bisa saja membuat pemilik outlet merasa kurang aman dan nyaman, karena transaksi pembayaran yang dilakukan pada mesin EDC akan langsung dikreditkan pada rekening pemilik bisnis tersebut.
  5. Terhindar dari kemungkinan menerima uang palsu yang tentu saja sangat merugikan pemilik bisnis. Seringkali suasana outlet atau gerai makanan yang sedang ramai dikunjungi konsumen dijadikan celah bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya membayar dengan uang palsu.
Beragam manfaat yang ditawarkan jika melakukan pembayaran dengan kartu debit menjadikan SPOTS sebagai mesin EDC dengan kartu debit yang sangat potensial jika digunakan pelaku bisnis untuk operasional usahanya dalam jangka panjang,  karena SPOTS diciptakan dengan teknologi chip terbaru, mudah, aman, dan cepat. Untuk biaya perangkat kasir SPOTS hanya Rp. 4.900,- per hari, sangat terjangkau untuk fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah.

Kartu EDC Gopay

Saya sendiri sudah beberapa kali merasakan mudahnya transaksi menggunakan mesin EDC GoPay, SPOTS, terutama saat membayar jajanan anak-anak di berbagai outlet atau gerai makanan. Biasanya saya memilih pembayaran dengan GoPay, namun saat terakhir ketika saya bertransaksi di salah satu gerai makanan di mall yang jadi favorit anak-anak, saya cukup kaget karena kasir menawarkan saya, jika ingin membayar dengan kartu debit, karena memang fitur pembayaran dengan kartu debit melalui mesin EDC GoPay, SPOTS belum support ke semua gerai atau outlet yang menjadi partner GoFood. "Memang sudah bisa membayar dengan kartu debit, mbak?" tanya saya, "Iya bu, tapi masih terbatas pada kartu debit BCA sementara ini." Cara pembayarannya pun cukup mudah dan cepat, sama seperti saat saya membayar dengan GoPay, bedanya jika menggunakan GoPay harus dengan cara scan kode QR, tapi dengan kartu debit saya cukup menyerahkan kartu debit sama seperti saat bertransaksi menggunakan mesin EDC lainnya, simpel, mudah, dan cepat. Saya juga bisa langsung mendapatkan struk penjualan yang diprint dari mesin EDC GoPay dan yang terpenting tidak ada minimum transaksi untuk pembayaran dengan kartu debit.. Tapi memang, dari beberapa outlet makanan yang saya kunjungi, tidak semua sudah support pembayaran dengan menggunakan kartu debit, sebagian besar masih menawarkan pembayaran dengan GoPay.

Mesin EDC Gopay
Foto: https://spots.co.id
Tentunya, pengalaman yang menyenangkan dari konsumen saat bertransaksi menggunakan Mesin EDC GoPay, SPOTS, bisa menjadi masukkan bagi pelaku bisnis lainnya, selain mengelola operasional bisnis jadi lebih mudah, potensi penjualan juga akan meningkat karena banyak konsumen yang tertarik dengan metode pembayaran non tunai. Jika pelaku bisnis membutuhkan informasi lebih detil bisa mengunjungi akun media sosial Instagram SPOTS.

Mesin EDC Gopay

Berkat SPOTS, Mesin EDC GoPay, kelola bisnis jadi lebih mudah


Referensi tulisan:
https://spots.co.id
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/mesin-edc/

41 komentar

  1. Huaaa asik, ya. Makin cashless dan terpenting ga pake nunggu lama. Mager ga bikin galak karena kelamaan nunggu makanan datang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, bayar cashless pakai Mesin EDC GoPay mudah banget, pakai GoPay bisa atau mau pakai kartu debit bisa juga, terus ngak ada minimal transaksi, cuma jajan 20 ribu bisa pakai Mesin EDC Gopay.

      Hapus
  2. Kalau pelaku usaha menyediakan spots mesin edc gopay pasti konsumen bakal lebih mudah ya. Juga bagi pebisnisnya , lebih praktis dan ekonomis. Spots mesin edc gopay memnag solusi pembayaran terkini nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, konsumen senang, pelaku usaha juga masin semangat nih soalnya sekarang ini banyak yang suka bayar pakai non tunai.

      Hapus
  3. sip makin mudah bagi konsumen melakukan pembayaran pembayaran cashless, cukup sodorkan handphone dan bisa juga gesek kartu debit. Pemilik usaha juga dimudahkan dalam merekap penjualan perbulannya, jadi ketahuan seberapa besar keuntungannya.

    BalasHapus
  4. Keren ini aplikasinya, bantu banget ya buat transaksi dagang jadi lebih mudah

    BalasHapus
  5. Bagi teman-teman yang memiliki usaha toko, boleh coba gunakan software pertokoan "MiniMart" (gratis sepenuhnya dan open-source lhoo...). Software ini saya sendiri yang buat dan juga sudah saya gunakan di toko saya.

    Teman-teman boleh meng-share atau re-posting software ini di blog atau halaman media sosial yang teman-teman miliki, siapa tahu bisa bermanfaat bagi rekan-rekan dari teman-teman sekalian.

    Selengkapnya, kunjungi :
    https://helloyud.blogspot.com/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    BalasHapus
  6. Seneng ya Mba. Dengan hadirnya Spots dari gojek ini, bikin kita bisa jajan dengan bayar pakai gopay juga dan kartu kredit. Memudahkan sekali untuk kita dan memudahkan juga untuk pelaku usaha dalam pembukuannya. Spots ini bener-bener teknologi canggih menurutku dan memudahkan kita banget

    BalasHapus
  7. Secara ya mak jaman sekarang pembayaran apa-apa pake e money dan atm gak sering pake cash termasuk aku. Selain lebih boros, aku juga gak mau kebanyakan bawa uang tunai di dompet (hehehe padahal dompet tebel karna bon). Spots emang mesin edc yang multifungsi dan memudahkan para penjual ya mak

    BalasHapus
  8. Asyik ya, dengan menggunakan SPOTS pelaku usaha bisa lebih mudah menjalankan bisnisnya, karena ada catatan transaksi harian juga bisa meminimalisir kesalahan pengitungan di kasir
    Bagi pelanggan juga bisa memudahkan, karena tidak perlu repot-repot menyediakan uang cash

    BalasHapus
  9. Bagus sih ini teknologinya. Ukurannya yang kecil, jadi cocok juga untuk para pedagang kecil. Pencatatannya pun semakin rapi dengan mesin EDC SPOTS

    BalasHapus
  10. senang deh makin banyak gerai dan UMKM yang memanfaatkan teknologi seperti spots untuk transaksi.
    jadi memudahkan pembeli maupun pelaku usaha nih,
    di Bengkulu juga dah banyak yang menggunakan SPOTS

    BalasHapus
  11. Makin memudahkan pembeli maupun penjual ya dengan penggunaan SPOTS ini. Kita yang mau beli jajanan di mana saja nggak takut kurang duitnya. Bisa bayar pake Gopay, bisa juga pake kartu debit.

    BalasHapus
  12. Awalnya aku pikir mesin EDC Gopay ini cuma bisa dipakai oleh para driver, ternyata gak ya. Bermanfaat banget inovasi yang dikeluarkan Gojek mendukung cashless juga nih

    BalasHapus
  13. mesin EDC Gopay ini memang praktis kok.
    nggak bawa cash, bisa pakai Gopay.
    nggak ada gopay, bisa pakai kartu debit.
    memudahkan pelanggan sekali..

    BalasHapus
  14. Menurutku, Spot ini memang banyak banget manfaatnya baik buat pedagang maupun konsumen. Udah gak perlu bawa duit banyak2 lagi kan karena bisa chasless

    BalasHapus
  15. Asik banget ini aku sangat seneng ada keberadaan edc gopay ini jadi kalau pergi dan jajan jadi lebih mudah dan asyik tentunya

    BalasHapus
  16. Sebagai generasi cashless aku sih seneng banget ada EDC Gopay. Pembayaran jadi semakin praktis, nggak harus bolak-balik ATM deh buat ambil uang.

    BalasHapus
  17. Mesin EDC Gopay ini bener2 nguntungin dua belah pihak yah menurut saya mah, pembeli dan penjual sama - sama seneng.

    BalasHapus
  18. Kalau di warung-warung di kampung halaman saya sudah banyak yang menggunakan mesin SPOTS ini waaah pasti keren banget nih Mbak. Jadi setiap pulkam nggak perlu bawa dompet tebel dengan uang cash buat belanja ini itu cukup pakai kartu debit atau scan barcode aja.

    BalasHapus
  19. Emang kalau pakek aplikasi banyak banget promonya ya, Mbak. AKu juga suka tergiur. Malahan sekarang bisa pakek EDC gini. Cepet, ringkes, cashless, wih lengkap deh.

    BalasHapus
  20. Iyap Benet bngt y mba pmilik spot Mesin EDC Gopay ini bisa memantau juga lewat email dari rumah transaksi gk Ada yg terlewat jadinya

    BalasHapus
  21. Owalaj sudah sering lihat EDC Spots ini kalau jajan di mall, ternyata dari Gojek, ya? Keren deh, ngasih solusi banget mengingat makin meningkatnya pengguna kartu debit untuk berbelanja.

    BalasHapus
  22. Seneng deh, yang begini udah banyak dipakai di mana2. Di sini juga udah banyak. Keren Gopay. Bikin kita bisa ngatasin cuma dengan pakai Gpay aja

    BalasHapus
  23. Kalau pakai mesin EDC Gopay ini kena potongan biaya admin gak yaa...?
    Hehhe...kadang aku membandingkan mana yang lebih banyak benefitnya.

    **mamahemat

    BalasHapus
  24. Untuk yang sering pakai gopay dan sejenisnya memang udah gak asing sama EDC gopay ini ya mba.

    Tapi kadang masih terkendala dengan signal. Aku pernah dimana ya.. itu jsringan simpati lemot berat alhasil scanbsrcode nya jadi gak sukses2. Hehehe..

    BalasHapus
  25. hahhahaa, nggak ada promo kerupukpun saya lebih suka pakai cashless, soalnya nggak ribet ama kembalian permen.

    Thanks dah sama mesin EDC SPOTS ini, bikin saya yang suka cashless ini jadi lebih dimudahkan, nggak ada lagi deh bete kembalian permen :D

    BalasHapus
  26. Aku lihat banyak sekali resto dan toko-toko yang memakai mesin ini loh mbak. Soalnya membayar dengan gopay emang memudahkan banget yaaa

    BalasHapus
  27. Saya juga suka malas bawa uang cash banyak. Kalau pun bayar tunai, suka malas nunggu kembaliannya. Memang enakan cashless. Mesin ini bagus banget untuk para UMKM

    BalasHapus
  28. Oh jadi Spots ini semacam mesin edc gitu yaaa... Tapi fitur nya lebih banyak karena ada fitur kasir juga. Wah ini sih ngebantu banget buat para pelaku usaha dan ukm menengah... Apalagi saat ini sistem pembayaran digital udah menjamur. cashless banget deh. so simple.

    BalasHapus
  29. Asik ya. Para pelaku usaha UMKM bisa sekalian punya laporan keuangan realtime kalau menggunakan mesin EDS SPOTS dari GoPay ini. Semoga kartu debit yang bisa dipakai nantinya nggak cuma BCA saja.

    BalasHapus
  30. Aku nih yg kalo ketinggalan dompet ga begitu klimpungan mbaa, berbeda kalo ketinggalan smartphone, yg mana skrg jadi alat pembayaran apalagi hadirnya mesin EDC Gopay menuju cashless nih

    BalasHapus
  31. Jadi ga cuma buat Gopay aja ya. Debit juga bisa. Terjangkau pula biaya per harinya. Kalau laris ketutuplah biayanya.

    BalasHapus
  32. saya baru ngeh kalau yg biasanya saya bayar pakai gopay dg scan dulu itu nama alatnya spots. hihi. maklum gak begitu perhatian, yg diliatin cm menu dan pesanan

    BalasHapus
  33. Gak tau kenapa kagum banget sama Spots yang jadi alat pembayaran kalau bayarnya pakai gopay. Tinggal scan beres deh, sangat mudah sekali. Rasanya kalau punya usaha kuliner gitu pengen coba pakai spot juga.

    BalasHapus
  34. Bener banget nih...SPOTS sudah membantu pengusaha skala kecil menengah untuk bisa profesional ya...Bisnis jadi makin lancar ...

    BalasHapus
  35. Aku penggemar GoFood hehehe malas masak soalnya, beneran yah makin mudah sekarang tinggal bayar, gesek kartu, Aman, mudah, dan pasti ga bikin bete gegara kelaparan antri makanan lama nih

    BalasHapus
  36. Spots ini makin memudahkan transaksi di era kekinian ya...

    Nggak cuma pembeli yg terbantu karena cashless tapi juga penjual ya

    BalasHapus
  37. ini memudahkan banget ya bagi konsumen maupun pebisnis. so praktis dan ekonomis. gak perlu ribet kembalian apalagi kalo kembaliannya permen haha suka kesel akutu

    BalasHapus
  38. Wah saya baru tahu nih gopay ada edc juga tapi masih buat kartu BCA, yaa. Makin canggih aja inovasinya

    BalasHapus
  39. Saya belum pernah nih belanja di Toko yang punya alat canggih seperti Mesin EDC Gopay tapi pastinya praktis banget ya dengan kehadiran mesin kasir ini.

    BalasHapus