Cara Meningkatkan Traffic Sebuah Website

AksesDigital Layanan Digital ADS
Foto: Pixabay.com
"Googling saja," menjadi kalimat biasa yang diucapkan masyarakat saat ingin mencari sebuah informasi karena di halaman pencarian Google, semua informasi bisa didapatkan, bahkan informasi yang sudah lampaupun bisa diakses melalui mesin pencari Google, asalkan situs atau website yang memuat informasi tersebut tersedia. Disinilah pentingnya peran blogger dan pengiat media digital lainnya yang secara konsisten membuat beragam konten untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Seiring dengan berkembangnya media digital khususnya fungsi website, masyarakat tidak lagi hanya sekadar menikmati mudahnya mengakses beragam informasi penting, namun juga bisa mengakses informasi seputar produk atau bahkan bisa membeli produk tersebut secara online melalui website. Dengan kemudahan ini, tidak heran jika semakin banyak pelaku bisnis yang mulai memanfaatkan website untuk mempromosikan bahkan menjual produknya secara online, yang tentunya jika dihitung secara ekonomi akan jauh lebih efisien.

Dari tahun ke tahun, jumlah konten yang ditulis oleh blogger kini semakin banyak, demikian juga semakin banyak pelaku bisnis yang mulai memanfaatkan atau justru beralih menggunakan website sebagai media promosi serta penjualannya, tidak heran jika banyak website melakukan berbagai upaya agar bisa menempati halaman pertama atau posisi teratas di mesin pencari Google karena peluang untuk dikunjungi konsumen tentu akan semakin besar. Tidak heran jika para blogger dan pelaku bisnis konsisten dan fokus untuk mengupdate website secara rutin serta melakukan optimasi untuk meningkatkan jumlah pengunjung, tentunya dengan beragam cara seperti berikut ini.

Cara Meningkatkan Traffic atau Jumlah Pengunjung Sebuah Website

Traffic atau jumlah pengunjung yang tinggi tentu memberikan banyak benefit untuk sebuah website, seperti toko online, misalnya. Meskipun tidak semua pengunjung bermaksud membeli produk yang di jual, namun kemungkinan untuk berkunjung kembali untuk membeli sekaligus mengetahui kualitas brand tersebut tentu juga besar, karenanya penting bagi pelaku bisnis untuk mulai mengoptimalkan optimasi atau cara meningkatkan traffic sebuah website. Demikian juga para blogger yang memanfaatkan blog atau website untuk mendapatkan penghasilan, tentu semakin banyak jumlah pengunjung akan memberikan banyak benefit positif. Nah...berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic sebuah website.

Optimasi SEO On Page dan Off Page

Cara ini sebenarnya bukanlah hal yang baru karena bisa di bilang merupakan salah satu pakem untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung secara konsisten, dan hasilnya pun sudah terbukti maksimal karena banyak website yang menggunakan cara ini, jumlah traffic-nya meningkat secara stabil.

Salah satu teknik untuk mengoptimasi SEO yang lazimnya digunakan tidak hanya blogger namun juga pelaku bisnis yang memiliki website toko online adalah dengan menggunakan baclink. Cara yang dipakai adalah dengan menitipkan link dengan keyword atau anchor text tertentu pada situs blog atau website yang memiliki reputasi baik di mata mesin pencari Google untuk membantu mendatangkan jumlah pengunjung serta menaikkan reputasi website tersebut di mata mesin pencari. Tujuan akhir dari cara menanamkan backlink ini selain untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung juga agar website tersebut bisa masuk halaman pertama mesin pencari google, yang secara tidak langsung memperbesar peluang masuknya traffic atau pengunjung.

Menggunakan Digital ADS

Tren menggunakan media digital untuk berbagai kebutuhan bukanlah hal yang aneh lagi dengan munculnya berbagai platform. Nah...salah satu cara yang terbilang cukup sukses untuk menaikan traffic atau jumlah pengunjung adalah dengan melakukan campaign atau mengiklankan website tersebut menggunakan Digital ADS yang sudah tersedia, seperti Google ADS, Facebook ADS, Instagram ADS, dan masih banyak lagi. 

Namun tentunya, untuk memanfaatkan layanan tersebut, ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan dan tentu saja pengetahuan yang cukup untuk memaksimalkan digital ads tersebut. Tapi ternyata, tidak semua blogger atau bahkan pelaku bisnis memiliki kemampuan atau mungkin waktu yang cukup untuk mempelajari cara beriklan melalui digital ads tersebut, terutama untuk pelaku UMKM. Padahal potensi untuk mendatangkan traffic dengan memanfaatkan digital ads masing-masing platform sangatlah besar.

Persis seperti yang dikutip dari website Akses Digital bahwa penggunakan layanan untuk traffic berbayar dengan Digital ADS ini umumnya dimanfaatkan oleh website toko online, di mana website tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk promosi namun juga sebagai media penjualan secara online. Tentunya pelaku bisnis tidak bisa hanya mengandalkan konsumen atau pengunjung yang datang melalui mesin pencari, melainkan harus menyasar ke tempat-tempat potensial di mana pengunjung bisa berdatangan. Inilah salah satu fungsi Digital ADS, membantu pelaku bisnis termasuk para blogger mencari traffic atau pengunjung website dari berbagai media digital termasuk media sosial tentunya.

Kelebihan Digital ADS atau Traffic Berbayar ini biasanya akan membantu mendatangkan pengunjung yang lebih tertarget dan sesuai dengan segmen pasar yang menjadi tujuan pelaku bisnis tersebut. Tentunya dengan cara ini, kemungkinan mengubah traffic menjadi penjualan akan semakin besar karena pengunjung yang datang memang orang-orang yang membutuhkan produk atau informasi tersebut.

Riset Keyword

Boleh dibilang cara ini hampir mirip dengan optimasi SEO, di mana untuk mengoptimasi konten yang dibuat tentu akan lebih baik jika sebelumnya melakukan riset keyword. Cara ini umumnya digunakan untuk para blogger, untuk mencari tahu keyword apa sih yang sedang ramai di cari orang atau untuk mengetahui berapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut. Diharapkan dengan riset keyword, traffic atau jumlah pengunjung akan meningkat karena konten yang dibuat pastinya disesuaikan dengan keyword yang telah di riset tersebut. Selain itu, kemungkinan untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari Google juga akan semakin besar.

Jangan bingung mencari tempat yang cocok untuk melakukan riset keyword ini, karena sudah tersedia berbagai plarform atau website yang menyediakan beberapa tools gratis untuk melakukan riset keyword, atau justru menggunakan platform besutan Google sendiri, yaitu Google Trends yang tentunya sangat akurat karena bersumber dari lalu lintas laman mesin pencari Google.

Media Sosial Share

Cara selanjutnya yang bisa dibilang sangat efektif untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung website adalah dengan media sosial share, karena itulah media sosial memiliki peranan yang sangat penting tidak hanya sebagai media membangun jaringan pertemanan.

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah pengguna smartphone, platform media sosial pun ikut bertumbuhan bak jamur di musim hujan, namun para ahli digital marketing mengungkapkan bahwa dari sekian banyak platform media sosial, ada beberapa yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai media sosial sharing, yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Pinterest, dan lainnya. Untuk itulah, alangkah baiknya jika konten yang sekiranya memiliki nilai informasi yang cukup penting bisa dibagikan melalui platform media sosial tersebut. Tips lainnya, sebaiknya blogger dan terutama pelaku bisnis memiliki akun di beberapa media sosial tersebut, karena selain dapat dijadikan media untuk lebih dekat dengan konsumen juga sangat membantu meningkatkan traffic atau pengunjung website.

Sampai saat ini, memiliki traffic tinggi adalah idaman bagi para blogger dan juga pelaku bisnis. Bagi blogger yang juga menggunakan blog atau websitenya untuk mendapatkan penghasilan, traffic tinggi tentu akan menunjukkan tingkat kualitas kontennya, yang tentunya akan berimbas pada tingginya permintaan untuk menuliskan konten bagi brand tertentu atau memperbesar peluang mendapatkan penghasilan tinggi dari iklan. Sedangkan bagi pelaku bisnis, traffic yang tinggi selain menunjukkan kredibilitas website toko online tersebut juga akan memperbesar peluang mengubah traffic menjadi pembelian, hingga akhirnya penjualan akan meningkat. Nah...cara-cara yang telah dibagikan di atas bisa menjadi solusi untuk meningkatkan traffic sebuah website serta meningkatkan value sebuah website. Di luar cara tersebut, tentu masih sangat banyak cara lainnya, dan cara yang bisa dibilang sangat membantu adalah dengan memanfaatkan layanan Digital ADS. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar