Pentingnya Peran Bunda Untuk Dukung Si Kecil Menjadi Generasi Maju

Generasi Maju SGM Eksplor

Siapa yang menyangkal kalau bunda adalah sosok yang hebat karena harus memikul beban dan tanggung jawab yang tidak ringan untuk mendidik si kecil menjadi sosok generasi maju yang berkualitas dan kompeten di masa depan. Bunda harus mampu menjalani berbagai peran penting dalam keluarga, seperti menjadi manajer dalam keluarga yang dituntut harus mampu mengatur semua urusan rumah tangga, mulai dari yang sifatnya sepele hingga yang tergolong rumit dan sangat mempengaruhi masa depan keluarga. Tidak hanya itu, bunda juga memiliki peran layaknya seorang guru yang mampu mendidik anak-anaknya agar tumbuh cerdas dan tentu saja memiliki kepribadian yang baik, di masa kini dan masa yang akan datang.

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada para bunda yang sudah jatuh bangun berjuang untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya agar tumbuh menjadi anak generasi maju, SGM Eksplor mengajak para bunda terpilih untuk merayakan momen Hari Ibu Nasional yang diperingati pada tanggal 22 Desember, bertempat di Suasana Resto Aston Kuningan, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019. Dalam acara yang bertajuk "Indonesia Maju Dimulai Dari Bunda" SGM Eksplor ingin memberikan apresiasi yang spesial kepada para bunda sekaligus ingin mengingatkan betapa pentingnya peran bunda untuk terus mendukung si kecil dengan mengoptimalkan 5 potensi prestasi untuk menjadi anak generasi maju.

Generasi Maju SGM Eksplor

Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor 1Plus bahwa "SGM Eksplor telah lebih dari 60 tahun, dari generasi ke generasi mendukung pemenuhan nutrisi seluruh anak Indonesia agar tumbuh menjadi generasi maju, dan dalam rangka menyambut hari ibu setiap tanggal 22 Desember, kamu ingin memberikan apresiasi spesial kepada para bunda karena tiada lelah mendukung anak-anaknya dengan membimbing, mendampingi sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisinya agar si kecil tumbuh menjadi generasi maju."


Generasi Maju SGM Eksplor

Tidak hanya berperan penting dalam mendukung langkah si kecil untuk tumbuh menjadi generasi maju, para bunda yang hadir dalam momen perayaan Hari Ibu bersama SGM Eksplor ini juga secara konsisten membagikan banyak konten digital yang berisi tips, sharing pengalaman, serta berbagai kegiatan interaktif lainnya bersama si kecil di rumah, untuk memberikan inspirasi kepada bunda lainnya di berbagai kota di seluruh Indonesia, agar bersama menguatkan langkah untuk terus mendukung anak-anaknya dengan mengoptimalkan dan memberikan stimulasi "5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju," karena Indonesia maju dimulai dari bunda.

5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, Beri Stimulasi yang Tepat

  1. Tumbuh Tinggi dan Kuat, di mana potensi ini ditunjukkan dengan berat badan dan tinggi badan si kecil yang ideal dan sesuai dengan kurva pertumbuhan, memiliki koordinasi gerakan yang baik, serta mampu melakukan aktivitas fisik secara aktif. Bunda, jangan abai berikan stimulasi untuk mengasah kemampuan motorik halus dan kasarnya, serta nutrisi yang seimbang di mana si kecil mulai diperkenalkan dengan makanan keluarga yang sehat.
  2. Percaya Diri, di mana si kecil memiliki kepercayaan diri atau keyakinan terhadap kemampuan dirinya sesuai tahapan usianya, seperti secara perlahan tidak lagi tergantung pada bundanya, dapat mengungkapkan perasaannya secara jelas, bisa beradaptasi dan bermain dengan teman sebayanya, serta indikator lainnya yang menunjukkan bahwa si kecil memiliki kualitas rasa percaya diri yang baik. Bunda, jangan lupa berikan stimulasi berupa kesempatan untuk mengeksplor lingkungan sekitar dan jangan lupa berikan pujian atas hal-hal yang dilakukan si kecil.
  3. Cerdas Kreatif. Penting diketahui, cerdas diartikan di sini bahwa si kecil bisa menangkap, mengerti, mampu mengingat banyak hal, memiliki daya konsentrasi, rasa ingin tahu, serta dapat berbicara untuk mengungkapkan keinginannya dengan lancar. Sedangkan kreatif dapat diartikan bahwa si kecil memiliki ide untuk menciptakan sesuatu yang berbeda, berani mencoba hal baru atau dalam bahasa kerennya mampu berinovasi, serta suka bertanya. Terkadang, bunda sedikit merasa terganggu karena si kecil punya rasa ingin tahu yang tinggi dan banyak bertanya, padahal dua indikator ini menunjukkan kalau si kecil mampu mengembangkan potensi prestasi secara bertahap sesuai usianya. Bunda, berikan stimulasi dengan menciptakan lingkungan yang aman, beri kesempatan si kecil untuk bermain, dan ajaklah si kecil aktif berkomunikasi tentang hal menarik yang sudah dilakukannya.
  4. Mandiri, di mana secara bertahap si kecil belajar untuk mengandalkan dirinya sendiri ketika mencoba hal baru atau melakukan aktivitas tertentu, tanpa harus selalu bergantung pada bunda atau orang terdekat disekitarnya. Bunda sebaiknya konsisten memberikan stimulasi dengan memberikan tugas sederhana sesuai tahapan kemampuan si kecil dan memberikan contoh dalam bersikap sehari-hari, karena bagaimana pun bunda akan selalu menjadi contoh pertama si kecil. 
  5. Supel, yang ditandai dengan si kecil punya banyak teman dan bisa bekerja sama dengan baik. Tentu, sangat membahagiakan jika si kecil memiliki potensi supel dalam dirinya dan mampu mengaplikasikan kemampuan tersebut dengan baik, tapi jangan lupa untuk mengajarkan si kecil berbagi dan bertenggang rasa karena kelak selain supel, si kecil kesayangan bunda memiliki rasa empati serta kepedulian yang tinggi terhadap orang lain dan lingkungan disekitarnya.
Tentu saja bunda, sungguh tidak mudah untuk mengoptimalkan 5 Potensi Prestasi karena membutuhkan kerja keras dan stimulasi yang konsisten dari bunda sesuai tahapan perkembangan usia si kecil. Apalagi, terkadang muncul hambatan di mana si kecil mengalami tumbuh kembang yang jauh lebih lambat atau tidak sesuai dengan tahapan usianya. Nah...disinilah pentingnya bunda memberikan stimulasi serta nutrisi yang seimbang untuk membantu tumbuh kembang si kecil agar sesuai dengan pedoman ideal kurva pertumbuhan. Jadi, siapa yang bisa menyangkal bahwa peran bunda sangat penting untuk dukung si kecil menjadi generasi maju.

Nutrisi Untuk Dukung Si kecil Menjadi Anak Generasi Maju

  1. Agar cerdas dan kreatif, penuhi nutrisi Minyak Ikan dan Omega 3 untuk mendukung optimalnya perkembangan otak si kecil.
  2. Agar tumbuh tinggi dan kuat, pastikan si kecil mendapat nutrisi penting untuk mendukung tulang kuat seperti Kalsium dan Vitamin D.
  3. Agar mandiri, perkuat asupan Protein, Vitamin, dan Mineral yang penting untuk mendukung si kecil tumbuh optimal.
  4. Supel, berdasarkan hasil penelitian sangat dipengaruhi oleh mood di kecil di mana kesehatan saluran cerna menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi mood. Selain itu, pastikan si kecil mendapat nutrisi FOS-Inulin untuk kesehatan saluran cernanya.
  5. Agar semakin percaya diri, pastikan asupan Selenium, Vitamin C, Vitamin E tercukupi, untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Kesehatan yang prima akan mendukung si kecil memiliki kesempatan berprestasi dan membuatnya lebih percaya diri.

Generasi Maju SGM Eksplor

Firesta Farizal, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga, yang hadir sebagai narasumber dalam momen Perayaan Hari Ibu bersama SGM Eksplor mengungkapkan, ada beberapa poin mengapa peran bunda sangat penting, yaitu:
  1. Karena bunda adalah Primary Caregiver, yang dapat mempengaruhi bagaimana si kecil belajar untuk dapat mengembangkan hubungan yang sehat dan positif dengan lingkungannya. 
  2. Si kecil yang tumbuh besar dengan memiliki kedekatan dengan bundanya akan memiliki rasa percaya diri dan lebih mudah bersosialisasi.
Lebih lanjut, Firesta Farizal, M.Psi menyatakan, bahwa bunda memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung kemajuan si kecil, dengan cara:
  • Menjalin hubungan yang sehat dan positif dengan anak.
  • Pentingnya bunda untuk mendampingi si kecil ketika beraktivitas, saat bereksplorasi, membimbing dan memberikan stimulasi, serta tentu saja memberikan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembang makin optimal.
  • Ingatlah bunda, bahwa Role Model pertama si kecil adalah bunda, baik dalam ucapan, sikap, perilaku, maupun kebiasaan, jadi bunda harus lebih berhati-hati.
Melalui momen Perayaan Hari Ibu ini, para bunda yang hadir dapat menyampaikan pesan penting kepada seluruh bunda di Indonesia, bahwa "Indonesia Maju Dimulai Dari Bunda," dan langkah yang diambil bunda untuk mendukung si kecil menjadi generasi maju dengan mengoptimalkan 5 Potensi Prestasi akan memberikan kontribusi yang sangat besar kepada kemajuan bangsa Indonesia, terutama dari sisi pembangunan sumber daya manusia.

Tahukah bunda? Jika si kecil kesayangan bunda yang saat ini sedang giat-giatnya bunda beri stimulasi dan nutrisi yang seimbang, kelak akan menjadi salah satu generasi muda harapan bangsa yang membanggakan dan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju lagi di masa depan. Mimpi ini secara konsisten di bagi SGM Eksplor dengan semua bunda di mana pun berada, tidak hanya dengan menghadirkan nutrisi yang sehat untuk bantu tumbuh kembang si kecil agar semakin optimal, namun juga membagikan secara konsisten konten digital berupa cerita inspiratif para bunda bersama anak generasi maju, untuk menginspirasi bunda lainnya di seluruh Indonesia. 

Terima kasih SGM Eksplor! Selamat Hari Ibu!

Generasi Maju SGM Eksplor

Tidak ada komentar