Kelebihan Ini Bikin Perusahaan Wajib Punya Aplikasi Absensi Kantor Kita

Aplikasi Absensi Kantor Kita
Foto: Pixabay.com
Banyak perusahaan yang masih menganggap sepele untuk urusan absensi karyawan dengan beragam alasan, mulai dari jumlah karyawan yang tidak banyak sehingga cara manual masih dianggap relevan untuk digunakan, atau merasa terlalu sulit untuk menganti sistem lama ke sistem baru karena untuk itu, perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang bisa mengoperasikan sistem tersebut. Sudah bukan rahasia lagi jika sebagian kecil UMKM masih belum mahir menggunakan medai digital untuk mendukung usahanya, padahal secara perlahan UMKM tersebut terus bertambah besar dan secara otomatis harus menambah tenaga kerja. Semakin banyak jumlah tenaga kerja, maka secara otomatis akan semakin banyak yang harus diurus, mulai dari mencatat absensi karyawan setiap hari apalagi jika karyawan harus lembur, tentu membutuhkan pencatatan yang lebih akurat. Padahal absensi karyawan memberikan efek yang cukup signifikan terhadap efisiensi produksi perusahaan bahkan juga berpengaruh pada profitabilitas perusahaan, dan untuk meningkatkan level tersebut, keberadaan Aplikasi Absensi sangat membantu.

Selain memberikan efek positif terhadap perusahaan, penggunaan aplikasi absensi juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja karyawan itu sendiri, selain karena sistemnya lebih jujur, karyawan juga dituntut untuk disiplin dalam bekerja, karena parameter tersebut dapat diukur secara realtime. Mungkin pada saat usaha masih skala rumahan dan jumlah karyawan belum terlalu banyak, kinerja bisa di awasi secara langsung oleh pemilik usaha. Namun, saat usaha terus menanjak dan pesanan terus bertambah, otomatis produksi juga harus meningkat dan tentu membutuhkan karyawan yang memiliki kinerja baik agar produksi bisa selesai tepat waktu. Pada titik ini, penggunaan aplikasi absensi sangat membantu dan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, diantaranya:

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif

Apa jadinya jika karyawan berada pada lingkungan kerja yang produktif? Tentu secara langsung akan meningkatkan profit perusahaan karena pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Tidak hanya untuk urusan peningkatan kinerja, penggunaan aplikasi absensi memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti, penghitungan bonus, lembur, pengajuan izin, dan aktivitas lainnya, yang tentunya tidak akan membutuhkan waktu lama, sehingga karyawan tetap bisa melakukan aktivitas pekerjaan tanpa terhambat. 

Kemudahan Mengakses Data Penting Secara Real Time

Ada kalanya seorang pemilik usaha atau pemimpin perusahaan harus mengambil keputusan strategis saat tidak berada di kantor atau sedang di luar kota. Tentu, jika data penting tidak di miliki atau di bawa, maka akan sulit untuk mengambil keputusan karena harus dipertanggungjawabkan berdasarkan data yang real. Jika menggunakan aplikasi absensi, semua kesulitan ini bisa teratasi, karena data yang tersimpan dalam aplikasi absensi biasanya dapat di akses secara real time, dari mana saja dan kapan saja. Salah satu contoh di mana seorang pimpinan perusahaan harus mengambil keputusan strategis yang berhubungan dengan kinerja karyawannya sedang pimpinan tersebut berada di luar kota, berkat aplikasi absensi yang dapat di akses dengan mudah dan cepat, keputusan penting bisa langsung di ambil sehingga tidak menganggu produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Peningkatan Efisiensi Waktu

Pencatatan absensi karyawan secara manual selain rawan resiko kecurangan juga menghabiskan banyak waktu, karena seringkali hanya untuk absensi, karyawan harus antri baik saat masuk kerja, jam makan siang, hingga saat pulang kerja. Kondisi ini sungguh tidak efisien, karena banyak waktu yang seharusnya bisa di hemat untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting dan belum lagi jika ada karyawan yang absennya tidak sesuai rule atau format, tentu akan menimbulkan masalah saat proses rekapitulasi. Beragam permasalahan ini tidak akan muncul jika perusahaan menggunakan aplikasi absensi yang dapat meningkatkan efisiensi waktu dan data bisa didapatkan secara real time, sehingga pengolahan data bisa dilakukan dengan cepat dan tentu saja minim kesalahan, meskipun terkadang ada kondisi tertentu yang tidak bisa dihindari. Penggunaan aplikasi absensi tidak hanya memberikan manfaat efisiensi waktu bagi perusahaan, namun juga untuk karyawan karena kinerjanya dapat diukur secara profesional.

Bisnis atau usaha dapat berkembang optimal jika di dukung oleh kondisi internal perusahaan yang kondusif, di mana semua komponen pentingnya dapat diukur secara profesional, yang tentu saja dengan penggunaan aplikasi absensi yang ideal, seperti Aplikasi Absensi Kantor Kita.

Kelebihan Ini Bikin Perusahaan Wajib Punya Aplikasi Absensi Kantor Kita

Salah satu cara agar bisnis atau usaha terus berkembang adalah beradaptasi dengan perkembangan teknologi, karena bicara soal teknologi maka akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti efisiensi waktu, kemudahan untuk memetakan pasar, menciptakan inovasi produk baru yang sesuai dengan selera konsumen, dan masih banyak lagi. Tapi selain itu, ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dalam perusahaan di mana semua kinerja karyawan bisa diukur dengan parameter yang jelas dan karyawan diperlakukan secara profesional. Adapun cara untuk mencapai kondisi ideal tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi absensi yang berbasis teknologi digital. Tapi terkadang muncul kendala baru di mana perusahaan harus mengeluarkan cost atau biaya tambahan karena harus merekrut karyawan baru yang memiliki kompetensi atau skill dalam menggunakan media digital. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, ada Aplikasi Absensi Kantor Kita yang sangat mudah penggunaannya karena berbasis aplikasi smartphone, yang di sebut Aplikasi Absensi Android yang datanya bisa di akses secara real time, dari mana saja dan kapan saja.
Aplikasi Absensi kantor Kita
Selain mudah dalam penggunaannya, Aplikasi Absensi Kantor Kita juga memiliki beberapa fitur yang menjadi kelebihannya sehingga sangat cocok untuk digunakan baik perusahaan besar maupun perusahaan yang masih berskala kecil namun sudah memiliki jangkauan pasar yang cukup luas sehingga membutuhkan tenaga kerja cukup banyak.

1. Absensi Berbasis Aplikasi Android

Seperti yang sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa Aplikasi Absensi Kantor Kita merupakan aplikasi yang berbasis Android sehingga mudah digunakan siapa saja, dan untuk memantau karyawan yang melakukan absensi, fitur ini dikombinasikan dengan teknologi GPS (Global Positioning System).

2. Mudah Menghitung Lembur

Penghitungan lembur yang benar dan sesuai dengan kinerja karyawan membuat manajemen perusahaan menjadi lebih profesional serta efisien. Untuk aplikasi absensi ini sudah terdapat fitur untuk mencatat dan menghitung lembur secara otomatis dan tentu saja akurat karenanya dapat diakses secara real time, baik oleh perusahaan maupun oleh karyawan itu sendiri, sehingga penghitungan lebih transparan.

3. Pencatatan Perjalanan Dinas

Saat perusahaan mulai memperluas jangkauan pasar dengan memiliki cabang baru di berbagai kota, tentu mengharuskan salah satu karyawan yang berada di bagian tertentu untuk melakukan perjalanan dinas. Nah...aplikasi absensi ini memiliki fitur untuk mencatat perjalanan dinas atau kunjungan ke klien secara detil dan tentu saja lengkap sehingga memudahkan perusahaan untuk mengakses datanya.

4. Memudahkan Pengajuan Cuti

Bayangkan jika pencatatan administrasi karyawan masih manual, tentu karyawan membutuhkan waktu lama untuk mendapat persetujuan pengajuan cuti, karena database sisa cuti harus diperiksa satu persatu. Dengan fitur aplikasi absensi, karyawan akan lebih mudah dan cepat mengajukan cuti karena perusahaan memiliki data secara real time untuk memonitoring cuti karyawan.

5. Pencatatan Pengajuan Izin secara real time

Izin, seringkali menimbulkan masalah dalam memantau kinerja karyawan, karena ada beberapa kasus di mana izin tidak masuk kerja justru disalahgunakan, apalagi jika pencatatannya masih manual. Aplikasi absensi memiliki fitur untuk memudahkan monitoring produktivitas semua karyawan dengan record atau catatan izin yang sangat lengkap dan detil.

6. Pemberian Slip Gaji

Meskipun banyak karyawan yang merasa tidak membutuhkan slip gaji, tapi ada sebagian lain yang merasa perlu memiliki slip gaji untuk berbagai alasan, seperti melihat detil jumlah gaji pokok, tunjangan lembur, serta komponen gaji lainnya. Untuk kebutuhan ini, aplikasi absensi kantor kita memiliki fitur yang memudahkan perusahaan memberikan slip gaji elektronik setiap bulan yang dapat di akses masing-masing karyawan dari mana saja dan kapan saja.

7. Penghitungan Tunjangan dan Bonus

Terkadang perusahaan mengalami kesulitan sendiri untuk menghitung tunjangan dan bonus yang didasarkan pada komponen tertentu serta kinerja dari karyawan itu sendiri. Aplikasi absensi memiliki fitur yang mampu mengatur dan mencatat tunjangan dan bonus secara lengkap dan detil sehingga memudahkan perusahaan melihat data perbandingan tunjangan serta bonus yang telah di terima karyawan periode sebelumnya, untuk dijadikan dasar penghitungan tunjangan dan bonus berikutnya tentu dengan memperhitungkan kinerja karyawan itu sendiri.

8. Memudahkan Tracking Lokasi

Ragu ketika karyawan dinas luar? Tentu tidak lagi jika menggunakan aplikasi absensi kantor kita, di mana terdapat fitur yang memberikan informasi lokasi karyawan ketika sedang dinas luar, sehingga kinerja dan produktivitas karyawan bisa diukur dengan transparan.

9. Kemudahan Mencatat Reimbursement

Perusahaan seringkali mengadakan event atau acara di luar kantor sehingga terkadang muncul biaya yang tidak terduga dan harus ditanggung karyawan terlebih dahulu. Di aplikasi absensi ini terdapat fitur yang memudahkan untuk mencatat dana pengeluaran saat karyawan sedang melakukan tugas atau aktivitas tertentu, sehingga karyawan bisa melakukan klaim dengan mudah dan cepat.

Meskipun Aplikasi Absensi kantor Kita merupakan aplikasi yang secara real time mampu mengukur kinerja karyawan dari mana saja dan kapan saja, yang berbasis aplikasi android nomor satu di Indonesia. Namun untuk platform aplikasi lain juga tersedia, yaitu Aplikasi Absensi IOS dengan fitur yang sama dengan aplikasi berbasis android. 

Bagaimana? Tertarik ingin menggunakan Aplikasi Absensi Kantor Kita. Untuk mulai menggunakan aplikasi absensi ini tidaklah sulit, cukup melakukan tiga langkah mudah, yaitu:
  1. Daftarkan perusahaan secara gratis pada website Kantor Kita, kemudian input atau masukkan semua database karyawan atau staff tanpa batas.
  2. Install aplikasi absensi kantor kita, melalui Playstore dan Appstore, sesuai dengan platform smartphone yang dimiliki karyawan.
  3. Kemudahan mengakses data secara realtime maupun absensi bisa di nikmati, baik perusahaan maupun karyawan agar suasana kerja lebih produktif dan efisien.
Untuk biaya, jangan khawatir, selain bisa menikmati aplikasi gratis selama 30 hari, biaya bulanan per user pun sangat terjangkau, di mulai dengan harga Rp. 7.500,- /User/Bulan. 

Dengan biaya yang sangat terjangkau, semua kemudahan mengakses data secara real time bisa didapatkan. Aplikasi absensi ini sangat cocok untuk digunakan, baik perusahaan besar maupun skala kecil dengan jumlah tenaga kerja yang belum terlalu banyak. Terbiasa menerapkan manajemen yang rapi dan teratur sejak usaha masih berkembang, akan menciptakan lingkungan kerja yang tidak hanya produktif namun juga efisien. Dengan lingkungan kerja seperti ini, diharapkan karyawan akan bekerja maksimal sehingga tercipta sinergi yang harmonis antara perusahaan dengan karyawannya dengan rasa saling memiliki. Ingat Aplikasi Absensi, Ingat Kantor Kita!

Tidak ada komentar