Pentingnya Menggunakan Program Kasir Untuk Toko

Selain belanja online, saya juga masih sering belanja di toko, apalagi jika tokonya dekat rumah, lumayan bisa hemat biaya transportasi. Nah...sebagian besar toko di tempat saya belanja ini masih sangat mengandalkan cara pembayaran yang manual sehingga kadang saya berpikir apakah barang-barang yang laku terjual dihitung atau tidak stoknya atau berapa jumlah pendapatannya hari itu sudahkah di hitung dengan benar, karena ada toko yang sebagian besar barangnya berstatus titipan, yang otomatis secara berkala akan ditagih hasil penjualannya oleh produsen atau orang yang menitipkan barang. Akan lebih mudah jika tokonya tidak terlalu ramai dan jumlah barang yang di jual tidak terlalu banyak, namun akan timbul masalah jika kondisi toko sangat ramai dan jumlah barang yang di jual juga sangat banyak, sehingga akan merepotkan dari sisi administrasi toko. Belum lagi jika pihak yang menitipkan barang meminta laporan hasil penjualan, yang tentu saja membutuhkan waktu lama untuk membuat laporannya atau mungkin memindahkan catatan penjualan yang dibuat secara manual. Agar terhindar dari masalah ini, maka toko juga membutuhkan program khusus yang memudahkan melakukan pencatatan aktivitas jual beli serta administrasi toko, yaitu Program Kasir. Dari segi efisiensi, penggunaan program kasir jelas lebih menguntungkan karena pemilik toko akan memiliki catatan penjualan yang lengkap, tentunya hal ini sangat membantu memudahkan dari sisi administrasi toko.

Program Kasir
Foto: Pixabay.com
Selain lebih menguntungkan dari sisi pemilik toko, penggunaan program kasir juga menguntungkan juga lho dari sisi konsumen karena proses penjualan akan lebih cepat dan pelayanan terhadap konsumen tentunya juga lebih baik. Untuk sebuah toko retail, tentu jumlah barang yang di jual jenisnya lebih banyak dan terkadang bentuknya kecil-kecil, akan lebih enak jika konsumen berbelanja secara grosiran tapi kadang ada konsumen yang lebih suka belanja eceran tapi dalam jumlah yang banyak. Kebayang kan, bagaimana proses pembayarannya bisa memakan waktu yang lama, sehingga antrian konsumen yang ingin membayar belanjaan semakin panjang dan lama, tentu alam-kelamaan konsumen akan memilih berbelanja di toko lain. Jelas menguntungkan kan? Tapi masih banyak memang pemilik toko yang belum memahami pentingnya menggunakan program kasir untuk meningkatkan pelayanan toko terhadap konsumen, padahal toko semakin besar dan secara otomatis jumlah barang yang di jual pun akan semakin banyak.
Alasan Pentingnya Menggunakan Program Kasir
1. Memudahkan Penjualan.

Jika dibandingkan penjualan dengan cara manual tentu akan jauh lebih rumit, terutama dari sisi laporan dan administrasi penjualan. Memang, terkadang masih ada toko yang menggunakan alat bantu kalkulator untuk menghitung total penjualan, tapi tentu sangat tidak efisien jika digunakan untuk menghitung belanjaan konsumen jika toko sudah cukup ramai. Untuk toko yang belum terlalu ramai, mungkin cara hitung belanjaan secara manual masih bisa digunakan, apalagi jika konsumennya tidak terlalu banyak, tapi jika toko semakin berkembang, tentu cara hitung manual ini tidak lagi efektif dilakukan, dan toko membutuhkan program khusus yang memudahkan penjualan juga membantu memudahkan administrasi toko.

Dengan bantuan program kasir, tidak hanya memudahkan dari sisi penjualan dan pelayanan, tapi juga membantu membuat laporan penjualan secara lengkap dan jelas. Dengan bantuan program kasir, melihat laporan penjualan harian, bulanan, atau tahunan bisa dilakukan sekali klik, dari mana saja da kapan saja. Jika membutuhkan laporan stok barang, sama saja tinggal klik perintah maka stok barang yang terjual atau yang masih tersisa, mudah dilakukan. Cara kerjanya juga sangat mudah, dan kasir hanya tinggal menginput barang yang terjual, maka secara otomatis berbagai perintah bisa dilakukan, termasuk untuk transaksi penjualan, sehingga kasir terhindar dari kesalahan menghitung jumlah pembayaran atau melakukan pengembalian uang. Seiring dengan perkembangan zaman, apalagi sekarang penggunaan pembayaran digital sudah marak dilakukan konsumen, dengan menggunakan program kasir, maka pembayaran secara digital bisa dilakukan karena program kasir juga update terhadap perkembangan zaman, sehingga konsumen bisa memiliki beragam transaksi pembayaran.

2. Memudahkan Cek Stok Barang.

Bagimana sih cara cek stok barang yang dilakukan? Apakah masih menggunakan cara manual? Tentunya hal ini sangat tidak efisien, karena cara manual hanya menghabiskan banyak waktu dan terkadang membuat adminstrasi menjadi kurang rapi. Selain itu, cara cek stok barang secara manual juga membuat proses restock barang menjadi lebih lama, karena tidak ada update apakah barang tersebut sudah habis, dan pemilik toko baru tersadar jika ada konsumen yang menanyakan produk tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan, apalagi jika sampai konsumen merasa kecewa dan tidak ingin berbelanja lagi.

Nah...solusi mengatasi beragam permasalahan stok barang ini adalah dengan menggunakan program kasir, karena dengan program ini ketersediaan stok dan penjualan akan diupdate secara otomatis, karena sebelumnya pemilik toko atau petugas administrasi sudah menginput jumlah stok barang yang tersedia, sehingga begitu barang terjual maka secara otomatis stok barang akan berkurang dan berpindah ke menu barang terjual. Selain memudahkan, juga lebih aman karena program kasir biasanya memiliki fitur yang membatasi akses seseorang, dan hanya pemilik toko yang menentukan siapa saja yang diperbolehkan mengakses stok barang di toko tersebut.

3. Database Penjualan.

Rasanya, sudah tidak zaman lagi menulis database penjualan secara manual, karena cara ini sudah tidak lagi efektif. Apalagi cara manual ini juga sangat memberatkan kerja kasir karena harus mencatat penjualan setiap kali ada konsumen yang berbelanja, kondisi semakin rumit jika toko dalam keadaan ramai dan terkadang, kasir bisa saja lupa menuliskan catatan penjualan yang tentu saja akan berakibat pada catatan administrasi penjualan. Agar lebih efektif dan meminimalisir kesalahan, tentu penggunaan program kasir sangat disarankan atau bahkan merupakan pilihan wajib agar database penjualan bisa tersusun secara rapi dan memudahkan saat pemilik toko ingin mengakses laporan penjualan.

Selain itu, dengan database penjualan dari program kasir, maka akses laporan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, bisa tahunan, bulanan, atau harian, sehingga memudahkan pemilik toko memantau kinerja tokonya, karena tentu harapannya toko akan semakin maju dan bertambah besar. Database penjualan juga memudahkan pemilik toko memantau keuntungan yang diperoleh atau membuat laporan penjualan untuk mitra kerjanya, karena ada toko yang di miliki oleh beberapa mitra kerja, sehingga laporan keuangan harus dibuat secara berkala, nah...penggunaan program kasir tentu sangat membantu memudahkan pembuatan laporan.

4. Ketepatan Dalam Transaksi Penjualan.

Jika menggunakan cara manual, ada saja kesalahan yang dilakukan kasir yang harus diantisipasi , walau terkadang kesalahan tersebut sangat merugikan konsumen dan membuat pelayanan toko terlihat kurang maksimal. Seringkali untuk menarik konsumen yang lebih banyak, toko biasanya memberikan promo atau diskon tertentu, yang tentu saja akan menyulitkan kasir jika menggunakan cara manual. Nah...dengan menggunakan program kasir, event promo atau diskon mudah dilakukan dan di hitung jika dilakukan pembelian, karena dalam program biasanya tersedia fitur yang memungkinkan pemilik toko mengadakan promo atau memberikan harga spesial untuk produk tertentu. Tentunya promo dan diskon ini menjadi salah satu daya tarik konsumen yang berbelanja, sehingga akan menguntungkan dari sisi penjualan. Ketepatan dalam transaksi juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat konsumen merasa betah berbelanja di toko tersebut, bayangkan...betapa sangat menganggu jika saat bertransaksi tiba-tiba ada kesalahan harga atau promo yang dijanjikan tidak diberikan, tentu konsumen akan merasa kecewa.

Dengan uraian di atas, tentunya bisa dipahami mengapa program kasir sangat dibutuhkan toko, baik yang masih skala menengah hingga yang sudah skala besar dengan jumlah konsumen yang sangat banyak. Selain promo, diskon, dan harga yang menarik, pelayanan yang tepat dan cepat juga harus dipertimbangkan pemilik toko jika ingin menarik pelanggan yang lebih banyak. Jadi sangat tepat jika dikatakan, menggunakan program kasir untuk toko sangat penting. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.