Serunya Nikmati Olahraga Trampolin Bersama Keluarga Saat Akhir Pekan Tiba

Saya ibu dari tiga anak dan sadar sepenuhnya bahwa keberadaan gadget tidak dapat dipisahkan dari aktivitas harian anak-anak yang semuanya sudah memasuki usia sekolah. Bahkan gadget untuk putra sulung saya yang mulai beranjak remaja tidak hanya dipergunakan untuk berkomunikasi semata namun juga bagian dari aktivitas belajar karena saya mendaftarkan putra saya ke kursus online yang dapat di akses melalui aplikasi smartphone. Tapi tetap saja, ada batasan-batasan jelas yang saya terapkan ke anak-anak, terutama soal durasi menggunakan gadget yang tidak terlalu lama dan menetapkan di jam-jam tertentu bebas dari gadget jika tidak ada hal yang sifatnya mendesak. Namun khusus untuk akhir pekan biasanya diusahakan untuk lebih banyak beraktivitas tanpa harus terlalu sering menggunakan gadget, konsekuensinya bagi saya ibu rumah tangga yang juga memiliki pekerjaan sebagai freelance writer di mana sebagian besar aktivitas saya menuntut harus diselesaikan di depan gadget dan komputer, secara otomatis saat akhir pekan saya kurangi. Biasanya saat akhir pekan kami melakukan aktivitas bersama-sama, entah itu berwisata, sekadar berjalan-jalan di sekitar lokasi rumah, atau berolahraga bersama, bahkan saya pernah mengajak anak-anak berbelanja di pasar tradisional lho...hehehe, selain mengenalkan dunia baru juga memberikan kesempatan anak-anak memilih sendiri sayuran yang disukainya. Tapi kalau ke pantai, kami terhitung jarang melakukannya karena emaknya (saya maksudnya) agak phobia air, walaupun sesekali anak-anak ingin juga berenang di pantai, biasanya jika sudah tidak bisa dihalangi saya memilih tidak ikut serta...hiks.

Olahraga Trampolin
Serunya nikmati olahraga trampolin (Foto: Pixabay.com)
Biasanya aktivitas akhir pekan dilakukan bergantian, misalnya jika minggu ini kami isi berjalan-jalan maka minggu depan biasanya melakukan aktivitas lain seperti olahraga, biar anak-anak lebih fresh saat memulai aktivitas sekolahnya yang lumayan padat karena ketiga anak saya menjalani waktu sekolah full hingga sore hari. Ternyata berolahraga bersama anak-anak memiliki banyak manfaat lho, baik untuk kesehatan anak maupun peningkatan kemampuan sosial serta psikologis anak. Berikut beberapa manfaat berolahraga untuk anak yang sayang jika dilewatkan meskipun hanya dilakukan saat akhir pekan bersama keluarga.
  • Membantu meningkatkan kebugaran tubuh anak karena saat berolahraga organ penting seperti jantung dan paru-paru akan bekerja lebih aktif dan optimal.
  • Pertumbuhan tulang dan otot anak akan terpicu dan berkembang sangat baik jika olahraga dilakukan secara rutin.
  • Postur tubuh anak akan lebih ideal karena saat berolahraga akan membakar kalori dan tubuh terhindar dari penumpukan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh.
  • Resiko obesitas atau kelebihan berat badan akan turun dengan sendirinya dengan berolahraga secara rutin.
  • Koordinasi tubuh akan meningkat karena gerakan yang dilakukan saat berolahraga biasanya untuk melatih koordinasi antar anggota tubuh serta keseimbangan tubuh.
  • Anak akan terhindar dari bahaya penyakit metabolik yang sangat menganggu kesehatan tubuh.
  • Membiasakan anak-anak menerapkan perilaku hidup sehat dengan melakukan berbagai olahraga secara teratur.
  • Membantu meningkatkan kemampuan akademik anak karena anak diajarkan untuk menghapal setiap gerakan olahraga yang dilakukan, bahkan anak-anak bisa melakukan aktivitas olahraga sambil berhitung yang membuat otak anak lebih aktif.
  • Memberikan kesempatan kepada anak mengenal suasana dan lingkungan baru, karena aktivitas olahraga bisa dilakukan di berbagai tempat dan arena permainan yang sudah menyediakan kebutuhan olahraga keluarga.
  • Sikap disiplin anak semakin meningkat karena aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur biasanya membantu anak untuk bersikap lebih disiplin.
Nah...ternyata berolahraga bersama keluarga sebagai salah satu aktivitas menyenangkan saat akhir pekan memiliki segudang manfaat selain tentunya mempererat hubungan antar anggota keluarga. Tapi tentu saja memilih aktivitas olahraga yang cocok untuk semua anggota keluarga tidaklah mudah, seperti saya yang memiliki tiga orang anak dengan usia serta karakter yang berbeda, tentunya harus pintar-pintar memilih aktivitas olahraga yang menarik dan cocok untuk usia anak. Biasanya sebelum merencanakan aktivitas olahraga apa sih yang ingin dilakukan minggu ini, kami membuat daftar beberapa aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bersama, sesuai dengan minat, usia, dan karakter anak. Memang sih agak repot mengingat rentang usia anak saya sangat berbeda, biasanya untuk mengatasinya saya mencari referensi informasi tentang olahraga yang cocok untuk dilakukan sesuai usia dan karakter anak, seperti berikut ini.
  • Rentang usia 6 - 9 tahun. Pada usia ini fokus dan konsentrasi anak terbilang masih rendah sehingga aktivitas yang membutuhkan instruksi khusus dan panjang lebar umumnya tidaklah cocok. Untuk alasan itulah mengapa di rentang usia ini anak-anak sebaiknya melakukan aktivitas olahraga dengan petunjuk yang singkat, padat, dan jelas, karena fokus anak-anak umumnya langsung ingin melakukan aktivitas tersebut. Selain itu, pada usia ini umumnya anak sedang berada pada fase yang sangat aktif dan menyukai aktivitas yang cenderung menantang dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan anak dalam rentang usia ini, antara lain lari, bermain bola, renang, dan sebagainya.
  • Rentang usia 10 - 12 tahun. Pada usia ini kemampuan motorik anak semakin baik, dan anak mulai bisa fokus serta konsentrasi pada instruksi yang diberikan. Selain itu, pada rentang usia ini, anak sudah mulai bisa diajak melakukan aktivitas olahraga yang membutuhkan kemampuan berpikir serta mengambil keputusan. Pada usia ini umumnya anak sudah memiliki kemampuan berinteraksi dengan orang lain dengan baik sehingga aktivitas olahraga beregu bisa mulai diperkenalkan pada anak dengan usia ini, dan berikut ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan, antara lain bola basket, bulutangkis, sepak bola, dan olahraga beregu lainnya.
Memilih jenis olahraga yang cocok untuk semua anak terbilang cukup sulit yah, terutama untuk saya yang memiliki tiga anak dengan rentang usia yang berbeda, karena itu aktivitas memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan saat akhir pekan bersama keluarga menjadi pekerjaan rumah yang lumayan menyulitkan, biasanya solusinya kami melakukan voting atau suara terbanyak tapi tentu saja dengan konsekuensi ada keinginan yang terabaikan. Nah...sehubungan dengan aktivitas olahraga akhir pekan ini saya memiliki cerita nih, minggu lalu putra kedua saya yang duduk di bangku Sekolah Dasar bercerita sepulang sekolah tentang aktivitas olahraga yang baru dilakukan di sekolah, yaitu bermain trampolin. Ada beberapa anak yang memang sudah mengenal jenis olahraga ini, tapi ternyata masih banyak anak yang bahkan belum pernah mencobanya, termasuk anak saya karena itu dia sangat antusias saat bercerita yang tentu saja diakhiri dengan permintaan ingin mencoba permainan olahraga ini saat akhir pekan nanti. Akhirnya setelah semua anggota keluarga sepakat untuk memilih bermain sambil berolahraga trampolin saat akhir pekan nanti, mulailah saya mencari lokasi atau tempat yang menyediakan wahana atau fasilitas olahraga trampolin untuk anak-anak. Tadinya saya hanya fokus mencari lokasi yang menyediakan fasilitas olahraga trampolin untuk anak, tapi ternyata suami saya ikutan tertarik ingin mencoba sehingga kriteria menjadi bergeser mencari lokasi olahraga trampolin yang bisa dinikmati semua anggota keluarga saat akhir pekan tiba. Kebetulan salah satu teman saya pernah mencoba olahraga ini bersama keluarganya, lokasinya terbilang masih seputaran ibukota Jakarta sehingga tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya, yaitu Bounce Street Asia - Trampoline Park Jakarta.

Bounce Street Asia Trampoline Park Jakarta
Bounce Street Asia Trampoline Park Jakarta (Foto: Traveloka.com)

Serunya Nikmati Olahraga Trampolin Bersama Keluarga Saat Akhir Pekan Tiba

Pengalaman mencoba olahraga trampolin di sekolah membuat putra saya sangat tertarik untuk mencobanya kembali, karenanya kami sepakat saat akhir pekan nanti akan mencoba melakukan aktivitas olahraga ini. Ternyata olahraga trampolin jika dilakukan dengan benar memiliki manfaat yang sangat besar lho untuk kesehatan serta kebugaran tubuh terutama anak-anak yang masih terus tumbuh dan berkembang. Apa saja sih manfaatnya? Nah...dalam sebuah kesempatan Dr. Grace Tumbelaka, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga menyatakan bahwa di samping menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, olahraga trampolin memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh dan manfaat ini sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah lho, seperti berikut ini:
  1. Dapat membantu memperbaiki sirkulasi pembuluh darah serta jaringan limpatik yang tentu saja sangat mempengaruhi kekebalan atau sistem imun tubuh seseorang yang tentu saja menjadi lebih baik. Selain itu, juga memiliki fungsi sebagai detoksifikasi, yaitu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena saat melakukan aktivitas olahraga trampolin biasanya akan berkeringat dan inilah salah satu cara untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 
  2. Membantu menurunkan berat badan, dan menurut livestrong.com, sepuluh menit melakukan olahraga trampolin sama dengan tiga puluh menit melakukan olahraga lari. Tapi selain itu masih ada manfaat lainnya bagi kesehatan, antara lain meningkatkan kepadatan tulang terutama untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, meningkatkan proses pencernaan dan pembuangan, memperkuat jantung, dan manfaat lainnya.
  3. Membantu menurunkan tingkat stress karena saat beraktivitas bermain trampolin sambil berloncat-loncatan biasanya tubuh akan melepaskan hormon bahagia sehingga terbebas dari stress akibat beban aktivitas yang dilakukan selama hari-hari sibuk atau weekday, dan tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk anak-anak serta orang dewasa. 
  4. Membantu meningkatkan fungsi kognitif, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 
  5. Untuk beberapa kasus kesehatan tertentu bisa membantu rehabilitasi cidera, dan hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa riset ilmiah yang bahkan sudah dipublikasikan di beberapa jurnal kesehatan dan kedokteran. Namun tentu saja untuk kasus ini harus melalui pengawasan tenaga ahli karena tidak semua kasus cidera bisa direhabilitasi melalui olahraga ini. Tapi yang pasti olahraga ini juga baik dilakukan untuk lanjut usia sebagai media untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, yang tentu saja harus di awasi oleh tenaga ahli.
Meskipun memiliki segudang manfaat, namun ada baiknya untuk orang tertentu sebelum melakukan aktivitas olahraga trampolin harus melakukan skrining kesehatan jantung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun demikian, anak-anak saya sangat antusias dengan rencana akhir pekan dengan berolahraga trampolin, karena sebelumnya kami tidak pernah melakukan jenis olahraga ini dan untuk daerah tempat tinggal saya, aktivitas ini terbilang kurang populer, mungkin karena tidak ada lokasi olahraga yang menyediakan wahana olahraga trampolin. Untuk alasan itu, kami berencana untuk mencoba olahraga trampolin di Bounce Street Asia Trampoline Park Jakarta. 

Bounce Street Asia Trampoline Park
Suasana Bounce Street Asia Trampoline Park (foto: Traveloka.com)
Dimana lokasinya?
Bounce Street Asia Trampoline Park terletak di kawasan Artha Gading, Jakarta Utara atau tepatnya di Jalan Sentra Bisnis Artha Gading Blok D Kav. 8 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di arena olahraga trampolin ini, anak-anak bisa bebas melakukan aktivitas bermain trampolin dan di bimbing oleh staf profesional saat melakukan berbagai aktivitas  di Spider Towet, Foam Fit, Slam Dunk, Aero Ball, Gladiator Warzone, Wall Climbing, serta aktivitas seru lainnya. Arenanya terbilang sangat nyaman untuk dinikmati bersama keluarga, dan tidak hanya anak-anak karena orang dewasa bisa juga melakukan aktivitas olahraga trampolin di sini sambil menemani anak-anak sehingga tercipta momen kedekatan emosional yang berkualitas antara orangtua dengan anak melalui sentuhan fisik, karena sejatinya aktivitas akhir pekan bersama keluarga adalah salah satu cara untuk mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga. Nah...jika sudah lelah berolahraga trampolin, bisa mencicipi berbagai menu makanan di Bounce Cafe, yang tidak hanya menyajikan aneka makanan yang lezat namun juga pemandangan taman yang hijau dan segar di pandang mata. Kami sekeluarga termasuk suka terhadap tanaman hijau, selain indah di pandang mata, tanaman hijau bikin stress jadi hilang lho karenanya meskipun kecil, rumah kami juga memiliki pemandangan taman hijau, seperti di Bounce Cafe Trampoline Park.

Bounce Cafe Trampoline Park Jakarta
Bounce Cafe di Bounce Street Asia Trampoline Park (foto: Traveloka.com)
Bagaimana...tertarik untuk mencoba berolahraga trampolin saat akhir pekan bersama keluarga seperti yang telah kami rencanakan di Bounce Street Asia Trampoline Park? 
Pertama-tama tentu harus membeli tiket terlebih dahulu, namun tentu saja akan menjadi kendala untuk orangtua yang sibuk sehingga tidak sempat untuk mencari-cari tiket masuk Bounce Street Asia Trampoline Park. Nah...untuk masalah ini ada solusi yang mudah kok, caranya dengan membeli tiket secara online melalui Traveloka. Cara ini terbilang sangat mudah karena orangtua bisa membeli tiket masuk Bounce Street Asia Trampoline Park dari mana saja dan kapan saja, bahkan saat berada di tempat kerja sekalipun sehingga rencana akhir pekan jadi aman. Selain lebih mudah, membeli tiket jauh-jauh dari sebelum hari H memiliki keuntungan lainnya menurut saya, diantaranya bisa merencanakan waktu menuju lokasi jauh hari, dan sebagai informasi tambahan, Bounce Street Asia Trampoline Park buka setiap hari mulai pukul 9.00 - 22.00. Berdasarkan referensi yang saya baca, biasanya saat akhir pekan arena olahraga trampolin di Jakarta Utara ini di padati keluarga yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga sambil berolahraga. Nah...untuk mengantisipasi padatnya pengunjung, jika tiket sudah di miliki bisa berangkat lebih pagi agar anak-anak puas bermain dan bisa mencoba berbagai permainan di arena ini. Oh ya membeli tiket secara online juga menawarkan keuntungan lainnya lho karena memiliki kesempatan mendapatkan harga yang jauh lebih murah di banding membeli secara langsung di lokasi, dan yang pasti terhindar dari kemungkinan kehabisan tiket.

Yuk, nikmati serunya olahraga trampolin di Bounce Street Asia Trampoline Park bersama keluarga tercinta saat akhir pekan tiba!

Referensi Tulisan:
https://www.traveloka.com/activities/indonesia/product/bounce-street-asia-trampoline-park-tickets-2001582827570
https://bouncestreetasia.com/
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3765322/main-trampolin-yuk-ini-lho-manfaat-sehatnya-menurut-dokter

18 komentar:

  1. Seru banget main trampolin itu ya! Kita aja yang dewasa suka, apalagi anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, seru banget...anak-anak sudah enggak sabar mau berkunjung kesana nanti akhir pekan.

      Hapus
  2. Seru kayaknya main trampolin ya, olahraga berasa main. Pengen coba ke Bounce street...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mbak, anak-anak paling suka olahraga rasa main jadi enggak terbebani dan ngebosenin, tapi siap-siap aja nagih terus nih...hehehe.

      Hapus
  3. Saya baru tau ternyata olahraga trampolin sangat banyak manfaatnya. Menarik ya. Semoga jika berkunjung ke rumah kakak yg di jakarta, bisa mampir kesitu. Pastinya anak-anak senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbak mampir, saya juga baru dapat referensinya pas lihat-lihat aplikasi traveloka jadi tertarik deh buat list liburan bersama anak-anak di akhir pekan.

      Hapus
  4. Wah ini kayaknya yang dipake ngevlog sama Ria Ricis ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...anakku juga bilang begitu maklum subscribernya Ria Ricis, nanya mulu kapan di ajak main trampolin di sana.

      Hapus
  5. Wuih asik banget tempatnya
    Luas, lega dan nyaman
    Trampolin ini olahraga yang tak berasa olahraga buat anak-anak, mereka rasanya kayak main aja tapi energinya kepake banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, cocok banget buat anak-anak, bisa olahraga sambil bermain dan plus-plus lainnya. Tempatnya asyik dan pesen tiketnya juga mudah banget di traveloka, hayuk mbak jalan-jalan ke Bounce Street Asia Trampoline Park.

      Hapus
  6. Klo saya main ini kayaknya 15 menit aja udah ngos-ngosan deh hahaha

    BalasHapus
  7. Aku pernah liat trampolin ini di Artha Gading, cuma belum sempat main2 kesini..
    Soalnya kalo udah main trampolin anakku gak mau pulang :(

    BalasHapus
  8. Belum pernah coba dan pengen banget cobain. Tapi belum tau tempatnya di sini. Semoga segera menemukan tempat yang asyik kayak Bounce Street Asia Trampoline Park :D

    BalasHapus
  9. Nah, untuk aktifitas yang satu ini, belum pernah saya lakukan , jika di taman anak-anak ada juga untuk anak-anak..

    BalasHapus
  10. Aku pengen banget ke sini tapi belum kesampaian nih, Mbak..
    Ke sana enaknya harus sehaat 100% kali ya biar puas mainnya Hahhaa

    BalasHapus
  11. yak ampuun. aku baru tau ada wahana trampolin gede begini di Jakarta ya. selama ini anak anak tuh hobby banget main trampolin di kasur hihihi. ajak ajak kemari lah pankapan biar selamat kasur di rumah

    BalasHapus
  12. Wah ternyata mainan loncat-loncat ada wahana tersendiri yang kayaknya asik banget ya Mbak hehe..Kalau buat orang dewasa bisa juga kali ya, sekalian buat olahraga :)

    BalasHapus
  13. Wuah aku penasaran sama rasanya terbang2 dengan trampolin, hehe

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.