PERAN KONSULTAN BISNIS BAGI KESUKSESAN SEBUAH BISNIS

Jika Anda berniat menjadi seorang pebisnis, jadilah seorang pebisnis yang sejati. (Veronica Ratna Ningrum)

Menurut Veronica Ratna Ningrum, seorang konsultan marketing perempuan yang namanya semakin dikenal media massa, menjalankan sebuah bisnis tentunya harus disertai dengan banyak pertimbangan dan perencanaan langkah yang pasti dan tepat. Karena hal ini akan menentukan keberhasilan dari bisnis yang dijalankan.

"Menjalankan bisnis tidak semata-mata hanya seperti pedagang, yang memproduksi produk dan menjualnya kepada konsumen. Dalam banyak hal, produsen atau pebisnis membutuhkan campur tangan seorang konsultan untuk membuat produknya disukai oleh konsumen dan laku di pasaran," demikian yang disampaikan Veronica.

Sosok seorang konsultan marketing memang lebih banyak berada di balik layar, namun perannya sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis. 
  • Konsultanlah yang mengarahkan pihak pihak produsen untuk melakukan sejumlah langkah yang berkaitan dengan produksi barang hingga strategi penjualan.
  • Pada tahap awal produksi barang, konsultan bertindak sebagai pengarah saat menentukan bentuk dan kemasan barang yang diproduksi.
  • Konsultan memberi masukan tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, tipe konsumen, serta segmentasi pasar berdasarkan hasil riset dan observasi.
Selanjutnya pada tahap pemasaran, konsultan akan mendampingi sang produsen atau pemilik bisnis untuk menentukan strategi pemasaran barang.
  • Menentukan strategi pemasaran, sebab tanpa strategi pemasaran yang tepat produsen akan mengalami hambatan dalam menjual barangnya sekalipun kualitasnya bagus.
  • Konsultan akan mempelajari apa saja celah dan ide yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk tersebut laku keras di pasaran dan menjadi trend.
  • Konsultan bertanggung jawab untuk merancang strategi pemasaran yang paling tepat dan sesuai dengan produk yang dihasilkan produsen barang.
Hal yang tidak kalah pentingnya dalam rangkaian tugas seorang konsultan marketing adalah :
  1. Seorang konsultan marketing adalah sumber ide tentang bagaimana sebuah bisnis harus dan tepat untuk dijalankan,
  2. Produk apa yang dapat dikembangkan lebih lanjut,
  3. Bagaimana memangkas biaya yang tidak perlu,
  4. Bagaimana membuat konsumen merasa lekat dan loyal terhadap sebuah produk.
Dari penjelasan yang telah dikemukakan di atas, Veronica mengungkapkan, "banyak keuntungan yang diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa konsultan marketing. Mereka tidak perlu memikirkan segalanya sendiri, karena ada konsultan yang berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya."

Sebagai seorang konsultan marketing, Veronica menyadari bahwa perannya sangat vital bagi kesuksesan bisnis kliennya. Untuk itu Veronica selalu meluangkan waktunya untuk memperdalam ilmu Marketing dan Bisnis. "Tanpa mengasah ilmu, kita akan tertinggal jauh. Dan seorang konsultan yang baik akan senantiasa memberikan yang terbaik pada kliennya. Seorang konsultan harus haus llmu dan selalu berinovasi, sebab hal ini merupakan asset besar bagi kesuksesan sebuah bisnis," ujar Veronica menutup rangkaian penjelasannya tentang peran konsultan bisnis bagi kesuksesan sebuah bisnis. Hal ini sudah dibuktikan Veronica dengan  menangani program marketing dari beberapa lembaga perbankan ternama di Indonesia.

Dalam sebuah bisnis, hal yang tidak kalah penting adalah membangun sebuah brand agar dikenal oleh konsumennya. Membangun dan mengembangkan sebuah brand menjadi catatan tersendiri karena penggunaan brand selanjutnya akan menjadi awal dari rangkaian strategi marketing jangka panjang. Hal ini dibuktikan oleh Indscript Creative melalui Personal Branding Agency yang terus menerus secara konsisten membangun dan membesarkan nama seorang sehingga menjadi lebih di kenal, layaknya sebuah merk dagang.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

3 komentar untuk "PERAN KONSULTAN BISNIS BAGI KESUKSESAN SEBUAH BISNIS"

Comment Author Avatar
Untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

Gratis pendaftaran merek,desain Industri,Hakcipta di www.ipbranding.co cukup dengan memesan desain logo,icon,symbol,design packaging, uniform,t-shirt promo,dll.kami juga menyediakan jasa pendaftaran barcode gs1system, pembuatan website serta maintenancenya.

hotline:: 085.6789.7272/0888.0600.7504
PIN BB:: 32744CC7
Support by :: www.ipindo.com konsultan hki terdaftar.
*syarat&ketentuan;berlaku.
Comment Author Avatar
Apa yang akan dilakukan konsultan jika dipertengahan jalan kliennya menolak perubahan yang anda lakukan?