Scanner Brother Bantu Wujudkan Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan

Scanner Brother
Gambar: Pixabay
Tahun ajaran baru, putra sulung saya memasuki jenjang sekolah yang baru sesuai dengan pilihannya, yaitu SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Tidak ada yang memaksanya untuk memilih masuk sekolah kejuruan, namun memang selama ini saya selalu menekankan bahwa sekolah adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan karena itu bersekolah harus memiliki tujuan yang jelas, yang harus putra saya pilih sendiri, karena mempersiapkan masa depan sepenuhnya ada di tangannya dan tugas orangtua adalah mensupport apapun yang menjadi kebutuhannya selama menempuh pendidikan. Entahlah, apakah kata-kata saya mempengaruhinya atau tidak, yang jelas setelah menamatkan jenjang SMP, putra saya memutuskan untuk masuk sekolah kejuruan. SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan jika didefinisikan adalah satuan pendidikan setelah jenjang SMP atau sederajat yang lebih mengedepankan atau fokus pada praktek sesuai dengan kejuruan masing-masing. Diharapkan setelah menamatkan jenjang SMK, lulusannya telah siap memasuki lapangan kerja dan menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan sekolah kejuruan untuk para lulusannya.

Selain itu, ada keunggulan lainnya, yaitu adanya kewajiban untuk praktek kerja yang bertujuan untuk menambah pengalaman peserta didik sehingga tidak akan kaget lagi saat nantinya memasuki lapangan kerja. Namun apapun itu yang terpenting adalah membangkitkan minat anak-anak untuk terus belajar dan mengasah ilmu pengetahuan serta teknologi karena setiap detik selalu bermunculan penemuan dan teknologi baru yang seharusnya membuat generasi muda tidak boleh terlena dan membuang waktu sia-sia. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini kemajuan teknologi digital sedang pesat-pesatnya dan nyaris meliputi semua aspek kehidupan. Kemajuan teknologi digital yang sangat pesat ini tidak hanya dalam dunia industri, namun juga telah merambah ke dunia lain, salah satunya adalah dalam dunia pendidikan di mana teknologi mulai mengubah wajah pendidikan di Indonesia, khususnya dalam proses belajar- mengajar. Tidak bisa di pungkiri bahwa teknologi memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam relasi antara guru dan murid dalam ruang kelas. Teknologi membantu ruang kelas menjadi lebih interaktif, sehingga pada gilirannya akan memacu siswa untuk berpikir lebih kritis dan mandiri dalam belajar.

Dunia pendidikan Indonesia secara perlahan namun pasti kini mulai bergerak menuju transformasi digital di segala aspek yang mendukung pembelajaran, terutama di ruang kelas di mana saat ini ruang kelas berubah menjadi lebih interaktif dengan menggunakan perangkat digital. Tidak hanya sebatas wacana karena saat ini sudah banyak sekolah yang mengabungkan metode belajar mengajar tradisional di mana guru menjadi pemberi informasi utama dengan konsep belajar secara digital dan mobile sehingga anak didik di tuntut untuk lebih mandiri dan kritis dalam belajar. Informasi seputar materi pelajaran kini tidak lagi hanya didapatkan di ruang-ruang kelas, namun banyak sumber lain yang bisa di akses secara digital tanpa harus mendatangi secara langsung pusat informasi tersebut sehingga pengetahuan anak didik semakin kaya dan bertambah luas. 

Transformasi digital dalam dunia pendidikan ternyata tidak hanya bermanfaat untuk merangsang kemampuan berpikir anak didik menjadi lebih mandiri dan kritis, namun juga memiliki manfaat serta peranan yang sangat besar untuk mencetak tenaga kerja yang lebih handal di jenjang sekolah kejuruan atau SMK. Penggunaan alat-alat atau perangkat belajar yang berbasis digital tentunya akan mendukung bagi peningkatan keahlian anak didik sehingga tidak akan gagap lagi saat terjun secara langsung dalam dunia kerja. Apalagi saat ini transformasi digital telah merambah ke berbagai industri, baik industri dalam skala besar maupun rumah tangga, sehingga sangat membutuhkan tenaga kerja yang handal dan mahir mengoperasikan berbagai perangkat teknologi yang berbasis digital. Sekolah kejuruan yang memang dipersiapkan sebagai institusi untuk mencetak tenaga kerja muda yang siap di serap lapangan kerja tentu harus bekerja keras mempersiapkan semua sarana dan prasarana yang mendukung terwujudnya tujuan tersebut.

Tidak hanya mempersiapkan tenaga kerja yang handal untuk memasuki dunia kerja yang kini mulai berbasis teknologi digital, sekolah kejuruan juga di tuntut untuk menghasilkan anak-anak muda yang memiliki jiwa wirausaha yang tidak hanya mampu menjadi tenaga kerja namun juga memiliki kemampuan sebagai penyedia lapangan kerja bagi orang lain. Untuk alasan itulah mengapa wajah pendidikan di Indonesia harus mulai berbenah dan berubah, tidak hanya pendidik namun juga dari segi penyediaan sarana dan prasarana pendidikan. Idealnya sejak dini anak didik sudah diperkenalkan dengan berbagai perangkat teknologi, meskipun sebagian besar anak generasi sekarang sudah sangat mengenal berbagai perangkat teknologi digital di rumah namun hanya sebatas untuk hiburan dan hanya sedikit sekali yang fokus memanfaatkannya sebagai sarana belajar. Nah...di ruang-ruang kelas digital, anak didik di tuntut untuk fokus menggunakan berbagai perangkat digital untuk media untuk belajar dan mencari referensi informasi pengetahuan sesuai materi yang diajarkan. 

Penggunaan berbagai perangkat teknologi yang berbasis digital di ruang kelas tidak hanya membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih interaktif dan dinamis, namun juga memberikan kesempatan pada anak didik untuk belajar menggunakan beragam perangkat teknologi, baik sebagai media belajar maupun untuk bekal saat memasuki dunia kerja kelak. Scanner adalah salah satu perangkat teknologi yang kini fungsinya semakin berkembang, tidak hanya bermanfaat dalam industri dan bisnis semata namun juga memiliki peran yang sangat penting untuk bantu wujudkan transformasi digital dalam dunia pendidikan.

Scanner Brother Bantu Wujudkan Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan

Pada mulanya scanner memiliki fungsi yang sangat penting untuk memudahkan pekerjaan, khususnya dalam urusan dokumen dan berkas. Jika di definisikan, scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai berbagai berkas, seperti dokumen, foto, dan lain-lain. Jika di lihat dari cara kerjanya hampir mirip dengan mesin fotocopy, namun khusus untuk scanner, hasil dari pemindaian tersebut dapat ditransformasikan dalam bentuk berbagai dokumen digital sehingga document scanner bisa dibilang jauh lebih unggul. Keunggulan lainnya adalah dapat digunakan dalam dunia pendidikan, di mana saat ini scanner tidak hanya memiliki fungsi untuk membantu memindai berbagai materi pendidikan di ruang kelas sehingga proses belajar-mengajar berlangsung lebih interaktif, namun scanner juga menjadi sarana belajar bagi anak didik di sekolah kejuruan agar handal menggunakan berbagai perangkat yang berhubungan dengan dunia kerja terutama perangkat digital.

Teknologi scanner sesungguhnya merupakan pengembangan dari teknologi yang di usung oleh Mesin Fax dan Telephotography yang telah digunakan sejak tahun 1800-an dan terus berkembang hingga menjadi salah satu perangkat digital penting yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk menunjang bisnis maupun sebagai salah satu media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang fokus memproduksi scanner untuk berbagai kebutuhan telah melengkapi scanner dengan teknologi terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang mulai bergerak menuju transformasi digital di segala bidang, salah satunya adalah Brother. Scanner Brother sesungguhnya telah banyak di kenal masyarakat dan digunakan untuk berbagai keperluan yang mempermudah kelangsungan bisnis, termasuk juga dalam dunia pendidikan. Dengan inovasi terbarunya, Brother menghadirkan beragam jenis scanner yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk dalam dunia pendidikan. Ada tiga jenis kategori scanner yang dikembangkan oleh Brother untuk berbagai kebutuhan, yaitu Scanner volume tinggi, Scanner Portable, dan Desktop Scanner, di mana ketiga kategori scanner tersebut telah di lengkapi dengan teknologi terkini dan mudah digunakan, yaitu tersedianya fitur USB sehingga tidak diperlukan perangkat komputer untuk melakukan scanning. Tidak salah jika kemudian Brother menamakan produk terbarunya ini sebagai Desktop Scanner.

Ada beberapa produk terbaru dari Desktop Scanner Brother, namun untuk kali ini akan di bahas 3 produk scanner yang telah di lengkapi dengan berbagai fitur berteknologi terkini yang akan mempermudah penggunaan scanner untuk berbagai kebutuhan, termasuk dalam dunia pendidikan, yaitu Scanner Brother ADS - 2400N, ADS - 2800W, dan ADS - 3000N dengan keunggulannya dalam memindai:
  • Berkapasitas 50 sheet dengan berbagai ukuran dokumen, mulai dari dokumen yang berukuran panjang maupun kartu yang terbuat dari plastik.
  • Tersedia fitur USB.
  • 9,3 cm LCD Colour Touchscreen.
  • Network ready, dapat digunakan secara wireless.
  • Tersedia fitur USB 3.0 yang memiliki kecepatan tinggi dalam mentransfer data maupun dokumen.
Scanner Brother
Beberapa produk terbaru dari Scanner Brother (Gambar:http://www.brother.co.id/)
Dengan kisaran harga scanner yang cukup bersaing yaitu Rp.10.000.000,- hingga Rp. 15.000.000,- scanner brother menawarkan berbagai keunggulan, baik dari segi fitur maupun kemudahan dalam pengoperasiannya karena dunia kerja saat ini menuntut segala sesuatu dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Scanner Brother

1 komentar:

  1. scanner ini memang pas mbak buat urusan kantor yg dikit2 perlu scan dokumen utk dikirimkan via email

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.