Jumat, 07 April 2017

5 Tips Wajib yang Harus Diterapkan Sebelum Berwisata Ke Pontianak

Kota Pontianak yang merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki sejuta keindahan yang terkadang luput dari pandangan wisatawan. Mulai dari keindahan sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas yang panjangnya mencapai 1143 kilometer. Selain menikmati indahnya sungai yang membentang di sepanjang Kota Pontianak, ternyata kota ini masih menyimpan destinasi wisata lain yang tidak kalah indahnya, yang pastinya membuat wisatawan yang berkunjung tidak akan pernah melupakan Kota Pontianak.

Airy Rooms Pontianak
Salah satu lokasi wisata favorit di Kota pontianak, Tugu Khatulistiwa (Sumber gambar : wisatapontianak.com)
Tempat wisata lain yang ada di Kota Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa, tempat terjadinya fenomena alam ketika matahari tepat di atas kepala dan menghilangkan semua bayangan di sekitar tugu. Selain itu, adapula Istana Kadariyah, yang merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Pontianak dengan bangunan yang unik dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Namun, ada baiknya sebelum berencana untuk berwisata ke Pontianak, kita mengetahui dan menyiapkan beberapa hal agar perjalanan wisata menjadi lancar dan menyenangkan. Berikut beberapa tips yang terbilang penting kita siapkan sebelum menjelajahi destinasi wisata unik dan indah di Kota Pontianak.

1. Buat Daftar Perjalanan atau Itinerary.

Dalam setiap perjalanan wisata, Itinerary merupakan alat penting untuk mengontrol keuangan dan waktu yang dialokasikan selama liburan. Dengan mengacu pada alokasi dana dan waktu yang kita miliki, pastikan untuk menentukan tujuan wisata yang kita inginkan sesuai dengan alokasi tersebut. Dengan begitu, kita bisa mengatur berapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi dan biaya hotel sesuai anggaran yang telah disiapkan.

2. Pesan Tiket Perjalanan Setidaknya 6 Bulan Sebelum Keberangkatan.

Hal penting lainnya adalah tiket menuju lokasi atau daerah wisata tersebut, dan untuk mengantisipasi kegagalan mendapatkan tiket, pastikan untuk memesan tiket pesawat sejak jauh-jauh dari sebelum rencana keberangkatan menuju Kota Pontianak. Dengan memesan tiket pesawat setidaknya 6 bulan sebelum keberangkatan, kita mungkin saja akan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah selain tentu saja untuk memastikan ketersediaan tiket tersebut. Bayangkan jika kita memesan tiket perjalanan secara mendadak atau beberapa hari menjelang keberangkatan, harga tiket bisa saja melambung tinggi dan jauh lebih mahal.

3. Persiapan Obat-obatan dan Sunblock.

Kota Pontianak terletak di garis khatulistiwa yang artinya matahari bersinar sangat maksimal di daerah tersebut, kebayangkan gimana panasnya cuaca saat matahari bersinar dengan teriknya. Untuk mengatasi teriknya sinar matahari, pastikan selalu membawa sunblock untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk terik matahari dan menghindari kulit kemerahan.

Selain itum jangan lupa menyiapkan obat atau lotion anti nyamuk karena daerah Pontianak dan sekitarnya masih di penuhi hutan atau masih banyak pepohonan. Lotion anti nyamuk dan obat anti mabuk juga sangat bermanfaat saat berencana untuk berwisata di sungai atau menjelajahi hutan. Sedikit catatan buat wisatawan yang memiliki penyakit khusus atau alergi, jangan lupa membawa obat untuk meredakan penyakit atau alergi yang mungkin saja kambuh saat perjalanan wisata tersebut.

4. Jangan Lupa Kunjungi Sungai Kapuas.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, karenanya selagi berkunjung ke Kota Pontianak, jangan lewatkan pengalaman menyusuri Sungai Kapuas. Untuk wisatawan yang menginginkan perjalanan singkat menyusuri Sungai Kapuas bisa menyewa perahu atau kapal nelayan di sepanjang bantaran sungai dengan harga yang relatif murah.

Namun, bagi wisatawan yang menyukai hal-hal yang berbau petualangan lebih jauh, maka bisa mengunjungi Kota Sintang dan menyewa perahu dari kota tersebut untuk menyusuri Sungai Kapuas hingga Kota Pontianak. Dengan jarak sekitar 400 kilometer, wisatawan bisa berpetualang dan menikmati keindahan Pulau Kalimantan yang sesungguhnya.

5. Kota Pontianak Bukanlah Satu-satunya Tujuan Wisata Di Kalimantan Barat.

Pontianak memang merupakan tujuan wisata populer di Kalimantan Barat, tetapi sesungguhnya masih banyak kota disekitarnya yang menyajikan kawasan wisata yang menarik. Salah satu kota di dekat Pontianak yang bisa di kunjungi adalah Singkawang, di mana terdapat wisata Danau Biru yang terkenal dengan keindahan.

Selain tips tersebut, hal yang tidak kalah pentingnya dan tidak boleh terlupakan adalah memesan hotel sebagai tempat menginap selama berada di Kota Pontianak. Salah satu hotel murah di Pontianak yang bisa menjadi tempat persinggahan adalah Airy Rooms. Dengan harga yang murah, Airy Rooms memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Ada 7 jaminan fasilitas di setiap kamar, yaitu AC, televisi layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WIFI gratis. Dengan fasilitas yang terbilang sangat lengkap, Airy Rooms sangat cocok menjadi tempat persinggahan atau tempat istirahat yang nyaman saat liburan atau saat melakukan perjalanan ke luar kota.

Airy Rooms
Nyamannya beristirahat saat liburan di Airy Rooms (Gambar : Airy Rooms)
Untuk pemesanan kamar di Airy Rooms terbilang sangat mudah karena bisa di pesan melalui website ataupun melalui aplikasi pada smartphone, setelah itu tinggal melakukan pembayaran melalui transfer atau kartu kredit, maka tempat beristirahat yang nyaman saat berlibur ke berbagai kota di Indonesia pun tersedia. Perjalanan wisata menikmati indahnya Kota Pontianak dan menginap di Airy Rooms akan membuat liburan yang direncanakan jauh-jauh hari menjadi semakin berkesan dan terasa menyenangkan.

2 komentar:

  1. Wow panjang amat y mba Sungai Kapuas :) Indonesia menyimpan destinasi wisata yang banyak sayang banget klo tujuan saya sll ke LN padahal di Indonesia bnyk spot bagus :) smg someday saya juga bisa ke sini aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak, Indonesia memang menyimpan banyak destinasi wisata yang ngak kalah cantiknya dengan negara lain. Mudah-mudahan saya juga punya kesempatan mengunjungi banyak destinasi wisata lain di Indonesia.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...