Jumat, 03 Maret 2017

5 Tips Dasar Memilih dan Menentukan Furniture Khas Rumah Minimalis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini ketersediaan lahan untuk hunian di kota-kota besar sangat terbatas, bahkan minimnya ketersediaan lahan membuat banyak pengembang mulai bereksplorasi membangun perumahan di kawasan pinggiran kota. Dengan kondisi lahan perkotaan yang seperti itu, tentu masyarakat juga harus menyeimbangkan desain rumahnya agar lahan terbatas tersebut tidak menjadi kendala saat akan membangun atau merenovasi rumah. Salah satu desain yang masih tren hingga saat ini terutama di kota-kota besar dan dianggap sangat cocok dengan lahan yang terbatas adalah desain rumah minimalis. Sudah banyak rumah-rumah yang ditawarkan, seperti rumah dijual di Jakarta yang mengusung konsep desain rumah minimalis. Tidak hanya dari sisi eksterior rumah bergaya minimalis yang terlihat simpel, juga dari sisi interior-nya pun, rumah bergaya minimalis terkenal dengan suasana yang bersih, lapang, dan rapih serta dominan warna-warna gelap. Sudah banyak tersedia perabotan atau furniture yang kental dengan unsur minimalis untuk melengkapi desain interior rumah bergaya minimalis. 

Rumah dijual di Jakarta
Memilih furniture rumah bergaya minimalis ternyata memiliki standar tersendiri untuk memperkuat kesan simpel dan modern (Pic: Pixabay.com)
Umumnya, desain furniture untuk rumah bergaya minimalis ini tidak hanya disukai pemilik rumah yang bergaya minimalis belaka, melainkan juga di sukai sebagian masyarakat karena di nilai lebih simpel namun tetap berkelas, dengan warna yang tidak mencolok dan terkesan tidak membuat ruangan menjadi sempit. Meskipun furniture bergaya minimalis ini sudah banyak di jumpai di toko-toko furniture, namun tidak semua orang mudah untuk memilih dan menentukan furniture mana yang cocok untuk rumah bergaya minimalis miliknya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa di simak dan dijadikan dasar untuk memilih dan menentukan furniture khas rumah minimalis.
  1. Melihat bentuk furniture dan warnanya. Untuk di ketahui, furniture yang pas untuk rumah minimalis adalah furniture yang bentuknya lurus tanpa ukiran, dengan setiap sudut yang lancip dan menggoda. Selain itu juga mereka hanya memiliki 1-2 paduan warna saja.
  2. Pertimbangan berikutnya, jika ingin membeli furniture secara online, pastikan terlebih dahulu kualitas dari furniture tersebut, bisa dengan cara mencari referensi baik melalui media online maupun majalah, Selain itu, pastikan bahwa furniture tersebut memiliki ketahanan jangka panjang dan jika memungkinkan pilih furniture yang memiliki masa garansinya.
  3. Untuk pemilihan bahan jenis furniture tersebut, akan lebih baik jika melihat dan memegangnya secara langsung. Untuk itu sempatkan waktu untuk memilih bahan furniture secara langsung di toko-toko mebel sehingga merasa lebih aman dan nyaman. Sampai saat ini masih banyak orang yang memilih menggunakan bahan dari kulit untuk furniture-nya karena memiliki koleksi warna yang cukup banyak dan ukuran kain yang luas. Selain itu, bahan kulit juga sangat pas jika ditempatkan pada rumah minimalis, serta lebih mudah dibersihkan jika kotor.
  4. Pemilihan warna, menjadi faktor penentu yang sangat penting. Rumah bergaya minimalis di kenal dengan dominan warna putih, namun untuk memberikan aksen warna lain bisa menggunakan furniture yang berwarna seperti pada kursi, rak, dan hiasan dinding yang bertema minimalis, sehingga suasana ruangan rumah bergaya minimalis tidak terlalu terkesan kaku dengan warna yang terlalu simpel cenderung gelap.
  5. Pemilihan bentuk sofa. Umumnya untuk rumah minimalis menggunakan sofa 3 seater yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran rumah. 
Selain itu, pemilik rumah bisa mendesain sendiri perabot atau furniture untuk rumah bergaya minimalis-nya,  ada beberapa keuntungan jika berencana mendesain sendiri perabotan atau furniture karena bisa menyesuaikan dengan ukuran atau luas ruangan di mana perabotan tersebut akan diletakkan. Namun, ada baiknya untuk menghindari warna-warna terang untuk furniture atau perabotan tersebut agar nuansa ruangan minimalis dapat dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...