Jumat, 03 Februari 2017

BTN Digital Solution Bikin Belanja Online Makin Dekat Di Hati

Jika sebagian besar masyarakat mengenal Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai salah satu bank yang ditunjuk pemerintah untuk menangani masalah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, tapi saya justru mengenalnya sebagai bank tabungan untuk anak yang terbaik. Bagaimana tidak? Sejak tahun 2013, saya terbiasa menggunakan produk tabungan dari BTN yaitu tabungan BTN Junior untuk anak-anak. Sebenarnya sih ada beberapa alasan yang membuat saya memilih setia dengan tabungan BTN Junior, antara lain tidak membutuhkan rekening induk karena bisa di setor secara langsung, setoran awal dan setoran lanjutan yang terjangkau, dan yang terpenting bebas biaya administrasi bulanan. Tapi yang paling utama, dengan tabungan BTN Junior anak-anak diberikan edukasi untuk menabung dengan uang mereka sendiri yang disisihkan dari uang jajan mereka setiap hari. Yap...Tabungan BTN Junior memang dikhususkan untuk memberikan edukasi menabung sejak dini untuk anak-anak mulai dari usia TK hingga SD.

BTN Digital Solution
Tabungan dari Bank BTN, sahabat anak-anak (Dokpri)

Setelah putra sulung saya duduk di bangku SMP, hubungan mesra dengan BTN tetap berlanjut karena disekolahnya yang baru, anak-anak diperkenalkan dengan produk tabungan juga dari BTN yaitu Tabungan Simpanan Pelajar atau Simpel. Untuk putra saya yang sekarang duduk di bangku SMP, tabungan BTN Simpel tidak hanya sebagai saranan edukasi , namun sebagai salah satu cara untuk menyisihkan sebagian uang sedikit demi sedikit untuk biaya ujian akhir sekolah serta keperluan lainnya saat duduk di kelas 9 nanti, kebetulan putra saya bersekolah di MTS swasta. Sama seperti tabungan BTN Junior, tabungan Simpel pun tidak di kenai administrasi bulanan dan setoran awal yang terbilang sangat terjangkau, bahkan untuk setoran lanjutan minimal hanya Rp. 1.000,-. Tapi yang membedakannya, pada tabungan BTN Simpel di bekali kartu ATM sehingga lebih mudah bertransaksi, tapi tetap saja kartu ATM-nya tidak pernah di bawa dan hanya di simpan di dompet mamanya. Selain itu, ternyata kartu ATM tabungan BTN Simpel juga bisa digunakan untuk keperluan transaksi perbankan seperti kartu ATM pada umumnya lho, tapi memang belum pernah saya gunakan karena murni untuk menabung urusan sekolahnya nanti. 

Saat ini transaksi perbankan semakin inovatif dan tentu saja dengan menghadirkan fitur-fitur yang mempermudah masyarakat melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja.  Tidak hanya itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, pengguna smartphone nyaris menyentuh angka setengah dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian lembaga riset digital marketing Emarketer yang memperkirakan bahwa pada tahun 2018 mendatang jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia akan menyentuh angka lebih dari 100 juta jiwa, bahkan mungkin nyaris mencapai angka setengah dari jumlah penduduk Indonesia. Besarnya peluang pasar digital di Indonesia dengan potensi jumlah penduduk yang masuk dalam 5 besar dunia membuat Indonesia termasuk dalam salah satu negara potensial yang dilirik para investor dunia untuk menanamkan sahamnya dalam industri digital. Salah satu industri digital yang saat ini mulai berkembang dengan sangat pesat adalah belanja online, meskipun untuk jenis belanja online ini penetrasi pasar di Indonesia belum sebanyak dan sepesat negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Namun dengan jumlah penduduk yang sebesar itu bukan tidak mungkin Indonesia akan menjelma menjadi raksasa teknologi digital di Asia bahkan mungkin di dunia.

BTN Digital Solution
Aplikasi BTN Digital Solution pada smartphone (Dokpri)
Faktor penting lainnya yang mendukung semakin meningkatnya aktivitas belanja online di Indonesia adalah jaringan internet yang mulai berbenah meningkatkan kualitas pelayanannya dengan internet cepat dan biaya yang semakin murah serta cakupan wilayah yang kian luas. Tentu saja jaringan internet yang cepat dan stabil serta cakupan wilayah yang semakin luas mendorong pertumbuhan industri digital semakin pesat, salah satunya adalah pasar e-commerce di Indonesia. Meskipun terbilang persentase penetrasi pasar e-commerce di Indonesia belum sebanyak negara ASEAN lainnya, perlahan namun pasti aktivitas belanja online setiap tahun selalu merangkak naik, hal ini terbukti dengan semakin eksisnya toko-toko online besar di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, OLX, Bukalapak, dan lain-lain. Tidak hanya toko online besar, toko-toko online kecil pun mulai bermunculan bak jamur di musim hujan, yang menunjukkan betapa potensi pasar bisnis online di Indonesia sangat besar.

Pesatnya aktivitas belanja online di Indonesia tentu saja memicu dunia perbankan untuk mulai berbenah meningkatkan kualitas pelayananannya agar mudah di jangkau oleh nasabahnya. Hal ini sangat beralasan karena berdasarkan riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI Research mengungkapkan bahwa sekitar 82% pembelanja online menggunakan jasa perbankan untuk aktivitas pembayaran belanja onlinenya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perbankan menjadi bagian yang sangat penting dalam gelombang ekonomi digital. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat bagi perbankan untuk mulai melirik penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Tidak heran jika dalam beberapa tahun terakhir ini perbankan di Indonesia berlomba-lomba meluncurkan aplikasi digital untuk melayani aktivitas perbankan nasabahnya yang bisa di akses secara mobile dari mana saja dan kapan saja, salah satunya adalah Bank Tabungan Negara (BTN) dengan BTN Digital Solution-nya.

BTN Digital Solution Untuk Transaksi Perbankan Semakin Mudah dan Cepat

Dalam sebuah studi yang dilakukan AlixPartners di rilis tahun 2012 dan dimuat Brett King dalam bukunya "Bank 3.0" di prediksi bahwa sekitar 50% nasabah bank akan memanfaatkan mobile banking untuk mengakses layanan bank seiring dengan semakin meningkatnya pengguna smartphone dan mulai meluasnya jaringan internet di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa revolusi dan transformasi masyarakat menuju penggunaan transaksi elektronik untuk layanan pembayaran serta layanan perbankan lainnya masih akan terus berlanjut. Bukan tidak mungkin jika dalam beberapa tahun mendatang transaksi perbankan lebih banyak menggunakan aplikasi digital ketimbang bertransaksi dengan cara mendatangi kantor cabang secara langsung, kecuali untuk beberapa kasus tertentu. Tren penggunaan aplikasi digital untuk berbagai transaksi perbankan kini mulai menunjukkan kenaikan yang cukup drastis, terutama di sektor belanja online di mana sebagian besar masyarakat yang gemar berbelanja secara online lebih nyaman menggunakan perbankan untuk melakukan pembayaran.

BTN Digital Solution
Aplikasi BTN Digital Solution (Dokpri)
Tidak berlebihan kiranya jika sejak tahun 2016 lalu dan semakin gencar di tahun 2017 ini meluncurkan BTN Digital Solution sebagai solusi menuju transformasi digital untuk semua layanan perbankannya. Dalam sejarah perbankan di Indonesia, bank BTN termasuk salah satu bank tertua di indonesia, berdiri pada tahun 1897 yang pada mulanya bernama "Postpaarbank," dan barulah pada tahun 1963 berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara. Pada tahun 1974 bank BTN di tunjuk oleh pemerintah sebagai satu-satunya institusi yang bertugas menyalurkan KPR untuk golongan masyarakat menengah ke bawah, dan tahun 2002 bank BTN di tunjuk sebagai bank komersial yang fokus pada pembiayaan rumah komersial. Namun dalam perkembangan selanjutnya, bank BTN tidak lagi hanya di kenal sebagai bank KPR semata dengan diluncurkannya berbagai produk jasa keuangan, salah satunya adalah tabungan BTN Junior dan tabungan BTN Simpel yang sudah saya gunakan sejak lama.

Tapi ternyata inovasi bank BTN tidak cukup hanya sampai di situ, karena seiring kemajuan teknologi digital, bank BTN di tahun 2017 ini sedang gencar-gencarnya fokus pada pengembangan layanan jasa digital yang mudah di akses masyarakat dari mana saja dan kapan saja dengan diluncurkannya aplikasi BTN Digital Solution. Selain fokus memberi kemudahan pada masyarakat terutama nasabahnya untuk mengakses layanan jasa perumahan dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah pemerintah, aplikasi digital ini juga memberikan akses yang mudah dan cepat bagi nasabahnya untuk berbelanja secara online. Dukungan penuh bank BTN terhadap kemajuan e-commerce di Indonesia ini sejalan dengan misi dari bank BTN, yaitu :
  • Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industri terkait pembiayaan konsumsi dan usaha kecil menengah.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa, dan jaringan strategis berbasis teknologi terkini.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia sudah sangat besar, bahkan hampir mencapai setengah dari jumlah penduduk di Indonesia namun penetrasi pasar belanja online masih terbilang sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah masih banyaknya masyarakat yang enggan bertransaksi secara online karena takut dengan penipuan atau merasa kesulitan dalam hal pembayaran. Padahal hampir semua bank sudah memberikan fasilitas mobile banking dan internet banking untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online, namun masih banyak masyarakat yang belum merasa nyaman melakukan transaksi tersebut.

Namun, sebelum membahas lebih jauh fitur dari BTN Digital Solution yang secara khusus di rancang untuk memberikan kemudahan serta rasa aman dalam berbelanja online, terdapat fitur-fitur lain yang tentu saja juga memberi kemudahan bagi nasabah atau bahkan masyarakat umum untuk mengakses layanan perbankan bank BTN. Berikut fitur-fitur yang tersemat dalam aplikasi BTN Digital Solution :
  • Pada layar utama terdapat berbagai penawaran, berupa diskon, potongan harga, dan lain-lain jika menggunakan kartu bank BTN.
  • Fitur Promo, di mana dengan fitur ini terdapat penawaran khusus atau promo baik dari produk KPR/kredit, e-banking, Wealth, kartu atau tabungan, dan event.
  • Fitur Kartu Suka-suka, untuk mendapatkan layanan kartu bank BTN sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Fitur BTN Properti yang mempermudah masyarakat menemukan properti impian sesuai kemampuan dan kebutuhan. Pada fitur ini juga dilengkapi lokasi di mana properti tersebut berada sehingga dengan mudah masyarakat bisa menemukan properti sesuai impiannya.
  • Fitur e-banking sebagai solusi terpercaya untuk mengakses layanan Mobile banking dan Internet Banking.
  • Fitur Pembukaan Rekening, untuk mempermudah masyarakat membuka rekening di bank BTN.
  • Fitur Lokasi, yang memudahkan masyarakat menemukan lokasi kantor cabang bank BTN dan ATM.
  • Fitur Hubungi Kami, yang berisikan telepon atau contact center dan email contact center.
  • Fitur Pengaturan untuk profil dan tema.
  • Fitur e-commerce sebagai channel untuk berbelanja secara online dengan mudah.
BTN Digital Solution Bikin Belanja Online Makin Dekat di Hati
 
Salah satu alasan yang membuat situs e-commerce besar di Indonesia membuat aplikasi mobile digital adalah agar masyarakat semakin mudah mengakses dan berbelanja secara online.Meskipun di situs tersebut telah tersedia berbagai metode pembayaran, namun masih ada masyarakat yang belum percaya sepenuhnya akan keamanan bertransaksi secara online. Padahal berbelanja secara online tidak hanya menghemat dari segi biaya transportasi dan waktu, tapi terkadang konsumen akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Sebagai solusi untuk mengatasi beragam permasalahan itulah, bank BTN melalui BTN Digital Solution hadir memberikan pelayanan terbaik mengakses layanan perbankan lebih mudah, cukup dari satu pintu yang terpercaya sebagai langkah untuk semakin mendekatkan belanja online dengan masyarakat.
BTN Digital Solution
Fitur E-Commerce BTN Digital Solution (Dokpri)
Setidaknya ada 3 unsur yang membuat aplikasi BTN Digital Solution bikin belanja online makin dekat di hati masyarakat, yaitu :
  1. Faktor kemudahan. Fitur e-commerce yang tersemat dalam aplikasi BTN Digital Solution memberikan kemudahan untuk memilih situs atau aplikasi e-commerce mana sebagai tempat untuk belanja online. Ada 15 situs e-commerce, baik berupa marketplace, online shop, dan lain-lain, yang bisa di pilih melalui fitur e-commerce pada aplikasi BTN Digital Solution, seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, OLX, Zalora Indonesia, Elevenia, dan masih banyak lagi, sebagai tempat untuk belanja online dengan harga-harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Berbelanja online tentu saja lebih mudah karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, dengan hadirnya BTN Digital Solution tentu saja membuat belanja online menjadi semakin mudah. Konsumen bisa melihat-lihat berbagai produk yang di jual di situs-situs e-commerce tersebut bahkan bisa membanding-bandingkan harga dengan mudah tanpa harus membuka tab baru di browser smartphone. Dengan kata lain, mengunjungi 15 situs besar e-commerce yang ada di Indonesia hanya dengan satu langkah mudah dan dari satu pintu aplikasi, aplikasi BTN Digital Solution. Tidak hanya itu, untuk melakukan pembayaran tidak hanya melalui mobile banking dan internet banking, tapi juga bisa berbelanja online dengan kartu debit BTN, semakin mudah bukan?
  2. Faktor keamanan. Ada sebagian masyarakat Indonesia yang masih belum percaya sepenuhnya pada aktivitas berbelanja secara online, entah dalam hal pembayaran maupun kualitas produk yang di terima. Untuk inilah BTN Digital Solution hadir, membantu memberikan rasa aman ketika berbelanja online melalui satu pintu yang terpercaya. Konsumen dapat menyelesaikan transaksi pembayaran belanja online dari satu pintu aplikasi sehingga lebih mudah, cepat, dan aman. Keamanan bertransaksi secara online melalui BTN Digital Solution sangat bermanfaat, terutama ketika konsumen berbelanja saat pesta diskon besar-besaran dalam rangka Hari Belanja Online Nasional. Pada momen ini biasanya konsumen yang beruntung bisa mendapatkan barang murah harus membayar secepat mungkin, akibatnya terkadang sedikit lengah dalam mengamankan akun perbankannya. BTN Digital Solution menjadi solusi jika ingin melakukan pembayaran secara cepat, mudah, dan pastinya aman, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi keamanan yang mumpuni.
  3. Faktor Edukasi. Tidak bisa di pungkiri jika masih ada masyarakat yang belum mengenal teknologi digital, apalagi soal belanja online. Untuk itulah aplikasi BTN Digital Solution hadir, selain memberikan kemudahan dan keamanan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas belanja online, juga membantu mengedukasi masyarakat bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk hal-hal yang positif, termasuk aktivitas belanja online. Selain itu juga membantu mengedukasi masyarakat memilih aplikasi terpercaya untuk bertransaksi secara online. 
Satu fitur baru lagi yang ditawarkan bank BTN melalui aplikasi BTN Digital Solution yang membuat belanja online semakin dekat di hati masyarakat yaitu pembayaran transaksi bisa menggunakan kartu debit BTN. Adapun langkah-langkah untuk bertransaksi online dengan kartu debit BTN adalah :
  • Daftarkan nomor telepon aktif ke kantor cabang bank BTN terdekat, pastikan juga kartu debit BTN telah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi.
  • Kunjungi situs e-commerce untuk berbelanja, namun pastikan terdapat logo verified by Visa di situs e-commerce tersebut.
  • Pilih menu pembayaran dengan Debit BTN Online sebagai metode pembayaran.
  • Lalu pada halaman pembayaran masukkan data kartu sebagai berikut : nama pemegang kartu debit BTN, nomor kartu debit BTN, tipe kartu biasanya Visa, tanggal kadaluarsa kartu debit BTN, masukkan tiga angka terakhir di belakang kartu, negara penerbit kartu yaitu Indonesia.
  • Kemudian konsumen akan menerima password atau authorization code berupa 6 angka rahasia melalui nomor handphone yang sudah terdaftar.
  • Masukkan 6 angka tersebut ke menu konfirmasi untuk melanjutkan proses pembayaran lalu transaksi selesai dilakukan dan tinggal menunggu barang yang di beli di antar oleh jasa pengiriman.
Bagaimana?  Mudah bukan melakukan pembayaran untuk transaksi belanja online di berbagai situs e-commerce dengan kartu debit BTN. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja secara online, karena bank BTN melalui layanan aplikasi BTN Digital Solution benar-benar memberikan solusi pembayaran transaksi online yang tidak hanya mudah namun juga aman, sehingga transaksi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. BTN Digital Solution memang bikin belanja online makin dekat di hati.

Aplikasi BTN Digital Solution bisa di unduh dengan mudah melalui Play Store untuk yang berbasis Android dan App Store untuk yang berbasis IOS.

Referensi tulisan :
http://www.btn.co.id/
https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media
http://www.marketing.co.id/si-jenius-di-era-digital-banking/
https://www.infokomputer.com/tag/digital-banking/
https://www.apkomindo.id/index.php/logo/item/96-2015-pasar-e-commerce-berpotensi-meningkat

2 komentar:

  1. belanja online jadi makin mudah, dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya ya mbak, bukan cuma soal pembayaran tapi di aplikasi BTN Digital Solution sudah tersedia bermacam e-commerce jadi ngak perlu keluar aplikasi lagi hehehe, Makasih mbak atas kunjungannya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...