Rabu, 23 November 2016

Mengulik Rahayupawitriblog yang Sederhana Namun Inspiratif dan Kaya Makna

Secara personal, sudah lama saya mengenal mbak Rahayu Pawitri atau lebih akrabnya saya panggil mbak Wit, pemilik Rahayupawitriblog. Mengenal mbak wit melalui salah satu komunitas yang sebagian besar anggotanya merupakan ibu-ibu yang memiliki rasa ketertarikan tinggi terhadap dunia kepenulisan, dan berlanjut hingga kini setelah tergabung dalam Komunitas Blogger Perempuan. Tapi saya justru banyak mengenal mbak wit melalui tulisan atau artikelnya yang dahulu secara berkala diposting di salah satu media atau portal online yang sebagian besar mengulas masalah parenting. Saya sering membaca tulisan-tulisan mbak wit, karenanya ketika kami bertemu kembali melalui media blog, sudah pasti tulisan-tulisan mbak wit sama menginspirasinya terutama tulisan yang bertemakan parenting, seperti tulisan atau artikel di media online tersebut.

Rahayupawitriblog

Terus terang saya suka blognya mbak wit, template yang sederhana, clean, dan navigasi yang sangat mudah. Selain itu, di tambah lagi muatan artikel atau postingan yang menurut saya sangat lengkap...hehehe jadi ingat betapa berantakannya blog saya yang entah sejak zaman kapan resolusinya mau memperbaiki blog tidak pernah tercapai 😂. Kadang-kadang blogwalking atau berkunjung ke blog lain selain bertujuan untuk membaca artikel atau postingan yang sudah ditulis teman, juga sebagai sarana untuk mencari referensi tema dan template blog yang bagus. Eh...tapi bener lho, tampilan template blog yang bagus di tambah header yang cantik pastinya bikin pengunjung senang apalagi jika ditambah loading blog yang cepat. Dengan tampilan  blog seperti ini tentu juga membuat si pemilik blog lebih rajin posting...hihihi.

Lanjut mengulik blognya mbaj wit yang sangat berat muatannya, eh...tapi bukan loading blognya yang berat, maksud saya artikel yang ditulis mbak wit di blognya kaya informasi yang bermanfaat dan pastinya menambah pengetahuan baru, diantaranya artikel-artikel yang masuk dalam kategori atau label "parenting." Beberapa orang berpendapat bahwa sharing artikel parenting yang bagus adalah jika penulisnya sudah mengalami apa yang ditulisnya tersebut, namun menurut saya bisa ya bisa juga tidak, karena setiap anak berbeda antara yang satu dengan yang lain dan masing-masing anak memiliki karakteristik sendiri. Atas pemikiran tersebut, saya suka membaca semua artikel yang bertemakan parenting, baik berdasarkan kisah yang dialami sendiri penulis atau berdasarkan referensi dari sumber-sumber lain.

Rahayupawitriblog

Dan...ini dia artikel yang saya suka dari beberapa artikel yang berlabelkan parenting, yang membahas bagaimana mengajarkan tanggung jawab kepada anak. Yap...tanggung jawab sangat penting dimiliki seseorang, dan celakanya sikap penuh tanggung jawab ini akan sangat dibutuhkan untuk jangka waktu yang tidak terbatas alias selama hayat masih di kandung badan. Saya setuju dengan mbak wit tentang bagaimana mendefinisikan arti kata tanggung jawab sebagai suatu sikap yang menerima penuh atas semua konsekuensi tindakan atau keputusan yang telah diambil. Sikap tanggung jawab ini tentu saja harus mulai diajarkan sedini mungkin, karena membentuk sosok anak yang bertanggung jawab hingga setelah dia tumbuh dewasa nanti tidak bisa dilakukan dalam semalam. Membutuhkan kerja keras, disiplin, dan konsistensi dari orangtuanya, dan terus terang hingga detik ini masih sangat sulit saya lakukan.
Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu orangtua mengajarkan anak untuk mengenal tanggung jawab sedini mungkin, namun sharing tips ini hanya singkat karena untuk lengkapnya bisa mengunjungi langsung blognya mbak wit, yaitu 👉mengenalkan konsekuensi, 👉mengenalkan empati, 👉belajar jujur, 👉memupuk sikap berani, 👉self control dan self respect, 👉bantu anak membuat penilaian yang tepat. Yap...anak yang kelak setelah dewasanya tumbuh menjadi sosok yang baik dan berbudi pekerti luhur tidak dibentuk dalam semalam, namun membutuhkan waktu yang sangat lama, bertahun-tahun sejak anak kecil hingga dewasa. Selain artikel yang bertemakan tanggung jawab, masih banyak artikel parenting lainnya yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya.

Selain artikel yang berlabelkan parenting, ada juga artikel yang berlabelkan keuangan, featured, women corner, me as a blogger, dan tentu saja menu about me yang sangat penting dan sepertinya harus ada dalam setiap blog pribadi. Serius lho, menu about me ini menjadi salah satu bagian penting dan tak terpisahkan ketika memutuskan untuk mengelola sebuah blog menjadi profesional (baca menghasilkan).  Ada 2 sub menu untuk label about, yaitu about me dan about my blog. Entahlah mengapa mbak wit memisahkan kedua sub menu ini, mungkin mbak wit tidak hanya ingin membranding diri dengan blog semata namun juga diri pribadi.

Rahayupawitriblog
Tips parenting keren nich yang diambil dari akun Instagram Rahayu Pawitri
Lanjut mengulik blognya mbak wit menuju label yang sangat menarik untuk saya, yaitu Women Corner, ada apa sih di sini? Yap...namanya juga berbau perempuan, pastinya artikel di sini tidak terlalu jauh dari dunia perempuan, dan itu benar sekali. Terkadang sesekali dalam setiap helaan napas kita adakalanya kita perlu bermuhasabah diri atau evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya sebagai catatan untuk memperbaiki diri menyongsong masa depan. Ngomong-ngomong soal muhasabah mengingatkan saya akan artikel arisan link Blogger Perempuan yang pernah saya tulis sebelumnya.

Dalam label Women Corner ini, ada banyak artikel yang bagi saya sangat menyentuh, diantaranya yang berjudul "suamiku bukan Donald Trump." Yah...tidak semua wanita beruntung bisa nyaman tinggal di rumah mengurus keluarga dan mengasuh anak-anak tanpa harus terbebani masalah keuangan, karenanya saya setuju dengan pemikiran mbak wit bahwa dibalik suatu keputusan pasti ada alasan yang melatabelakanginya dan yang pasti prioritas serta pemikiran masing-masing orang serta keluarga berbeda. Jika melihat tanggal postingnya, ini artikel yang sudah cukup lama ditulis mbak wit tahun 2014, namun tetap kontennya tetap relevan dengan masa sekarang, terutama masalah momwar. Selain itu, benar bahwa tidak semua suami diberikan talent yang hebat atau lebih tepatnya takdir untuk menjadi sosok yang sukses secara materi. Percayalah, di balik kelebihan pasti ada kekurangan, dan sebaliknya di balik kekurangan pastilah ada kelebihan, mungkin itulah sejatinya hidup, harus berjuang sesuai takaran dan nasibnya masing-masing.

lanjut...kembali mengulik blognya mbak wit, masih seputar artikel di bawah label Women Corner, kali ini yang membahas bahwa bahagia itu sesungguhnya sangat sederhana. Yah benar, bahagia tidak pernah memiliki indikator yang jelas karena datangnya dari dalam hati. Seperti yang saya alami, di malam hari ketika anak-anak tertidur pulas setelah makan malam dengan kenyang meskipun dengan menu sederhana tapi mereka gembira, rasanya sangaattt bahagia. Saya setuju dengan istilah bahwa bahagia itu tidak dapat diukur dengan materi apapun, karenanya saya selalu menginginkan agar kelak anak-anak mendefinisikan rasa bahagia dari ukuran materi dan kenikmatan duniawi. Bersyukur jika bisa mendapatkannya, namun jika tidak yah tidak apa-apa juga kan. Masih banyak artikel keren nan inspiratif lainnya lho yang bisa di baca di Rahayupawitriblog berlabelkan Women Corner.

Selanjutnya tentu saja mengulik label "Me as a Blogger," namanya juga blogger dan artikel ini juga dibuat dalam rangkaian kegiatan Blogger Perempuan Networking. Namanya juga blogger, artikel yang diposting tentu saja tidak jauh dari hal-hal yang berbau blogging, tapi ada satu artikel yang sangat menarik perhatian saya, yang membahas "meja kerja." Sepertinya hal ini perlu saya pikiran sejak sekarang karena selama ini meja kerja saya yah nebeng meja belajar anak-anak, atau jika sedang digunakan anak-anak saya pindah ke meja belajar portable milik anak bungsu saya yang TK...hahahaha, nampak tidak profesional yach😀. Pas nemu judul artikelnya mbak wit yang mengulas masalah meja kerja, jadi kepikiran pingin juga punya meja kerja tapi rumahnya sempit euuyyy, namanya juga perumahan yang lahannya terbatas, mudah-mudahan tahun depan (2017) impian punya meja kerja cantik bisa tercapai ya...Amin🙏.

Terus...ada artikel lainnya yang mempertanyakan, perlukah seorang blogger belajar bisnis online? Well, jika ini ditanyakan kepada saya, jawabnya perlu banget. Bisnis online bukan hanya soal jual-menjual barang semata menurut saya, namun didalamnya juga termaktub konten bagaimana memaksimalkan penjualan secara online dari banyak sisi, di mana salah satunya belajar membuat sales letter, teknik SEO, HTML yang sederhana sekalipun, dan teknik-teknik lainnya yang sebagian besar sama dengan teknik yang mestinya dimiliki seorang blogger. Untuk ulasan lebih lengkapnya bisa mengunjungi secara langsung Rahayupawitriblog, ulasannya sangat lengkap dan sangat jelas.

Dari berbagai sudut pandang, muatan blognya mbak wit sangat lengkap dan kaya dengan konten yang bermakna dan inspiratif berpadu dengan template yang sederhana dan bernavigasi sangat mudah. Mengulik blognya mbak wit membuat saya mau tidak mau harus mulai berpikir ulang untuk menata kembali blog saya, baik dari sisi konten maupun template, karena kedua hal tersebut merupakan salah satu faktor penting jika ingin memonitize blog atau menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan.

Oh ya satu lagi, ada juga label "keuangan" yang kontennya pasti ngak jauh-jauh dari masalah keuangan yang umumnya dialami kaum wanita terutama ibu rumah tangga. Yes!...zaman sekarang ibu rumah tangga juga harus melek dengan beragam informasi tentang produk keuangan termasuk produk dari perbankan. Juga jangan lupa, harus pandai-pandai mengelola keuangan karena pendapatan jarang sekali bertambah namun kebutuhan justru selalu bertambah setiap bulan. Ada banyak tips dan trik cara menyiasati pengaturan keuangan yang minimalis namun pengeluaran maksimalis, namun untuk mempraktekkan rasanya sulit sekali, karenanya tips yang berbasis praktek nyata merupakan solusi yang rasanya paling inspiratif untuk diterapkan.

Wow...ada artikel tentang Reksadana yang hingga sekarang masih cukup sulit saya pahami meskipun sudah pernah mengikuti seminar tentang produk investasi yang katanya cukup menjanjikan untuk jangka panjang. Secara panjang lebar, mbak wit menceritakan mengapa investasi reksadana menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk investasi jangka panjang, disertai dengan pemaparan secara lengkap langkah apa yang perlu dilakukan jika ingin memulai berinvetasi reksadana dengan bahasa yang sederhana dan pastinya mudah dimengerti. Yah...memahami produk keuangan apalagi yang termasuk kurang populer memang cukup sulit, dan mungkin inilah salah satu tugas blogger yah...menerjemahkan sesuatu atau informasi yang sulit menjadi lebih mudah dipahami masyarakat.

Yap...blog kini tidak lagi hanya sekadar media online yang memuat curhatan atau opini dari pemilik blog semata, namun mestinya juga memuat konten yang berisikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk pembacanya, serta yang pasti informasi itu benar adanya dan bisa dipertanggungjawabkan oleh si pemilik blog/penulis. Teruslah menginspirasi mbak wit melalui Rahayupawitriblog, dan semoga semakin banyak konten nan inspiratif yang bisa diakses melalui blog ini.

Tangerang, 23 Nopember 2016 😍.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...