Minggu, 16 Oktober 2016

Sepanjang Sejarah, Frisian Flag Susu Kental Manis Hadir Membantu Nutrisi Keluarga Indonesia

Ada banyak kenangan setiap kali melihat Frisian Flag Susu Kental Manis di depan mata, entah itu sedang membuatkan susu untuk anak-anak atau di saat saya ingin menikmati hari sendiri sambil minum segelas susu kental manis coklat panas.

Frisian Flag Susu Kental Manis

Boleh dikatakan, jarak usia antara saya dan adik tidak terlalu jauh, sehingga mau tidak mau ketika adik lahir, saya praktis harus berbagi perhatian ibu dan mendapat porsi yang jauh lebih kecil. Pada masa-masa inilah peran ayah bisa dikatakan sangat besar karena sebagian tugas mengurus saya lebih banyak dilakukan ayah, termasuk membuatkan susu. Saya tertawa setiap kali mendengar cerita ibu bagaimana tidak cekatannya ayah ketika membuatkan susu untuk saya dan biasanya berakhir dengan tangisan. Kasusnya selalu sama, susu yang dibuatkan ayah selalu menyisakan gumpalan-gumpalan susu di dalam botol yang lumayan banyak sehingga rasa susunya jadi kurang enak ketika di minum, ketika itu saya masih mengkonsumsi Susu Cap Bendera dalam bentuk bubuk. Suatu kali, karena saya ngambek tidak mau minum susu buatan ayah akhirnya ayah memberikan susu yang biasanya di konsumsi oleh kakak. Dari mencoba sekali akhirnya saya ketagihan dan hampir setiap hari saya selalu minta dibuatkan susu yang sama dengan yang di minum kakak, yaitu Frisian Flag Susu Kental Manis rasa coklat, ketika itu masih di kenal Susu Kental Manis Bendera.

Setelah menbaca syarat dan ketentuan untuk mengkonsumsi susu kental manis sesuai dengan usia saya pada saat itu, akhirnya ayah memutuskan untuk memgizinkan saya beralih dari susu bubuk Bendera menjadi secara rutin mengkonsumsi Frisian Flag susu kental manis dengan varian rasa yang hingga saat ini masih menjadi favorit saya, yaitu rasa coklat. Setelah dewasa, baru saya menyadari betapa beruntungnya saya ketika kecil dulu karena masih bisa menikmati nutrisi tambahan yang sangat berharga, yaitu susu, karena tidak semua anak saat itu bisa minum secara rutin yang namanya susu. Pengalaman masa kecil itulah yang membuat saya setelah memiliki anak bertekad untuk tidak lupa dan selalu mengupayakan memberikan nutrisi yang terbaik bagi anak-anak, terutama dari susu untuk memaksimalkan kesehatan dan tumbuh kembangnya. Sepanjang sejarah masa kecil saya di mana susu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian saya, ada kasih sayang yang sangat besar dari ayah dan ibu yang selalu bekerja keras untuk memberikan nutrisi terbaik dalam setiap tetes susu yang saya minum setiap hari.

Kerja keras dan semangat untuk memberikan nutrisi terbaik bagi keluarga Indonesia jugalah yang membuat Frisian Flag Susu Kental Manis mampu bertahan selama hampir 95 tahun. Terus berinovasi agar selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan bantuan memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi harian keluarga Indonesia.

Menengok Sekilas Hadirnya Frisian Flag Susu Kental Manis Di Indonesia

Bermula dari tahun 1922, di mana susu kental manis dan produk susu Frisian Flag pertama kali diekspor oleh koperasi peternak susu Belanda yaitu "De Cooperatieve Condensfabriek Friesland (CCF)" atau pabrik susu kental manis Friesland ke Hindia Belanda termasuk Batavia, Indonesia.  Rasanya yang lezat membuat susu kental manis di sambut hangat oleh masyarakat Indonesia yang saat itu lebih di kenal dengan Batavia. Untuk memudahkan diterima oleh pasar dan masyarakat, produk ini kemudian di kenal dengan nama "Soesoe Tjap Bendera," dan brand inilah yang kemudian menjadi hits serta menjadi semacam ikon setiap produk susu yang saat itu hadir di Indonesia.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Perjalanan Frisian Flag dari masa ke masa di Indonesia (Dok: Frisian Flag Indonesia)
Tahun 1968, PT. Friesche Vlag Indonesia didirikan dengan kemitraan antara Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan sebuah perusahaan lokal. Pada tahun 1969, pabrik Pasar Rebo mulai di bangun, dan mulai tahun 1971, pabrik tersebut mulai memproduksi susu kental manis untuk dipasarkan di seluruh Indonesia. Pabrik bertambah di daerah Ciracas pada tahun 1977, dan di lokasi pabrik inilah para blogger mendapatkan kesempatan untuk berkunjung dan melihat secara langsung proses produksi susu kental manis yang selama lebih dari 9 dekade membantu nutrisi keluarga Indonesia.

Tahun 2002 menjadi tahun yang bersejarah karena perusahaan berganti nama menjadi PT. Frisian Flag Indonesia, dan terus melakukan inovasi untuk mengeluarkan beragam varian produk susu inovatif sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman. Selain susu bubuk yang diproduksi tahun 1979, pada tahun 1988 dimulailah produksi susu pertumbuhan pertama di Indonesia, dan susu UHT siap saji tahun 1991. Sejarah membuktikan, dari masa ke masa hadirnya Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia telah banyak membantu memperbaiki gizi dan asupan nutrisi yang maksimal untuk anak-anak Indonesia, termasuk saya dan kini anak-anak saya. Tapi, tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui perjalanan sejarah perkembangan Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia semata tanpa mengetahui seperti apa proses produksinya.

Sekilas Mengetahui Proses Produksi Susu Kental Manis Di Pabrik Frisian Flag Indonesia

Di dalam segelas Frisian Flag susu kental manis yang terkandung beragam zat gizi makro dan mikro yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seluruh anggota keluarga, ternyata telah melalui proses produksi yang berteknologi canggih dan sesuai dengan standar internasional. Ada dua pabrik Frisian Flag yaitu di Pasar Rebo dan Ciracas, namun dalam kesempatan kali ini blogger beruntung bisa melihat secara langsung proses produksi susu kental manis di Ciracas yang pastinya tidak akan kalah canggihnya dengan produksi di pabrik Pasar Rebo, sama-sama menghasilkan produk susu yang berkualitas dan tahan lama tentunya tanpa mengesampingkan nutrisi yang memang sudah terkandung dalam susu itu sendiri.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Proses produksi salah satu varian susu Frisian Flag (Dok: Frisian Flag Indonesia)
Memasuki kawasan pabrik di Ciracas, akan diperlihatkan deretan kaleng yang berbaris rapi dan berjalan dengan sangat cepat berisi susu, hingga akhirnya menjelma menjadi produk yang sudah di packing rapi dalam kemasan steril dan tersusun dalam kotak-kotak kardus tebal yang kemudian di packing rapi juga dengan bantuan mesin. Proses produksi dilakukan selama 24 jam nonstop, dengan melalui tahapan kurang lebih sebagai berikut: pada area pertama, sejumlah mesin melakukan pemotongan bahan baku untuk membentuk kaleng susu kental manis lengkap dengan detailnya. Selanjutnya, kaleng yang sudah terbentuk tersebut memasuki area sterilisasi untuk memastikan kaleng tersebut siap untuk di isi susu dengan takaran yang sudah ditentukan. Barulah memasuki step berikutnya, yaitu labelling dan packing, yang dilakukan secara cepat dengan bantuan mesin.

Dalam waktu satu menit, sekitar 600 kaleng siap diproduksi dengan Quality Control yang sangat ketat, mulai dari proses produksi awal hingga siap di kemas dalam kardus tebal. Untuk diketahui, proses produksi untuk beragam varian susu dilakukan satu minggu sekali secara bergantian, namun tentunya ada prosedur ketat untuk mensterilkan peralatan produksi sebelum memasuki periode produksi varian susu lainnya dari Frisian Flag. Dengan takaran saji yang tepat serta sesuai anjuran yang selalu disertakan dalam kemasan, satu kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis dapat di buat menjadi kurang lebih 9 gelas minuman susu yang menyehatkan dan bergizi.

Untuk kedua pabrik yang setiap hari memproduksi beragam varian susu Frisian Flag telah mengantongi standar kualitas produk sesuai standar internasional, yaitu ISO 9001 untuk Quality Management, DHSAS 1 8001 untuk health and safety, ISO 22000 untuk food safety system, ISO 14001 untuk environment, serta Halal Certification dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan demikian, setiap tetes susu yang di konsumsi seluruh keluarga Indonesia telah di jamin kualitas serta nutrisinya. Selain cara konvensional minum susu pada umumnya, ternyata Frisian Flag Susu Kental Manis bisa dinikmati menjadi aneka jenis minuman yang bisa di buat sendiri di rumah dengan rasa yang tidak kalah enak dengan minuman yang disajikan di cafe, restoran, mall, hotel, dan tempat lainnya.

Varian Produk, Kampanye, dan Ragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Di setiap tetes Frisian Flag Susu Kental Manis, baik disajikan sebagai minuman hangat atau dingin, terkandung nutrisi dan zat gizi yang membantu memaksimalkan pertumbuhan dan kesehatan seluruh anggota keluarga Indonesia. Terdapat kandungan zat gizi makro, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, terkandung juga zat gizi mikro, yaitu 9 vitamin dan 5 mineral, yang juga tidak kalah pentingnya untuk membantu mencukupi asupan nutrisi bagi tubuh. Tidak heran jika ada yang mengatakan 9 dari 10 keluarga di Indonesia memiliki aneka varian susu kental manis sebagai asupan tambahan untuk mencukup nutrisi keluarga.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Varian rasa dan kemasan Frisian Flag Susu Kental Manis (Dok: Pribadi)
Untuk di ketahui, susu kental manis merupakan susu sapi kental karena kandungan airnya telah dihilangkan, dan ditambahkan gula didalamnya. Susu kental manis memiliki keuntungan karena bisa di simpan dalam waktu maksimal 1 tahun asalkan kalengnya belum di buka. Saat ini, ada 3 varian Frisian Flag Susu Kental Manis dengan komposisi zat gizi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu:
  1. Frisian Flag Kental Manis Gold, dengan komposisi susu sapi segar, susu bubuk skim, sukrosa, campuran laktosa, lemak susu, air, buter milk bubuk, konsentrat protein susu, vitamin (C, E, Niasin, Kolin Klorida, B1, B2, B6, B12, A, dan D3 antioksidan tokoferol).
  2. Frisian Flag Kental Manis Putih, dengan komposisi susu sapi segar, sukrosa, campuran laktosa, lemak susu, air, butter milk bubuk, konsentrat protein susu, vitamin (C, E, Niasin, B6, A, dan D3 antioksidan tokoferol).
  3. Frisian Flag Kental Manis Coklat, dengan komposisi susu sapi segar, sukrosa, campuran laktosa, lemak susu, air, butter milk bubuk, konsentrat protein susu, vitamin (C, E, Niasin, B6, A, dan D3 antioksidan tokoferol), bubuk coklat, serta perasa coklat.
Dengan beragam kandungan zat gizi didalamnya, rasanya tidak berlebihan asupan susu sangat baik untuk di konsumsi anak secara rutin 2 gelas setiap hari, terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, karena susu membantu merangsang pertumbuhan otak dan kemampuan kognitif anak. Selain itu, didalam kandungan susu terdapat kalsium yang sangat baik untuk tulang dan gigi, serta zat gizi lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh manusia, ingat dengan slogan "4 sehat 5 sempurna," di mana susu melengkapi kesempurnaan kesehatan keluarga Indonesia.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Inovasi Frisian Flag Susu Kental Manis dari masa ke masa (Dok: Pribadi)
Pentingnya susu sebagai asupan nutrisi untuk membantu memaksimalkan kualitas gizi keluarga Indonesia, terutama anak-anak yang masih dalam periode pertumbuhan, sepanjang Maret 2016 lalu Frisian Flag Susu Kental Manis menggelar kampanye "Bulan Sarapan Sempurna" sebagai upaya untuk mensosialisasikan pentingnya minum susu terutama saat akan memulai aktivitas di pagi hari. Yap...masalah peningkatan kualitas gizi terutama pada anak-anak usia sekolah memang masih menjadi isu utama di setiap negara, termasuk Indonesia di mana hampir 75% anak masih belum memiliki kuantitas dan kualitas sarapan yang baik untuk mengawali aktivitas paginya. Padahal sarapan pagi sangat penting dilakukan secara konsisten setiap hari, karena seperti yang dituturkan Prof. dr. Handinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, "setelah kita istirahat malam, perut kita kosong tapi organ-organ dalam tubuh tetap bekerja. Karena itu, gula darah menjadi menurun di pagi hari, namun jika dibiarkan sampai siang hari kondisi seperti ini akan menyebabkan kemampuan otak dan fisik menurun."

Tambahan segelas susu kental manis secara rutin setiap pagi bersama sarapan yang sehat adalah kombinasi yang pas untuk membantu memberikan awal aktivtas yang lebih berenergi. Tidak hanya itu, sarapan bersama keluarga setiap pagi ternyata bisa menjadi "our time" yang akan mengokohkan hubungan antar anggota keluarga setiap hari. Suasana sarapan pagi setiap hari menjadi tambah menyenangkan dengan hadirnya ragam resep cara penyajian Frisian Flag Susu Kental Manis yang pastinya sangat disukai seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Berikut ini salah satu ragam cara menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis yang penyajiannya sangat mudah dan cepat sehingga cocok untuk di nikmati saat sarapan:

Frisian Chillhood Crumbs: bahan 3 keping biskuit marie, Frisian Flag Susu Kental Manis putih 50 cc, air 100 ml, dan es batu. Cara pembuatannya sangat mudah, satukan semua bahan dan masukkan dalam blender, setelah es batu hancur dan semuanya tercampur rata, sajikan dalam gelas dan berikan topping sesuai selera seperti mesis, cream, atau aneka topping lainnya yang di sukai anak-anak.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Penampakan Frisian Chillhood Crumbs (Dok: Pribadi)
Satu Hari Seru Berkunjung Ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

Seperti yang diketahui, PT. Frisian Flag Indonesia memiliki dua lokasi pabrik, yaitu di Pasar Rebo dan di Ciracas, Jakarta Timur. Beruntung, pada 12 Oktober 2016 lalu, emak-emak yang tergabung dalam komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) mendapat kesempatan untuk berkunjung dan melihat secara langsung proses produksi Frisian Flag Susu Kental Manis yang pastinya sudah sangat di kenal sepanjang sejarah kehidupan emak-emak yang hadir. Bahkan, mungkin di antara emak-emak yang hadir punya cerita masa lalu yang manis untuk di kenang bersama hadirnya susu kental manis yang sejak tahun 1922 telah membantu nutrisi keluarga Indonesia.

Kalau selama ini hanya melihat wujud Frisian Flag Susu Kental Manis yang sudah di kemas dalam kaleng, pouch, atau sachet, tapi dalam kesempatan kali ini emak blogger bisa melihat proses produksi sejak sebelum di kemas hingga setelah di packing dan siap dikirim ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tentunya sebelum masuk ke acara inti, yaitu melihat secara langsung proses produksi Frisian Flag Susu Kental Manis, emak blogger mendapat kesempatan untuk mendengarkan secara langsung sejarah hadirnya susu kental manis di Indonesia, proses produksi dalam bentuk visualisasi, dan beberapa acara lainnya yang berlangsung sangat menyenangkan, penuh humor dan pastinya sangat interaktif.

Frisian Flag Susu Kental Manis
Emak Blogger siap meninjau produksi Frisian Flag Susu Kental Manis (Dok: KEB)
Setelah sesi bincang dan sharing sejarah perjalanan Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia, dan sedikit mengetahui sejarah masa lalu Frisian Flag di negeri asalnya, yaitu Belanda, lanjut ke acara inti yaitu melihat secara langsung proses produksi. Namun, sebelum memasuki kawasan atau areal pabrik atau tempat produksi ada sejumlah peraturan yang wajib di taati, yaitu:
  • Menggunakan perlengkapan khusus yang bertujuan menjaga sterilisasi produksi susu, berupa baju khusus serupa mantel panjang berwarna putih, penutup kepala, penutup telinga untuk meredam kebisingan di dalam pabrik, kaos kaki, dan sepatu khusus (wah...sepatunya sangat berat karena saya sudah mencobanya).
  • Melepaskan aksesoris, seperti cincin, jam tangan, anting, gelang, dan lain-lain, serta tidak diperkenankan memotret di areal pabrik kecuali untuk kebutuhan tertentu dan di larang membawa ponsel atau telpon genggam.
  • Mematuhi markah jalan yang sudah di buat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena banyak lalu lalang kendaraan pabrik, baik yang mengangkut bahan baku produksi maupun hasil produksi yang sudah terpacking rapi.
Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian proses produksi, begitu memasuki areal dalam pabrik maka kami tidak hanya dihadapkan dengan mesin-mesin yang bagaikan anak tangga berjalan secara otomatis ke sana dan ke mari dengan cepat, namun juga suara bising mesin yang memekakkan telinga dan karenanya semua pengunjung terutama pekerja wajib menggunakan penutup telinga yang dapat meredam kebisingan sesuai ambang batas normal pendengaran manusia.

Meskipun harus bersaing dengan deru mesin pabrik yang memekakkan telinga, namun pemandu tour kami sangat bersemangat menceritakan proses produksi, mulai dari diterimanya bahan baku di ruangan khusus, ruangan tempat pembuatan bahan baku susu, hingga deretan kaleng-kaleng yang siap menampung susu hasil produksi tersebut, untuk selanjutnya setelah rapi siap didistribusikan ke seluruh Indonesia. Kagum dan takjub sekaligus bangga mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana sih proses produksisusu kental manis yang hingga saat ini masih setia menemani hari-hari saya bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya mendapat kesempatan melihat proses produksi susu kental manis, dalam kesempatan itu pula kami bisa melihat proses produksi susu cair UHT yang juga sering saya konsumsi. Tidak hanya ruangannya yang steril, namun mesin-mesin tersebut secara rutin dibersihkan untuk menjaga kualitas hasil produksi. Limbah sisa produksi? Jangan khawatir, karena limbah tersebut di olah di mana limbah susu dan air dipisahkan untuk selanjutnya limbah susu dikumpulkan untuk di olah kembali sebagai makanan ternak oleh pihak lain sedangkan airnya harus melalui tahap pemurnian sehingga air tersebut memiliki komposisi yang tidak jauh berbeda dengan air murni (Waste Water Treatment).
Frisian Flag Susu Kental Manis
Terima Kasih Frisian Flag Indonesia (Dok: KEB)
Benar-benar satu hari yang sangat seru, karena selain bisa melihat langsung produksi Frisian Flag Susu Kental Manis, kami juga berkesempatan untuk berkenalan dengan mbak-mbak dan mas-mas yang selama puluhan tahun sudah bekerja di Frisian Flag Indonesia. Ternyata selain ramah, semuanya juga humoris sehingga suasana berkunjung ke lokasi pabrik menjadi menyenangkan dan tanpa beban. Tapi yang paling membahagiakan, saya jadi tahu tidak hanya proses produksinya namun juga sejarah bagaimana selama hampir 95 tahun Frisian Flag hadir dengan berbagai varian produknya membantu memenuhi angka kecukupan gizi serta nutrisi seluruh keluarga Indonesia.
Terima Kasih Frisian Flag Indonesia! #SusuKentalManis #FrisianFlag

Referensi tulisan :
https://www.frisianflag.com

8 komentar:

  1. wahhh lengkap banget mak ulasannya :) emang seruuu banget seharian itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak...seru pake banget, beruntung bisa dapat kesempatan keliling pabrik Frisian Flag Indonesia ya mak!

      Hapus
  2. Senang sekali bisa berkesempatan berkunjung ke pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis di Ciracas, jadi tahu proses produksi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...selama ini cuma tahu mengkonsumsinya aja ternyata proses produksinya sangat steril dengan mesin-mesin yang canggih banget.

      Hapus
  3. Reportasenya menyenangkan untuk di baca mak :) lengkap dan seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, semoga lain kali kita di undang lagi ya mak...uhukkk.

      Hapus
  4. Jadi pengen seru-seruan lagi ya mba ke Frisian flag.

    BalasHapus
  5. Lengkap bin detail ulasannya
    Terimakasih sudah berbagi...:)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...