Minggu, 07 Juni 2015

Cermat Memilih Kartu Kredit Hanya di Cermati

"Mau cash, debit, atau pakai kartu kredit, Pak/Bu?" ucapan ini sering kita dengar pada saat kita akan menyelesaikan transaksi pembayaran di kasir supermarket, departemen store, restoran, dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu kredit sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, bahkan nyaris menyamai pembayaran dengan uang tunai. Sekarang, hampir disetiap kasir di pusat perbelanjaan atau mall sudah disediakan fasilitas untuk bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan, akhir-akhir ini fasilitas untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit sudah merambah ke toko-toko kecil. Artinya, kartu kredit kini telah dimaknai sama baik oleh masyarakat maupun pelaku usaha sebagai salah satu alat pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari.

Cermati.com
Gambar : http://kartu-kredit.org/
Hingga akhir tahun 2010, jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia mencapai sekitar 14,15 juta kartu dengan nilai transaksi sebesar Rp. 157,48 triliun. Kenyataan ini menunjukkan betapa bisnis kartu kredit menjadi salah satu bisnis yang paling potensial mendatangkan keuntungan seiring dengan mulai bergesernya gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat kota ke arah pola hidup yang lebih konsumtif. Dan kartu kredit sangat mendukung pola hidup semacam ini dengan kemudahannya yang tanpa harus repot membawa uang tunai dapat menikmati berbagai fasilitas dan berbelanja.

Peluang pasar yang sangat besar dan tentu saja potensial membuat sejumlah perusahaan penerbit kartu kredit, baik dari lembaga perbankan maupun perusahaan pembiayaan berlomba-lomba menawarkan produknya disertai dengan promosi dan fasilitas terbaik untuk menarik minat konsumen. Bahkan, ada sejumlah perusahaan yang menawarkan kemudahan untuk apply kartu kredit apabila calon konsumen sudah memiliki kartu kredit lain. Bayangkan, kemudahan ini menyebabkan satu orang bisa memiliki beberapa kartu kredit di dompetnya, dan tentu saja kesempatan untuk menggunakannya lebih terbuka lebar. 

Berdasarkan data teraktual hingga Oktober 2010, jumlah perusahaan penerbit kartu kredit di Indonesia yang tercatat sebanyak 20 perusahaan dengan lembaga perbankan yang masih mendominasi yaitu sebanyak 19 buah bank yang terdiri dari 4 bank asing, 1 bank campuran, 11 bank swasta nasional, 3 bank BUMN, dan 1 perusahaan pembiayaan. Ketatnya persaingan menyebabkan beberapa penerbit kartu kredit berlomba-lomba memanjakan konsumen dengan berbagai fasilitas dan layanan teknologi tinggi, serta meluncurkan berbagai produk kartu kredit baru yang inovatif dan dengan segmen yang tertarget, seperti kartu kredit khusus perempuan, kartu kredit khusus penggila film, dan sebagainya.

Tidak salah memang, produk akan selalu ada jika konsumen masih membutuhkannya, namun yang terpenting adalah kita harus bijak dan cermat mulai dari memutuskan, memilih, dan menggunakan kartu kredit tersebut. Jika setelah melalui pertimbangan yang panjang dengan beragam alasan serta argumen yang mendukung bahwa kita telah siap memiliki kartu kredit, maka boleh-boleh saja kita memutuskan untuk mulai mengajukan pembuatan kartu kredit pada perusahaan atau bank yang diberi izin untuk menerbitkan kartu kredit. Namun, ada baiknya sebelum membuat keputusan pilihlah kartu kredit dengan fasilitas yang terbaik, seperti berikut ini.
  1. Tingkat Bunga. Perhatikan tingkat bunga yang ditawarkan penerbit kartu kredit, apakah memberatkan pengeluaran kita nantinya dan apakah memberlakukan tingkat bunga tetap atau variabel. Indikator ini sangat penting untuk mengukur kemampuan kita manakala kita sudah menggunakan kartu kredit tersebut untuk berbagai keperluan transaksi.
  2. Limit Kredit. Limit kredit merupakan nilai maksimal dari jumlah transaksi yang diberikan pihak penerbit kartu kredit kepada nasabahnya, dan biasanya besar limit kredit yang diberikan jumlahnya berbeda-beda. Untuk ini, pihak penerbit kartu kredit memiliki peraturan dan pertimbangan tersendiri. Karena itu, carilah kartu kredit yang memberikan perkiraan limit kredit yang sesuai dengan keuangan kita untuk keamanan keuangan kita dalam jangka panjang.
  3. Kredibilitas Bank. Poin ini sangat penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan kita dalam penggunaan kartu kredit tersebut kelak, karena bank dengan kredibilitas yang baik tentu memiliki standar pelayanan nasabah yang lebih baik dan jaminan keuangan yang lebih stabil.
  4. Biaya Tahunan. Setiap kartu kredit memiliki iuran tahunan yang berbeda-beda, karena itu pilihkan kartu kredit yang besar iuran tahunannya sesuai dengan keuangan kita. Meskipun hanya dibayar satu tahun sekali, namun kita tidak pernah tahu kondisi keuangan kita untuk satu tahun kedepan. 
  5. Pilih Classic, Gold, atau Platinum. Biasanya pihak penerbit kartu kredit memberikan berbagai jenis pilihan kartu kredit disertai dengan fasilitas dan manfaat eksklusif serta pagu kredit yang semakin tinggi. Pilihan jenis kartu kredit yang sesuai dengan keuangan dan kebutuhan kita agar tidak terjebak dalam persoalan keuangan yang lebih rumit dalam jangka panjang.
  6. Reward. Berbagai reward yang diberikan pihak penerbit kartu kredit untuk nasabahnya bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih kartu kredit tersebut. Pilihlah kartu kredit yang menawarkan reward sesuai dengan kebutuhan kita agar tidak terbuang percuma karena tidak pernah menggunakannya.
  7. Fasilitas Tambahan. Berbagai fasilitas tambahan yang ditawarkan kartu kredit tersebut, seperti layanan call center, asuransi pembayaran kartu kredit, asuransi perjalanan, akses ATM global, lounge eksekutif, dan sebagainya, bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih kartu kredit tersebut, terutama fitur yang kemungkinan besar akan selalu kita pergunakan.
Beberapa pertimbangan tersebut sangat penting untuk dijadikan dasar pemilihan kartu kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan kita agar kita tidak terjebak dalam drama keuangan yang tiada akhir yang sering kita baca atau bahkan di alami oleh orang-orang yang terdekat dengan lingkungan kita. Karena itu, kita harus mau sadar diri dan mengukur sejauh mana kekuatan keuangan kita sebelum memutuskan dan memilih kartu kredit. Dengan banyaknya jenis kartu kredit yang ditawarkan, tentu saja kita juga harus cerdas dan cermat dalam memilih kartu kredit sebelum mengisi formulir pengajuan.

Tapi kendalanya harus mulai dari mana? Karena selain penerbit kartu kredit yang lumayan banyak, jenis kartu kredit yang ditawarkannya pun sangat banyak dan beragam. Rasanya tidak cukup waktu bagi kita untuk membandingkan secara manual antara bank yang satu dengan yang lain, atau jenis kartu kredit yang satu dengan yang lain. Untuk mengatasi permasalahan yang justru bisa menjerumuskan masyarakat dalam keputusan finansial yang tidak tepat inilah maka hadir Cermati, sebuah perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial.

Cermat Memilih Kartu Kredit Hanya di Cermati

Cermati memiliki visi, yaitu untuk menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Selain visi, Cermati juga memiliki misi, yaitu memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kendali atas situasi finansial mereka dan menghemat uang mereka dengan membuat keputusan finansial yang cermat. Cermat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti penuh minat (perhatian), seksama, teliti, berhati-hati dalam memakai uang, hemat, dan sebagainya. Cermat finansial berarti kita lebih berhati-hati dalam mengatur finansial atau keuangan kita agar sebisa mungkin terhindar dalam situasi keuangan yang tidak menguntungkan akibat salah membuat keputusan.

Untuk mendukung sikap cermat kita dalam memilih kartu kredit, Cermati telah menyediakan fitur-fitur yang mendukung dan memudahkan kita dalam memilih sekaligus membandingkan antara jenis kartu kredit yang satu dengan yang lain atau bahkan produk kartu kredit bank yang satu dengan yang lain dengan mengklik fitur kartu kredit pada menu yang telah disediakan. Di Cermati, setidaknya ada 4 fitur unggulan yang dapat memudahkan dan membantu kita dalam memilih kartu kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan.
  1. Cermati menyediakan fitur yang memungkinkan kita memilih bank penerbit kartu kredit yang memiliki relasi atau hubungan emosional yang baik dengan kita, dari dahulu hingga sekarang. Bahkan sebagian masyarakat kita menjalin hubungan dengan satu bank selama bertahun-tahun, dan jika dalam kurun waktu tersebut tidak pernah ada masalah, maka dalam pengajuan kartu kredit pun sedapat mungkin kita memilih bank yang kredibilitasnya sudah dikenal dengan baik. Di Cermati, kita tinggal mengklik fitur "semua penerbit kartu kredit", maka akan tersedia daftar bank dan penerbit kartu kredit yang terbaik dan terlengkap di Indonesia. Mudahnya lagi, setelah memilih salah satu bank, kita bukan hanya dapat melihat seluruh jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank tersebut, namun juga promosi dan fasilitas pinjaman yang disediakan bank tersebut.
    Cermati.com
    Gambar : www.cermati.com
  2. Cermati juga menyediakan fitur yang memungkinkan kita menemukan produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kita. Di mana fitur ini menyaring produk kartu kredit berdasarkan pilihan bank, jenis kartu kredit, jenis reward, biaya tahunan, pendapatan agar kita dapat memilih sesuai dengan yang benar-benar kita butuhkan, tanpa harus repot-repot mencari secara manual dari satu website ke website yang lain. Semua informasi yang kita butuhkan tersaji lengkap di halaman Cermati.com yang dengan teknologi terkini merangkum semua informasi dengan cepat dan akurat, termasuk tingkat bunga, besarnya biaya tahunan, fasilitas tambahan, dan sebagainya.
    Cermat Finansial di Cermati.com
    Gambar : www.cermati.com
  3. Cermati juga menyediakan fitur yang memungkinkan kita mendapatkan kartu kredit terbaik dengan fitur terlengkap. Selain itu, dengan fitur ini kita dapat membandingkan semua fitur utama seperti cashback, reward, cicilan ringan, tingkat bunga, promo belanja, atau makan. Atau, kita dapat memilih jenis kartu kredit berdasarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kita, seperti apabila kita suka berbelanja maka kita bisa memilih kartu kredit yang memberikan fasilitas kemudahan dalam berbelanja diserta aneka promo dan hadiah tambahan, jika kita suka bepergian atau melakukan traveling maka kita bisa memilih kartu kredit yang memberikan fasilitas dan promo tambahan untuk kemudahan perjalanan kita. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan segera ajukan secara online.
    Fitur kartu kredit terlengkap di Cermati.com
    Gambar : www.cermati.com
  4. Cermati juga menyediakan fitur yang memungkinkan kita membandingkan antara kartu kredit yang satu dengan yang lain berdasarkan kriteria yang kita inginkan dengan batas maksimal 3 jenis kartu kredit. Dalam fitur komparasi kartu kredit yang terlihat detail perbandingan yang jelas antara kartu kredit yang satu dengan yang lain, yang bisa kita jadikan pertimbangan sebelum memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.
    Komparasi Kartu Kredit di Cermati.com
    Gambar : www.cermati.com
Dengan memiliki akun atau melakukan registrasi di website Cermati, kita dapat menyimpan semua informasi, dan dengan mudah kita dapat menemukannya kembali jika suatu saat kita butuh informasi tersebut. Selain itu, dengan memiliki akun di Cermati, kita belajar untuk mengolah informasi tentang produk keuangan secara benar, dalam artian mempertimbangkan keuntungan dan kerugian produk kartu kredit tersebut, baik dari sisi tingkat bunga, fasilitas yang ditawarkan, besarnya denda jika kita terlambat melakukan pembayaran, promo yang diberikan jika kita pergunakan untuk belanja, fasilitas cashback atau reward, dan sebagainya

Dengan memanfaatkan fitur kartu kredit di Cermati, selain mendapatkan informasi tentang produk kartu kredit yang kita butuhkan, kita juga belajar untuk memahami portfolio keuangan kita dan memilih jenis atau produk kartu kredit yang mana yang sesuai dengan kondisi keuangan kita atau setidaknya besarnya penghasilan kita setiap bulan. Memilih kartu kredit yang sesuai dengan besarnya penghasilan kita akan membuat kita terhindar dari kemungkinan menunggak cicilan kartu kredit. 

Cermati memberikan kita komparasi dan informasi jenis atau produk kartu kredit yang ideal, yaitu :
  1. Kartu kredit yang memiliki tingkat bunga kecil.
  2. Kartu kredit yang memberikan poin setiap kali ada pemakaian. Pengumpulan poin meski terlihat sepele namun memberikan reward yang lumayan besar jika dikumpulkan dalam jangka waktu lama, atau bahkan bisa ditukar dengan iuran tahunan yang artinya kita bisa menghemat pengeluaran hingga ratusan ribu.
  3. Kartu kredit yang bahkan menawarkan bebas iuran tahunan.
Untuk mendapatkan informasi ini cukup dengan mengakses website Cermati, dan kita akan mendapatkan manfaat lebih selain kesempatan untuk memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kita. Pastikan untuk Cermat memilih kartu kredit hanya di Cermati.

Referensi tulisan :
  • https://www.cermati.com/kartu-kredit
  • https://www.futuready.com/articledetail/index/Tips-Memilih-Kartu-Kredit
  • http://www.marketing.co.id/perkembangan-kartu-kredit/

3 komentar:

  1. Punya kartu kredit bisa menjadi solusi finansial keluarga Mbak ya...asalkan kita bisa mengelola dan mencermati kebutuhan kita dengan seksama...agar tak jebol limitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak, dulu saya juga agak ngeri bila berurusan dengan kartu kredit, tapi seiring akses informasi yang semakin mudah dan banyaknya tips-tips yang mendidik kita untuk cerdas dan cermat memilih dan menggunakannya, rasanya lebih nyaman dan aman.

      Hapus
  2. cari kartu kredit yang kasih banyakl tawaran menarik apalagi diskon, plus yg tanpa biasa atau rendah denda nya hiihih

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...