Senin, 20 April 2015

Shopious, Tempat Mudah dan Aman Belanja Online

Media sosial Instagram kini semakin populer di kalangan masyarakat seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone berbasis android yang di bandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Instagram memang unik, karena foto yang diunggah melalui aplikasi ini berbentuk kotak seperti foto yang dihasilkan kamera kodak instamatic dan polaroid. Selain itu, instagram juga dilengkapi fitur editing foto yang meskipun sederhana namun cukup memberikan kualitas lebih pada foto yang diunggah.

Mudah dan aman belanja online di shopious
Gambar : Google Play Store
Meskipun pada awalnya, media sosial ini hanya dijadikan untuk tempat berbagi foto dan konten visual lainnya. Namun, dalam perkembangan selanjutnya instagram mulai dilirik untuk dijadikan media jualan atau paling tidak media yang cukup efektif untuk melakukan promosi online. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya akun instagram yang berlabel toko online, dan mengindikasikan bahwa instagram merupakan sumber rezeki baru bagi pemilik toko online.

Saat ini, sebagian besar toko online baik besar maupun kecil dan situs marketplace besar membuka akun di instagram, baik untuk sekedar menambah tools promosi online maupun sebagai tempat untuk membangun interaksi yang interaktif dengan pelanggannya atau calon pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan tetap di kemudian hari. Fitur fotografi atau display foto di instagram memberi banyak keuntungan bagi para pemilik toko online untuk menampilkan produk yang mereka jual dengan lebih cantik, karena instagram dilengkapi fitur editing foto yang meskipun sederhana namun cukup berkualitas.

Display foto-foto yang menarik, kadang-kadang suka bikin kita ngiler lho, apalagi saat ini sebagian masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk mengolah foto menjadi lebih menarik. Bahkan, beberapa pemilik toko online sudah mempelajari teknik fotografi yang meskipun sederhana namun cukup menunjang promosi penjualannya. 

Tapi sekali lagi, sekalipun dengan mudah kita bisa menemukan puluhan bahkan ratusan toko online di instagram, tetap ada satu hal yang sangat penting bagi para pengemar belanja online yaitu memilih toko online yang terpercaya (Trusted Seller). Point ini menurut saya sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya foto yang terdisplay di akun instagram toko online jika tidak mampu memberi garansi keamanan pada tahap transaksi jual beli maka kredibilitasnya patut diragukan. 

Apalagi beberapa pemilik toko online ada yang menjalankan bisnis online dengan model bisnis dropshipping, di mana toko online tersebut hanya melakukan promosi dan tidak memiliki stok barang. Pengiriman barang akan dilakukan pihak supplier yang bekerja sama dengan toko online tersebut. Beruntung jika supplier yang dipilih pemilik toko online tersebut terpercaya, jika tidak maka bukan cuma konsumen yang dirugikan tapi juga pemilik toko online tersebut akan hancur kredibilitasnya.

Meskipun demikian, kendala ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk membuka toko online melalui media sosial instagram. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya toko online di instagram. Hampir setiap hari, pemilik toko online memposting foto-foto produk yang mereka jual, bahkan ada beberapa toko online dengan seenaknya memposting foto hingga belasan foto dalam satu waktu. Perilaku ini tentu membuat pengguna akun lainnya merasa terganggu karena timeline mereka penuh dengan postingan foto toko online tersebut, padahal ada akun yang mengikuti lebih dari satu akun toko online. Bisa dibayangkan jika mengikuti satu akun toko online saja posting fotonya setiap hari belasan foto, jika mengikuti dua atau tiga akun toko online maka berapa banyak foto yang harus kita scroll setiap hari. Bisa saja kita kehilangan momen foto yang berharga dengan teman atau keluarga kita akibat timeline penuh dengan foto jualan.

Lantas, bagaimana solusinya? Ingin tetap mengikuti tren produk terbaru yang diposting di akun instagram toko online tapi tidak kehilangan momen pribadi yang berharga di timeline kita. 

Jawabannya Hanya Di Shopious, Yuk Kenalan Dengan Shopious!

Shopious merupakan media iklan toko online yang menghubungkan atau mempertemukan antara pemilik toko online yang membuka toko online di Instagram dengan pembeli, tanpa pembeli harus repot menginstall aplikasi Instagram atau memiliki akun instagram di smartphonenya. Para pembeli bisa melihat display foto dan menghubungi pemilik toko online di instagram melalui situs Shopious.

Agar lebih jelas, simak video berikut ini yang mengambarkan secara visual cara kerja Shopious.

Courtesy : Shopious From Youtube

Sekilas, Shopious hampir mirip dengan website e-commerce lainnya, tapi ada beberapa kelebihan shopious jika dibandingan website e-commerce sejenis, yaitu :
  1. Shopious fokus pada seleksi yang ketat untuk menentukan barang yang akan didisplay di website shopious. Tidak semua barang yang dijual toko online instagram tersebut dapat di display di website shopious.
  2. Shopious sangat mengedepankan variasi produk yang di jual toko online instagram tersebut.
  3. Barang yang akan di display haruslah berkualitas, paling tidak harus sesuai dengan promosi yang telah dituliskan toko online dalam keterangan di gambar produk tersebut. Jika bahannya berkualitas impor maka pemilik toko online harus memastikan bahwa semua barangnya berkualitas sama dengan yang dituliskan di caption atau keterangan gambar tersebut.
Shopious, cara mudah dan aman belanja online

Selain itu, untuk memberi jaminan rasa aman kepada calon pembeli yang akan melakukan pembelian melalui website shopious, shopious melakukan seleksi ketat terhadap toko-toko online instagram yang akan mengiklankan produknya di shopious. Selama proses seleksi, shopious selalu mereview dan mewawancarai para pemilik toko online tersebut untuk mengetahui apakah toko online tersebut masuk dalam kategori Trusted Seller. Semua sudah tahu kan, bahwa Indonesia belum mempunyai regulasi yang kuat dan resmi terkait aturan-aturan mendasar dalam bisnis online, termasuk aturan resmi membuka toko online.

Semuanya ini demi memberi rasa aman dan kenyamanan bagi para pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Selain itu, shopious juga memberi kesempatan kepada para pemilik toko online untuk mengedukasi dirinya agar mampu memberikan jaminan pelayanan yang memberi kemudahan tapi tetap aman, baik sebelum atau dalam masa promosi maupun setelah pembeli melakukan transaksi jual beli di toko online tersebut.

Shopious juga memberi kemudahan bagi para pembeli untuk memilih barang yang diinginkan dengan fitur-fitur yang terdapat dalam websitenya, yang terbagi dalam :
  1. Kategori. Melalui fitur ini, pembeli dapat memilih atau mencari produk yang sesuai dengan kategori yang diinginkan tanpa harus repot melihat barang atau produk lainnya, karena jumlah barang yang didisplay di website shopious jumlahnya sangat banyak.
    Shopious, cara mudah dan aman belanja online
  2. Koleksi. Fitur ini memudahkan pembeli untuk menemukan berbagai macam style dari aneka pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan barang fashion lainnya yang telah melalui seleksi ketat tim shopious.
    Shopious, cara mudah dan aman belanja online
  3. Daftar Toko. Fitur ini memudahkan calon pembeli mencari toko online langganan atau favoritnya di instagram, selain itu fitur ini memudahkan pembeli mencari toko online sesuai atau yang terdekat dengan lokasi tempat tinggalnya. Keuntungannya, tentu saja murah dalam ongkos kirimnya.
    Shopious, cara mudah dan aman belanja online
Tidak ketinggalan, shopious juga memberikan inspirasi aneka gaya dan model fashion terkini sebagai sumber inspirasi untuk padu padan fashion, seperti foto yang banyak tersebar di media sosial instagram. Sudah pada tahu kan, bahwa tidak semua orang memiliki akun atau merasa perlu membuka akun di media sosial instagram, dan shopious mencoba menjembatani hal tersebut melalui websitenya.

Selain itu, shopious memberi kesempatan bagi para pemilik akun instagram yang tidak ingin memfollow akun toko online instagram karena tidak ingin timelinenya dibanjiri postingan foto toko online tersebut. Tapi tetap ingin melihat tren fashion terbaru dan membeli produk fashion dari toko-toko tersebut secara online.

Shopious, cara mudah dan aman jual beli online
Gambar : shopious.com
Jadi, mengapa harus ragu berbelanja di website shopious, selain barang-barang berkualitas dan up to date, pemilik toko onlinenya pun terpercaya karena telah terverifikasi secara ketat oleh tim shopious. Selain itu, belanja online melalui website shopious sangat mudah karena di setiap foto atau gambar produk dilengkapi dengan contact penjual yang lengkap, seperti Pin BB, Akun Line, Whatsupp (WA), dan SMS. Tinggal pilih, mana yang paling mudah dijadikan sebagai media komunikasi, atau bisa mencoba semua media komunikasi tersebut.

Pembeli bisa dengan tenang dan nyaman menghubungi serta melakukan transaksi dengan penjual secara langsung tanpa perantara, dan shopious menjamin bahwa penjual tersebut telah terverifikasi dan masuk dalam kategori trusted seller. Tunggu apa lagi, segera buka website shopious dan jelajahi produk yang ditawarkan, pilih yang cocok dan transaksi pembelian di jamin aman.

Mau belanja online mudah dan aman, di shopious aja! Mau jualan online mudah dan cepat, ya di Shopious juga!

Sumber referensi tulisan :
  1. http://www.shopious.com/
  2. http://www.tempo.co/read/news/2014/12/12/072628184/Pengguna-Instagram-Capai-300-Juta
  3. http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/

7 komentar:

  1. asik nih online shop, all in one. semua ada.
    satu login bisa kema mana. nyobain aah...cekidot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mas, semoga belanjanya sukses dan kalau mau jualan juga bisa kok. Makasih mas udah mampir.

      Hapus
  2. sistemnya seperti mall ya, semua toko dikumpulin menjadi 1...
    Mirip - mirip tokopedia juga kan?
    Oh iya untuk pembeliannya menggunakan rekber gak?

    BalasHapus
  3. terimahkasih, infonya sangat bagus

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...