Kamis, 28 Agustus 2014

Aplikasi Al-Quran Digital Yang Interaktif Untuk Anak

Dahulu ketika saya masih kecil dan belajar mengaji, sarananya sangat terbatas hanya melalui kitab yang disebut "turutan", setelah khatam turutan barulah kami mengaji dengan Al-Quran. Untuk belajar ilmu tentang islam hanya melalui guru mengaji yang biasanya setelah selesai mengaji kami semua berkumpul untuk mendengarkan cerita dan ajaran beliau. Buku-buku pun masih sangat terbatas terutama untuk anak-anak, karena itu kami hanya belajar dari orangtua, guru di sekolah, dan guru mengaji.

Berbeda dengan sekarang, buku-buku pelajaran tentang islam terutama untuk anak-anak sangat banyak jumlahnya. Metode penyampaiannya pun beragam dan dikemas dalam desain yang sangat menarik. Bahkan saya pernah membelikan anak-anak saya buku tentang belajar tata cara sholat melalui media gambar yang ilustrasinya sangat menarik, zaman saya masih kecil belum ada buku-buku semacam itu.

Selain buku yang mengajarkan tata cara sholat dan cara berwudhu dengan benar untuk anak-anak, ada juga buku yang mengajarkan budi pekerti yang baik dalam islam dengan ilustrasi yang variatif dan menarik. Bahkan penyampaiannya dalam bentuk cerita yang sangat menarik untuk di baca anak-anak. Yah...perkembangan buku-buku islam untuk anak di masa sekarang memang telah memasuki masa keemasan dari tahun ke tahun.

Bukan hanya itu, buku-buku islam untuk orang dewasa pun kini telah beragam dan isinya sangat menarik untuk di baca, jumlahnya jangan ditanya...banyak sekali. Bahkan dalam situs ikapi.org, selain buku anak-anak, edukasi, fiksi, dam sastra, buku agama (islam) masuk dalam kategori utama dari judul buku yang diterbitkan di Indonesia. Sedangkan dari segi penjualan, selain buku anak, buku agama (islam) menyumbang angka penjualan yang cukup tinggi. (sumber : ikapi.org).

Fenomena ini menunjukkan betapa perkembangan penerbitan dan penjualan buku, terutama buku agama (islam) sangat pesat seiring dengan naiknya jumlah kelas menengah di Indonesia yang dengan tingkat pendidikan cukup mulai menyadari arti pentingnya membaca buku dalam keluarga.

Tidak hanya buku, Al-Quran pun kini mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam desain dan kelengkapannya isinya. Bahkan banyak Al-Quran yang kini telah dipadukan dengan tafsir per kata dalam bahasa Indonesia, hadist, tanda-tanda baca dalam Al-Quran dengan masing-masing perbedaan warnanya, membahas tentang keutamaan amal keseharian berdasarkan sumber referensi yang terpercaya, dan lain-lain.

Bahkan, telah banyak diterbitkan Al-Quran yang khusus diperuntukkan untuk kaum wanita dengan desain dan kelengkapan isi yang membahas tentang wanita dalam sudut pandang islam beserta ayat-ayat dalam Al-Quran yang mendukungnya. Bahkan dilengkapi juga dengan cerita kehidupan tentang wanita-wanita yang memiliki kedudukan utama dalam islam sebagai sumber referensi kaum wanita dalam menjalani kehidupannya.

Untuk anak-anak pun tidak ketinggalan, kini telah banyak diterbitkan Al-Quran yang di desain khusus untuk anak-anak beserta kelengkapan isinya yang memuat banyak pengetahuan tentang islam berdasarkan ayat-ayat Al-Quran dan dipadu dengan desain gambar-gambar yang menarik. Bahkan ada inovasi terbaru untuk memadukan paket Al-Quran untuk keluarga, selain praktis tentunya juga ekonomis.

Seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, Al-Quran pun mengalami kemajuan dalam hal kecepatan dan kemudahan mengaksesnya dalam bentuk Al-Quran Digital. Al-Quran Digital dianggap menjadi sebuah jalan baru bagi perkembangan konsep dakwah dalam islam. Salah satu yang menjadi keunggulan Al-Quran digital adalah meskipun memiliki bentuk yang berbeda untuk mengaksesnya namun kandungan isinya tidak berubah sedikit pun, sehingga tidak perlu khawatir bagi yang ingin mendengarkan dan mengkaji makna Al-Quran melalui fasilitas digital tersebut.

Sedangkan media penyampaian yang digunakan dalam Al-Quran digital bisa berbentuk software, VCD/DVD, dan bahkan ada perusahaan yang membuat sebuah piranti seperti flashdisk yang khusus melantunkan ayat suci Al-Quran beserta tafsirnya. 

Sebuah terobosan baru dalam perkembangan Al-Quran digital adalah dibuatnya smartphone khusus yang didalamnya telah tertanam aneka macam software Al-Quran secara lengkap.  Berikut beberapa manfaat Al-Quran digital, diantaranya :
  • Memudahkan kita menyimak dan membaca Al-Quran di mana saja tanpa terbatas tempat dan waktu.
  • Lebih praktis dalam penyimpanan.
Aplikasi Al-Quran Digital Yang Interaktif Untuk Anak

Pendidikan agama dan menanamkan kecintaan anak terhadap islam bisa ditanamkan sejak dini dengan mengenalkan anak pada Al-Quran. Dengan mengenalkan anak-anak kepada Al-Quran sebagai kitab suci dan pedoman hidup yang bisa menuntun kita pada keselamatan di dunia dan di akhirat, diharapkan akhlak yang terbentuk dalam diri anak pun akan sesuai dengan tuntunan agama. 

Inovasi Aplikasi Al-Quran Digital yang interaktif untuk anak secara langsung akan menumbuhkan minat anak untuk mempelajari Al-Quran sedini mungkin, sesuai dengan tahapan usia belajar anak. Dengan dukungan desain yang menarik dan warna-warna ceria khas anak-anak, disertai dengan fitur-fitur yang menarik diantaranya :
  • Bacaan Murattal yang khusus dilantunkan Qori anak Indonesia.
  • Penjelasan seputar ilmu Tajwid bagi anak.
  • Terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  • Kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Quran yang diceritakan dalam bahasa yang sederhana khas anak-anak, bila perlu disertai dengan audio visual dengan gaya bercerita seperti mendongeng.
Dengan aplikasi ini, tumbuhnya minat anak-anak untuk mendalami dan mempelajari Al-Quran akan semakin tinggi, dan secara tidak langsung akan mengalahkan pamor permainan yang saat ini sangat digemari anak-anak yang biasanya dimainkan melalui perangkat playstation (PS).

Menumbuhkan kecintaan anak akan Al-Quran dengan mempelajari dan membacanya setiap hari tentu merupakan tugas kita bersama sebagai orangtua. Dengan bantuan teknologi digital yang saat berkembang dengan pesat, seharusnya kita mampu memaksimalkan kecintaan anak akan Al-Quran secara alami, karena anak-anak umumnya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan dalam realitanya anak mempunyai kedekatan yang erat dengan teknologi digital. Karena itu, dengan memanfaatkan media digital yang interaktif dan umumnya disukai anak, mari kita ajak anak mencintai Al-Quran sebagai sumber pedoman hidupnya kelak.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #PameranBuku Bdg2014 yang diselenggarakan IKAPI Jabar bekerjasama dengan Syaamil Quran.

2 komentar:

  1. ibu modern memang harus bisa mengikuti perkembangan teknologi ya :) semakin memudahkan tugas ibu yang semakin kompleks..salam vitamin anak susah makan

    BalasHapus
  2. Terimah kasih telah berbagi informasi..

    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Readpen PQ15

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...