Kamis, 31 Oktober 2013

BERKAT NOTEBOOK PALING TIPIS INI, EMAK MAKIN EKSIS DAN KEREN

Acer Aspire E1-432
Acer Aspire E1-432
Di era kemajuan teknologi sekarang ini, komputer bukan lagi dikategorikan sebagai barang mewah karena hampir setiap orang memiliki dan bisa menggunakannnya, tidak terbatas pada anak-anak maupun orangtuanya, bahkan seorang emak juga mahir menggunakannya. Tuntutan perubahan dan kebutuhan membuat banyak orang menggunakan komputer untuk berbagai keperluan, termasuk didalamnya perkembangan penggunaan internet. Penggunaan internet sudah menjadi semacam kebutuhan, karena melalui jaringan ini kebutuhan akan informasi terakses dengan lebih cepat. Dan sangat disayangkan jika masih ada yang belum bisa mempelajarinya.

Kondisi sekarang amat berbeda dengan masa dahulu di mana arus perubahan teknologi belum menjadi teknologi yang sifatnya massal, komputer hanya dipergunakan untuk kepentingan tertentu bahkan untuk mengakses internet sangat sulit serta membutuhkan prosedur yang cukup rumit. Meskipun begitu, saya cukup beruntung karena mempunyai kesempatan untuk merasakan gegap gempitanya perubahan arus komunikasi mulai dari zaman masih mengakses internet dengan Netscape Navigator sampai tumbuhnya browser-browser baru yang kini lebih canggih dan akses informasi yang lebih beragam serta cepat. Zaman sekarang apapun kebutuhan Anda, tinggal ketik dan jreennggg...semuanya disediakan oleh mbah Google. Bahkan emak-emak yang biasanya repot dengan urusan dapur dan mengurus rumah tangga banyak yang memanfaatkan internet ini sebagai sarana untuk belajar , mencari informasi, berkomunikasi baik melalui media sosial maupun chatting, maupun membangun bisnis rumahan.

Sayang ya jika manisnya buah dari perkembangan teknologi hanya dinikmati segelintir emak-emak saja, karena kemampuan emak untuk mengakses internet bukan untuk gaya-gayaan belaka namun ada sejumlah nilai-nilai positif didalamnya, antara lain : emak jadi lebih informatif, lebih terbuka wawasan pikiran dan pengetahuannya, lebih banyak solusi dalam satu masalah, dan yang pasti sebagai salah satu cara pendampingan terhadap anak-anak dalam menggunakan teknologi.  Sudah tidak bisa dipungkiri lagi anak-anak zaman sekarang sangat cepat perkembangannya, demikian juga dalam mempelajari teknologi termasuk internet. Sebagai salah satu cara mengantisipasinya, ya...dengan ikut mempelajarinya. Sulit memang jika tidak terbiasa, namun bagi saya merupakan hal yang sangat penting meskipun tidak mahir tapi dengan tahu serta sedikit menguasai kita akan lebih mudah berkomunikasi dengan anak sedikit narsis, dan sarana untuk mengeksiskan diri.

Lho...gimana ngak eksis jika setiap hari emak-emak online di jejaring sosial, apalagi emak-emak yang punya bisnis online, kebutuhan untuk aktif di jejaring sosial bikin traffic akses internetnya tambah tinggi. Dalam kondisi yang begini kita butuh perangkat yang bisa mendukung aktivitas online menjadi lebih mudah dan mobile, selain perangkat untuk mengakses internet kita butuh pendukung seperti notebook. Kenapa harus notebook? Ya sesuai dengan kebutuhan...kalau kita ingin tetap online dan mobile tentu kita butuh komputer yang bisa di jinjing kemana-mana, bahkan pada saat beraktivitas menemani anak-anak di luar rumah.

Ada solusi? Sudah pasti karena Acer Indonesia sudah meluncurkan Notebook terbaru yang 30% lebih tipis di kelasnya, yaitu Acer Aspire E1-432, si super slim yang canggih. Selain ringkas dan ringan, daya tahan baterai tinggi merupakan prioritas utama bagi pengguna yang highly mobile. Notebook ini juga memiliki kelengkapan yang bisa membuat emak makin eksis tapi tetap keren, antara lain :
  • Dengan monitor LED berukuran 14" dengan resolusi 1366 x 768 px, Aspire E1-432 dilengkapi dengan DVD-RW yang didesain khusus hanya memiliki dimensi ketebalan 25,3 mm saja...bandingkan dengan yang lain.
  • Memiliki tiga buah port USB yang satu diantaranya sudah menggunakan port USB 3.0 dengan kemampuan transfer data 10X lipat lebih kencang dibanding USB 2.0. Selain itu terdapat port untuk Card Reader, VGA port, HDMI port, dan webcam HD untuk kebutuhan streaming serta video chatting. Untuk menunjang kebutuhan konektivitas, disediakan port LAN dan sebuah wireless Adapter Acer Nplity 802.11b/g/n untuk mengakses internet melalui jaringan hotspot yang tersedia kita.
  • Penggunaan prosesor Intel 4 th Gen terbaru atau dikenal dengan Haswell yang memiliki keunggulan, yaitu dapat bekerja sangat efisien dengan TDP hanya 15 watt saja dan dikombinasikan dengan baterai 4-cell(2500 mAH) membuat daya tahan baterai Notebook ini dipastikan akan jauh lebih maksimal. Selain itu, sudah terintegrasi dengan Intel HD Graphics terbaru dengan peningkatan kinerja yang lebih signifikan dari sebelumnya. 
Acer Aspire E1-432
Acer Aspire E1-432 yang 30% lebih tipis dari notebook konvensional
Acer Aspire E1-432
Kelengkapan fitur-fitur ini tentu saja merupakan kabar yang sangat menyenangkan bagi pengguna dengan tingkat mobilitas tinggi. Tentu saja buat emak juga dong...meskipun tingkat mobilitasnya bisa dibilang tidak terlalu tinggi namun ada momen-momen tertentu yang mengharuskan emak multitasking, mengasuh anak sekaligus harus online pada saat yang bersamaan. Rasanya menyenangkan bila memiliki perangkat yang mendukung multitasking tersebut, karena kaum perempuan memang memiliki kelebihan yaitu mampu melakukan banyak pekerjaan di waktu yang sama. 

Tentu saja dengan kelebihan dan ketersediaan perangkat pendukungnya, emak harus menggunakannya semaksimal mungkin. Sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga, bisa melayani klien yang ingin memanfaatkan jasa atau membeli produk yang kita jual tawarkan secara online, atau disela-sela pekerjaan kantor kita bisa memanfaatkan sedikit waktu mengecek pesanan jika kita memiliki bisnis online. Selain untuk kepentingan marketing atau bisnis, kita bisa membangun jaringan pertemanan melalui jejaring sosial yang kini tengah marak digunakan.

Sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan fasilitas hotspot, bukan hanya di dalam ruangan saja seperti mall, cafe, restoran saja tetapi juga tersedia di luar ruangan seperti di taman atau tempat khusus. Belum lagi dengan tersedianya modem USB yang tinggal plug and play, langsung on ke jaringan internet, wooww...zaman memang sudah canggih jadi kenapa harus disia-siakan. Dengan eksisnya emak-emak tentu akan membangkitkan kepercayaan diri emak lho, karena tidak ada dinding pembatas yang membuat emak harus terkurung dalam satu keadaan, selain membuat emak tambah keren karena anak-anak akan lebih sayang. Gimana anak-anak ngak tambah sayang, karena emaknya tahu banyak hal termasuk perkembangan apa yang menjadi kesukaan dan hobi si anak dengan bantuan mbah Google.

Belum lagi urusan masak-memasak, dengan mudah kita bisa mencari resep-resep yang enak dengan hanya browsing di internet, bahkan jika memungkinkan kita bisa masak sambil browsing dengan membawa notebooknya ke dapur (segitunya...), tapi terus terang saya belum pernah mencobanya soalnya sayang jika notebook harus di bawa ke area yang banyak api dan asapnya. Atau jika kebetulan kondisi memungkinkan, sambil menunggu anak-anak les, emak bisa kok mencuri waktu untuk online entah untuk sekedar browsing, update status atau membaca status yang mampir di wall kita, promosi, dan yang paling menyenangkan jika pas buka notebook ada notifikasi customer yang membeli dagangan kita atau konfirmasi sudah transfer untuk barang yang dibelinya. Benar-benar eksis yang membawa rezeki.

Bekerja dari rumah
Gambar dari sini
Semakin maraknya penggunaan jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain membuat kebutuhan dan kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri semakin besar peluangnya. Peluang ini jika diolah dengan baik dan benar tentu akan mendatangkan banyak keuntungan, antara lain :
  1. Sebagai usaha untuk melejitkan potensi diri. Percayalah...setiap emak yang bagaimanapun profesi dan latar belakangnya memiliki potensi untuk berkembang secara ekonomi dengan kemampuan yang dimilikinya. Bagaimana cara mengolahnya? Belajar dari pengalaman, hobi, minat, dan situasi lingkungan di sekitar kita.
  2. Menumbuhkan mental produktif. Perbedaan mendasar dari produktif dan konsumtif adalah tidak pada kemasannya tapi pada tujuannya, misalnya Anda membeli sebuah mobil, sekilas ini aktivitas konsumtif, padahal aktivitas yang dinilai konsumtif tersebut bisa berubah menjadi produktif jika mobil yang Anda beli direntalkan atau dipergunakan untuk menunjang kegiatan ekonomis lainnya. Atau Anda membeli sebuah notebook, sekilas inipun tampak seperti kegiatan konsumtif tapi akan menjadi produktif jika Anda menggunakannya untuk mencari tambahan penghasilan misalnya dengan cara menulis, membuka toko secara online, atau yang lainnya.
Dengan sarana yang tersedia dan kemudahan untuk mengaksesnya, praktis ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Tapi...yah itulah kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, karena setiap kemajuan selalu ada sisi baik dan buruknya, jangan sampai kepraktisan dalam penggunaan teknologi menjadi penyebab berubahnya pola intraksi dalam keluarga, pola hidup, dan pola bermasyarakat. Syukur apabila kita merasa baik-baik saja atau merasa kualitas hidup meningkat dengan adanya kemajuan teknologi yang diwujudkan dalam bentuk notebook yang semakin tipis dan perangkat internet yang menyertai performannya. Namun apabila mulai menunjukkan perkembangan ke arah yang negatif, alangkah bijaksananya jika kita mulai mengendalikannya. Ada batas-batas norma yang harus kita pegang teguh sekalipun berada di dunia maya, karena meskipun tampil keren dengan perangkat notebook tertipis di kelasnya yaitu Acer E1 Slim Series dan membuat emak semakin ingin eksis di mana-mana tetap ada ruang di mana etika pergaulan dan norma sebagai seorang istri dan ibu tetap dikedepankan.

--ek--

Tulisan ini diikutsertakan dalam event "30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% lebih tipis" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.

Sumber referensi tulisan :
http://www.acerid.com/2013/10/acer-aspire-e1-432-notebook-tipis-dan-hemat-daya-berkat-prosesor-intel-haswell-4th-gen


4 komentar:

  1. Setuju, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif. ;)

    BalasHapus
  2. Sukses yah mak dengan notebook slim-nya :)

    http://chemistrahmah.com

    BalasHapus
  3. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...