Kamis, 19 September 2013

SUN LIFE FOR A BRIGHTER LIFE, MENJANJIKAN SEBUAH KEPASTIAN HIDUP

Siang itu terasa sangat menyengat, matahari bersinar sangat terik dan menampakkan kegarangannya, tapi anehnya aku tidak merasakan ketidaknyaman cuaca saat itu karena yang terpikirkan olehku saat ini adalah ingin cepat tiba di rumah sakit...yah sebuah rumah sakit jantung yang ternama di Indonesia. Dengan tergesa-gesa aku melewati ruangan yang satu ke ruangan yang lain untuk mencari ruangan yang aku tuju, yaitu ruangan Katerisasi Jantung, dan kakakku tercinta sudah menunggu di sana. Ternyata setelah tiba di ruangan itu, kakakku sudah masuk ruangan tindakan, akhirnya aku menunggu di ruangan tunggu bersama kakak iparku, "hanya setengah jam kok selesai," kata kakak iparku. Tapi setengah jam telah berlalu tapi kakakku belum juga keluar dari ruangan tindakan, hingga dua jam kemudian. Tentu saja kami sangat kuatir, ada apa gerangan di dalam sana? dan ternyata kakakku tidak hanya dikaterisasi tapi jantungnya langsung di ring...oh My Good, dan ultimatum dari dokter berikutnya enam bulan lagi penyumbatan lubang yang satunya juga harus di ring, berarti ada dua penyumbatan yang sudah 100 persen, dan sebagai salah satu akibat dari stroke yang diderita kakakku dua tahun yang lalu.

Sambil menunggui kakakku yang beristirahat, aku termenung memikirkan betapa tidak pastinya hidup ini bila berhubungan dengan masalah kesehatan, seminggu yang lalu kakakku masih sehat-sehat saja, bahkan kerap mondar-mandir mengurus bisnisnya, namun siapa sangka seminggu kemudian sakit dan tiba-tiba harus dirujuk ke rumah sakit. Melihat orang-orang yang berlalu lalang  mengurus segala hal yang berkaitan dengan sakitnya orang-orang terdekatnya, betapa akhirnya saya menyadari bahwa sakit itu mahal karena yang namanya sakit pasti diikuti oleh sejumlah uang yang harus dikeluarkan...dan celakanya jika terjadi mendadak seperti kejadian kakakku, suatu keberuntungan jika kita memiliki harta yang cukup untuk membayarnya tapi bagaimana jika sebaliknya? Karena itu dibutuhkan sebuah kepastian nyata yang menyangkut perlindungan kesehatan, dan salah satu solusinya adalah dengan Asuransi Kesehatan Keluarga.

Banyak asuransi yang menawarkan berbagai proteksi kesehatan dan tentunya dengan premi yang jumlahnya pun beraneka ragam, karena itu kita harus pintar-pintar memilih bentuk dan tempat yang tepat untuk mengangsuransikan kesehatan keluarga kita tercinta. Kita membutuhkan sebuah lembaga asuransi yang memiliki program lengkap, mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua. Dan satu hal lagi yang merupakan salah satu landasan penting dalam memilih perusahaan asuransi terbaik, setidaknya mengacu pada tiga alasan, yaitu :

  1. Kekuatan Keuangan (Security), berkaitan dengan kesanggupan keuangan perusahaan yang bersangkutan dalam mentunaikan kewajibannya bila situasi dan kondisi menuntutnya. Kekuatan keuangan sebuah perusahaan asuransi ditentukan oleh beberapa hal seperti aset dan liabilitasnya, Underwriting Policy, dan Underwriter-nya.
  2. Jasa (Service), merupakan bentuk penggambaran tentang berkualitas atau tidaknya sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Hal ini menjadi titik tolak ukur yang sangat penting karena perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang berhubungan dengan jasa.
  3. Biaya (Cost), selain berkaitan dengan besarnya premi-premi yang ditawarkan, biaya juga mencakup bagaimana perusahaan tersebut bisa menunjukkan efisiensi dan kesehatan keuangannya, karena sebuah perusahaan yang dalam pengelolaan keuangannya buruk tentu akan berdampak pada caranya dalam mengelola dana nasabah yang dipercayakan padanya.
Dalam menentukan tolak ukur kesehatan sebuah perusahaan asuransi, Pemerintah telah menetapkan mekanismenya melalui mekanisme Risk Base Capital (RBC). Menurut mekanisme ini, sebuah perusahaan dinyatakan dalam kondisi baik bila angka RBC-nya besar. 

SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA FOR A BRIGHTER LIFE, SOLUSI BERASURANSI


Sun Life Financial Indonesia
Sun Life for a Brighter Life (sumber)
Per 31 Desember 2012, tingkat Risk Base Capital (RBC) Sun Life Finacial Indonesia adalah 300 persen (konvensional dan syariah) - jauh melebihi ketentuan minimal yang ditetapkan oleh Pemerintah, yaitu 120 persen, dengan asset  sebesar Rp. 5,26 trilliun. Setiap tahun Sun Life Financial Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar jasa asuransi Indonesia. Melalui upaya-upaya yang selalu inovatif, Sun Life selalu meningkatkan produk-produk dan layanannya demi memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah yang telah mempercayakan asetnya untuk dikelola oleh Sun Life sebagai sebuah investasi, baik untuk kesehatan, pendidikan, asuransi jiwa, dan perencanaan hari tua.

Sun Life Financial Indonesia merupakan bagian dari Sun Life Financial yang berkantor pusat di Toronto, Kanada dan merupakan salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia sejak tahun 1865. Sun Life Financial telah beroperasi di berbagai pasar kunci di seluruh dunia, dan untuk Indonesia...Sun Life telah memiliki lebih dari 50 kantor pemasaran di 30 kota di Indonesia.

Setiap orang tentunya mendambakan ketenangan dan kepastian, namun di sisi lain tentu juga ingin memiliki manfaat lebih dari uang yang kita miliki. Perencanaan perlindungan dari PT. Sun Life Financial Indonesia memiliki penawaran khusus yang mengkombinasikan dengan sempurna keinginan dan harapan masyarakat Indonesia pada umumnya, yaitu sebuah solusi cermat berinvestasi yang digabungkan dengan perlindungan asuransi jiwa. Solusi ini sangat menguntungkan karena program perencanaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, dalam artian nasabah atau calon nasabah dapat menentukan sendiri jumlah yang akan digunakan untuk produk perlindungan dan produk investasi. Melalui program-program proteksi yang ditawarkan oleh Sun Life, kita dapat memberikan perlindungan kesehatan untuk keluarga tercinta, karena kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai jumlahnya.

Program Proteksi Sun Medicash

Merupakan sebuah program asuransi yang memberikan sejumlah santunan dana tunai saat Tertanggung atau Nasabah menjalani rawat inap di rumah sakit, baik disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan sehingga dapat meringankan beban Anda dan keluarga. Manfaat yang diperoleh melalui Program Sun Medicash adalah :

  • Manfaat Rawat Inap,
  • Manfaat ICU (perawatan intensif),
  • Manfaat Kematian,
  • Manfaat Akhir Kontrak.

Selain itu ada pengembalian Premi sebesar 50 persen di akhir masa asuransi (jika polis masih berlaku), meskipun nasabah sudah memperoleh manfaat Klaim dari produk ini. Klaim tetap dibayarkan meskipun nasabah memiliki asuransi sejenis. Dan secara lebih terperinci santunan rawat inap di Rumah Sakit (Ruang Perawatan atau ICU) terdiri dari :

  • Maksimal santunan harian rawat inap : 120 hari/tahun.
  • Maksimal santunan harian rawat inap : 90 hari/tahun.
  • Santunan Ganda untuk perawatan di ICU, maksimal 120 hari/tahun.
  • Manfaat harian rawat inap tidak boleh lebih dari Rp. 1.000.000/hari.
  • Klaim tetap dibayarkan meskipun memiliki asuransi sejenis.

Program Proteksi Sun Golden Life

Program asuransi ini khusus untuk Anda yang membutuhkan proteksi jangka pendek. Dana yang tersedia dari program ini dapat dimanfaatkan oleh keluarga Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan keuangan keluarga Anda apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan terhadap diri Anda. Adapun manfaat Sun Golden Life adalah :
  • Santunan meninggal sebesar 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung mengalami musibah meninggal di masa asuransi.
  • Gratis asuransi kecelakaan sebesar Rp. 50 juta.
  • Mendapatkan potongan premi sebesar 50 % untuk pembayaran premi perpanjangan.
  • Dapatkan pengembalian 20 persen premi tahunan jika polis tidak diperpanjang.
  • Tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan.
  • Serta bebas memilih cara pembayaran premi : bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan.


Program Proteksi Term Life "Menyongsong Hari Depan Dengan Perlindungan Yang Lebih Pasti"

PT. Sun Life Financial Indonesia dengan bangga mempersembahkan TERM LIFE, yang merupakan program asuransi jiwa yang memberikan keluarga Anda keamanan, saat ini, dan di masa depan. Adapun keuntungan Term Life adalah :

  • Keleluasaan memilih masa pembayaran premi, mulai dari 5, 10, 15, dan 20 tahun.
  • Bebas menentukan pilihan cara pembayaran premi, yaitu bulanan, triwulan, semester, dan tahunan.
  • Dapat ditambahkan Riders (asuransi tambahan) untuk memperoleh perlindungan yang lebih menyeluruh.
Sedangkan manfaat Asuransi Term Life adalah memberikan 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi. 


Pada pertengahan tahun 2013 ini, Sun Life Financial Indonesia mengukuhkan komitmennya dalam menyediakan perlindungan menyeluruh kepada nasabah dengan meluncurkan Sun Medical Executive, yaitu sebuah asuransi tambahan yang menawarkan manfaat lebih untuk biaya rawat inap dan operasi serta untuk perlindungan nasabah dari kebutuhan biaya rumah sakit yang tidak terduga. Sun Medical Executive (Sun Med) merupakan pilihan yang tepat untuk perlindungan kesehatan dan juga mendukung perencanaan keuangan individu dan keluarga. Selain itu fitur-fitur yang terdapat dalam Sun Med memungkinkan nasabah untuk menikmati sistem non-tunai (cashless) yang sederhana dan tentu saja akan mendapatkan layanan yang cepat dari Rumah Sakit. Namun tentu saja biaya operasi dan perawatan setelah rawat inap akan dibayar berdasarkan tagihan yang disesuaikan dengan batas tahunan.

Sebuah solusi cerdas yang ditawarkan Sun Life untuk mengatasi semakin meningkatkan biaya yang dikeluarkan apabila menjalani perawatan di rumah sakit. Berdasarkan survey yang ada, terlihat adanya perbedaan yang tidak sebanding antara kenaikan biaya kesehatan dan rumah sakit dengan pendapatan individu. Dan sudah bukan rahasia lagi bahwa beban biaya ekonomi apabila menjalani perawatan di rumah sakit sangat tinggi, selain beban biaya itu sendiri ada juga biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan oleh keluarga apabila sedang menemani salah satu anggota keluarganya yang sedang menjalani perawatan. Selain tentunya beban sosial dan beban mental. 

Masalah kesehatan masih merupakan hal yang sangat menakutkan, apalagi bila berhubungan dengan rumah sakit, pastinya yang terbayang dalam lintasan pikiran kita adalah lembaran-lembaran rupiah yang harus dikeluarkan demi menebus satu kata "sehat." Jadi tidak berlebihan bila kita harus mulai memahami perlunya perlindungan kesehatan untuk diri kita dan keluarga tercinta, sebuah kepastian di tengah ketidakpastian hidup manakala berhadapan dengan masalah kesehatan. Dan mempunyai Asuransi Kesehatan Keluarga merupakan salah satu solusi tepat untuk mendapatkan jaminan kesehatan, melalui Sun Life yang secara nyata berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabahnya. Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga secara tidak langsung mengedukasi masyarakat akan arti pentingnya selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selain itu, kesehatan adalah investasi yang tidak ternilai harganya, mengapa? karena sehat dibutuhkan dalam melakukan semua kegiatan setiap hari, sehat itu merupakan harta yang ternilai karena sehat merupakan karunia nikmat yang luar biasa dalam hidup kita. Untuk menjaga kesehatan selain dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, namun kita juga harus mempunyai jaminan perlindungan kesehatan yang pasti dan bisa menolong kita pada saat tidak terduga, seperti kasus yang terjadi pada keluargaku. Karena itu penting bagi kita untuk menyadari perlunya memiliki asuransi kesehatan keluarga yang mampu menaungi keluarga kita dari masalah-masalah kesehatan akhir-akhir ini. Banyak produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi, namun pilihlah yang tepat serta mampu memberikan banyak manfaat, dan Sun Life merupakan pilihan yang tepat. Sun Life for a Brighter Life...


Tulisan ini disertakan dalam "Sun Anugerah Caraka Kompetisi Menulis dan Foto Jurnalis serta Kompetisi Menulis Blogger Sun Life 2013."

Sumber referensi tulisan :
  1. http://www.sunlife.co.id
  2. http://info-kesehatan.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...