Sabtu, 24 Agustus 2013

KISAH PERJALANAN PENUH LIKU NAN INSPIRATIF MENUJU PERTOBATAN

Judul Buku : Storycake For Your Life, Indahnya Tobat
Penulis : Candra N.M. Dewojati, Ayunin, dkk
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, 2013
Tebal : vii + 306 halaman

Tobat merupakan kesadaran seseorang secara penuh untuk kembali kepada aturan Sang Pemilik Hidup, yang selama ini ada yang telah dilanggar ketetapan-Nya, berjalan menyimpang dari ajaran-Nya. Ini bukanlah hal yang mudah, karena pasti ada serangkaian peristiwa yang telah menggoreskan pisau tajam di relung hati seseorang sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dalam perjalanan kehidupan yang penuh cobaan dan lika-liku terkadang seseorang dihadapkan pada beragam pilihan untuk menentukan arah langkah yang akan ditujunya. Pilihan-pilihan tersebut terkadang menimbulkan banyak peristiwa besar dalam hidup seorang anak manusia dan menjadi titik balik bagi kehidupannya kemudian. Kisah-kisah yang terdapat dalam buku ini menggambarkan betapa berat jalan yang harus dilalui untuk menjadi seorang manusia yang lebih baik lagi, dan bukan hanya di mata Allah SWT tetapi juga untuk orang-orang disekitarnya yang sayang dan perduli padanya.
resensi buku storycake for your life indahnya tobat
Me and Storycake For Your Life : Indahnya Tobat (pribadi)
Beberapa kisah bahkan harus melalui berbagai kejadian tragis nan menyayat hati hingga akhirnya timbul kesadaran untuk melakukan pertobatan dan memohon ampunan Allah SWT. Dalam kisah "Hari Baru Sang Kurir Aborsi" betapa materi telah membutakan seseorang bahkan seorang ibu untuk tega membantu meskipun secara tidak langsung perbuatan yang jelas-jelas diharamkan oleh agama. Seorang ibu yang seharusnya lekat dengan kasih sayang ternyata tega membutakan hati nuraninya demi lembaran rupiah, meskipun pada akhirnya kesadaran untuk tobat muncul setelah beragam kisah tragis menimpa keluarganya. Sungguh kisah yang sangat menginspirasi untuk menjauh dari segala macam bentuk maksiat dan segala yang dilarang oleh agama.

Kisah nan menggetarkan bukan hanya itu, masih banyak kisah lain yang memberi kita cukup banyak pelajaran berharga. Seperti halnya tokoh Mbak Tina dalam kisah "Pelajaran Hidup Si Tukang Gosip," banyak memberi pelajaran berharga terutama kaum perempuan yang umumnya sangat lekat dengan yang namanya gosip bahwa hal itu hanyalah pekerjaan sia-sia yang sangat ditentang oleh agama karena pada akhirnya hanya menimbulkan fitnah luar biasa bagi yang mengalaminya. Betapa teguran dari-Nya bisa jadi sangat keras hingga menghancur leburkan segala yang kita miliki. Jadi...jauhilah yang namanya gosip jika tidak ingin mendapat murka dari-Nya.

Terus membaca lembar demi lembar akan menimbulkan sensasi perasaan tersendiri karena beragam kisah mempunyai nilai moral dan pelajaran tersendiri dan bisa diambil hikmah serta manfaatnya bagi kehidupan kita untuk menjadi lebih baik. Dalam buku ini terdapat 40 kisah yang dikemas apik oleh para penulisnya, jadi bukan hanya dua kisah di atas namun masih banyak kisah-kisah yang sangat patut Anda baca sebagai pencerahan.

Tokoh Heidi dalam kisah "Si Seksi Yang Menginspirasi" memberikan kita pelajaran berharga tentang sebuah hidayah. Hidayah yang amat kita rindukan dalam menjalani kehidupan ini ternyata bisa saja diterima oleh seseorang yang bahkan dalam hidupnya tidak pernah mengenal ajaran agama tersebut. Hidayah yang kemudian menuntun seorang Heidi menjadi muslimah yang taat dan menjalankan segala perintah-Nya, dan yang terpenting terlahir menjadi manusia baru yang lebih baik lagi.

Dalam kisah "Surat Cinta dan Jilbab Putih" menggambarkan betapa keteguhan hati akan mengalahkan semua rintangan walau bagaimanapun beratnya. Bahkan rintangan yang sangat berat dari orangtua yang sangat kita muliakan dan hormati harus kita lalui dengan tekad bulat untuk menjadi seorang muslimah yang sempurna di hadapan Allah SWT. Betapa ridho dari-Nya akan membuat segala yang berat terasa ringan dan indah pada akhirnya. Sebuah kisah yang sangat menginspirasi bahwa dalam hidup kita tidak selalu terlahir sebagai manusia yang beruntung, namun perjalanan hidup untuk menjadi lebih baik akan membuat kita beruntung dan bersyukur telah dilahirkan di muka bumi ini.

Satu hal yang mengelitik hati dengan ungkapan bahwa dalam lingkungan yang buruk apakah seseorang akan menjadi buruk selamanya dan tidak ada secercah sinar kebaikan dalam keburukan? Jawabnya sangat relatif dan penuh dengan kemungkinan bahwa Allah SWT selalu memberikan hidayah pada seseorang dimanapun seseorang itu berasal. Dalam kisah "Menikah Mengubah Segalanya" membuktikan bahwa dari lingkungan yang kurang baik pun seseorang bisa berprilaku kebalikannya, dengan tekad kuat dan niat yang bersih seseorang bisa mendobrak nilai yang selama ini diyakini seseorang. Satu hal lagi bahwa ternyata ibadah untuk menikah dan menjadi pasangan yang sah dalam agama, akan membuat hidup seseorang menjadi lebih baik lagi karena doa-doa dari sebuah ikatan yang suci dan direstui oleh Sang Pemilik Hidup disertai dengan pertobatan yang tulus akan selalu di dengar oleh-Nya.

Pun dalam kisah "Koma" mengajarkan pada kita semua bahwa teguran dari Allah SWT ternyata merupakan nikmat yang tiada terkira. Kasih sayang-Nya ternyata sangat besar dan melebihi apapun di dunia ini. Jalan menuju pertobatan yang semuanya merupakan rahasia-Nya dalam kisah ini menjadikan pelajaran berharga bagi kita bahwa selalu ada jalan untuk kembali pulang kepada kehidupan yang diridhoi oleh-Nya.

Membaca lembar demi lembar dalam buku ini memberikan kita banyak pelajaran berharga bahwa dalam kehidupan terkadang tidak semua jalan yang kita lalui akan mulus dan baik-baik saja, ada masa di mana kita salah pilih jalan namun di atas semua kesalahan itu selalu ada jalan yang diberikan Allah SWT untuk kembali pulang dan merasakan hidayah dalam titik balik kehidupan seseorang. Sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga dan semuanya telah termaktub dalam buku ini "Storycake For Your Life : Indahnya Tobat."

Melalui buku ini, para penulisnya ingin menyuguhkan deretan kisah hidup yang berharga dalam satu penggal kehidupan seseorang yang akhirnya menjadi titik balik dari seluruh hidupnya. Sebuah titik balik menuju pertobatan kembali ke jalan-Nya, meskipun jalan yang harus dilalui masing-masing individu beragam sesuai perbuatan yang dituainya dikemudian hari. Namun, alangkah indahnya jika setiap kisah yang mempunyai pesan moral dengan latar kisah yang hampir sama diberikan sedikit pengantar seperti CATING atau Catatan Penting sebagai poin terpenting dari kisah yang akan atau telah di baca, sebagai pembelajaran penting agar pembaca bisa mengapresiasinya dan mengaplikasikan pesan moral tersebut dalam kehidupan pribadinya, jika ternyata kisah yang dialaminya mirip dengan kisah dalam buku tersebut. Walaupun begitu buku ini tetap memberikan kita banyak pencerahan untuk menjalani hidup menjadi lebih baik lagi dengan melakukan pertobatan demi mendapatkan ampunan dari Sang Pemilik Hidup.

Kumpulan Buku Storycake For Your Life
Gambar dari sini

Tulisan ini disertakan dalam "Resensi Blog Serial Storycake" yang diselenggarakan Grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...