Senin, 24 Juni 2013

MUSIKKU GAMBARAN SUASANA HATIKU

"Music gives a soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination, and life to everything (Plato)."

Musik merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara. Sebagaimana manusia menggunakan kata-kata untuk mentransfer suatu konsep, ia juga menggunakan komposisi suara untuk mengungkapkan perasaan batinnya. Seperti halnya ragam seni lain, musik merupakan refleksi perasaan suatu individu atau masyarakat. Musik merupakan hasil dari cipta, dan rasa manusia atas kehidupan dan dunianya.

EMAKS, MUSIK, DAN KESEHATAN

Wanita dan musik
Emak dan musik : Gambar
Maks! Udah pernah masak sayur lupa ngasih garam ngak? Rasanya hambar kan, begitu juga hidup tanpa musik rasanya juga hambar dan membosankan. Bahkan seseorang yang tidak suka musik sekalipun, tanpa disadari akan ikut mengetuk-getukkan kakinya jika mendengar musik dan kebetulan musik itu pas dengan genre suasana hatinya saat itu. Ternyata... musik itu asyik lho, karena dalam musik tidak hanya berhubungan dengan bunyi, tapi ada unsur-unsur lain seperti irama, melodi, dan harmoni, yang pada akhirnya dapat dinikmati oleh indra pendengaran.

Kebanyakan orang dalam kesehariannya tidak lepas dari musik. Ada yang mendengarkan musik sambil membaca, memasak, lari pagi, sambil bekerja, sambil belajar di rumah, atau aktivitas lain yang memungkinkan dikerjakan sambil mendengarkan musik. 

Demikian juga Emaks yang dalam kesehariannya sibuk dengan aktivitas-aktivitas entah itu mengurus rumah tangga, atau bekerja di kantor, semua aktivitas tersebut kadang tidak luput dari pengaruh irama musik yang disukainya. Lewat efeknya yang ajaib, musik dapat membebaskan rasa manusia dari jeratan tekanan batin, rasa kesepian, panik, dan berbagai  gangguan mental lainnya. Dan tidak bisa dipungkiri, Emak-emak sangat rentan dengan berbagai gangguan emosional juga, karena setiap perempuan pada dasarnya adalah manusia yang memiliki perasaan yang kompleks, terkadang keinginan untuk serba bisa atau multi-tasking tanpa disadari memicu timbulnya stress. Musik dapat menyeimbangkan perasaan tersebut, karena dengan musik emak akan lebih rileks dan tenang.

Karena itu di berbagai negara marak didirikan pusat-pusat penelitian maupun praktek terapi musik. Musik, sesuai dengan susunan interval dan ritmenya memiliki refleksi khusus yang bisa merangsang sel-sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat, atau dialihkan. Tidak hanya itu saja, musik terbukti berpengaruh pada sistem saraf sensorik-motorik, sistem saraf sadar, dan sel saraf lain. 

Biasanya para terapis membagi tema musik ke dalam lima jenis, yaitu musik bertema trance, melow, semangat, ceria, dan relaksasi.
  1. Musik bertema trance adalah musik yang mengandung ungkapan rasa ceria yang luar biasa. Jenis musik ini cocok untuk menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental atau stress.
  2. Mesik berirama melow dan melankolis merupakan jenis musik yang menyayat perasaan. Musik semacam ini bisa menurunkan asupan sejumlah komposisi kimia dalam otak, dalam kondisi normal bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri. 
  3. Musik bertema semangat merupakan jenis musik yang bisa membangkitkan reaksi kuat dan cepat yang disertai tanggapan fisiologis. Para komposer musik menggunakan tema musik ini untuk gerakan badan, karena berdampak positif dan meningkatkan semangat.
  4. Musik yang bernada ceria dengan sentuhan irama yang menenangkan. Musik seperti ini bisa meningkatkan gairah hidup dan memunculkan perasaan positif, sehingga bisa meningkatkan daya kerja. 
  5. Musik relaksasi, musik ini berirama lembut, monoton, dan datar. Kelembutan musiknya bisa menenangkan perasaan dan emosi manusia. Musik jenis ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan emosi.
Yang jelas, penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa beberapa jenis musik bisa membantu jiwa manusia menjadi lebih tenang dan seimbang. Beberapa jenis musik juga bahkan bisa menghapus rasa tertekan dan stress. Namun tentu saja musik harus digunakan secara proposional, tidak semua jenis musik bisa di dengar dalam segala kondisi. 

Sebuah survey pada suatu seminar menunjukkan bahwa pendengarnya mengatakan bahwa mereka tidak mendengarkan syair dari sebuah lagu, namun pada waktu lagu tersebut diperdengarkan, separuh dari mereka dapat melagukannya tanpa mereka sadari. Hal ini menunjukkan adanya memori dalam otak yang mampu merekam apa saja yang masuk melalui pendemgarannya bersama musik, tanpa mampu dicerna akal sehat. Dan kesimpulannya, tidak ada lagu atau musik yang mampu dicegah masuknya ke dalam otak kita walaupun kita berkata "saya tidak mendengarkan syairnya atau saya tidak suka lagu itu."

Maks...nikmatilah musik sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari karena jika emaks mencintai musik maka akan ada generasi selanjutnya yang menjadi bagian dari cinta musik. Musik bukan saja mengenalkan pada keindahan irama dan melodi dari sebuah lagu semata, tapi mempunyai banyak manfaat dari sisi kesehatan terutama kesehatan jiwa dan pikiran. Menjadi seorang Emaks itu tidak mudah karena perkembangnya dunia Emaks sangat dinamis dan terus berubah dari waktu ke waktu, perubahan ini otomatis mempengaruhi mood setiap hari, sedangkan anak-anak atau orang di sekitar banyak yang tidak menyadarinya. Nikmatilah musik untuk menjaga mood dan suasana hati agar tetap sehat.

MUSIKKU GAMBARAN SUASANA HATIKU

Musik memang mempunyai bahasa yang universal, namun musik yang asyik adalah musik yang mampu mereflesikan gambaran suasana hati pendengarnya pada saat itu. Umumnya sebuah musik disukai karena :
  • Cerita lagu itu seolah mewakili kisah hidup Anda, irama dan liriknya bahkan mewakili suasana hati sang pendengar itu sendiri.
  • Lagu tersebut hadir pada saat yang tepat dengan salah satu fragmen kehidupan Anda tanpa disadari atau disengaja.
  • Karena orang yang Anda sukai mengenalkan lagu itu pada Anda.
  • Seorang mempersembahkan lagu itu untuk Anda.
  • Hanya karena menurut sense Anda irama lagu tersebut sesuai dengan suasana saat mendengarkannya.
  • Lagu itu merupakan original soundtrack atau bagian dari cerita favorit Anda.

Musik terus berkembang dan menjadi semakin penuh warna. Banyak orang bertanya apakah musik ini sudah saya lihat? Banyak juga orang juga menentang aturan standar dalam dunia musik dan mengikuti ketentuan yang dia buat sendiri dan menciptakan sesuatu yang baru, baik dengan penggabungan musik yang sudah ada ataupun mencari inspirasi musik sendiri. Inspirasi dapat diperoleh melalui penalaran secara mendalam atau mendapatkan dari musik tradisional yang diatur lagi menjadi musik yang lebih baik.

Pada dasarnya saya menyukai semua jenis musik, tapi ada beberapa musik yang terasa tidak enjoy dalam mendengarkannya, mungkin karena faktor usia dan status meskipun yah...dalam musik kita bebas berekspresi. Namun ekspresi dalam mendengarkan musik tentu harus menggambarkan suasana hati pendengarnya, rasanya itulah musik yang asyik menurut saya.

Musik Pop, Istilah pop dicetuskan pertama kali oleh pengamat seni rupa berkebangsaan Inggris, Lawrence Alloway. Musik pop biasanya di pahami secara komersial rekaman musik, sering berorientasi menuju pasar muda dan biasanya liriknya mudah dipahami dan sederhana sesuai dengan tema yang ada. Kesederhanaan musik jenis ini membuatnya melambung menjadi jenis musik yang paling disukai dan paling banyak diminati, dan tentunya termasuk saya. Saya suka jenis musik ini dengan beragam penyanyi dan komposer lagunya baik dari dalam dan luar negeri, saya enjoy dengan musik ini dan asyik banget di bawa ke semua suasana, dan tentunya dengan beat dan ritme lagu yang sesuai. Lagi sedih dengerin lagu yang sedikit mendayu-dayu, lagi gembira dengerin lagu yang agak ngebeat sedikit.

Nikmati apapun jenis musik Anda
Nikmati Musik Anda : Gambar
Meskipun mendengarkan musik terkadang sesuai dengan suasana hati, namun tetap saja saya mempunyai musisi favorit yang tak lengkang oleh waktu (mengutip judul lagu kerispatih-red) dan tak pudar oleh perkembangan usia, dan tentunya dapat dinikmati kapanpun serta dalam semua jenis suasana hati. Jenis musik seperti ini umumnya telah terpatri dalam ingatan dalam rentang waktu yang sangat lama dan terus di review manakala berada pada suasana hati yang tertentu, kalau saya pada saat rasa rindu pada masa kecil dan masa lalu bersama keluarga tercinta menyeruak dalam ingatan.

Jadi...jenis musik mana yang Anda sukai? Dengan beragam jenis dan aliran musik Anda bebas untuk mengekresikan jenis lagu atau musik yang sesuai dengan gambaran suasana hati Anda pada saat itu...bagi saya itulah musik yang asyik.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba "Blog Music Competition " bersama Langit Musik dan Kumpulan Emak Blogger.

Sumber Tulisan :
  1. http://siipe2r007.wordpress.com/2012/06/11/karya-ilmiah-pengaruh-musik-terhadap-kesehatan-jiwa-fungsi-dan-kerja-otak-manusia/
  2. http://www.81tn.com/
Sumber Gambar : http://office.microsoft.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...