Jumat, 14 Juni 2013

FAKTA TENTANG MEDITASI

Sebagian besar masyarakat masih menganggap meditasi hanya merupakan bagian dari ritual agama tertentu, pemikiran ini sampai sekarang masih mendominasi. Padahal sesungguhnya praktek meditasi dapat memberikan manfaat bagi kita secara psikologis, spiritual, dan fisik. Diperlukan suatu sugesti untuk menyakinkan khalayak ramai atau masyarakat tentang manfaat dari meditasi melalui fakta.  Mungkin dengan beberapa fakta yang sudah terbukti secara sah dan menyakinkan, bisa sedikit demi sedikit mengubah persepsi masyarakat tentang meditasi.

Indscript Creative melalui Personal Branding Award bukan hanya memperkenalnya personal dari brandnya semata, tapi juga memperkenalkan berbagai konsep yang diusung oleh Klien Personal Branding Agency tersebut. Bahkan beberapa konsep tersebut merupakan hal-hal baru yang masih asing atau kurang familiar di masyarakat, meskipun pada dasarnya semua konsep tersebut membawa perubahan, pencerahan ke arah yang lebih baik, dan pembelajaran untuk lebih sukses, sehat serta lebih terbuka terhadap perkembangan zaman. Karena perubahan setiap detik terjadi, dan kondisi ini jika tidak segera diantisipasi maka kita akan semakin jauh tertinggal.

Adjie Silarus, seorang Meditator muda yang selama ini berkecimpung dalam dunia meditasi mengungkapkan bahwa mungkin banyak yang berpikir bahwa meditasi harus dilakukan berjam-jam atau memakan waktu lama. "Padahal meditasi dapat dilakukan dalam waktu sebentar saja, yaitu satu menit." Teknik meditasi ini dikenal dengan Teknik Meditasi Sejenak Hening yang dilakukan dengan cara berdiam diri dan konsentrasi dalam waktu satu menit saja, lebih lanjut Adjie menyatakan, "meditasi mudah dilakukan atau dipelajari oleh siapapun, baik orang dewasa atau remaja,"

Selain teknik di atas, Adjie mengungkapkan bahwa ada teknik sederhana dalam meditasi, yaitu teknik bernapas. Teknik ini secara khusus dikonsentrasikan pada pernapasan, dengan menghirup dan menghembuskan napas. "Saat bernapas secara sadar, kita memulihkan diri sepenuhnya dan merasakan hidup di masa sekarang, saat ini, bukan masa lalu maupun masa depan," ungkap Adjie selanjutnya.

Adjie lebih lanjut mencontohkan meditasi yang dilakukan ditempat umum, yaitu ruang tunggu pesawat, di mana ditempat ini ramai lalu lalang penumpang pesawat. "Sambil menunggu, Anda dapat duduk dikursi dengan posisi tegak dan kedua tangan di atas paha sedangkan kaki menginjak lantai, atau Anda pun Anda pun dapat mengambil posisi bersila di lantai. Konsentrasi pada pernapasan Anda selama satu menit. Sejenak kembali "pulang" pada diri sendiri dengan berlatih menyadari napas dan berlatih senyum."

BEBERAPA FAKTA TENTANG MEDITASI

Meditasi untuk kesehatan
Gambar dai sini
Menurut Adjie Silarus, meditator muda yang mempunyai akun twitter @AdjieSilarus, ada beberapa fakta yang membuktikan bahwa meditasi mempunyai manfaat bagi kesehatan.

  • Meditasi dapat menjadi alternatif untuk mengurangi stress, terbukti dari hasil penelitian Dr. Benson, seorang profesor dari Sekolah Kedokteran Harvard di Amerika dalam bukunya yang berjudul "Relaxation Response." Dalam bukunya dikatakan bahwa dengan bermeditasi, melemaskan/mengistirahatkan tubuh dan fokus pada pernapasan. Dengan melakukannya kontinyu setiap hari, maka hal ini dapat membantu mengurangi stress dan darah tinggi.
  • Meditasi terbukti untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pada tahun 2008 Dr. Randi Zusman, seorang dokter di rumah sakit umum Massachusetts, meminta pasien yang menderita tekanan darah tinggi untuk mencoba program relaksasi berbasis meditasi selama tiga bulan. Setelah bermeditasi secara teratur selama tiga bulan, 40 dari 60 pasien menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat tekanan darah dan mampu mengurangi beberapa pengobatan mereka. Ternyata relaksasi menghasilkan pembentukan oksida nitrat yang membuka pembuluh darah Anda.
  • Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, tidak ada salahnya mencoba meditasi. Karena meditasi dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Adjie mengungkapkan bahwa "setelah Anda belajar bermeditasi dan melakukan meditasi setiap hari, Anda akan tahu bagaimana untuk bersantai, bagaimana melakukan pernapasan dan memfokuskan pikiran Anda yang membawa Anda untuk bersantai dalam hitungan detik. Gunakan teknik ini ketika Anda akan tidur."
  • Meditasi dapat memperlambat progres dari HIV. Hal ini kadang menjadi pertanyaan dan masih banyak yang belum menyakini fakta ini. Menurut berita di Huffingtonpost.com, sebuah studi tahun 2008 tentang pasien HIV-positif menemukan bahwa setelah kursus meditasi delapan minggu, pasien yang akan bermeditasi tidak menunjukkan penurunan Limfosit dibandingkan dengan non-meditator yang menunjukkan penurunan signifikan dalam Limfosit. Limfosit atau sel darah putih adalah "otak" dari sistem kekebalan tubuh dan sangat penting untuk orang HIV positif. Studi ini juga menemukan bahwa tingkat Limfosit benar-benar meningkat setiap sesi meditasi. Namun hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam.
  • Meditasi untuk memerangi penyakit pikun atau lupa. Seperti yang diberitakan di Huffingtonpost.com bahwa sebuah studi tahun 2005 tentang pria dan wanita Amerika yang bermeditasi hanya 40 menit sehari menunjukkan bahwa mereka memiliki dinding cortical lebih tebal daripada non-meditator. Ini berarti otak mereka akan mengalami penuaan lebih lambat. Ketebalan Cortical juga berhubungan dengan pembuatan keputusan, perhatian, dan memori.
Cerita menarik seputar fakta tentang meditasi bagi kesehatan juga dialami oleh salah satu artis senior Indonesia, yaitu Titiek Puspa. Titiek Puspa pada mulanya didiagnosa menderita kanker rahim dan melakukan upaya pengobatan sampai ke Singapura, meski pengobatannya belum usai Titiek memutuskan pulang dari Singapura. Setelah pulang ke tanah air, beliau memilih berlatih meditasi kepada seorang ahli. Wanita yang masih terlihat awet muda itu pun menjelaskan bahwa meditasi yang dilakukan tidaklah rumit. Bahkan efek meditasi sudah ia rasakan sekarang, yaitu badannya terasa lebih ringan. "Cuma melatih napas dan tidak pakai obat, tidak pakai kemenyan. Cuma duduk biasa, rileks, lidah dilipat, dan mulut mingkem, mata ditutup sama napas pelan," katanya dengan gaya yang khas.

1 komentar:

  1. Posisi meditasi duduk bersila yg benar seperti apa y.kl dperjelas dengan gambar pasti lbh pham.thk u

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...